cara setting profil_dir pada alldeb

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
Post Reply
User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

cara setting profil_dir pada alldeb

Post by ahmad1807 » 29 Oct 2013, 06:09

[Tanya]
Assalamu'alaikum
Ana mau tanya soal alldeb. Ana udah install alldeb terus ngikutin langkah2 penginstalan, mengubah baris ke 8. Pas d ekseusi d terminal ada bacaan. profil_dir q home/raqilla/unduhan/profil belum di tentukan. Kenapa y


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 29 Oct 2013, 07:12

"Directory profil_dir tidak ditemukan" mungkin maksudnya? :confused:
salah ketik path mungkin om.
harusnya /home/raqilla/unduhan/profil


User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Post by Rendi_7936 » 29 Oct 2013, 07:42

Bang nif, kapan2 buat ebook pemograman bash, ya? Dari project ini, kelihatannya sudah mahir sekali :)

mas, saya ada usul
1. alldeb_maker sebaiknya bisa diintegrasikan dengan apt-id. Kalau kekurangan paket, kita bisa download di tempat lain.

2. Pengecekan paket lebih ketat dari ukuran file sampai jeroannya :grin:. Soalnya pas ane buat, ada beberapa paket yang hampir mirip namanya tapi beda.

Contoh : wine1.4_1.4-0ubuntu4.1_i386.deb sama wine_1.4-0ubuntu4.1_i386.deb

soalnya ane kira repo salah tulis nama file. Lama2, malah tau bedanya salah satunya dari ukuran file

thanks bang, buat baca ini


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 29 Oct 2013, 08:40

Rendi_7936 wrote:Bang nif, kapan2 buat ebook pemograman bash, ya? ...
wew, saya belajar bash scripting cuma otodidak baca sana-sini om, jadi hanya tahu sebagian aja :)
Rendi_7936 wrote:...
mas, saya ada usul
1. alldeb_maker sebaiknya bisa diintegrasikan dengan apt-id. Kalau kekurangan paket, kita bisa download di tempat lain.
...
iya, saya pernah memikirkan ini karena pernah ada yang usul juga, tapi saya masih bingung bagaimana cara integrasi sebaiknya :confused:
alldeb sedikit rumit daripada apt-id karena ada pengaturan profil dsb, jadi kalo digabung ke apt-id otomatis apt-id-nya akan jadi lebih rumit untuk pengguna pemula.
solusi sementara untuk saat ini, di apt-id revisi iv saya sertakan mode advanced yang bisa kita aktifkan (defaultnya non-aktif). mode advanced ini bisa kita gunakan untuk pengaturan profil seperti alldeb_maker, sehingga bisa digunakan untuk melengkapi file2 yang diperlukan alldeb_maker jika perlu.
tentu tidak menutup kemungkinan untuk membuat integrasi yang lebih baik lagi ke depannya :)

Rendi_7936 wrote:...
2. Pengecekan paket lebih ketat dari ukuran file sampai jeroannya :grin:. Soalnya pas ane buat, ada beberapa paket yang hampir mirip namanya tapi beda.

Contoh : wine1.4_1.4-0ubuntu4.1_i386.deb sama wine_1.4-0ubuntu4.1_i386.deb

soalnya ane kira repo salah tulis nama file. Lama2, malah tau bedanya salah satunya dari ukuran file
...

benar, memang seringkali mirip, apalagi kalo kita menggunakan banyak PPA.
oke, akan saya pertimbangkan untuk menampilkan ukuran file juga. biasanya ukuran file ini cuma diolah di belakang untuk menghitung besar download aja :)


sama2, terima kasih masukannya :D


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 29 Oct 2013, 14:01

ia om sudah di setting pada baris ke 8 dengan mengetikan /home/raqilla/Unduhan/profil di file .sh nya
tapi pas di panggil di terminal bacaannya tidak ditemukan profil_dir. ada solusi om?


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 29 Oct 2013, 16:52

coba buka terminal, beri perintah
cd /home/raqilla/Unduhan/profil && pwd

kalo hasilnya;
bash: cd: /home/raqilla/Unduhan/profil: No such file or directory
atau;
bash: cd: /home/raqilla/Unduhan/profil: Not a directory
silahkan diperiksa lagi foldernya

kalo hasilnya;
/home/raqilla/Unduhan/profil
silahkan beri perintah;
gksudo gedit /usr/local/bin/alldeb_maker
periksa lagi baris ke-8, pastikan tulisannya memang benar "/home/raqilla/Unduhan/profil". pastikan tak ada satu huruf pun yang salah ketik, termasuk besar/kecil-nya (kapital).
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 22:28, edited 1 time in total.
Reason: menambahkan penjelasan


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 30 Oct 2013, 11:21

nif wrote:
kalo hasilnya;
/home/raqilla/Unduhan/profil
silahkan beri perintah;
gksudo gedit /usr/local/bin/alldeb_maker
periksa lagi baris ke-8, pastikan tulisannya memang benar "/home/raqilla/Unduhan/profil". pastikan tak ada satu huruf pun yang salah ketik, termasuk besar/kecil-nya (kapital).
hasilnya yang atas om berarti tingal masukan perintah diatas ya? ok ke te ka pe.
ana gak bisa lampirin screenshoot om belum tau caranya. mau masukin gambar di penyimpanan online lama uplodnya (maklum koneksi terbatas di kerjaan) bagaimana om nampilin gambar agar bisa terlihat gambarnya langsung kayak yang lain? hehehe :blush:


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 30 Oct 2013, 13:25

untuk mudahnya bisa gunakan Edit pakai Editor Utama lalu filenya dijadikan lampiran aja.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 30 Oct 2013, 13:54

saya kan dari awal ikutin intruksi dari e-booknya om, saya bikin folder kosong di unduhan dengan nama profil trus pas install di file .sh nya ana rubah baris ke delapan, dengan nama "/home/raqilla/Unduhan/profil" gitu om.
ada yang salah gak di pas instalana atau langkah-langkah yang terlewat? nanti ana lampirkan gambarnya (tapi bingung biar bambarnya langsung terlihat dan tidak berupa link)


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 30 Oct 2013, 14:03

ahmad1807 wrote:saya kan dari awal ikutin intruksi dari e-booknya om, saya bikin folder kosong di unduhan dengan nama profil trus pas install di file .sh nya ana rubah baris ke delapan, dengan nama "/home/raqilla/Unduhan/profil" gitu om.
ada yang salah gak di pas instalana atau langkah-langkah yang terlewat? ...
tidak.
kalo ada mungkin cuma kesalahan ketik seperti /home jadi home atau Unduhan jadi unduhan. jadi silahkan dicek.

kalo mau lampirkan gambar, berupa link pun tak apa.
saya sendiri biasanya hanya pake fasilitas upload yang ada di subforum Administrasi FUI. tapi itu bisa diakses user yang sudah punya posting di atas 100.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 31 Oct 2013, 12:31

penampakannya begini om
penampakan
Image
tulisan di terminal begini om: ~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final


Directory profil_dir tidak ditemukan. Silahkan perbaiki setting Anda.
Setting profil_dir Anda saat ini :
/home/asshibyaniyah/Unduhan/profil

ashshibyaniyah@ash-shibyaniyah:~/Dokumen/ebook_alldeb_R2$
solusinya bagaimana om?


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 31 Oct 2013, 13:44

jadi tau om cara upload foto bisa di lihat langsung.. heheheh


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 01 Nov 2013, 11:14

sebenarnya ini masalah sangat sederhana, yang sudah saya jawab sejak dari awal trit : kesalahan ketik.

coba bandingkan dua kata yang saya tebalkan di bawah ini.
sama kah?
ahmad1807 wrote:tulisan di terminal begini om: ~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final


Directory profil_dir tidak ditemukan. Silahkan perbaiki setting Anda.
Setting profil_dir Anda saat ini :
/home/asshibyaniyah/Unduhan/profil

ashshibyaniyah@ash-shibyaniyah:~/Dokumen/ebook_alldeb_R2$


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 02 Nov 2013, 07:19

masih sama om tulisan di terminal begini:
~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final


Tidak ditemukan file profil di dalam directory profil_dir Anda :
/home/ashshibyaniyah/Unduhan/profil
Silahkan masukkan dulu profil yang ingin dituju.

ashshibyaniyah@ash-shibyaniyah:~$
padahal yang di tebalin udah dibetulin om
gambarnya seperti ini
Image
gambar g editnya gini om
Image
membuat folder profilnya kayak gini om:
Image


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 02 Nov 2013, 10:49

tentu saja beda. silahkan dibaca pesan error-nya.
ahmad1807 wrote:...
~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final


Tidak ditemukan file profil di dalam directory profil_dir Anda :
/home/ashshibyaniyah/Unduhan/profil
Silahkan masukkan dulu profil yang ingin dituju.


...
yang sekarang ini, letak profil_dir sudah beres, yaitu di /home/ashshibyaniyah/Unduhan/profil
masalahnya, belum ada file profil di dalam profil_dir tersebut.

kita harus memasukkan file profil dulu agar alldeb_maker tahu file alldeb yang akan dibuatnya harus disesuaikan dengan kebutuhan komputer yang seperti apa.

silahkan baca dulu ebook-nya.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 04 Nov 2013, 09:35

[spoiler]Setelah installasi, kita bisa memanggil alldeb_maker dengan mengetikkan perintah alldeb_maker
dari mana pun di terminal. Namun sebelumnya, kita harus memastikan dulu bahwa path ke profil_dir
telah di-set dengan benar, dan kita telah memasukkan file profil dari komputer yang dituju ke dalam
folder profil_dir.
Cara penggunaan alldeb_maker sangat mudah. Kita tinggal mengetikkan aplikasi apa yang ingin kita
buat menjadi file alldeb. Kita bisa memilih aplikasi apapun, tidak harus yang sudah terinstall di
komputer kita, asalkan tersedia di Software Sources (repository) yang kita gunakan. Nama aplikasi
sesuai dengan nama yang kita gunakan di apt-get.[/spoiler]
ini di halaman 5-6 maksudnya apa ya om?
ana udah baca berulang-ulang (maklum lemot. he)
bagaimana om membuatnya? stepitu aja :D


User avatar
Rendi_7936
Posts: 229
Joined: 19 Jan 2013, 15:02
Location: Malang, Indonesia
Contact:

Post by Rendi_7936 » 04 Nov 2013, 12:24

maksudnya direktori file profil yang sudah diset ke alldeb_maker jangan dihapus. terus baru deh bisa digunain di terminal dengan mengetik "alldeb_maker"

Pas masukin nama aplikasi harus sesuai dengan nama aslinya, bisa dilihat di USC. seperti Mozilla Firefox namanya "firefox" atau Chromium namanya "chromium-browser"

alldeb_maker bisa bekerja walau aplikasi yang kita inginkan belum terinstall. tetapi kalo gini internet kudu ON buat download paket yang belum tersedia


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 04 Nov 2013, 12:40

baru mau jawab, udah dijawabkan :grin:
sip, terima kasih om Rendi_7936, jawabannya tepat sekali :D


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 04 Nov 2013, 13:28

oh.. gitu sip. om semua. di coba ntar.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 21 Nov 2013, 07:23

kalo alldeb_user buat apa om? caranya bagaimana menggunakannya? masih belum faham sampe sekarang n alldeb makernya belu bisa, masih kayak diatas om :malus


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 22 Nov 2013, 11:28

susah juga ya.
untuk saat ini saya belum bisa beri penjelasan yang lebih baik daripada yang sudah saya tuliskan di ebook.
maaf.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 05 Dec 2013, 09:02

oh.. ternyata ana salah pada settingan permisionnya om, harusya di spasi ini malah nggk, maklum baru.

sudah berhasil om sekarang (tentunya dengan usaha gak gampang bagi pemula bagi, tapi sungguh-sungguh akhirnya.......... Alhamdulillah).

sekarang yang jadi masalah, ketika saya ketika saya memanggil alldeb ada tulisan
"Membuat file alldeb untuk profil tujuan :
alldeb_maker_R2.sh~

Silahkan masukkan nama aplikasi : Qt Creator"

maka jawabannya adalah
"Memeriksa daftar dependensi...
E: Unable to locate package Qt
E: Unable to locate package Creator

Maaf, aplikasi yang Anda inginkan tidak tersedia di Software Sources yang Anda gunakan."

apa ada yang salah om, padahal di ebook hanya tulis "gimp" aja.


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 05 Dec 2013, 15:39

ahmad1807 wrote:...
E: Unable to locate package Qt
E: Unable to locate package Creator
...
karena memang tak ada paket bernama Qt Creator di repository Ubuntu...
ahmad1807 wrote:...
"Membuat file alldeb untuk profil tujuan :
alldeb_maker_R2.sh~
...
...dan file profil yang digunakan pun juga salah.


btw, Anda kelihatan begitu menderita dalam menggunakan alldeb ini.
sebaiknya jangan dipaksakan. carilah alternatif lain.


User avatar
irwanatam
Posts: 68
Joined: 23 Feb 2012, 19:42
Location: Tamiang , Aceh, Indonesia
Contact:

Post by irwanatam » 05 Dec 2013, 21:39

nif wrote: btw, Anda kelihatan begitu menderita dalam menggunakan alldeb ini.
sebaiknya jangan dipaksakan. carilah alternatif lain.
namanya juga perjuangan om, jangan menyerah, kita disini berjuang untuk kemerdekaan ... hehehehe :)


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 06 Dec 2013, 05:56

irwanatam wrote:...
namanya juga perjuangan om, jangan menyerah, kita disini berjuang untuk kemerdekaan ... hehehehe :)
iya... maap deh.
secara umum saya tak masalah jika banyak pertanyaan, tapi kadang kurang sabar jika banyak keluhan :confused:


@ahmad1807 :
kalo masih mau, saya rasa lebih baik kita ulangi aja dari awal om. itu akan lebih jelas.

1. silahkan buat sebuah folder baru, terserah letaknya di mana.

2. download script alldeb_maker, lalu jalankan langkah installasi alldeb_maker sesuai yang saya tuliskan di ebook. gunakan folder yang baru kita buat tadi sebagai setting profil_dir. pastikan tidak ada salah ketik.

3. coba ketikkan perintah alldeb_maker di terminal.
seharusnya hasilnya semacam ini;
contoh
~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final


Tidak ditemukan file profil di dalam directory profil_dir Anda :
/home/nif/gudang_alldeb/profiles
Silahkan masukkan dulu profil yang ingin dituju.
sampai di sini, berarti alldeb_maker sudah terinstall dengan baik, hanya belum siap digunakan karena belum ada file profil.

4. sekarang penggunaannya.
APT itu bersifat unique. karena itu, alldeb_maker perlu file profil dari komputer tujuannya.
silahkan ambil kopian file profil dari komputer tujuan, lalu masukkan ke dalam profil_dir yang kita buat di awal tadi.

5. persiapan selesai.
coba ketikkan lagi perintah alldeb_maker di terminal.
seharusnya hasilnya semacam ini;
~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 final

Membuat file alldeb untuk profil tujuan :
Xubuntu_12.04_default

Silahkan masukkan nama aplikasi :
Oke, sudah beres.
kita tinggal memasukkan nama aplikasi apa yang ingin kita buat jadi file alldeb. alldeb_maker akan mengolahnya.
pastikan untuk menggunakan nama yang benar, sesuai nama aslinya di repository.


selesai :)


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 07 Dec 2013, 07:29

om niff: maaf om, kalo pertanyaan saya dianggap keluhan (saya bangga om dengan produk lokal, heheheh). maaf ya. udah ok om. untuk mengetahui aplikasi di repositori agar namanya bisa di olah oleh alldeb bagaimana om?
om iwan: terimakasih om telah dukung :like:


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 07 Dec 2013, 09:14

ya. maaf juga. mungkin saya salah tangkap.
ahmad1807 wrote:... untuk mengetahui aplikasi di repositori agar namanya bisa di olah oleh alldeb bagaimana om?...
ada macam2 cara. misalnya pake apt-cache pkgnames
tapi lebih mudah mungkin pake synaptic (Synaptic Package Manager) atau cari aja di google :)

tambahan :
saya dulu pernah tuliskan di sini juga;
forums/ubbthreads.php/topics/143450/Re_ ... Post143450
itu akan menghasilkan daftar nama paket sesuai 'nama resmi' yang dikenali oleh APT.
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 22:28, edited 1 time in total.
Reason: tambahan


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 07 Dec 2013, 13:12

btw, Anda kelihatan begitu menderita dalam menggunakan alldeb ini.
sebaiknya jangan dipaksakan. carilah alternatif lain.
, terus terang saya tidak "MENDERITA" om saya malah tertantang dan ingin terus mencoba, kalau om sudah terasa bosan dengan kebawelan ana, ana minta maaf ya om...
tapi terimakasihhhh banget atas semuanya. mudah-mudahan ilmunya barokah dengan bersabar pada saya yang teramat BODOH ini. :blush:


User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Post by nif » 07 Dec 2013, 15:54

sama2.

kebetulan saya tau isi posting Anda yang ini;
forums/ubbthreads.php/topics/144943/Re_ ... Post144943
sebelum diedit. mungkin dari situ saya jadi menangkap kesan bahwa Anda begitu kesulitan. Dan itu bukan yang saya inginkan.
alldeb saya buat dengan tujuan untuk mempermudah pengguna, bukan mempersulitnya.


User avatar
ahmad1807
Posts: 175
Joined: 21 Oct 2013, 08:48
Location: Bogor
Contact:

Post by ahmad1807 » 07 Dec 2013, 20:06

Ia om. Adakalanya ana perlu pendapat orang lain. Karena ana memang masih terlalu baru, mingkin ana dapat pencerahan. Hehehe


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 28 guests