Pengalaman menggunakan Ubuntu untuk Offline User

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
Post Reply
User avatar
faqih_dan_kucing

Pengalaman menggunakan Ubuntu untuk Offline User

Post 19 May 2013, 02:50

Asalamualaikum Wr WB

Ehem...
kita agak santai dikit..

Agan2 Ubuntu Indonesia...

Dulu ketika menggunakan Ubuntu..

Kalau pas Offline Mode/Ndak ada koneksi Internet sama sekali

Bagaimanakah kalau agan mau install paket, belajar Linux, Update dan Lain2...

Keep Sharing gan :D


User avatar
faqih_dan_kucing

Post 19 May 2013, 03:04

owh akang malassa kalau ma upgrade lewat mana ?


User avatar
offline

Post 19 May 2013, 05:37

anak_ubuntu_11 wrote:Asalamualaikum Wr WB
Kalau pas Offline Mode/Ndak ada koneksi Internet sama sekali
Bagaimanakah kalau agan mau install paket, belajar Linux, Update dan Lain2...
wa'alaikum salaam
dulu ketika saya memakai ubuntu tanpa koneksi inet maka saya hanya bisa melakukan proses installasi melalui apt-web.saya unduh semua paket berikut dependensinya yg lengkap di warnet & nanti dipasang di rumah. Alhamdulillah dg adanya apt-web sangat membantu & mempermudah saya utk mencari & mengunduh packages yg diperlukan utk memasang app.
sedangkan utk proses update ataupun upgrade dlm kondisi offline dulu maka tak bisa dilakukan karena ketidaktersediaan koneksi inetnya.jadi dulu hanya bisa memasang app offline saja.
adapun dulu kalo mau belajar linux maka harus pergi ke warnet.setelah punya laptop maka saya nyari hotspot gratisan & saya baru bisa lakukan proses install,update & upgrade.


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 19 May 2013, 06:19

anak_ubuntu_11 wrote:owh akang malassa kalau ma upgrade lewat mana ?
Tidak pernah. Saya termasuk pengguna Linux yang tidak suka upgrage dan tidak pernah upgrade.


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 19 May 2013, 14:10

Dulu ini masalah utama buat saya.

Waktu awal dulu, saya bingung karena install aplikasi di Ubuntu ternyata tak seperti di Windows. Ada dependensi dan segala macamnya. Setelah baca2 di warnet, baru tau kalo manajemen software di Ubuntu perlu terkoneksi internet, dan jelas tidak mungkin bagi saya pada waktu itu. Sempat terpikir untuk bawa PC saya ke warnet demi bisa install aplikasi :grin: , untungnya kemudian saya baca tentang DVD repo. Sekarang masalahnya cuma dana; DVD repo butuh biaya lumayan. Akhirnya setelah punya dana, bisa beli DVD repo dan bisa install aplikasi offline :laugh: . Seterusnya beberapa tahun saya tetap menggunakan DVD repo sampai akhirnya bisa punya modem :smile:

Meskipun masalah saya sendiri bisa teratasi dengan DVD repo, saya tetap merasa perlu ada alternatif lain. Maka kemudian saya keemu dengan apt-web, apt-offline, keryx, dll. Menurut saya semuanya bagus. Tapi di tiap alternatif tentu ada kekurangan masing2. Akhirnya, terpikir untuk membuat alternatif lain ; apt-id :smile:


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 49 guests