[SHARE] Mencoba multitouch pada touchpad laptop

Membahas Perangkat-perangkat keras yang belum dideteksi dengan baik oleh Ubuntu serta solusinya.
Post Reply
User avatar
deny26

[SHARE] Mencoba multitouch pada touchpad laptop

Post 21 Mar 2012, 16:04

Mungkin beberapa dari warga FUI ada yang punya laptop support multitouch pada touchpadnya. Apa itu multitouch? dalam artian bebas, multitouch bisa diartikan sebagai kemampuan touchpad untuk mengenali beberapa titik (sentuhan jari). Perangkat multitouch yang terkenal adalah buatan apple :grin:

Keuntungan dari multitouch ini adalah meminimalisir penggunaan mouse (biasanya suara klik mouse terdengar mengganggu :grin:)


Sebelum mencoba fitur ini, silahkan setting touchpadnya untuk memanfaatkan fitur multitouch..
Buka System Settings (ada di menu Preferences). Kemudian pilih Mouse and Touchpad. Selanjutnya pindah ke tab Touchpad. Aktifkan opsi :
- Two-finger Scrolling
- Enable horizontal scrolling

Image



Berikut beberapa hasil test saya di Linux saat memanfaatkan fitur multitouch ini :

1. Memindahkan jendela dengan touchpad (1 jari)
Lakukan double click pada title bar window. Pada saat click yang terkahir tangan jangan dilepas dari touchpad. Maka cursor akan berubah menjadi gambar tangan dan bersiap untuk memindahkan window (jari jangan dilepas). Geser window ke arah yang diinginkan.

Trik ini juga berlaku untuk
- resize window atau object pada window yang bisa diresize
- memilih banyak file di nautilus
- atur volume applet
- block teks

Ilustrasi seperti gambar No.3


2. Scroll ketas-kebawah / kiri-kanan (2 jari)
Tempelkan jari telunjuk dan jari tengah secara bersamaan dan lakukan gerakan ke atas atau kebawah / ke kiri atau kanan untuk melakukan scroll halaman
Image

3. Klik kanan dengan touchpad (2 jari)
Tempelkan 2 jari di touchpad dan lakukan double click (klik terakhir tangan dilepas), maka akan muncul menu klik kanan seperti biasanya
Image

4. Zoom gambar (2 jari)
Tempelkan 2 jari (ibu jari dan telunjuk) seperti gambar dibawah. dan lakukan gerakan memutar dengan jari telunjuk.
Image

ketiga fungsi multitouch diatas menurut saya sudah cukup untuk menggantikan fungsi mouse :D
tapi bagi para coder sepertinya tehnik ini akan memperlambat anda bekerja :p


Referensi :
http://www.omgubuntu.co.uk/2010/09/benj ... -trackpad/
http://en.wikipedia.org/wiki/Multi-touch_gestures
Last edited by deny26 on 27 Feb 2016, 19:51, edited 1 time in total.
Reason: penambahan hasil test


User avatar
aptfast
Contact:

Post 21 Mar 2012, 16:37

wah, netbuk saya tdk support multitouch :(


User avatar
deny26

Post 21 Mar 2012, 16:44

:( padahal kalau mastah aptfast bisa coba kan bisa dikembangkan lagi uji cobanya.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 21 Mar 2012, 17:15

deny26 wrote::( padahal kalau mastah aptfast bisa coba kan bisa dikembangkan lagi uji cobanya.
mungkin bisa di notbuk toshiba ane :D
ntar dicoba di rumah


User avatar
CDX

Post 21 Mar 2012, 18:12

ah nti malem coba ah kali aja vaio ane supprot...:laugh: :laugh:


User avatar
buzzing_bee
Contact:

Post 21 Mar 2012, 21:26

aptfast wrote:
buzzing_bee wrote:ntar dicoba deh...hp mini support gak ya?? :confused:
di hp mini 210-1000 ane ga ada opsi multitouch nya :(
di hp mini 110 ada pilihan :D

udah tak coba, tapi kok jadinya gak karuan ya?? gak lancar gitu...kenapa ya??
nyoba yg klik kanan tapi gak bisa..wkwkwk :grin:


User avatar
offline

Post 22 Mar 2012, 05:55

saya pernah coba di laptop kesayangan & gak bisa multitouch kakak :grin:


User avatar
deny26

Post 22 Mar 2012, 07:33

buzzing_bee wrote:di hp mini 110 ada pilihan :D

udah tak coba, tapi kok jadinya gak karuan ya?? gak lancar gitu...kenapa ya??
nyoba yg klik kanan tapi gak bisa..wkwkwk :grin:

coba cek dulu di manual book laptopnya masbro.. apa support multitouch.. kalau gak support keknya gak bisa nanti.


User avatar
ilham2930
Contact:

Post 22 Mar 2012, 09:39

punya saya bisa di Acer 4745G...
cuma saya lebih suka edge scrolling dari pada yang two finger scrolling..

btw nice share masbro


User avatar
buzzing_bee
Contact:

Post 22 Mar 2012, 09:45

deny26 wrote:
buzzing_bee wrote:di hp mini 110 ada pilihan :D

udah tak coba, tapi kok jadinya gak karuan ya?? gak lancar gitu...kenapa ya??
nyoba yg klik kanan tapi gak bisa..wkwkwk :grin:

coba cek dulu di manual book laptopnya masbro.. apa support multitouch.. kalau gak support keknya gak bisa nanti.
buku manualnya ada di kardus, dan kardusnya udah kebuang sm bapak waktu beres2 rumah :grin:


User avatar
deny26

Post 22 Mar 2012, 10:46

yogieza wrote:saya pernah coba di laptop kesayangan & gak bisa multitouch kakak :grin:

laptopnya merek & tipe apa masbro?
ilham2930 wrote:punya saya bisa di Acer 4745G...
cuma saya lebih suka edge scrolling dari pada yang two finger scrolling..

btw nice share masbro

kenapa masbro? gak nyaman tah? :grin:


User avatar
buzzing_bee
Contact:

Post 22 Mar 2012, 11:10

ntar dicoba deh...hp mini support gak ya?? :confused:


User avatar
aptfast
Contact:

Post 22 Mar 2012, 11:13

buzzing_bee wrote:ntar dicoba deh...hp mini support gak ya?? :confused:
di hp mini 210-1000 ane ga ada opsi multitouch nya :(


User avatar
ilham2930
Contact:

Post 22 Mar 2012, 13:06

ilham2930 wrote:punya saya bisa di Acer 4745G...
cuma saya lebih suka edge scrolling dari pada yang two finger scrolling..

btw nice share masbro

kenapa masbro? gak nyaman tah? :grin:


iy masbro, klo pake two-finger scrolling, pointernya loncat2...
tapi klo edge scroling normal...
dan semua fungsi juga bekerja baik..!!


User avatar
ariangga

Post 02 Apr 2012, 18:18

Ane pernah nyoba yang pke 3 jari untuk merisize sama move windows [img]http://media.bestofmicro.com/ubuntu-uni ... 465-13.png[/img]


User avatar
abu_unaisah

Post 02 Apr 2012, 18:32

buzzing_bee wrote:
deny26 wrote:
buzzing_bee wrote:di hp mini 110 ada pilihan :D

udah tak coba, tapi kok jadinya gak karuan ya?? gak lancar gitu...kenapa ya??
nyoba yg klik kanan tapi gak bisa..wkwkwk :grin:

coba cek dulu di manual book laptopnya masbro.. apa support multitouch.. kalau gak support keknya gak bisa nanti.
buku manualnya ada di kardus, dan kardusnya udah kebuang sm bapak waktu beres2 rumah :grin:
dunlut


User avatar
Aneuk_Nanggroe
Contact:

Post 14 Sep 2012, 19:51

cara ngecek support or tidak nya multitouch dilaptop kita gmn ya..??


User avatar
aptfast
Contact:

Post 17 Oct 2012, 19:43

rhyda wrote:Toshiba support nggak ya? :confused:
biasakan mencoba dulu sebelum bertanya... :)


User avatar
yanasatriya

Post 05 Feb 2013, 14:44

Asyikkk,,,pnyku support.... :p


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: Sergrann and 13 guests