[ASK] authentikasi server mail

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
Post Reply
User avatar
aleardho
Contact:

[ASK] authentikasi server mail

Post 12 Apr 2010, 10:51

ALL,

mau tanya nih, ada yang tau gak cara yg mau ogut bikin ini.. share dunk :)

diasumsikan ada 2 mesin, mesin A dan mesin B, dimana mesin A adalah authentikasi user dan mesin B adalah mailbox user.

Rencananya :

Setiap user yang mengirim email, harus dicek dulu apakah terdaftar di mesin A atau tidak. kalau memang terdaftar maka email akan terus dikirim keluar, tapi jika tidak terdaftar maka akan didrop dan tidak akan diteruskan.

Begitu juga dalam hal penerimaan email, setiap email yang diterima akan melalui mesin A dulu dan dicek, apakah user email yang akan menerima email tsb terdaftar atau tidak, jika terdaftar maka akan diteruskan ke mesin B, jika tidak akan di drop.

Ada yg tau ??

Salam,
aLe


User avatar
M3L3R
Contact:

Post 12 Apr 2010, 18:01

tugas kuliah iya bro ??? hehe :grin:


User avatar
c0jack
Contact:

Post 13 Apr 2010, 08:13

udah dibikin mail server nya?


regards,
c0jack


User avatar
aleardho
Contact:

Post 13 Apr 2010, 09:52

M3L3R wrote:tugas kuliah iya bro ??? hehe :grin:
Bukan bro, mau ogut implementasiin di kantor :)

c0jack wrote:udah dibikin mail server nya?regards,
c0jack


Server email existing pake qmail, rencana mau ogut migrasiin ke postfix cuma pengen coba sih ngetes IREDMAIL. pointnya mau bikin konsepnya spti diatas, ada rujukannya om ??


User avatar
c0jack
Contact:

Post 13 Apr 2010, 11:30

blom pernah pake qmail. saya pernah implementasi pake postfix + courier + mysql. semua akun disimpan di database, jadi kalo mau nambah/hapus user tinggal mainin di table user :D :D oia bisa bikin banyak virtual domain juga lho, hehe...
aleardho wrote:diasumsikan ada 2 mesin, mesin A dan mesin B, dimana mesin A adalah authentikasi user dan mesin B adalah mailbox user.
kalo ini blom pernah saya. ditempat saya cuma pake satu mesin.


regards,
c0jack


User avatar
aleardho
Contact:

Post 13 Apr 2010, 14:04

c0jack wrote:blom pernah pake qmail. saya pernah implementasi pake postfix + courier + mysql. semua akun disimpan di database, jadi kalo mau nambah/hapus user tinggal mainin di table user :D :D oia bisa bikin banyak virtual domain juga lho, hehe...


Ditunggu tutornya om ;)

Regards,
aLe


User avatar
bulugading

Post 13 Apr 2010, 14:47

just sharing aja broe, dek tmpatku juga sama pake qmail ... sudah 1 tahunan lebih make mail authentikasi .. karena sebelum2nya pernah ada beberapa kasus ada user yang ngirim email pake user yang lain ...

sekarang wes lumayan aman terkandali .. kalo ada yang mo ditindak lanjuti info2 aja broe ... :/


User avatar
aleardho
Contact:

Post 13 Apr 2010, 15:08

bulugading wrote:just sharing aja broe, dek tmpatku juga sama pake qmail ... sudah 1 tahunan lebih make mail authentikasi .. karena sebelum2nya pernah ada beberapa kasus ada user yang ngirim email pake user yang lain ...

sekarang wes lumayan aman terkandali .. kalo ada yang mo ditindak lanjuti info2 aja broe ... :/


Masih ada dokumentasi pembuatannya bro??, kalau boleh di share di mari atau via japri. ditunggu ya :)


Regards,
aLe


User avatar
bulugading

Post 13 Apr 2010, 16:18

dek tempatku pake qmail-smtpd-auth-0.31 broe ... coba deh di review dulu ... tenang dokumentasi masih complit :cool: ... kalo perlu kabar-kabari ja ...


User avatar
c0jack
Contact:

Post 13 Apr 2010, 17:23

aleardho wrote:Ditunggu tutornya om ;)

Regards,
aLe
pm saya aja yah. kalo ta kasih di sini ntar saya melanggar peraturan posting point 4. trus kalo ta tulis disini kepanjangan ;)


regards,
c0jack


User avatar
lisnux

Post 13 Apr 2010, 21:23

Seep dah, master2nya server udah pada turun gunung :D


User avatar
aleardho
Contact:

Post 14 Apr 2010, 09:21

c0jack wrote:pm saya aja yah. kalo ta kasih di sini ntar saya melanggar peraturan posting point 4. trus kalo ta tulis disini kepanjangan ;)


regards,
c0jack


Cek PM bro,

thanks ;)


User avatar
c0jack
Contact:

Post 14 Apr 2010, 10:17

udah ta bales tuh pm nya, kalo ada kesalahan/kekurangan tolong dikoreksi yah. atau kalo ada metode yang lebih baik saya dikasih tau yah ;)


regards,
c0jack


User avatar
aleardho
Contact:

Post 14 Apr 2010, 10:23

Thanks for sharing bro


Regards,
aLe aRdHo


User avatar
bulugading

Post 14 Apr 2010, 13:56

salam Broe, baru sempet Upload manual qmail-authenticatenya ... coba cek PM ....
sorry telat kalo dapapa contact2 aja ...
...


User avatar
aleardho
Contact:

Post 14 Apr 2010, 14:16

bulugading wrote:salam Broe, baru sempet Upload manual qmail-authenticatenya ... coba cek PM ....
sorry telat kalo dapapa contact2 aja ...
...


Wah ngga telat kok bro, thanks for sharing ;).. langsung ke TKP nih :)


User avatar
blangkon91
Contact:

Post 18 Aug 2011, 09:07

wagh au dong bro master tutor nya pm ane juga ya, buat belajar buat email server, thx


User avatar
sipelaut
Contact:

Post 28 Aug 2011, 15:05

wahh ini para mastahnya pada main Pe em pe eman..... hekekekkk....


User avatar
rizaaal
Contact:

Post 29 Aug 2011, 21:14

yaah padahal saya juga pingin tau ttg mail server nih bro. :cry:


User avatar
suryayusra
Contact:

Post 09 Sep 2011, 08:45

saya jg mau tutorial nya


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 277 guests