Konsep Cloud Computing berbahaya..............

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
cimutz
Contact:

Konsep Cloud Computing berbahaya..............

Post 16 Dec 2010, 11:59

Image

Richard Stallman, pendiri Free Software Foundation, meluncurkan kritik pedas pada Chrome OS. Sistem operasi buatan Google itu disebut berbahaya.

Stallman bukan orang sembarangan kalau bicara soal sistem operasi. Ia adalah pencetus sistem operasi GNU, OS gaya UNIX yang dijadikan dasar pembuatan Linux.

Pendapat Stallman soal Chrome OS disampaikannya pada TheGuardian, seperti dikutip detikINET, Rabu (15/12/2010).

Menurut Stallman, bahaya besar dari Chrome OS adalah desakan menyimpan data di server dan bukan pada komputer masing-maisng. Padahal server-server itu tidaklah dalam kendali pengguna.

"Di Amerika Serikat, anda kehilangan hak-hak legal jika menyimpan data di mesin milik perusahaan dan bukan milik pribadi. Polisi harus memiliki surat dari pengadilan untuk menggeledah data di rumah Anda, tapi di server, Anda tak perlu tahu apa-apa. Bahkan, bisa saja mereka melakukannya tanpa surat dari pengadilan," tutur Stallman.

Konsep dari Chrome OS memang sesuai dengan istilah 'cloud computing'. Semua data, dan bahkan aplikasi, pada Chrome OS disimpan di server. Stallman mengatakan, istilah Cloud Computing tidak cocok lagi. "Mungkin istilah 'careless (ceroboh-red) computing' akan lebih cocok," ujarnya.

Di sisi lain, Stallman menyukai bahwa Chrome OS sebenarnya dibangun di atas sistem operasi GNU/Linux. "Esensinya, Chrome OS adalah sistem operasi GNU/Linux. Tapi, ia dihadirkan tanpa aplikasi yang biasanya, dan diatur agar mengurangi dan mengesampingkan instalasi aplikasi," ia menambahkan.

Pilih yang sesuai. jangan asal ikut tren teknologi

sumber : detikinet..com


User avatar
KuKuKaChu
Contact:

Post 16 Dec 2010, 12:58

sy sgt setuju dgn richard stalling. menyimpan semua data di satu tempat, di satu negara itu kurang aman yg berbagai pandangan. jauh lebih bagus/aman mengendalikan data pribadi/bisnis sendiri tanpa 'perantara'.

sy sendiri tdk begitu mengerti kenapa orang begitu kagum dgn konsep 'cloud computing' ini. mmg ada manfaat untuk beberapa hal, tapi pada umumnya lebih baik data sesorang disimpan di tempat yg mereka bisa kendalikan.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 17 Dec 2010, 04:06

mungkin harus dilihat dari sisi tujuan dan kebutuhan... :)


User avatar
c0jack
Contact:

Post 17 Dec 2010, 09:30

saya juga kurang setuju sama konsep cloud computing. selain karena bandwidth disini kecil, saya juga kurang percaya soal keamanan seperti yg dibilang bro Richard. saya lebih percaya kalo data2 itu saya pegang sendiri :grin: :grin:


regards,
c0jack


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 17 Dec 2010, 11:08

cloud computing memang kayaknya sedang jadi tren..
tapi menurut pendapat pribadi saya memang ada kelemahan dan kelebihan masing-masing..
untuk data-data "sensitif" (rahasia-red)..ini jelas mengandung resiko yang tidak sedikit, karena kontrol kita jelas tidak seperti saat kita pegang sendiri..
tapi ini adalah dunia internet, yang berkembang atas dasar trust..
ada banyak solusi memang dengan berkembangnya cloud computing..
dunia baiknya tentu ada.

jadi seperti yang dibilang bro aptfast, ukur kebutuhan organisasi, apakah memang memerlukan cloud atau yang lain, dan sesuaikan kebutuhan.. :d


User avatar
deny26

Post 17 Dec 2010, 12:37

jangankan data perusahaan yang super rahasia, surat cinta yang dibaca temen deket aja bisa membuat jengkel :grin:


User avatar
aptfast
Contact:

Post 17 Dec 2010, 13:32

deny26 wrote:jangankan data perusahaan yang super rahasia, surat cinta yang dibaca temen deket aja bisa membuat jengkel :grin:
tampaknya bro den pernah ngalamin neh :D


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 18 Dec 2010, 22:24

Richard Stallman memang pejuang "freedom" sejati..tentu saja melihat ada "peluang" bahwa hal tersebut mengurangi "kemerdekaan" seperti yang selama ini dia perjuangkan,
sang pendiri GNU ini tentu tidak tinggal diam.. :grin:


User avatar
ninja
Contact:

Post 02 Jan 2011, 21:33

ujung-ujungnya tuh data di server dipake buat kepentingan amerika (CIA, FBI, Pentagon, etc.) :D
saran untuk Instansi Pemerintah indonesia, jangan mau deh pake teknologi cloud, lagian nanti boros bandwidth, mending bikin server yang gede di indonesia :)


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 57 guests