password root

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
Post Reply
User avatar
Arman331

password root

Post 07 Oct 2012, 14:50

salam kenal semuaX....
saya mo tanya sama tman2 yg lebih berpengalaman d dunia Ubuntu....
saya menggunakan Ubuntu 12.04, password root tidak bisa d gunakan lagi, padahal sebelum2nya bisa aja....
anehnya klo password itu d gunakn untuk login, masih ttap bisa....
mohon pencerahannya...


User avatar
razi2razi

Post 08 Oct 2012, 21:09

mgkin ada yg salah. cba diprint-screen hasilnya bro. klo login bisa, otomatis yg lainnya juga bisa.


User avatar
buzzing_bee
Contact:

Post 09 Oct 2012, 02:26

set ulang passwordnya aja om :D

Code: Select all

$ passwd username
masukin password lama
trus masukin password baru 2x

kalo udah di set, coba masuk root pake password baru

CMIIW


User avatar
sayed
Contact:

Post 09 Oct 2012, 05:47

setting aja password rootnya

Code: Select all

$sudo passwd root


User avatar
Arman331

Post 11 Oct 2012, 23:54

Password sudah sy reset tapi kok, masi G mau masuk d root ya....
tampilan terlampir...
Ket'
1) Password tuk sudo G bsa pdhal sbelumnya bisa
2) Setiap ingin membuka data selalu muncul seperti gambar
Mohon bimbinganX...


User avatar
Ravie_kids

Post 12 Oct 2012, 09:26

Arman331 wrote:Password sudah sy reset tapi kok, masi G mau masuk d root ya....
tampilan terlampir...
Ket'
1) Password tuk sudo G bsa pdhal sbelumnya bisa
2) Setiap ingin membuka data selalu muncul seperti gambar
Mohon bimbinganX...


ente mau mount HDD ??
emang harus dimount dulu kang biar tampil partisi HDDnya.. :)

klo ga mau ribet biar mount otomatis ente liat disini..
http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... Post117194
ada caranya disitu..


User avatar
Arman331

Post 15 Oct 2012, 16:59

BUkan cuma tuk mount HDD, tapi juga untuk instal program...
setiapuntuk masuk root tetap tidak bisa...


User avatar
Ravie_kids

Post 16 Oct 2012, 16:32

[quote: merubah password root]sudo passwd root
[sudo] password for User_ente:
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully[/quote]

itu buat ngerubah password root gan


User avatar
sta

Post 16 Oct 2012, 16:49

keknya user (dar) bukan grup admin, tolong copas hasil

cat /etc/group | grep sudo


User avatar
sayed
Contact:

Post 16 Oct 2012, 16:51

boot ubuntunya via recovery trus masuk root
di command prompt nya perintahnya

Code: Select all

#nano /etc/sudoers
cari tulisan ini
# root and users in group wheel can run anything on any machine as any user
root ALL = (ALL) ALL
trus edit tambahkan skrip ini
# root and users in group wheel can run anything on any machine as any user
root ALL = (ALL) ALL
(namauser) ALL = (ALL) ALL
udah gitu aja
trus restart deh ubuntunya :D


User avatar
sipelaut
Contact:

Post 17 Oct 2012, 16:13

awas.............
dan berhati-hatilah bila udah jadi root


User avatar
semut
Contact:

Post 17 Oct 2012, 17:02

sebelum sperti ini, apakah remove atau install paket tertentu ?


User avatar
rizaaal
Contact:

Post 18 Oct 2012, 12:28

masukin ke grup sudo aja. jauh lebih aman dibanding masuk ke root langsung.

Code: Select all

$ sudo usermod -aG sudo namauser
CMIIW


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 67 guests