Duka mendalam bagi komunitas UNIX - LINUX - PROGRAMMER

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
cimutz
Contact:

Duka mendalam bagi komunitas UNIX - LINUX - PROGRAMMER

Post 14 Oct 2011, 12:24

Image

Setelah meninggalnya Steve Jobs, dunia teknologi informatika kembali kehilangan salah satu tokoh legendarisnya. Dennis Ritchie, pencipta sistem bahasa pemrograman C dan sistem operasi UNIX, meninggal dunia di usia 70 tahun.

Dennis Ritchie meninggal setelah sakit yang dideritanya bertahun-tahun. Kematian Dennis pun diumumkan Bell Labs, Kamis malam 13/10/2011. Presiden Alcatel-Lucent Bell Labs Jeong Kim mengatakan, karya Dennis akan selalu dikenang dan menjadi inspirasi bagi dunia pemrograman.

Ungkapan duka atas meninggalnya Ritchie juga diungkap oleh programer terkemuka Google, Rob Pike. Sebelum di Google, Rob Pike menjadi murid Ritchie selama 20 tahun di Bells Labs. Karena itu Rob sangat menghargai karya Ritchie bagi dunia informatika saat ini.

Menurut Rob Pike, bahasa pemrograman C merupakan karya terbesar Ritchie. Awalnya, C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Tapi kini, bahasa pemrograman C juga sering digunakan dalam pengembangan software aplikasi.

"Hampir semua yang ada di web menggunakan dua hal: C dan UNIX. Browser ditulis di C. Kernel Unix ditulis di C. Server web ditulis di C, atau jika tidak, maka menggunakan C++ atau Java yang merupakan pengembangan dari C," ucap Rob Pike.

Selain itu, bersama Kenneth Thompson, Ritchie menciptakan sistem operasi UNIX. Kelak, UNIX menjadi sistem operasi yang diadopsi Linux.

Tak hanya Linux, pengembangan variasi UNIX juga menginspirasi sistem operasi lain. Antara lain, oleh Apple yang mengadopsi UNIX dalam pengembangan sistem operasi A/UX, Domain/X, dan Darwin (modifikasi Apple dari kernel BSD dan diaplikasi pada Mac OS/X).

Sistem operasi QNX juga disebut merupakan sistem operasi yang dikembangkan berdasarkan UNIX. QNX merupakan sistem operasi yang baru saja dimiliki Research in Motion, yang akan digunakan untuk produk BlackBerry.

Berkat jasanya, terutama dalam pengembangan UNIX, Dennis ritchie bersama Ken Thompson meraih penghargaan Turing Award di tahun 1983. Ritchie juga menerima Medali Nasional bidang Teknologi, yang diserahkan oleh Presiden Bill Clinton pada tahun 1998.

Mari beri penghormatan terakhir kepada Bpk. Dennis Ritchie.
Linux, Macintosh, windows, java, C, C++ tidak akan pernah lahir kedunia jika tidak ada dia.


User avatar
Nexus

Post 14 Oct 2011, 20:58

kalo steve jobs gue gak pernah respect, soalnya steve jobs sama penipunya kayak bill gates. kedua orang itu adalah musuh besar dunia open source, linux n sistem unix. jadi kalo ada yg percaya bill gates n steve jobs itu mastermind n kreator dunia tekno n sistem operasi, berarti orang tsb kemakan info2 palsu n gak tau sejarah. steve jobs n bill gates adalah penipu informasi n copycat yg sesungguhnya.

tanpa Richard Stallman, jgn harap ente2 skrang bisa makai linux desktop, window, mac os n os2 yg lain.


User avatar
sake

Post 14 Oct 2011, 22:36

saya sake FUI juga turut berduka atas meninggalnya programer/kreator hebat spt beliau....


User avatar
Damien

Post 16 Oct 2011, 01:38

Nexus wrote:kalo steve jobs gue gak pernah respect, soalnya steve jobs sama penipunya kayak bill gates. kedua orang itu adalah musuh besar dunia open source, linux n sistem unix. jadi kalo ada yg percaya bill gates n steve jobs itu mastermind n kreator dunia tekno n sistem operasi, berarti orang tsb kemakan info2 palsu n gak tau sejarah. steve jobs n bill gates adalah penipu informasi n copycat yg sesungguhnya.

tanpa Richard Stallman, jgn harap ente2 skrang bisa makai linux desktop, window, mac os n os2 yg lain.
bener banget bro nexus...klo ga percaya nih buktinya

http://en.wikipedia.org/wiki/Tim_Paterson
http://www.patersontech.com/dos/microne ... _10_98.htm

ternyata Bill Gates bukan yang membuat MS-DOS, nah sekarang percaya klo windows juga buatan dia?

Bill Gates & Steve Jobs hanyalah seorang bos yang jago marketing aja, mereka tidak pandai masalah teknis komputer.
jadi yang memang pantas disebut jenius didalam microsoft & Apple pada awal mereka berdiri :

Microsoft --> Tim Paterson
Apple --> Steve Wozniak

http://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Wozniak

Apple membuat GUI memplagiat PC Xerox
http://en.wikipedia.org/wiki/History_of ... _interface
sedangkan Microsoft memplagiat GUI milik Apple


User avatar
offline

Post 16 Oct 2011, 08:53

R.I.P. Dennis Ritchie


User avatar
rah_man

Post 16 Oct 2011, 10:40

Rest In Peace Dennis Richie


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 51 guests