[help] flasdisk write protected????

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
indra7777
Contact:

[help] flasdisk write protected????

Post 15 Aug 2011, 12:05

gan gimana cara perbaiki flashdisk yang write protected???

lewat ubuntu gimana caranya???


User avatar
Uzhanx

Post 15 Aug 2011, 15:42

pake chmod udah blum????

chmod 777 -R /media/nama flasdisknya


User avatar
sta
Contact:

Post 15 Aug 2011, 16:06

emang sebelumnya itu FD diapain?
jangan lupa pake sudo


User avatar
indra7777
Contact:

Post 15 Aug 2011, 21:37

kenak virus! gan...

gini hasilnya:
FD
sukmaindra@sukmaindra-TOSHIBA-NB505:~$ sudo chmod 7777 -R /media/KARIMUN
[sudo] password for sukmaindra:
Sorry, try again.
[sudo] password for sukmaindra:
Sorry, try again.
[sudo] password for sukmaindra:
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN/ANALISIS VEGETASI STRATA POHON DI SEMPADAN SUNGAI TAMBAK BAYAN YOGYAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PEMBELAJARAN KOMPONEN EKOSISTEM TERESTRIAL.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN/BAB I.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN/BAB II.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN/BAB III.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/AMIN/DAFTAR PUSTAKA.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/BACK UP PROPOSAL PENELITIAN EKOLOGI_2.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/banyu2.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/CONTOH LATAR BELAKANG PAKE KATA_ KATA SENDIRI.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/COVER PROPOSAL.docx': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/Document.rtf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/15 diversitas flora di bukit abah_ kabupaten klungkung.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/bantaran sungai.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/D040106 ucokkkkkkkk.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/D070113 ucok.......pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/D070212.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/definisi.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/JURNAL EKOLOGI.pdf': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/laporan analisis vegetasi � riyantilathyris.htm': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI/jurnal ekologi/laporan analisis vegetasi � riyantilathyris_files': Read-only file system
chmod: changing permissions of `/media/KARIMUN/SKRIPSI EKOLOGI PARSAULIAN REVISI.docx': Read-only file system
chmod: cannot access `/media/KARIMUN/autorun.inf': Input/output error
sukmaindra@sukmaindra-TOSHIBA-NB505:~$
ada solusi gan???


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 16 Aug 2011, 21:25

Mas indra7777, saya pernah mengalami yang Anda alami. Bit perizinan (permission bit) dari sistem berkas Windows dan Linux berbeda. Jadi, jika si virus bekerja di Windows (otomatis pakai sistem berkas NTFS atau FAT) maka untuk mengubah perizinannya juga harus pakai Windows. Anda bisa lihat bukti perbedaannya dari atribut di Windows: read only, hidden, dan system; sedangkan perizinan di Linux: read, write, dan execute.

Kesimpulannya, Anda harus benahi flesdis itu di Windows (pakai saja Attribute Changer) dengan mengembalikan atributnya ke normal alias membuang atribut system (S), hidden (H), dan read-only (R)nya. Yap, sekalian Anda lakukan perintah pengubahan secara rekursif saja biar keseluruhan isi flesdis jadi normal. Dari situ baru Anda pakai flesdis di Linux.

Itu dari pengalaman pendek saya. Semoga bermanfaat.


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 16 Aug 2011, 21:39

biasanya memang termount otomatis read only, coba mount manual dengan tipe ntfs-3g, kemudian coba lagi apakah bisa read write :grin:


User avatar
jack1989
Been thanked: 1 time
Contact:

Post 17 Aug 2011, 13:52

hampir sama nich ceritanya.... lo punyak ane kemaren habis dipinjem temen fd nya ndak bisa di liat properties, isi, n dibuka di wind* tapi lo di ubuntu ane bisa [hanya bisa dibuka, tapi tidak ada berkas (folder/isinya)] cuman ukuran kapasitas berkurang,,,, trus ane nyobak lagi liat di wind* isi foldernya ada tapi bahasanya aneh.... kayak bahasa program-nya gagh support ama tuch program yang ada di wind* pada hal tuch isinya ya dari wind*.

ane format dari ubuntu/wind* tidak bisa. jadi_ya yang nganggur tuch fd dirumah..... kira23 ada yang bisa bantu.... :d


User avatar
indra7777
Contact:

Post 19 Aug 2011, 09:58

@Malsasa: bisa minta alamat link software Attribute Changer? aku download malah nggak jalan...thanks


User avatar
r4n03

Post 19 Aug 2011, 16:14

kisah yang mirip, sekalian nanya aja kasus ane....
punya ane semua data dikunci, kalo diwindows kadang ke buka tapi di ubuntu semua digembok.... gimana solusinya master2 linux.


User avatar
ilham2930
Contact:

Post 20 Aug 2011, 12:11

biasanya dari flashdisknya bro,
klo pake sdcard adapter kan ada lock nya, klo di lock semua file jadi read only.
bgitu juga flashdisk, sistem penguncinya aktif, coba cari sopwer "repair v.1" FD ane pernah dibetulin pake ini..!!

CIMIIW


User avatar
Krisna7

Post 20 Aug 2011, 17:17

jack1989 wrote:hampir sama nich ceritanya.... lo punyak ane kemaren habis dipinjem temen fd nya ndak bisa di liat properties, isi, n dibuka di wind* tapi lo di ubuntu ane bisa [hanya bisa dibuka, tapi tidak ada berkas (folder/isinya)] cuman ukuran kapasitas berkurang,,,, trus ane nyobak lagi liat di wind* isi foldernya ada tapi bahasanya aneh.... kayak bahasa program-nya gagh support ama tuch program yang ada di wind* pada hal tuch isinya ya dari wind*.

ane format dari ubuntu/wind* tidak bisa. jadi_ya yang nganggur tuch fd dirumah..... kira23 ada yang bisa bantu.... :d
Coba cara satu ini, colok fd di ubuntu, jalankan disk utility, klik fd nya, unmount dulu, lalu delete partition (kalau ada data harus diback up dulu), setelah itu berhasil kemungkinan fd dapat diselamatkan, lanjutkan dg create partition, lalu tutup disk utility, cabut fd, terakhir colok fd lagi untuk memeriksa fd udah oke belum. :)


User avatar
indra7777
Contact:

Post 20 Aug 2011, 18:19

@Krisna7: disk utility aku udah nyoba tetap nggk bisa. ane coba repair v.1 gan dulu...thanks


User avatar
Darma_Kusumah
Contact:

Post 15 May 2013, 17:00

wah.... untuk masalah ini udah solved blom ya....

bagi solusinya dong... saya baru dapat masalah kaya thread ini..!!?
mhon pencerahannya dari masta"... sekalian.
thx


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 15 May 2013, 17:06

Lama sekali nggak ketemu Kang Darma.

Apakah akang-akang sudah mencoba melakukan format di Windows? Jika di Windows saja gagal, bisakah jika diformat memakai Low Level Format?


User avatar
abu_unaisah

Post 15 May 2013, 17:08

masuk ke disk utility, silahkan pilih2


User avatar
offline

Post 15 May 2013, 20:11

Darma_Kusumah wrote:wah.... untuk masalah ini udah solved blom ya....
bagi solusinya dong... saya baru dapat masalah kaya thread ini..!!?
mhon pencerahannya dari masta"... sekalian.
thx

coba baca ini,banyak cara utk membebaskan flash drive dari write protected.silahkan bereksperimen :grin:
http://askubuntu.com/questions/101637/u ... ection-off


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 44 guests