Tdk bisa kirim dan terima email dari zimbra 8.6

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
Post Reply
User avatar
newbei

Tdk bisa kirim dan terima email dari zimbra 8.6

Post 11 May 2015, 10:53

Selamat pagi temana2

Mohon tutorial nya atau link, sehingga server mail zimbra 8.6 saya dapat menerima email dari luar dan juga dapat mengirim email dari domain saya. Sekarang zimbra hanya bisa kirim email local saja.

Mohon masukkan nya teman2



Salam


User avatar
sr_aja

Post 11 May 2015, 12:47

Kalau tutor aye kagak punye bang..
kadang cuman berpatokan ame wikinye zimbra..
dan sebelon install kadang baca2 juga tulisan orang2..

Seharusnya kalau sudah bisa kirim email di local, biasanya email tersebut sudah siap pakai.

coba cek MX dari internetnya...;
apakah sudah mengarah ke ip public zimbra atau belum?


User avatar
newbei

Post 11 May 2015, 13:37

sr_aja wrote:Kalau tutor aye kagak punye bang..
kadang cuman berpatokan ame wikinye zimbra..
dan sebelon install kadang baca2 juga tulisan orang2..

Seharusnya kalau sudah bisa kirim email di local, biasanya email tersebut sudah siap pakai.

coba cek MX dari internetnya...;
apakah sudah mengarah ke ip public zimbra atau belum?
Saya coba cek MX nya dengan menggunnakan perintah
#host domain.com
hasil nya :
domain.com has address 192.168.1.5
domain.com mail is handled by 0 mail.domain.com.

Address 192.168.1.5 adalah ip local zimbra, bukan ip server zimbra nya.
Mungkin saya kurang paham untuk settingan DNS server nya.
Saya sudah ikuti tutorial dari link ini :

http://vavai.com/2011/07/13/tutorial-in ... ns-server/

Mohon masukkan nya bang


Salam


User avatar
rizaaal
Contact:

Post 11 May 2015, 23:02

ini zimbranya dibawah NAT atau langsung ip publik mas? tolong disertakan topologi jaringannya. ip publiknya disamarkan saja.


User avatar
sr_aja

Post 12 May 2015, 08:22

itu dari mesin zimbra (network local)?

coba sekarang cek dari internet

karena mailserver (si pengirim) dari internet, tidak akan bisa melihat mx lokal anda)

dan hasilnya harus mengarah ke ip publik mailserver anda.

seharusnya hasil dari lookup domain dari internet adalah seperti ini:

#host domain.com
hasil nya :
domain.com has address ip_publik
domain.com mail is handled by 0 mail.domain.com.

coba gunakan nslookup atau dig ; dengan menambahkan parameter lookup domain dari internet

@bang_andi; jangan lupa kopi ama cemilannya


User avatar
newbei

Post 12 May 2015, 08:40

rizaaal wrote:ini zimbranya dibawah NAT atau langsung ip publik mas? tolong disertakan topologi jaringannya. ip publiknya disamarkan saja.
Topologi jaringan kami disini.

Internet ------Modem (180.244.xxx.xxx)----PROXY (iptable+squid = 192.168.1.3)------mail server(zimbra)/PC user (192.168.1.xxx)

Kira2 begini topologi jaringan kami bang.
Mohon masukkan nya bila di rasa kurang tepat.



Salam


User avatar
newbei

Post 12 May 2015, 08:41

bang_andi wrote:gelar tikar aaah...
Bang andi, gelar tikar nya di kantor saya aja. Ada kopi disini :)


User avatar
sr_aja

Post 12 May 2015, 09:14

newbei wrote:
Internet ------Modem (180.244.xxx.xxx)----PROXY (iptable+squid = 192.168.1.3)------mail server(zimbra)/PC user (192.168.1.xxx)
harusnya kalau di lookup dari internet si mx dapetnya ip 180.244.xxx.xxx

dari modem dan proxy.. silahkan di NAT port2 nya zimbra ke ip zimbra (192.168.1.5), kecuali port admin consule.. rada riskan dan menambah resiko kalau open port ini di publik :D


jadi saat email di kirimkan ke mail server lain(domain lain)
si server zimbra ente akan mengirimkan paket "helo request" << kalau ndak salah..
nahh si mail server tujuan, akan melakukan proses validasi dengan mencocokkan publik ip dari mana request (helo itu berasal) dengan nama domain/ MX nya..


User avatar
newbei

Post 12 May 2015, 10:58

Bang,
Setelah saya coba ganti configurasi bind9 nya.
Dan saya coba test lagi dengan menggunakan perintah :
#host domain.com
Hasilnya :
domain.com has address 49.50.xxx.xxx (ip domain.com)
domain.com mail is handled by 10 mail.domain.com.

Tetapi tetap saja saya belum bisa kirim dan terima email dari luar.

Mohon masukkan nya lagi bang.


Salam


User avatar
sr_aja

Post 12 May 2015, 13:04

* Apakah Bind9 melayani request query domain dari internet?
Jika ya.. mungkin harus melakukan analisa lebih lanjut.

Jika tidak berarti bukan masalah di mesin zimbranya..
jadi kembalikan setup bind9 yang ada di zimbra seperti semula;

================================================
punya domain panel di Registrar ngak,
atau webhosting atau semacamnyalah, yang jelas untuk melakukan pengaturan domain yg kita manage/miliki.

saat menyewa/membeli domain, kita di berikan aksess ke control panel untuk pengaturan domain kita..

masuk ke control panel tersebut, dan defenisikan bahwa MX domainanda.com beradi di public ip yang anda miliki*

*tentunya Public ip tersebut sudah di NAT ke mesin zimbra.

atau gunakan tools online ini;
http://mxtoolbox.com/
masukkan nama domain anda, dan pilih MX lookup
seharusnya mail.domainanda.com mengarah ke ip public yg di map ke mail server zimbra.


User avatar
newbei

Post 12 May 2015, 13:32

sr_aja wrote:* Apakah Bind9 melayani request query domain dari internet?
Jika ya.. mungkin harus melakukan analisa lebih lanjut.

Jika tidak berarti bukan masalah di mesin zimbranya..
jadi kembalikan setup bind9 yang ada di zimbra seperti semula;

================================================
punya domain panel di Registrar ngak,
atau webhosting atau semacamnyalah, yang jelas untuk melakukan pengaturan domain yg kita manage/miliki.

saat menyewa/membeli domain, kita di berikan aksess ke control panel untuk pengaturan domain kita..

masuk ke control panel tersebut, dan defenisikan bahwa MX domainanda.com beradi di public ip yang anda miliki*

*tentunya Public ip tersebut sudah di NAT ke mesin zimbra.

atau gunakan tools online ini;
http://mxtoolbox.com/
masukkan nama domain anda, dan pilih MX lookup
seharusnya mail.domainanda.com mengarah ke ip public yg di map ke mail server zimbra.
Bang, sebenar nya email kita sudah aktif dgn menggunakan Mdaemon (lancar jaya). Sekarang saya mau migrasi ke zimbra bang,
Saya coba dgn tools yg abang kasih, hasil nya seperti dibawah ini:


mx:domain-kami.com Find Problems mx
Pref Hostname IP Address TTL
10 mail.domain-kami.com 49.50.xxx.xxx 5 min Blacklist Check SMTP Test
dns lookup dns check whois lookup spf lookup
Reported by dns3.masterweb.net on 5/12/2015 at 1:25:31 AM (UTC -5)

Terimakasih utk masukkannya


salam


User avatar
sr_aja

Post 13 May 2015, 09:53

berarti email semua dari internet di arahkan ke mdaemon;
========================================================
1) apakah email server bisa ke internet (ping, browsing, telnet, ssh)?
jika bisa, silahkan di lanjut ke nomer berikutnya
jika tidak silahkan penuhi aturan ini.

2) apakah email zimbra bisa di aksess dari internet?
jika bisa, testing telnet port 25 dari internet

Code: Select all

sr@server$ telnet mail.domainku.com 25
Trying xxx.xxx.xxx.xxx ...<< Harus ip public zimbra
Connected to mail.domainku.com.
Escape character is '^]'.
220 mail.domainku.com ESMTP Postfix
ehlo domainku.com
250-mail.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 35840000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN

* yg diinput/yang harus anda input; telnet mail.domainku.com 25, ehlo domainku.com
**publik ip harus publik ip dimana zimbra tersebut berada, jika yg keluar adalah publik ip mdaemon, silahkan rubah config domainnya;

misalnya;
mail.domainku.com >> public ip mdaemon
mailxx.domainkucom >> public ip zimbra

kemudian; tambahkan mx 20 dengan nama domain mailxx.domainkucom
-->> semakin kecil nilai mx makan nilai prioritasnya akan semakin tinggi

jika tidak bisa;
lakukan konfigurasi agar server email zimbra bisa di aksess dari internet.

3) apakah domain anda menggunakan spf?
jika menggunakan spf; tambahkan publik ip zimbra, dan nama domain zimbra ke dalam rule spfnya

4) testing kirim email ke internet;
jika memang tidak bisa, maka anda akan mendapat balasan notifikasi dari email server tujuan;
analisa masalah berdasarkan email notif tersebut.

5) banyak berdoa, biar suksess ;)

semog suksess bray


User avatar
bang_andi
Been thanked: 5 times
Contact:

Post 13 May 2015, 11:47

@sr_aja & @newbei,

tak percuma gelar tikarnya, dpt ilmu baru saya, trims.

btw stok kopi habis, tikarnya sy gulung lagi yaa :D


User avatar
newbei

Post 13 May 2015, 14:24

sr_aja wrote:berarti email semua dari internet di arahkan ke mdaemon;
========================================================
1) apakah email server bisa ke internet (ping, browsing, telnet, ssh)?
jika bisa, silahkan di lanjut ke nomer berikutnya
jika tidak silahkan penuhi aturan ini.

2) apakah email zimbra bisa di aksess dari internet?
jika bisa, testing telnet port 25 dari internet

Code: Select all

sr@server$ telnet mail.domainku.com 25
Trying xxx.xxx.xxx.xxx ...<< Harus ip public zimbra
Connected to mail.domainku.com.
Escape character is '^]'.
220 mail.domainku.com ESMTP Postfix
ehlo domainku.com
250-mail.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 35840000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN

* yg diinput/yang harus anda input; telnet mail.domainku.com 25, ehlo domainku.com
**publik ip harus publik ip dimana zimbra tersebut berada, jika yg keluar adalah publik ip mdaemon, silahkan rubah config domainnya;

misalnya;
mail.domainku.com >> public ip mdaemon
mailxx.domainkucom >> public ip zimbra

kemudian; tambahkan mx 20 dengan nama domain mailxx.domainkucom
-->> semakin kecil nilai mx makan nilai prioritasnya akan semakin tinggi

jika tidak bisa;
lakukan konfigurasi agar server email zimbra bisa di aksess dari internet.

3) apakah domain anda menggunakan spf?
jika menggunakan spf; tambahkan publik ip zimbra, dan nama domain zimbra ke dalam rule spfnya

4) testing kirim email ke internet;
jika memang tidak bisa, maka anda akan mendapat balasan notifikasi dari email server tujuan;
analisa masalah berdasarkan email notif tersebut.

5) banyak berdoa, biar suksess ;)

semog suksess bray
Maaf mas, hasil test dari konfigurasi zimbra saya

root@mail:~# nslookup domainku.com
Server: 192.168.10.1 (ip server zimbra)
Address: 192.168.10.1#53

Non-authoritative answer:
Name: domainku.com
Address: 49.50.xxx.xxx (ip yg dikasih waktu kami daftar domain)


root@mail:~# dig domainku.com mx

; > DiG 9.9.5-3ubuntu0.2-Ubuntu > domainku.com mx
;; global options: +cmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 39414
;; flags: qr rd ra; QUERY: 1, ANSWER: 1, AUTHORITY: 0, ADDITIONAL: 1

;; QUESTION SECTION:
;domainku.com. IN MX

;; ANSWER SECTION:
domainku.com. 8000 IN MX 10 mail.domainku.com.

;; ADDITIONAL SECTION:
mail.domainku.com. 8000 IN A 49.50.xxx.xxx

;; Query time: 710 msec
;; SERVER: 202.134.0.155#53(202.134.0.155)
;; WHEN: Wed May 13 14:07:09 WIB 2015
;; MSG SIZE rcvd: 76


root@mail:~# telnet domainku.com 587
Trying 49.50.xxx.xxx
connected to domainku.com.
Escape character is '^]'.
202 server42422.masterweb.com ESMTP ready (Spanel SMTPD 1.3.16.009)
ehlo domainlu.com
250-server42422.masterweb.com
250-Auth LOGIN PLAIN
250 8BITMIME


lakukan konfigurasi agar server email zimbra bisa di aksess dari internet?
Pertanyaan abang yg ini, saya tidak tahu cara mengaksess nya dari internet. Tapi kalau saya coba ping ke google.com hasil nya:

newbei@mail:~$ ping google.com
PING google.com (173.194.126.71) 56(84) bytes of data.
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=1 ttl=51 time=162 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=2 ttl=51 time=140 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=3 ttl=51 time=98.5 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=4 ttl=51 time=122 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=5 ttl=51 time=139 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=6 ttl=51 time=64.5 ms
64 bytes from kul06s05-in-f7.1e100.net (173.194.126.71): icmp_seq=7 ttl=51 time=98.4 ms
^C
--- google.com ping statistics ---
7 packets transmitted, 7 received, 0% packet loss, time 6008ms
rtt min/avg/max/mdev = 64.564/118.125/162.307/30.666 ms


apakah domain anda menggunakan spf?
Saya kurang tahu bang, apakah menggunakan spf atau tidak. Bgm cara cek nya ya bang?

Terimakasih bang, mau berbagi ilmu buat saya.
Sukses selalu bang, dan mohon bantuannya lagi



salam


User avatar
newbei

Post 13 May 2015, 14:27

bang_andi wrote:@sr_aja & @newbei,

tak percuma gelar tikarnya, dpt ilmu baru saya, trims.

btw stok kopi habis, tikarnya sy gulung lagi yaa :D
Bang andi, nanti saya bawa tikarnya dari rumah. Tapi di gelar di knt kami ya? kalau utk kopi mah....persediaan di knt masih banyak.
Bgm bang andi? Nanti di undang juga bang @sr_aja :)

salam piss :)


User avatar
zaxuma
Contact:

Post 13 May 2015, 15:27

aaf mas, hasil test dari konfigurasi zimbra saya ?


User avatar
newbei

Post 13 May 2015, 15:33

bang @sr_aja
saya sudah bisa kirim email ke account luar (account gmail).
Tapi saya coba balas dari gmail ke account newbei@domainku.com
saya tidak bisa terima mas.
Kalau saya lihat di web domainku.com, email dari gmail terima.

Mohon masukkan nya lagi mas


salam


User avatar
sr_aja

Post 13 May 2015, 19:52

@bang_andi; kok bubar sehh xixixix
@newbie... wait yak.. masih di luar.. blm dpn kompie.. rada susah balasnya kl ngak baca di depan komputer.. heheh


User avatar
rizaaal
Contact:

Post 13 May 2015, 21:38

newbei wrote:bang @sr_aja
saya sudah bisa kirim email ke account luar (account gmail).
Tapi saya coba balas dari gmail ke account newbei@domainku.com
saya tidak bisa terima mas.
Kalau saya lihat di web domainku.com, email dari gmail terima.

Mohon masukkan nya lagi mas


salam
waktu balas email dari gmail, coba cek log mailnya mas. biasanya kelihatan errornya kenapa.

dari zimbra ketik ini untuk lihat lognya. perhatikan baik-baik, cari baris-baris yang sepertinya memang menunjukkan proses komunikasi antara gmail tadi ke akun email masnya.

# tail -f /var/log/mail.log

kalau ada error biasanya kelihatan, entah looping to myself, entah keblok oleh antispam, dll


User avatar
sr_aja

Post 14 May 2015, 11:00

@newbie;
Saya berikan clue aja yak..
Soalnya blm sempat onlen di laptop << takut menyesatkan hehehe
Coba perhatikan saat probing domain dan mx
Saat melakukan probing mx domain server internet memberikan info bahwa mx domainkan di handle oleh mail.domainku.com
Ddengan ip 49.50.xxx.xxx sedangkan menurut topologi yg di post lebih dulu alamat ip public zimbra berada di 180.244.xx.xx
Nahh otomatis saat mailserver lain yg ada di internet mengirimkan email ke alamat @domainku.com maka email tsb akan di teruskan ke emailserver dengan alamat ip 49.50.xxx.xx


Agar zimbra dapat berkomunikasi dgn dunia luar
Zimbra membutuhkan alamat ip publik..
Metode menghubungkan zimbra dgn internet ada banyak cara
1) setup ip public di mesin zimbra
2)melakukan forward port2 zimbra dari router ke ip local zimbra
(Router harus menghandle ip piblic)

*spf = sender police framework << kalau ndak salah
Ini bertujuan mengumumkan kepada dunia.. bahwa list yg ada pada spf adalah domain dan ip yg dapat di percaya...
Selain itu adalah relay spam..

Mx domain sendiri mempunyai nilai..
Saya biasanya menggunakan nilai mx yg lbh besar sebagai backup
Sehingga jika mesin mail server master bermasalah/down maka semua email akan di arahkan ke mx backup secara otomatis

Pada kasus newbie;
Zinbra sudah mampu mengirimkan email ke google
Namun saat melakukan replay.. gogole mengirimkan email balasan ke mdaemon dgn alamat ip 49.50.xx.xx
Hal ini disebabkan beberapa hal..
Nilai mx public ip 49.50.x lebih rendah dr public ip zimbra di 180.x.x.x
Atau memang si zimbra tidak dapat di hubungi dr internet.. dialamat ip 180.x.x.x

Port transaksi antara email server adalah 25 (kalau ngak salah)

*mengutip kalimat mas vavai dlm setiap tutornya;
Jika tulisan ini bermanfaat; tlg luangkan waktu anda +/- 5 menit
Untuk berdoa demi kemajuan NKRI


Semoga sukses bray..


User avatar
bang_andi
Been thanked: 5 times
Contact:

Post 14 May 2015, 22:31

@sr_aja, looh? masih nyambung toh...bagus dah, nambah bacaan sy...nambah pula kopi sy :D


User avatar
newbei

Post 18 May 2015, 09:31

rizaaal wrote:
newbei wrote:bang @sr_aja
saya sudah bisa kirim email ke account luar (account gmail).
Tapi saya coba balas dari gmail ke account newbei@domainku.com
saya tidak bisa terima mas.
Kalau saya lihat di web domainku.com, email dari gmail terima.

Mohon masukkan nya lagi mas


salam
waktu balas email dari gmail, coba cek log mailnya mas. biasanya kelihatan errornya kenapa.

dari zimbra ketik ini untuk lihat lognya. perhatikan baik-baik, cari baris-baris yang sepertinya memang menunjukkan proses komunikasi antara gmail tadi ke akun email masnya.

# tail -f /var/log/mail.log

kalau ada error biasanya kelihatan, entah looping to myself, entah keblok oleh antispam, dll
Selamat pagi semua,
@bang andi, @sr_aja kita gelar tikar lagi ya :)

Bang Rizaaal, ini hasil log saya

zimbra@mail:~$ tail -f /var/log/mail.log
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2427]: BFF323C1615: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.09, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2424]: 9E2573C15DD: to=, relay=none, delay=3299, delays=3172/128/0/0.09, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2421]: BDFB83C15F3: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.09, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2423]: B935C3C1608: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.09, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2420]: B7CCF3C15DE: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.07, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2425]: BDFC13C15F5: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.07, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2434]: B7CA93C15CC: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.06, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2433]: BBE943C1611: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.07, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2430]: B7DD33C15E0: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.05, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)
May 18 09:11:30 mail postfix/error[2428]: B7E703C15CB: to=, relay=none, delay=3299, delays=3171/128/0/0.05, dsn=4.4.1, status=deferred (delivery temporarily suspended: connect to mail.domainku.com[49.50.xxx.xxx]:7025: Connection timed out)

Mohon bantuannya bang rizal, apa yg harus aku lakukan dengan error postfix-nya.



Salam


User avatar
sr_aja

Post 19 May 2015, 08:00

@newbie
silahkan.. nanti kalau masalahnya selesai.. tolong di infokan yak.., jadi kalau ada temen2 yang lain yg punya masalah yang sama.. bisa mengikutinya...


User avatar
newbei

Post 19 May 2015, 11:08

sr_aja wrote:@newbie
silahkan.. nanti kalau masalahnya selesai.. tolong di infokan yak.., jadi kalau ada temen2 yang lain yg punya masalah yang sama.. bisa mengikutinya...
iya bang @sr_aja, kalau sudah selesai masalah nya saya akan bagikan ke sini. Tapi sampai skr masih belum bang.
Teman2 cara mengganti ip mx bagaimana ya ?


Salam


User avatar
sr_aja

Post 19 May 2015, 14:59

sebelum mengganti mx;
pastikan dulu, bahwa zimbra dapat di aksess dari internet;
misalnya webmailnya, dan kawan2nya


User avatar
newbei

Post 20 May 2015, 08:35

sr_aja wrote:sebelum mengganti mx;
pastikan dulu, bahwa zimbra dapat di aksess dari internet;
misalnya webmailnya, dan kawan2nya
Maksud abang @sr_aja, dapat di akses dari internet apa ya?
Karena kalau mengaksess dari jaringan local bisa bang, tapi kalau saya coba akses dari luar (mis dari rumah) ngak bisa.
Kalau saya mengakses Mdaemon dari rumah (jaringan luar) bisa bang, dgn cara http://ip public:3000


salam


User avatar
sr_aja

Post 21 May 2015, 08:32

newbei wrote: root@mail:~# dig domainku.com mx

; > DiG 9.9.5-3ubuntu0.2-Ubuntu > domainku.com mx
;; global options: +cmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 39414
;; flags: qr rd ra; QUERY: 1, ANSWER: 1, AUTHORITY: 0, ADDITIONAL: 1

;; QUESTION SECTION:
;domainku.com. IN MX

;; ANSWER SECTION:
domainku.com. 8000 IN MX 10 mail.domainku.com.

;; ADDITIONAL SECTION:
mail.domainku.com. 8000 IN A 49.50.xxx.xxx


;; Query time: 710 msec
;; SERVER: 202.134.0.155#53(202.134.0.155)
;; WHEN: Wed May 13 14:07:09 WIB 2015
;; MSG SIZE rcvd: 76
newbei wrote: Internet ------Modem (180.244.xxx.xxx)----PROXY (iptable+squid = 192.168.1.3)------mail server(zimbra)/PC user (192.168.1.xxx)
dari dua informasi di atas saya mengasumsikan;
mdaemon berada di hosting dengan alamat ip 49.50.xxx.xxx
mx 10 domaiku.com berada di alamat mail.domainku.com
alamat ip mail.domainku.com berada di ip 49.50.xxx.xxx

================================================================

Zimbra mail server;
mesin ini di rencanakan akan menggantikan mdaemon;
dari topologi network yg di berikan saya berasumsi bahwa;
publik ip mesin zimbra adalah "180.244.xxx.xxx" << atau di belakang modem/router/firewall

agar zimbra bisa berkomunikasi dengan dunia luar (terutama dengan mail server lain); port yg di butuhkan adalah port 25
nahh silahkan forward port 25 ini dari modem/router/firewall ke mesin zimbra

namun jika email server zimbra juga ingin di aksess dari internet, maka
port2 servicenya juga harus di open; 80, 443, 8080 dan 7071 (Halaman Zimbra Admin), list lebih lengkapnya cek log saat instalasi
pada saat instalasi; pada "Main menu" seluruh port zimbra akan di tampilkan pada informasi configurasi"

karena saat penggantian MX, maka seluruh email akan di arahkan ke mail server zimbra, hal ini mengurangi rasa kesal dan sewot para sysadmin saat di komplain user.. hahahaah...

untuk penggantian mx itu prosesnya sangat mudah.. ngak ampe 5 menit (tergantung koneksi ke domain panel juga seh) :D
hanya saja, propagasi penggantian alamat ip publik sebuah domain biasanya memakan waktu 2 - 4 jam << mungkin bisa lebih cepat, namun dahulu kala.. kami menggunkan waktu 1x24 jam sebagai patokan.. bahwa propagasi DNS seluruh dunia baru akan aktif setelah 2 x 24 jam... << jhehehe biar keren dikit dan kesannya kerjanya lama wakakaka


User avatar
newbei

Post 21 May 2015, 10:24

sr_aja wrote:
newbei wrote: root@mail:~# dig domainku.com mx

; > DiG 9.9.5-3ubuntu0.2-Ubuntu > domainku.com mx
;; global options: +cmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 39414
;; flags: qr rd ra; QUERY: 1, ANSWER: 1, AUTHORITY: 0, ADDITIONAL: 1

;; QUESTION SECTION:
;domainku.com. IN MX

;; ANSWER SECTION:
domainku.com. 8000 IN MX 10 mail.domainku.com.

;; ADDITIONAL SECTION:
mail.domainku.com. 8000 IN A 49.50.xxx.xxx


;; Query time: 710 msec
;; SERVER: 202.134.0.155#53(202.134.0.155)
;; WHEN: Wed May 13 14:07:09 WIB 2015
;; MSG SIZE rcvd: 76
newbei wrote: Internet ------Modem (180.244.xxx.xxx)----PROXY (iptable+squid = 192.168.1.3)------mail server(zimbra)/PC user (192.168.1.xxx)
dari dua informasi di atas saya mengasumsikan;
mdaemon berada di hosting dengan alamat ip 49.50.xxx.xxx
mx 10 domaiku.com berada di alamat mail.domainku.com
alamat ip mail.domainku.com berada di ip 49.50.xxx.xxx

================================================================

Zimbra mail server;
mesin ini di rencanakan akan menggantikan mdaemon;
dari topologi network yg di berikan saya berasumsi bahwa;
publik ip mesin zimbra adalah "180.244.xxx.xxx" << atau di belakang modem/router/firewall

agar zimbra bisa berkomunikasi dengan dunia luar (terutama dengan mail server lain); port yg di butuhkan adalah port 25
nahh silahkan forward port 25 ini dari modem/router/firewall ke mesin zimbra

Untuk meng-forward port 25 bisa saya lakukan seperti ini di firewall:

iptables -A PREROUTING -t nat -i eth0 -p tcp—dport 25 -j DNAT —to 192.168.1.5:25
iptables -A INPUT -p tcp -m state—state NEW —dport 25 -i eth0 -j ACCEPT


User avatar
sr_aja

Post 21 May 2015, 11:50

OK...

sekarang bisa ngak simulasi seperti ini;
*--> yang di tebalkan adalah perintah/ hasil input

===================Mulai Dari sini=================
sr_2012@adadeh:~$ telnet 180.244.xxx.xxx 25
Trying 180.244.xxx.xxx...
Connected to namaserver.domainku.com
Escape character is '^]'.
220 namaserver.domainku.com ESMTP Postfix
helo domainku.com
250 namaserver.domainku.com
lo namaserver.domainku.com
502 5.5.2 Error: command not recognized
ehlo domainku.com
250-namaserver.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 35840000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
^]

telnet> quit
Connection closed.
sr_2012@adadeh:~$

===================Berakhir Di sini=================

prosedur di atas hanya untuk memastikan bahwa mail server zimbra sudah dapat berkomunikasi dengan email server lain;


jika sudah, hal yg dapat di lakukan untuk memindahkan mx adalah;
melakukan perubahan alamat ip mail.domainku.com
-->> dari 49.50.xxx.xxx
-->> ke/menjadi 180.244.xxx.xxx

hal ini dapat di lakukan di domain control panel atau
Cpanel tempat menyewahosting, atau domain admin pada account yg di berikan dari registrar

silahkan cek menggunakan tools nslookup,
alamat ip mail.domainku.com apakah sudah berubah/mengarah ke 180.244.xxx.xxx

jika sudah, silahkan tes mengirim email dari google << karena update domain google sangat cepat, dan cek pada server mdaemon dan zimbra, dimana email dari google masuk..
jika masuk ke server zimbra, maka anda layak dapat; [size:26pt]*[/size].. dan salam "ibu jari"


User avatar
newbei

Post 21 May 2015, 14:22

sr_aja wrote:OK...

sekarang bisa ngak simulasi seperti ini;
*--> yang di tebalkan adalah perintah/ hasil input

===================Mulai Dari sini=================
sr_2012@adadeh:~$ telnet 180.244.xxx.xxx 25
Trying 180.244.xxx.xxx...
Connected to namaserver.domainku.com
Escape character is '^]'.
220 namaserver.domainku.com ESMTP Postfix
helo domainku.com
250 namaserver.domainku.com
lo namaserver.domainku.com
502 5.5.2 Error: command not recognized
ehlo domainku.com
250-namaserver.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 35840000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
^]

telnet> quit
Connection closed.
sr_2012@adadeh:~$

===================Berakhir Di sini=================

prosedur di atas hanya untuk memastikan bahwa mail server zimbra sudah dapat berkomunikasi dengan email server lain;


jika sudah, hal yg dapat di lakukan untuk memindahkan mx adalah;
melakukan perubahan alamat ip mail.domainku.com
-->> dari 49.50.xxx.xxx
-->> ke/menjadi 180.244.xxx.xxx

hal ini dapat di lakukan di domain control panel atau
Cpanel tempat menyewahosting, atau domain admin pada account yg di berikan dari registrar

silahkan cek menggunakan tools nslookup,
alamat ip mail.domainku.com apakah sudah berubah/mengarah ke 180.244.xxx.xxx

jika sudah, silahkan tes mengirim email dari google << karena update domain google sangat cepat, dan cek pada server mdaemon dan zimbra, dimana email dari google masuk..
jika masuk ke server zimbra, maka anda layak dapat; [size:26pt]*[/size].. dan salam "ibu jari"

Bang sr_aja,
Setelah saya test maka hasil nya

root@mail:~# telnet 180.244.xxx.xxx 25
Trying 180.244.xxx.xxx...
telnet: Unable to connect to remote host: Connection refused
:cry:


Salam


User avatar
sr_aja

Post 21 May 2015, 14:40

nahh.. itu berarti belon di open omm...

coba kalau telnet port 25 dari local.. pasti bisa
untung aje.. MX nya belon di pindahin..
coba kalau langsung di pindah.. pasti email kagak bakal jalan semua..

bisa2 loe di amuk orang sekantor.. xixi


User avatar
newbei

Post 25 May 2015, 11:11

[quote=sr_aja]OK...

sekarang bisa ngak simulasi seperti ini;
*--> yang di tebalkan adalah perintah/ hasil input

===================Mulai Dari sini=================
sr_2012@adadeh:~$ telnet 180.244.xxx.xxx 25
Trying 180.244.xxx.xxx...
Connected to namaserver.domainku.com
Escape character is '^]'.
220 namaserver.domainku.com ESMTP Postfix
helo domainku.com
250 namaserver.domainku.com
lo namaserver.domainku.com
502 5.5.2 Error: command not recognized
ehlo domainku.com
250-namaserver.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 35840000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
^]

telnet> quit
Connection closed.
sr_2012@adadeh:~$

===================Berakhir Di sini=================

prosedur di atas hanya untuk memastikan bahwa mail server zimbra sudah dapat berkomunikasi dengan email server lain;


jika sudah, hal yg dapat di lakukan untuk memindahkan mx adalah;
melakukan perubahan alamat ip mail.domainku.com
-->> dari 49.50.xxx.xxx
-->> ke/menjadi 180.244.xxx.xxx

hal ini dapat di lakukan di domain control panel atau
Cpanel tempat menyewahosting, atau domain admin pada account yg di berikan dari registrar

silahkan cek menggunakan tools nslookup,
alamat ip mail.domainku.com apakah sudah berubah/mengarah ke 180.244.xxx.xxx

jika sudah, silahkan tes mengirim email dari google > DiG 9.9.5-3ubuntu0.2-Ubuntu > domainku.com mx
;; global options: +cmd
;; Got answer:
;; ->>HEADER<<- opcode: QUERY, status: NOERROR, id: 38235
;; flags: qr aa rd ra; QUERY: 1, ANSWER: 1, AUTHORITY: 1, ADDITIONAL: 3

;; OPT PSEUDOSECTION:
; EDNS: version: 0, flags:; udp: 4096
;; QUESTION SECTION:
;domainku.com. IN MX

;; ANSWER SECTION:
domainku.com. 604800 IN MX 0 mail.domainku.com.

;; AUTHORITY SECTION:
domainku.com. 604800 IN NS ns1.domainku.com.

;; ADDITIONAL SECTION:
mail.domainku.com. 604800 IN A 192.168.1.5
ns1.domainku.com. 604800 IN A 192.168.1.5

;; Query time: 0 msec
;; SERVER: 192.168.1.5#53(192.168.1.5)
;; WHEN: Mon May 25 10:59:56 WIB 2015
;; MSG SIZE rcvd: 121

root@mail:~# nslookup domainku.com
Server: 192.168.1.5
Address: 192.168.1.5#53

Name: domainku.com
Address: 192.168.1.5

root@mail:~# host domainku.com
domainku.com has address 192.168.1.5
domainku.com mail is handled by 0 mail.domainku.com.

root@mail:~# telnet domainku.com 25
Trying 192.168.1.5...
Connected to domainku.com.
Escape character is '^]'.
220 mail.domainku.com ESMTP Postfix
helo domainku.com
250 mail.domainku.com
lo mail.domainku.com
502 5.5.2 Error: command not recognized
ehlo domainku.com
250-mail.domainku.com
250-PIPELINING
250-SIZE 10240000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN

Dari hasil test diatas apakah mesin zimbra saya sudah berfungsi dengan baik?
Sehingga saya tinggal merubah MX nya di cpanel dari ip 49.50.xxx.xxx ke ip public saya 180.244.xxx.xxx

Mohon masukkan nya bang @sr_aja

Salam


User avatar
sr_aja

Post 25 May 2015, 11:37

seep.. sepertinya sudah OK, jika dari jaringan lokal,
sebenarnya pada saat masih single network card sudah berfungsi dengan baik, (data pendukungnya adalah, dari zimbra sudah bisa mengirimkan email ke google)

tinggal bagaimana metode agar si zimbra bisa di aksess dengan baik.. dari internet..
============================================================
bagaimana kalau kita buat seperti ini;

setup pada cpanel bagian domain
pluto.domainku.com IN A 180.244.xxx.xxx

setelah itu, tunggu beberapa saat, dan testing ping dari internet
pluto.domainku.com > mail.domainku.com (dengan alamat ip ip 49.50.xxx.xxx)

ke >> pluto.domainku.com (dengan alamat ip 180.244.xxx.xxx)

==================================================
tambahkan MX dengan nilai 20 atau 50
dan arahkan ke mail.domainku.com

hal ini untuk sekedar jaga2 jika planning yg di rencanakan ngak berjalan mulus.. plg ngak email masik bisa di terima oleh mdaemon..


tunggu beberapa saat, sampai MX sudah di arahkan ke pluto.domainku.com

jika MX sudah berubah dari mail.domainku.com ke pluto.domainku.com

liat log zimbra, dan testing kirim dan terima email ke internet..

jika semuanya sudah OK...
rubah alamat ip mail.domaiku.com yang awalnya ke 49.50.xxx.xxx
menjadi ke 180.244.xxx.xxx...

diamkan konfig ini selama beberapa hari...
jika sudah berjalan dengan baik...

selamat.. zimbra anda sudah berubah status dari server developmen menjadi server production...


note;
jangan melakukan setting dns pluto.domainku.com di lokal
jadi saat pengetesan.... domain pluto.domainku.com
akan di arahkan ke ip public 180.244.xxx.xxx


jika semuanya berjalan lancar... mari kita ngopi.....


User avatar
newbei

Post 25 May 2015, 14:39

sr_aja wrote:seep.. sepertinya sudah OK, jika dari jaringan lokal,
sebenarnya pada saat masih single network card sudah berfungsi dengan baik, (data pendukungnya adalah, dari zimbra sudah bisa mengirimkan email ke google)

tinggal bagaimana metode agar si zimbra bisa di aksess dengan baik.. dari internet..
============================================================
bagaimana kalau kita buat seperti ini;

setup pada cpanel bagian domain
pluto.domainku.com IN A 180.244.xxx.xxx

setelah itu, tunggu beberapa saat, dan testing ping dari internet
pluto.domainku.com > mail.domainku.com (dengan alamat ip ip 49.50.xxx.xxx)

ke >> pluto.domainku.com (dengan alamat ip 180.244.xxx.xxx)

==================================================
tambahkan MX dengan nilai 20 atau 50
dan arahkan ke mail.domainku.com

hal ini untuk sekedar jaga2 jika planning yg di rencanakan ngak berjalan mulus.. plg ngak email masik bisa di terima oleh mdaemon..


tunggu beberapa saat, sampai MX sudah di arahkan ke pluto.domainku.com

jika MX sudah berubah dari mail.domainku.com ke pluto.domainku.com

liat log zimbra, dan testing kirim dan terima email ke internet..

jika semuanya sudah OK...
rubah alamat ip mail.domaiku.com yang awalnya ke 49.50.xxx.xxx
menjadi ke 180.244.xxx.xxx...

diamkan konfig ini selama beberapa hari...
jika sudah berjalan dengan baik...

selamat.. zimbra anda sudah berubah status dari server developmen menjadi server production...


note;
jangan melakukan setting dns pluto.domainku.com di lokal
jadi saat pengetesan.... domain pluto.domainku.com
akan di arahkan ke ip public 180.244.xxx.xxx


jika semuanya berjalan lancar... mari kita ngopi.....

Bang@sr_aja, sebelum saya mengikuti petunjuk dari abang, ada beberapa yg saya tanyakkan.
1. Maksud nya pluto.domainku.com apa ya? karena nama pluto.domainku.com tidak ada di control panel hosting

2 Tahapan yang ini
" masuk ke tahap selanjutny;
alihkan MX 10 dari domain >> mail.domainku.com (dengan alamat ip ip 49.50.xxx.xxx)

ke >> pluto.domainku.com (dengan alamat ip 180.244.xxx.xxx)"

Ini saya lakukan dimana ya? apa di cpanel?

Terimakasih bang@sr_aja utk ilmu nya


salam


User avatar
sr_aja

Post 26 May 2015, 12:42

pluto.domaiku.com << ini hanya tambahan sub domain dari domainku.com

sama dengan mail.domainku.com

nama pluto.domainku.com dan mail.domainku.com sama2 mempunyai induk/berinduk ke domainku.com

settingnya di cpanel bagian domain manajemen
dia di tambahkan/di buat baru..
prioritas 0

*kenapa pluto. <<, karena planet ini sekarang sudah ngak di anggep oleh ilmuan... hehehehe

kalau dulu, saya kadang suka memberi nama subdomain sesuai dengan nama2 pulau
atau nama2 burung asli indonesia.. yahh suka2 sysadmin lah .. hehehehe


User avatar
rizaaal
Contact:

Post 21 Jul 2015, 18:33

duh sori mas newbei, lama tidak main kesini hehe. gimana apakah sudah solved? :)


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 38 guests