(Opini) Linux vs App

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
deny26

(Opini) Linux vs App

Post 24 Oct 2010, 10:57

Hanya ingin share pendapat aja masalah linux, ma'af sebelumnya jika ada yang tidak berkenan..

Kecanggihan system linux sepertinya tidak didukung oleh perkembangan software, hal ini yang membuat linux sepertinya lemah. Padahal dari stabilitas system linux sudah terbukti handal. Developer - developer komersial enggan membuat software di linux karena ada kemungkinan softwarenya tidak laku. Coba aja ada yang bener2 fokus ama software linux, linux akan jauh lebih maju dari pesaingnya.

Desktop Environment
Bagian yang terpenting yang menjadi daya tarik utama untuk pengguna biar nyaman, aku suka gnome... tapi gnome lebih mementingkan kecanggihan, bukan tampilan.. (canggih dan cantik lebih bagus). Para master yang sudah paham linux mungkin tidak memerlukan ini, malah lebih suka tampilan item putih :grin: tapi pengguna baru hal ini bisa jadi pertimbahan utama.

Office
Fitur inti ini seharusnya mendapatkan lebih banyak perhatian.. rata - rata tujuan orang berkomputer adalah untuk kebutuhan kantor.. kalau bagian software ini dioptimasi, penyebaran linux ke kantor2 akan lebih gampang. Hal ini buka masalah kompabilitas dengan aplikasi office lain, Office linux gak harus bisa sempurna membuka file office lain tapi fiturnya yang harus bisa menandingi office lain.

Game
No comments.. :grin: bukan maniak game soalnya

Entah masih beberapa tahun lagi pengembangan fitur2 diatas bisa dimunculkan.. saat itu juga nanti linux akan menghiasi desktop pengguna komputer Indonesia.. :grin: semoga terjadi secepatnya...


User avatar
ArzonLinus
Contact:

Post 24 Oct 2010, 13:07

gw kok agak kurang setuju ttg kemajuan aplikasi di linux. gw rasa linux sekarang sudah memiliki kemajuan yg sangat pesat di banding 5/10 tahun yg lalu. utk para newbie mencari software padanan os lain di os linux skr hampir smuanya ada. dari software chat, olah gambar, design web, audio/video player jg tlh tersedia. bahkan smakin lama smakin berkembang.


User avatar
deny26

Post 24 Oct 2010, 13:54

arzon wrote: bahkan smakin lama smakin berkembang.
deny26 wrote:Coba aja ada yang bener2 fokus ama software Linux, Linux akan jauh lebih maju dari pesaingnya.
...
Entah masih beberapa tahun lagi pengembangan fitur2 diatas bisa dimunculkan.. saat itu juga nanti Linux akan menghiasi desktop pengguna komputer Indonesia.. :grin: semoga terjadi secepatnya...
App Linux bukannya gak berkembang, linux sudah canggih, tapi appnya belum optimal (harus dikembangkan lagi biar sepadan dengan kecanggihan system linux). Aplikasi padanan bukan berarti pengganti, disinilah seharusnya developer memfokuskan diri.


User avatar
greenmintt
Contact:

Post 24 Oct 2010, 14:51

Gw setuju bgt gan. Harusnya developer app linux ga cuman memfokuskan pada fitur tapi juga pada tampilan dan kemudahan penggunaan. Contohnya openoffice. Fiturnya sebenarnya ga kalah sama office2007, tapi pada kemudahan penggunaan? office2007 mempunyai GUI yang lebih modern dan mudah digunakan, sedangkan openoffice tidak ada perubahan setelah beberapa tahun.
Karena itulah banyak yg ragu pake linux krn aplikasi yg ada hanya sekedar pengganti, bukan aplikasi utama.

Kemajuan linux memang pesat, tapi menurut gw belum sebanding dengan kecanggihan, tampilan, dan kemudahan pemakaian Wind*** apalagi Mac OS.


User avatar
deny26

Post 24 Oct 2010, 15:18

greenmint64 wrote:...
Karena itulah banyak yg ragu pake linux krn aplikasi yg ada hanya sekedar pengganti, bukan aplikasi utama


ini dah yang ane maksud bro.. :grin:


User avatar
deny26

Post 24 Oct 2010, 15:28

greenmint64 wrote: Kemajuan linux memang pesat, tapi menurut gw belum sebanding dengan kecanggihan, tampilan, dan kemudahan pemakaian Wind*** apalagi Mac OS.


kalau untuk bagian ini, linux bisa disejajarkan bro.. malah dalam masalah system linux lebih handal. yang dibandingkan adalah software bukan system bro.. meski system linux katanya rumit (namun menarik), tapi jika nanti softwarenya user friendly hal tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri.


User avatar
c0jack
Contact:

Post 24 Oct 2010, 18:57

udah pernah melakukan perbandingan terbalik bro? maksud saya gini, coba bandingkan linux dengan windows (bukannya windows dengan linux dimana windows dijadikan standar perbandingan). ente kenal linux duluan daripada windows, setelah itu coba bandingkan.


regards,
c0jack


User avatar
MasDjo
Contact:

Post 24 Oct 2010, 19:27

Mau linux yg indah, kan tinggal ubah tampilannya :grin:
Kalo masalah kemudahan pemakaian aplikasi, itu sangat relatif, seperti yg dikatakan bro c0jack, mana yg lebih dulu kita gunakan atau yg biasa kita gunakan.
Misalnya, saya sendiri malah bingung kalo disuruh pake MSOffice 2007 karena sudah biasa pake Open Office :)


User avatar
c0jack
Contact:

Post 24 Oct 2010, 20:24

greenmint64 wrote:Harusnya developer app linux ga cuman memfokuskan pada fitur tapi juga pada tampilan dan kemudahan penggunaan. Contohnya openoffice. Fiturnya sebenarnya ga kalah sama office2007, tapi pada kemudahan penggunaan? office2007 mempunyai GUI yang lebih modern dan mudah digunakan, sedangkan openoffice tidak ada perubahan setelah beberapa tahun.
MasDjo wrote:Misalnya, saya sendiri malah bingung kalo disuruh pake MSOffice 2007 karena sudah biasa pake Open Office :)
nah lo, ada yang bilang ms office 2007 udah punya gui yang lebih modern dan mudah digunakan, tapi disisi lain malah ada yang bingung pakenya. satu hal yang bisa diambil dari sini adalah ukuran kemudahan penggunaan (bahasa kerennya 'user friendly') itu relatif tergantung individunya.


regards,
c0jack


User avatar
greenmintt
Contact:

Post 24 Oct 2010, 22:04

gksu wrote:kalau untuk bagian ini, Linux bisa disejajarkan bro.. malah dalam masalah system Linux lebih handal. yang dibandingkan adalah software bukan system bro.. meski system Linux katanya rumit (namun menarik), tapi jika nanti softwarenya user friendly hal tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri.
soal system memang linux paling handal bro, tp klo soal software sepertinya masih kurang...
MasDjo wrote:Mau linux yg indah, kan tinggal ubah tampilannya :grin:
Benerr bgt mas, dekstop linux memang paling indah :)
MasDjo wrote:Kalo masalah kemudahan pemakaian aplikasi, itu sangat relatif, seperti yg dikatakan bro c0jack, mana yg lebih dulu kita gunakan atau yg biasa kita gunakan.
Misalnya, saya sendiri malah bingung kalo disuruh pake MSOffice 2007 karena sudah biasa pake Open Office :)
Bagi kita yg sudah terbiasa y ga masalah lah, tapi pengguna baru, yg biasa pakek produk microsoft, akan merasa kesulitan dan bosan, lalu meninggalkan linux... :cry:. dan ga semua orang mau mempelajari linux, kebanyakan hanya menginginkan kemudahan dan hasil yang bagus :)
gampang --> cepet --> bagus --> jadi

developer harus memandang cara penggunaan software relatif dari kacamata orang awam, bukan dari dirinya sendiri, itu menurut sayah :D


User avatar
rubikcube
Contact:

Post 25 Oct 2010, 06:40

kalau di sekitar saya, sebagian tidak menggunakan Linux karena masalah dengan gamenya :D


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 25 Oct 2010, 06:43

kalau saya tidak menggunakan windows karena virusnya :grin: :grin:


User avatar
siblek31

Post 25 Oct 2010, 07:43

Saya pakai Linux karena takut dosa kalo makek bajakan :D


User avatar
rhecizen
Contact:

Post 25 Oct 2010, 09:01

blackshirt wrote:kalau saya tidak menggunakan windows karena virusnya :grin: :grin:
xaxaxaxa, saya jg takut sama virusny =))


User avatar
deny26

Post 25 Oct 2010, 16:00

wew... trheadnya jadi melebar.. pembahasan utama adalah diskusi akan optimasi kemampuan software yang ada pada linux, setiap bahas linux pasti dikait - kaitkan ama Ms. why??
c0jack wrote:udah pernah melakukan perbandingan terbalik bro? maksud saya gini, coba bandingkan linux dengan windows (bukannya windows dengan linux dimana windows dijadikan standar perbandingan). ente kenal linux duluan daripada windows, setelah itu coba bandingkan.
menarik sekali... btw yang mastah kenal duluan yang mana?

Linux seharusnya segera berubah dalam develoving software, biar jangan "diselingkuhin" dengan dualboot os bukan linux. Masa cuma gara2 1 Software bisa menghambat ribuan orang yang mau migrasi ke OS Linux?


User avatar
zitux
Contact:

Post 25 Oct 2010, 17:39

hahaha... klo saya kenal DOS dulu sebelum windus :D
coz install pertama kan liat DOS dulu :grin:
piss... :grin:


User avatar
rhecizen
Contact:

Post 25 Oct 2010, 19:50

klu saya windows 98,,
cuma tau buat maen game,denger lagu,ngetik2 =))


User avatar
zitux
Contact:

Post 28 Oct 2010, 00:39

masdjo wrote:Mau Linux yg indah, kan tinggal ubah tampilannya
justru ini yg jadi kelemahan linux :D
A:"masdjo pinjem lepy nya buat ngetik dunk"
masdjo:"monggo silahkan tak tinggal anterin bini kepasar dulu" :grin:
A:"lho biasa nya tombol aplication disebelah kiri atas kok ini gak ada ya ?? wah padahal bentar lagi harus dikumpulin ini... mana masdjo nya sudah pergi ini :cry: "
:D :D :D


User avatar
tutnut
Contact:

Post 28 Oct 2010, 06:17

karena saya ingin mengunakan third parth software


User avatar
aptfast
Contact:

Post 28 Oct 2010, 08:50

saya lupa kalau punya windows 7 ori... :D


User avatar
rubikcube
Contact:

Post 29 Oct 2010, 12:20

wew, bro aptfast beli windows 7 ori berapa duit ? :grin:


User avatar
aptfast
Contact:

Post 29 Oct 2010, 14:10

rubikcube wrote:wew, bro aptfast beli windows 7 ori berapa duit ? :grin:
dah ada di laptop toshiba ku


User avatar
dhika76
Contact:

Post 29 Oct 2010, 14:22

@apt-fast: satu paket ama laptop ne ya?

ehem .. btw, kalo masalah tampilan itu tergantung desktop environmentnya, sama aja kok tampilan linux, windows, and apple. buktinya banyak gnome yang bisa di modifikasi jadi windows, and macOS. :grint:

kalo masalah app, saya setuju kalo linux agak kalah dari pesaing2nya, terutama tampilannya.

mungkin yang jadi persoalan adalah pendidikan, waktu saya SD belajar Windows, SMP belajar windows, SMA belajar windows. tentu saja membuat masyarakat lebih nyaman menggunakan windows.

Namun yang membuat saya tertarik dengan linux (ubuntu) adalah bisa saya modifikasi linux sesuai kepribadian saya. ini yang g saya dapetin di windows.

mungkin di ibaratkan makanan :

Linux : makanan yang belum di olah tapi bisa dimakan, dan khasiatnya lebih baik karena tidak melalui proses pemasakan sehiongga vitaminnya masi ada pada makanan. Contoh: Sayur2an yang dari kebun, buah2an, dll.
bisa d olah lagi dan diproduksi ulang oleh kita.

windows : makanan siap saji yang di bungkus sebaik mungkin sudah matang namun banyak virusnya. hahaha

CMIIW


User avatar
aptfast
Contact:

Post 29 Oct 2010, 14:35

dhika76 wrote:satu pakket ama laptop ne ya?
iya... :D


User avatar
dhika76
Contact:

Post 29 Oct 2010, 14:46

wah enak dong .. home premium ya?


User avatar
aptfast
Contact:

Post 29 Oct 2010, 14:56

dhika76 wrote:wah enak dong .. home premium ya?
basic home premium...


User avatar
c0jack
Contact:

Post 01 Nov 2010, 12:49

saya kenal komputer pertama kali pake win98 (bajakan :( ), ga sempet ngerasain win2000/me langsung ke xp (bajakan juga :( ). setelah kenal xp, mulai coba2 linux. sampe sekarang belom ngerasain vista (dalam artian install secara native di komp saya) sempet ngerasain pake 7 (bajakan lagi :( ) bentar gara2 penasaran mo cobain yang katanya keren - secara tampilan saya setuju, tapi masih bisa diimbangin sama ubuntu karmic keatas (selera pribadi).


regards,
c0jack


User avatar
greenmintt
Contact:

Post 01 Nov 2010, 13:43

ubuntu dengan sedikit sentuhan bisa mengalahkan windus7 :D


User avatar
bangau1
Contact:

Post 06 Nov 2010, 15:38

saya pertama kali punya komputer kelas 2 SMA, dan pake windows XP (dulunya sih bajakan ><).
Sekarang kebetulan dapat serial key asli Windows XP/Vista/7 gratis dari kampus.

Saya juga baru optimal memakai Linux beberapa bulan terakhir ini karena ada pelajaran Sistem Operasi dan memakai Linux, jadinya tertarik dengan Linux, terutama tampilannya yang bisa bebas dimodifikasi.

Saya setuju dengan pendapat TS, saya yang terbiasa dulunya memakai MS Office untuk membuat laporan tugas, bikin table, gambar shape, rumus-rumus math, dll, agak kurang sreg ketika harus pertama kali memakai OpenOffice. Kalau saya boleh katakan, design applikasi (terutama OpenOffice) kurang intuitif bagi penggunannya. Coba lihat MS Office, semuanya telah ada di ribbon. Mau bikin table, tinggal pilih ribbon ini, mau bikin shape/diagram tinggal pencet ribbon yang itu, dsb..(no offense ya).

Kebetulan Microsoft telah menluncurkan Office Web Live Application, gratis, bisa edit dan create document online(mirip GoogleDocs-nya google)..TAPI ternyata hanya untuk Sistem Operasi Windows dan MAC saja..padahal saya udah gembira banget ada applikasi web seperti itu, Office lagi..


seandainya aplikasi office di linux lebih intuitif dan user-friendly, pasti bakal banyak kok yang mencoba linux jadi tambah setia ke linux..:)), no offense ya..


tapi yang saya sukai linux itu: terminal-nya keren..:D, tampilannya bebas di modif(bisa seperti mac, windows,dll), dan membuat kita harus belajar googling :D.


User avatar
greenmintt
Contact:

Post 08 Nov 2010, 14:30

bangau1 wrote:seandainya aplikasi office di Linux lebih intuitif dan user-friendly, pasti bakal banyak kok yang mencoba Linux jadi tambah setia ke Linux..:)), no offense ya..
amin deh kak, semoga cpt terwujud :grin:

ada satu hal yg bikin gw dan tmen2 gw tertarik dengan linux: Compiz Fusion ! :D
pakek linux bwt internetan jg lebih cpt, krn ga ada yg anmanya virus, win*** update dll


User avatar
c0jack
Contact:

Post 08 Nov 2010, 18:31

greenmintt wrote:pakek linux bwt internetan jg lebih cpt, krn ga ada yg anmanya virus, win*** update dll

di linux juga ada virus dan update bro :grin:


regards,
c0jack


User avatar
Epul
Contact:

Post 09 Nov 2010, 00:10

c0jack wrote:
greenmintt wrote:pakek linux bwt internetan jg lebih cpt, krn ga ada yg anmanya virus, win*** update dll

di linux juga ada virus dan update bro :grin:


regards,
c0jack


setidaknya ane kapok ma yang namanya virus di windows. alhamdulillah netbook ane udah 100% menggunakan software halal alias dari sumber terbuka dan free. tenang dah...


User avatar
greenmintt
Contact:

Post 09 Nov 2010, 09:42

c0jack wrote:
greenmintt wrote:pakek linux bwt internetan jg lebih cpt, krn ga ada yg anmanya virus, win*** update dll

di linux juga ada virus dan update bro :grin:


regards,
c0jack
masud ane virus yg makan koneksi internet, sama windows update yg diem2 jalan di belakang sistem :grin:

tapi bagi ane yg terpenting linux 100% halal n barokah :D


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 50 guests