Proses booting error terus (harus di reset dulu)

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
Post Reply
User avatar
robbany

Proses booting error terus (harus di reset dulu)

Post 05 Feb 2010, 20:19

Master2... mohon bantuannya nih.. tiap kompie dinyalain mesti error terus, tp kalo direset atw kalo dah login & di restart, gak masalah...jd cuma kalo dinyalain dalam keadaan sebelumnya mati. pesennya kaya gini..

Gave up waiting for root device. Common problems:
- Boot args (cat /proc/cmdline)
- check rootdelay=(did the system wait long enough?)
- check root=(did the system wait for the right device)
- Missing modules (cat /proc/modules; ls /dev)
ALERT! /dev/disk/by -uuid/...blabla... does not exist. Dropping to a shell!


User avatar
deny26

Post 05 Feb 2010, 20:22

sususan partisi harddisknya gimana?


User avatar
robbany

Post 05 Feb 2010, 20:35

maksudnya? sowri elmunya masih cetek nih, gak ngerti... mungkin kaya gini kali ya... harddisknya sih total semua di format pake linux... gak ada partisi lain.. tp kasus diatas baru terjadi setelah upgrade kernel linux yg bawaan live cd ke versi 2.6.31-17. sekarang dah diupdate ke yg 2.6.31-19 masih sama ... dah dicoba balikin lagi ke yang asli lewat startup manager tetep aja..


User avatar
deny26

Post 05 Feb 2010, 20:40

kernel bawaan live cd? sepertinya kernel live cd versinya 2.6.31-14 deh. kok bisa versi 17? perbaiki grub-nya udah? atau install ulang aja.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 05 Feb 2010, 23:27

saya kadang mengalami hal yg sama...kira2 sekali 2 kali
jadi prosess bootingnya sangat lama hingga terpaksa saya hard reset...

biasanya terjadi jika ketika shutdown tanpa menutup aplikasi di desktop terlebih dahulu....:(


User avatar
Sudoers
Site Admin

Post 06 Feb 2010, 09:02

Jadi kesimpulannya??


User avatar
blackshirt
Contact:

Post 06 Feb 2010, 09:18

ehm..install ulang???
kayaknya jangan dulu deh..ntar malah gak tahu apa masalahnya, dan bagaimana solusinya..
kalo dikit2 install ulang, menurut saya bukan kebiasaan yang baik bro..
lakukan aja sebagai solusi terakhir..


User avatar
aptfast
Contact:

Post 06 Feb 2010, 13:47

jgn install ulang...:D

1 tips aja, sebelum tombol shutdown di pencet, close semua aplikasi yg lagi jalan di desktop terlebih dahulu sampe tuntas...baru shutdown...


User avatar
robbany

Post 10 Apr 2010, 20:16

Akhirnya ketemu masalhnya.... hehehe... saya coba install ulang, sy pake aptonCD buat repositorynya... coba install 1-1 sampe instal ulang berkali-kali... ternyata masalahnya ada waktu upgrade dari grub linux kernel ato apalah namanya yang bawaan liveCD ke yang lebih tinggi (kalo gak salah sekarang dah versi 20) jadi sy tetep pake yang versi 14/bawaan liveCD & wuzzz.... tp anehnya klo di kompie yang laen gapapa.. kenapa ya??


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 69 guests