(ASK) Ubuntu server sebagai gateway dengan USB Modem

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
Post Reply
User avatar
adhilnet
Posts: 2
Joined: 18 Nov 2011, 11:34
Location: Depan LCD di Cirebon
Contact:

(ASK) Ubuntu server sebagai gateway dengan USB Modem

Post by adhilnet » 19 Nov 2011, 11:11

Selamat siang gan :) nubie numpang tanya

ane berencana mau buka usaha warnet kecil�an dengan 8 client dan 1 buah pc ubuntu server dengan 1 buah USB Modem Huawei E160.
pertanyaan saya adalah :
1. gimana cara konekan modem huawei ke ubuntu server
2. cara agar ubuntu server bisa share jaringan internet ke client (kalau pakai windows xp mudah saja bagi saya)

clue :
1. kenapa harus pake usb modem karena didaerah saya belum ada jaringan speedy
2. ubuntu server tersebut nanti akan saya masukan squid proxy

tolong penjelasan dan step bye stepnya :)

sebelumnya thanks gan


User avatar
M3gaTon
Posts: 8
Joined: 09 Nov 2011, 07:46
Location: kandangan, indonesia

Post by M3gaTon » 23 Nov 2011, 09:09

selamat siang adhielnet
salam kenal dari sesama warga baru

mantap nech! server dengan koneksi usb modem,
spesifikasi server agan gimana? (cuma pengen tau)

untuk topologi kira-kira begini ya?

8 clien----hub/switch --eth0-pc server/gateway)-usb-modem


User avatar
andre07
Posts: 1
Joined: 08 Jan 2011, 12:56
Location: lampung, Indonesia

Post by andre07 » 27 Nov 2011, 13:25

coba link ini gan,hanya perlu sedikit modifikasi...
http://opensource.telkomspeedy.com/foru ... hp?id=8487


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests