detikine/'Lulusan TI Banyak yang Mengecewakan'

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
KuKuKaChu
Contact:

detikine/'Lulusan TI Banyak yang Mengecewakan'

Post 17 Jan 2010, 08:04

bagiamana ini ya? kenapa menjadi begini? apakah memang benar?

[size:14pt]'Lulusan TI Banyak yang Mengecewakan'[/size]
Andrian Fauzi - detikinet

Bandung - Banyak calon pelamar kerja di bidang teknologi informasi (TI) yang punya nilai akademis bagus. Namun anehnya, para pelamar ini banyak juga yang dianggap belum mampu menjawab kebutuhan perusahaan.

Fakta ini terungkap dalam ajang kesempatan pencarian kerja yang di gelar JobsDB Career Expo 2010 di Sasana Budaya Ganesha, Tamansari, Bandung.

"Banyak pelamar tidak seperti yang kita harapkan. Kita sering kecewa," ungkap Ahmad Bagus Santoso, Human Resource Departement PT Indocyber Global Teknologi kepada detikINET di sela acara itu, Sabtu (16/1/2010).

Dijelaskan oleh Bagus, demikian ia akrab disapa, kekecewaan perusahaan disebabkan banyaknya pencari kerja yang hanya bagus secara akademis. Namun saat diuji pengetahuan dasarnya, justru banyak yang tidak bisa.

"IPK (indeks prestasi)-nya tinggi, bagus secara kualifikasi. Tapi saat ditanya hal yang dasar, yang menurut kami mereka mengusainya, mereka tidak bisa. Dan banyak yang seperti ini," demikian katanya.

Dari hasil analisanya, faktor ini disebabkan mutu lulusan perguruan tinggi yang cenderung instan. Kurikulum yang ada di kampus sering kali tidak mengikuti kebutuhan industri, khususnya untuk bidang TI.

"Mungkin karena mereka sekarang cenderung instan, jadi saat ditanya hal yang sangat dasar mereka tidak bisa menjawabnya," lanjut Bagus.

Dalam pameran tenaga kerja kali ini, ada sekitar 70 perusahaan yang ikut serta. Pada hari pertama, ajang ini dihadiri oleh 5.000 pencari kerja. Ajang ini sendiri berlangsung di Bandung hingga Minggu (17/1/2010). ( afz / rou )


User avatar
noisiamonoi
Contact:

Post 17 Jan 2010, 08:25

"Mungkin karena mereka sekarang cenderung instan, jadi saat ditanya hal yang sangat dasar mereka tidak bisa menjawabnya," lanjut Bagus.
pelajaran bagi adik2 yang masih kuliah.


User avatar
freeazy
Contact:

Post 17 Jan 2010, 08:26

KuKuKaChu wrote:Dijelaskan oleh Bagus, demikian ia akrab disapa, kekecewaan perusahaan disebabkan banyaknya pencari kerja yang hanya bagus secara akademis. Namun saat diuji pengetahuan dasarnya, justru banyak yang tidak bisa.
ini nih masalah nya...


User avatar
deny26

Post 17 Jan 2010, 08:38

KuKuKaChu wrote:Dari hasil analisanya, faktor ini disebabkan mutu lulusan perguruan tinggi yang cenderung instan. Kurikulum yang ada di kampus sering kali tidak mengikuti kebutuhan industri, khususnya untuk bidang TI.
prihatin dengarnya.. memang seperti itu keadaannya, ilmu yang bisa dipakai sekitar 20%, sisanya belajar di perusahaan tempat bekerja.


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 17 Jan 2010, 09:07

jadi yang buat masih kuliah neh...gali pengetahuan, tingkatkan skill dan kemampuan..jangan bergantung dari kampus..
salah satunya sering2 berkunjung ke forum kayak gini..


User avatar
Sudoers
Site Admin

Post 17 Jan 2010, 09:14

Klo mo cari karyawan yg mutunya bagus liat trek rekor organisasinya aja. Tapi yang lebih ke organisasi yang mendukung skill teknis dijamin ngak malu2in, jangan yang bersifat organisasi sosial yang mengurusi khalayak karena disana minim didikan masalah skill teknis.

Ya ngak??

Buat yang masih kuliah apalagi anak IT jangan anggap remeh organisasi2 kecil di kampus yang didikan utamanya sama skill. Ato mahasiswa yang pernah jadi asisten lab ato yang sering maen ke lab. Anak2 harapan bangsa neh!!

Opini dari pengalaman pribadi sahaja.


User avatar
MasDjo
Contact:

Post 17 Jan 2010, 11:03

Menurut pengalaman saya wkt bekerja di sebuah perusahaan, kekurangan para lulusan IT adalah kurang aplikatifnya mereka thd ilmu yg diberikan selama kuliah, jadi kebanyakan hanya mengerti teori yg diajarkan waktu kuliah tetapi pengembangan teori thd kebutuhan riil di lapangan/perusahaan tidak/belum dikuasai.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 18 Jan 2010, 00:13

parahnya lagi, ketika menerima project yg sesungguhnya langsung takut duluan sebelum bersentuhan...
dah keder duluan sebelum dibanting...

repot dah....:D


User avatar
second_line08
Contact:

Post 18 Jan 2010, 04:11

Umumnya rekan2 mahasiswa seperti saya, belum bisa focus.. banyak yang dipelajari namun hanya beberapa yang didalami..
itulah kendala yang sangat besar.., yang menyebabkan kemampuan si mahasiswa tersebut hanya berada pada tahap dasar, bukan mahir..
dikarnakan ada beberapa jenis mahasiswa kini, ada yang bodoh tapi sok pintar, ada yang punya skill tapi akademisi rendah, ada yang pintar tapi tidak tahu akan kepintarannya,.. sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi..

butuh kesadaran akan lingkungan sekitar untuh merubah semuanya...
:D


User avatar
neotuxer
Contact:

Post 18 Jan 2010, 09:03

ini hanya kajian dr tetangga sebelah ndan, katanya kurikulum di Indoensia ini menyebar, tdk fokus meski di universitas sekalipun, artinya msh perlu dikaji ulang sistem kurikulumnya sedangkan di tetangga sebelah itu dr SD sdh dibentuk calon2 pakarnya jd pengetahuan mereka mungkin sedikit namun maknyus


User avatar
ArzonLinus
Contact:

Post 22 Jan 2010, 13:00

Pihak perusahaan sekarang juga banyak yg bodoh dan salah dalam menilai calon pelamar, kenapa kok selalu melihat nilai akademis yang tinggi, sebaiknya patokan nilai akademis tidak harus dijadikan syarat mutlak dalam melamar pekerjaan. banyak lho mahasiswa yang nilai akademisnya rendah tapi dalam bidangnya sangat mumpuni dan tidak diragukan lagi kemampuannya. seharusnya kalo untuk menyaring atau mencari tenaga kerja jangan hanya melihat nilai tapi di tes langsung kemampuannya.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 22 Jan 2010, 13:02

bisa juga....
banyak juga lulusan SMK yg jago programming tapi dilihat sebelah mata karena tdk memiliki selembar ijazah yg bertitle S1.....:D


User avatar
KuKuKaChu
Contact:

Post 22 Jan 2010, 13:06

arzon wrote:Pihak perusahaan sekarang juga banyak yg bodoh dan salah dalam menilai calon pelamar, kenapa kok selalu melihat nilai akademis yang tinggi, sebaiknya patokan nilai akademis tidak harus dijadikan syarat mutlak dalam melamar pekerjaan. banyak lho mahasiswa yang nilai akademisnya rendah tapi dalam bidangnya sangat mumpuni dan tidak diragukan lagi kemampuannya. seharusnya kalo untuk menyaring atau mencari tenaga kerja jangan hanya melihat nilai tapi di tes langsung kemampuannya.

sangat setuju. khususnya untuk orang yang mau berprofesi di bidang TI, pendikikan itu tdk pernah ada hentinya. gelar ya itu bagus. tapi pengetahuan dan pengalaman di bidangnya jauh lebih berharga dan penting.


User avatar
ahmad
Contact:

Post 22 Jan 2010, 13:23

Mengharapkan skill dan pengetahuan yang memadai dengan hanya mengandalkan pendidikan dikampus memang tidak mungkin. Harus ditambah dengan banyak belajar diluar dan bergabung dengan komunitas2 diluar kampus...


User avatar
apoey
Contact:

Post 09 Feb 2010, 01:27

aduh parah juga yaa. smoga ane bisa lebih baik ..


User avatar
sinux3r
Contact:

Post 09 Feb 2010, 13:56

enak naik gunung aja dech... hayo sapa ikut, sindoro,sumbing,slamet ?


User avatar
ninja
Contact:

Post 09 Feb 2010, 14:08

syangnya kedua ortu gak mengizinkan sya ngmbil jur. IT tpi yng nmnya ilmu palagi itu cita2 saya, ya sya hrus bnyak2 mnggali ilmu trsbut dari luar, dan bsa di byangkan susahnya belajar otodidak... hanya bermodal nekat untuk mendalami seluk beluk IT, walaupun gak bnyak yang di dapat tapi ckuplah wat pngetahuan n pastinya saya akan trus memperdalam dngan modal sndiri sya akn kul di jur. IT agar tercapai cita2 saya...
jadi wat temen2 yang kul di IT jngn sia2 kan ksmpatan yang di berikan, jngn kaya saya yang kuliah di fak. hukum tapi malah mempelajari sesuatu di luar disiplin ilmu fak. saya...


User avatar
M3L3R
Contact:

Post 09 Feb 2010, 14:45

lho, kok gag diijinin bro ?? why ???

padahal bagus lho untuk kedepannya ... :D


User avatar
ninja
Contact:

Post 09 Feb 2010, 14:56

yaahhh mklum ortu msh brpkir kolot, maunya anaknya jadi aparat yng mnrut sya k*p*rat... ngebangkang yaa jangan, kan gmnapun jg ortu ndri takutnya nnti durhaka kaya malin kundang :D
tpi prospeknya lbh bgus lgi klo sya nnti bs mnjdi apa yng ortu mau n sya mo kul di IT biz ntu sya mau incer posisi di unit cybercrime instansi aparat hehehe...

kecapai gak yaa impian sya neh...


User avatar
M3L3R
Contact:

Post 09 Feb 2010, 15:03

amien ... yg rajin bro belajarnya !! klo dah jadi aparat jgn korupsi iya !! hehe :D


User avatar
masanjar
Contact:

Post 09 Feb 2010, 20:16

salah tuh bro bukan kalo jdi aparat jangn korupsi.

tapi kalo jadi aparat jangan keparat yah.hehehe

P.L.U.R


User avatar
ninja
Contact:

Post 10 Feb 2010, 00:07

gak bs d pungkiri bro, dah rahasia umum... lingkungan yng buat mnusia jd kprat... tpi gak semua kaya gitu mngkin persentasinya 1:50 lah...
mdh2n nnti w gak trmsuk :D


User avatar
deny26

Post 10 Feb 2010, 06:55

bro krakatau, ortunya ga berpikiran kolot kok, coba jalani aja dulu, mengikuti nasehat ortu itu biasanya sukses karena do'a ortu selalu menyertai kita saat mengikuti nasehat beliau. saya sendiri dulu tidak ada niat kuliah di IT, karena saya lebih suka Science, akhirnya saya ikuti nasehat ortu kuliah di IT, ya sekarang bisa dinikmati lah saran beliau. untuk masalah IT, bisa dipelajari diluar, banyak kok jurusan selain IT malah pinter IT. disini kan masih ada teman - teman yang bisa berbagi, saya sendiri belajar linux otodidak.


User avatar
bleTux
Contact:

Post 10 Feb 2010, 07:40

sebenarnya mau jadi apa saja itu khan tergantung bakat dan kemampuan anda...

ingat bro diatas langit masih ada langit maka dari itu pikirkan dahulu sebelum anda melakukan segala sesuatu.


User avatar
ninja
Contact:

Post 11 Feb 2010, 12:41

deny26 wrote:bro krakatau, ortunya ga berpikiran kolot kok, coba jalani aja dulu, mengikuti nasehat ortu itu biasanya sukses karena do'a ortu selalu menyertai kita saat mengikuti nasehat beliau. saya sendiri dulu tidak ada niat kuliah di IT, karena saya lebih suka Science, akhirnya saya ikuti nasehat ortu kuliah di IT, ya sekarang bisa dinikmati lah saran beliau. untuk masalah IT, bisa dipelajari diluar, banyak kok jurusan selain IT malah pinter IT. disini kan masih ada teman - teman yang bisa berbagi, saya sendiri belajar linux otodidak.
oke bro, maka dari itu saya ikutin maunya ortu dngn baik n pnuh tnggng jwb... :)


User avatar
ninja
Contact:

Post 11 Feb 2010, 12:43

bleckock wrote:sebenarnya mau jadi apa saja itu khan tergantung bakat dan kemampuan anda...

ingat bro diatas langit masih ada langit maka dari itu pikirkan dahulu sebelum anda melakukan segala sesuatu.
belajar adalah kuncinya bro...


User avatar
bleTux
Contact:

Post 11 Feb 2010, 13:31

krakatau wrote:
bleckock wrote:sebenarnya mau jadi apa saja itu khan tergantung bakat dan kemampuan anda...

ingat bro diatas langit masih ada langit maka dari itu pikirkan dahulu sebelum anda melakukan segala sesuatu.
belajar adalah kuncinya bro...
let's study hard bro!!!


User avatar
ninja
Contact:

Post 11 Feb 2010, 13:34

doanya n bimbingannya yaa bro bleckock :D


User avatar
bleTux
Contact:

Post 11 Feb 2010, 14:12

bagi saya semua sama jadi kita sama-sama belajar kakak.


User avatar
M3L3R
Contact:

Post 12 Feb 2010, 03:17

perlu tmn2 ketahui ...

"untuk jadi orang pintar itu mudah ... sekarang dah banyak orang pintar berkeliaran ... tp sedikit dari mereka yang berpengalaman ... dan dari sedikit orang yang berpengalaman tersebut, paling cuma ada 1 atau 2 yang beruntung ..."

nah, untuk itu, mulailah dari sekarang kita instropeksi diri kita masing-masing ....

hehe :D


User avatar
bleTux
Contact:

Post 12 Feb 2010, 12:13

M3L3R wrote:perlu tmn2 ketahui ...

"untuk jadi orang pintar itu mudah ... sekarang dah banyak orang pintar berkeliaran ... tp sedikit dari mereka yang berpengalaman ... dan dari sedikit orang yang berpengalaman tersebut, paling cuma ada 1 atau 2 yang beruntung ..."

nah, untuk itu, mulailah dari sekarang kita instropeksi diri kita masing-masing ....

hehe :D
kakak M3L3R betul....
bleckock setuju!!! :)


User avatar
offline

Post 18 Feb 2010, 09:28

apalagi yang kagak kuliah seperti saya Bro. banyak-banyak OL deh buat belajar kendati kagak kuliah Bro :D


User avatar
Levin_Icarus
Contact:

Post 21 Feb 2010, 22:23

Dalam bekerja tuh yg di butuhkan :

1. Attitude = Sikap
2. Skill = Kemampuan

Kepintaran mah g di perlukan yg penting ada kemauan ... dan gw herannya masi banyak anak2 SMA yg istilahnya g punya skill ngerendahin anak2 STM/SMK ... padahal kalau di lihat skill SMK/ STM itu bisa setara dengan S1 malah bisa ngelebihin ...

Dan banayk orang2 IPK nya tinggi tp giliran suru praktek g bisa apa2 ... jadi apa gunanya teori apal semua giliran di suruh terapkan bingung ... dan sangata di sayangkan perusahaan indo masi memntingkan ijazah S1 / dengan IPK tinggi...

IT sbenernya kalau ada niat pasti bisa kok ... g usah kuliah IT juga pasti bisa ... malah kalau niat bisa melebihi yg kuliah IT ...


User avatar
masanjar
Contact:

Post 03 Mar 2010, 20:56

bleckock wrote: :confused:
> kakak anjar setuju dengan apa nih?
etuju sama-sama belajar bareng dung, jangan egois


User avatar
bleTux
Contact:

Post 03 Mar 2010, 21:57

anjar wrote:
bleckock wrote: :confused:
> kakak anjar setuju dengan apa nih?
etuju sama-sama belajar bareng dung, jangan egois
ya iya lah namanya juga forum tempatnya saling bertukar pikiran dan pendapat.
iya khan.


User avatar
masanjar
Contact:

Post 05 Mar 2010, 07:14

bleckock wrote:
anjar wrote:
bleckock wrote: :confused:
> kakak anjar setuju dengan apa nih?
etuju sama-sama belajar bareng dung, jangan egois
ya iya lah namanya juga forum tempatnya saling bertukar pikiran dan pendapat.
iya khan.
betul banget dah :D


User avatar
bleTux
Contact:

Post 05 Mar 2010, 07:53

disini di forum ini kita juga saling melengkapi antara kekurangan dan kelebihan kita kakak.


User avatar
masanjar
Contact:

Post 05 Mar 2010, 13:09

bleckock wrote:disini di forum ini kita juga saling melengkapi antara kekurangan dan kelebihan kita kakak.
itulah gunanya banyak temen, makanya ajak pengguna OS ubuntu untuk gabung disisni


User avatar
bleTux
Contact:

Post 05 Mar 2010, 20:40

anjar wrote:
itulah gunanya banyak temen, makanya ajak pengguna OS ubuntu untuk gabung disini [/quote]

seharusnya kita harus mempromosikan forum ini di mana-mana.
agar forum ini semakin diminati.


User avatar
dayON

Post 05 Mar 2010, 20:53

Makin betah disini deh ketimbang d tetangga sebelah [f]...walau kadang masih sering login pake mikosop :mad:

Mohon bimbinganya kakak2 semua...


User avatar
offline

Post 05 Mar 2010, 22:20

dayON wrote:Makin betah disini deh ketimbang d tetangga sebelah [f]...walau kadang masih sering login pake mikosop :mad:
Mohon bimbinganya kakak2 semua...

tetangga sebelah yang mana Bro?? tetangga yang sebelah kemarin ada yang pindah rumah xixixixixi


User avatar
bleTux
Contact:

Post 06 Mar 2010, 00:47

yogieza wrote:
dayON wrote:Makin betah disini deh ketimbang d tetangga sebelah [f]...walau kadang masih sering login pake mikosop :mad:
Mohon bimbinganya kakak2 semua...

tetangga sebelah yang mana Bro?? tetangga yang sebelah kemarin ada yang pindah rumah xixixixixi
tetangga nya inisial nya apa kak?
trus gelar terakhir nya apa?


User avatar
dayON

Post 06 Mar 2010, 10:46

bleckock wrote:tetangga nya inisial nya apa kak?
trus gelar terakhir nya apa?
ntu kan ad inisialnya...[f]
kayaknya gelarnya....Sos.Net (jejaring sosial) hahaha.... :D


User avatar
hashishin

Post 18 Jan 2013, 17:40

Wah benar kah itu gan?
Untung ane masih semster awal jadi ada bekal lah kalo gitu.
nice info gan :)


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 55 guests