[Project] alldeb

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
User avatar
Malsasa
Contact:

Re: [Project] alldeb

Post 05 Jun 2013, 00:20

Kang nif, maaf saya sebetulnya ingin melakukan yang selain ini. Namun sungguh ini fakta yang menarik sekali. Ternyata dpkg melakukan backup berkas status dari /var/lib/dpkg/status ketika pertama Ubuntu diinstal (mohon luruskan jika keliru).

Di manakah berkas status itu?
/var/backups/dpkg.status.0

Jadi, kalau saya ingin mem-backup aplikasi Ubuntu saya sendiri, sudah tidak usah minta dari Ubuntu yang lain (versinya sama) yang fresh installed atau repot dengan liveusb, cukup ambil saja berkas backup-nya. Pertanyaan saya: apakah praduga saya ini benar? Hanya akang yang bisa menjawabnya.

Sumber saya:
- Akang Ghosthand
- Google dengan kata kunci download dpkg status
- http://people.adams.edu/~cdmiller/posts ... -recovery/


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 05 Jun 2013, 00:21

Oh iya, pada direktori yang sama, ada berkas-berkas:

dpkg.status.0 dpkg.status.2.gz dpkg.status.4.gz dpkg.status.6.gz
dpkg.status.1.gz dpkg.status.3.gz dpkg.status.5.gz


yang saya duga backup bikinan dpkg secara otomatis dan secara berkala. Ah, menarik sekali :D


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 05 Jun 2013, 22:05

Ghosthands wrote:...
kalau pake profil sendiri keluarnya kayak masalah saya diatas
tergantung apakah aplikasi yang kita minta sudah terinstall atau belum :smile:
anggaplah alldeb_maker seperti 'apt-get yang bisa ganti2 profil'. kalo kita menggunakan alldeb_maker dengan profil komputer kita sendiri, itu seperti kalo kita menggunakan 'apt-get biasa'.
apa yang akan dilakukan apt-get jika kita minta install suatu aplikasi, sedangkan aplikasi tersebut telah terinstall di komputer kita pada versi terbaru? ya tidak ada :laugh:


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 05 Jun 2013, 22:13

Malsasa wrote:... Ternyata dpkg melakukan backup berkas status dari /var/lib/dpkg/status ketika pertama Ubuntu diinstal (mohon luruskan jika keliru).

Di manakah berkas status itu?
/var/backups/dpkg.status.0
...
wah, ini menarik :smile:
akan bagus jika dpkg memang melakukan backup otomatis file /ver/lib/dpkg/status ketika barusan install. akan jauh lebih praktis daripada mengumpulkan 'profil fresh install' satu persatu.

tapi, saya barusan cek file /var/backups/dpkg.status.0 di komputer saya. ternyata tercantum juga package bernama 'motion' yang baru saja saya install kemarin. jadi, sepertinya bukan di sini.. :confused:


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 06 Jun 2013, 11:45

Wah, sayang juga. Nanti kita cari lagi, Kang.


User avatar
Ghosthands
Contact:

Post 06 Jun 2013, 11:48

saya paham sekarang, terima kasih agan nif :D

wah saya di sebut sama agan malassa, salam kenal gan :D


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 09 Jun 2013, 07:34

Malsasa wrote:Wah, sayang juga. Nanti kita cari lagi, Kang.
oke :smile:
Ghosthands wrote:saya paham sekarang, terima kasih agan nif :D
...
mantap. sama2 om :laugh:


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 09 Jun 2013, 08:06

#Minta saran

Dari pertama kali saya buat alldeb ini, sebenarnya ada hal yang saya sendiri kurang puas, yaitu masalah pengecekan di sisi alldeb_user.
Jika file alldeb digunakan di profil yang sesuai tujuannya (misalnya; alldeb yang ditujukan untuk profil komputer A diinstall di komputer A), maka Insya Allah tidak akan ada masalah.
Tapi jika tidak sesuai (misalnya; alldeb yang ditujukan untuk profil komputer A diinstall di komputer B), cukup besar kemungkinan terjadi unmet dependency.
Maka, sebenarnya perlu ditambahkan metode pengecekan yang lebih baik di alldeb_user agar tidak menginstall suatu file alldeb jika tidak sesuai dengan dependensi komputer kita, sehingga terhindar dari resiko unmet dependency (hal ini pernah ditulis juga oleh om myitanium di sini).
Nah, kemaren saya coba utak-atik alldeb_user dengan apt-get dan ternyata cukup mudah. sudah jadi :laugh:
karena itu saya berencana mau merilis versi baru alldeb.
Biar sekalian, ada saran yang perlu diperbaiki di alldeb_maker atau alldeb_user?


User avatar
Ghosthands
Contact:

Post 09 Jun 2013, 14:21

sementara ini saya oke oke saja :D
semoga cepat release hehe


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 09 Jun 2013, 20:21

oke terima kasih :grin:

sudah jadi kok om, tinggal dirapikan aja. tapi siapa tau ada masukan2 lain, jadi biar sekalian :smile:

btw, perubahan di alldeb yang saya rencanakan;

- pengecekan dependensi di alldeb_user. Jika suatu file alldeb tidak memenuhi dependensi di komputer kita, alldeb_user akan memberitahukannya sehingga terhindar dari resiko unmet dependency
- untuk file yang tidak memenuhi dependensi seperti di atas, alldeb_user punya kemampuan untuk memeriksa APT archives kita. Siapa tahu file yang dibutuhkan untuk melengkapi ada di sana.
- tambahan opsi untuk menyalin semua file *.deb ke APT archives. Jadi meskipun suatu file alldeb ternyata tidak memenuhi dependensi kita, kita tetap bisa memanfaatkan file *.deb isinya sebagai repo lokal. biar tak mubazir :laugh:


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 10 Jun 2013, 21:58

om nif, ane minta ijin nih, kalo versi dari project alldeb nya udah di perbarui mau ane jajal, terus ane posting di blog ane, tentu atas nama om nif sama FUI, boleh nggk ? biar pencari google lebih leluasa menemukan artikel ini.. :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 11 Jun 2013, 09:17

tentu boleh om, malah bagus :laugh:

btw kalo mau coba silahkan download di lampiran di bawah ini. tapi yang ini jangan disebarkan dulu, siapa tau masih ada salah ketik :laugh:

note; perubahan di alldeb secara tak langung berpengaruh ke apt-id. jadi, kalo kebetulan pake apt-id dan mau pake alldeb yang baru ini, silahkan ganti apt-id ke versi yang di lampiran.
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 21:51, edited 1 time in total.
Reason: edit alldeb_maker


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 11 Jun 2013, 09:50

semuanya ijin coba, kalo tulisan betanya udah ilang baru di post di blog. hhaha.
.
salam sejahtera. :)


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 11 Jun 2013, 15:55

om nif saya mau lapor bug..
alldeb_maker_R2_beta nya saat dijalanin gg pernah berhasil, katanya deb gg cocok, pokoknx error lh, sorry gg bsa kasih ss. kalo alldeb_user_R2_beta nya gg bsa bwt install om, katanya kalo diterusin akan membuat unmet, sehingga proses dibatalkan, untuk proses salin .deb ke /var/cache/apt/archives nya sukses berat..
.sekali lagi maaf gg bsa kasih ss. dan maaf bahasa amburadul. hhe
.
sekian


User avatar
sinux3r
Contact:

Post 11 Jun 2013, 18:42

mantap kang... ikut nyimak ah...


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 11 Jun 2013, 21:46

AzrulHaifan wrote:om nif saya mau lapor bug..
alldeb_maker_R2_beta nya saat dijalanin gg pernah berhasil, katanya deb gg cocok, ...
wah benar om, ada salah ketik :sick:
maap deh, sudah saya perbaiki dan kirim ulang di lampiran atas.
terima kasih sekali koreksinya :laugh:
AzrulHaifan wrote:... kalo alldeb_user_R2_beta nya gg bsa bwt install om, katanya kalo diterusin akan membuat unmet, sehingga proses dibatalkan, ...
ya, tepat sekali :laugh:
memang seperti itu fitur barunya. alldeb_user bisa mengecek dulu kelengkapan dependensinya, sehingga jika ternyata tak cocok dengan komputer kita (berpotensi menimbulkan unmet dependency), alldeb_user akan otomatis menghentikan proses install. Dengan begitu kita terhindar dari resiko unmet dependency meskipun kita mencoba memproses file alldeb yang tak sesuai profil komputer kita.
bagus kan? :cool:

oh iya, sedikit tambahan. meskipun alldeb_maker dan alldeb_user berubah versi, tapi tidak ada perubahan pada format file alldeb-nya. file alldeb yang dibuat dengan alldeb_maker R1 tetap bisa dibuka di alldeb_user R2 ini :smile:
sinux3r wrote:mantap kang... ikut nyimak ah...

wah, lama enggak keliatan om sinux3r :laugh:


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 12 Jun 2013, 05:17

tapi anehnya peringatan unmet dependency pada alldeb_user_R2 tidak sepenuhnya benar om, misal file alldeb yang dikategorikan unmet oleh alldeb_user_R2 setelah saya coba install pake alldeb_user_R1 hasilnya sempurna, tidak terjadi unmet om, akn tetapi memang ada yag mengakibatkan unmet. pokoknya ngak akurat..
.
terus nih om nif, ad sedikit saran pengembangan, bisa nggk kalo alldeb_maker nya kita kembangin kayak gini, misal saya kan mau buat file alldeb wine yang sudah terinstal, nah masalahnya ternyata kurang 11 file .deb, bisa nggak kekurangan itu dijadikan satu daftar download, jadi ekxtensi bat atau sejenisnya kayak apt-id.. kemudian daftar download tadi di download lewat pc lain yang online, stelah itu di masukkan ke direktori /var/cache/apt/archives. baru selanjutnya nanti alldeb_maker akan membuat file alldeb untuk wine tanpa kekurangan file .deb..
.
saya gini soalnya ubuntu saya nggak bisa konek om, yg konek cmn jendelanya, hehe :D, sekian saran dari saya, maap kalo menyusahkan dan bahasanya gg jelas, wassalam :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 12 Jun 2013, 07:18

terima kasih. tapi sebenarnya proses penentuan / pengecekan yang terjadi di alldeb_user R2 dilakukan langsung oleh apt-get (dengan metode menjadikan file alldeb sebagai repo lokal sementara), dan saya rasa apt-get masih merupakan opsi terbaik untuk manajemen paket di sistem APT. jadi sebaiknya ikuti saja saran apt-get :smile:

untuk yang mengenai apt-id, maap keduanya sebenarnya terpisah. masing2 saya buat untuk tujuan yang berbeda, dan malah akan membingungkan untuk menggabungkan keduanya :smile:


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 12 Jun 2013, 08:21

owh oke om, saya akan mematuhinya :)..
.sekaligus saya akan mencoba membuat project baru dari yang sudah ada, atau istilahnya mengembanggkan. hhe.. thanks om :)


User avatar
RawOne

Post 13 Jun 2013, 12:07

saya dah coba alldeb_user_R2-beta akan tetapi alldeb_user otomatis menghentikan proses install dikarenakan dependency tidak cocok... padahal file alldeb yang diproses adalah berasal dari profil komputer itu sendiri... mohon pencerahannya
lampiran
[spoiler]Image[/spoiler]
terima kasih


User avatar
BaruNyobaLinux

Post 13 Jun 2013, 16:50

pdf nya belum ada yah...

secara singkat ajah gan @nif

cara penggunaanya ajah...

masa aku mau pake alldeb, musti masuk forum ini dulu, untuk baca penjelasanya... hehe

#maaf merepotkan


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 13 Jun 2013, 22:29

@RawOne :
terima kasih laporannya :laugh:
minta informasinya dulu ya om, buat troubleshooting;

1). ketika alldeb_user R2 menghentikan proses install, seharusnya dia melaporkan daftar file dependensi yang tidak tersedia, seperti ini :
alldeb_user R2 wrote:Daftar file yang tidak tersedia :
--
file1
file2
--
nah, di kasus om RawOne apa ada laporan itu? seperti apa isinya?

2). profil yang dipake alldeb_maker untuk membuat file alldeb tsb apa masih ada? di mana letaknya? dan aplikasi apa yang diproses di kasus ini?
misalkan file profil tsb ada di /home/RawOne/profil_dir/status dan aplikasi yang diolah adalah gedit, maka saya minta tolong disertakan output dari dua perintah ini;
sudo apt-get -y --print-uris install gedit
dan
sudo apt-get -y -o dir::state::status="/home/RawOne/profil_dir/status" --print-uris install gedit

terima kasih :smile:


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 13 Jun 2013, 22:58

@BaruNyobaLinux :
belum. dan sebenarnya memang sengaja om :grin:

begini, saya rasa alldeb ini Insya Allah bisa cukup bermanfaat jika digunakan dengan tepat. Tapi, hingga saat ini alldeb ini masih memiliki efek resiko, yaitu malah dapat menyebabkan error unmet dependency jika digunakan dengan kurang tepat (misalnya, mencoba menginstall file alldeb yang tidak sesuai profil komputer kita).
Nah, di sini masalahnya. saya kuatir ada teman kita yang salah menggunakan alldeb ini sehingga malah terkena error. terutama, teman2 kita yang masih belum terlalu paham cara kerja APT (masih baru di Linux).
meskipun hampir semua masalah unmet dependency sebenarnya cukup mudah diatasi (dengan menggunakan sudo apt-get install -f atau sudo apt-get remove -f), tapi tentu saja mengalami error bukanlah hal yang bagus :confused:

itulah mengapa saya belum menulis ebook atau tulisan lain tentang alldeb di luar FUI.

Tapi, ada kabar bagusnya :laugh:
saat ini saya sedang mengembangkan alldeb_user versi 2, yang saya lengkapi dengan kemampuan preventif (otomatis mencegah installasi file alldeb jika berpotensi menimbulkan error). masih belum sempurna sih. tapi kalo sudah jadi, itu artinya alldeb akan aman digunakan untuk semua user tanpa resiko error.

doakan saja agar yang ini cepat selesai ;)


User avatar
RawOne

Post 14 Jun 2013, 09:15

alldeb_maker
Lampiran 1:
[spoiler]user@user:~$ alldeb_maker

~~ alldeb_maker ~~
pembuat file alldeb
versi R-2 beta

Silahkan masukkan nama aplikasi : jupiter
Memeriksa daftar dependensi...
Aplikasi jupiter memiliki 279 paket dependensi

Membaca profil : ubuntu-12.04.1-dvd-i386
diperlukan 1 paket ( 278 paket telah terinstall )

Total diperlukan 1 file .deb


# Memerikasi ketersediaan file .deb di APT archives #
APT archives Anda : /var/cache/apt/archives

jupiter_0.1.9-2~webupd8~0_all.deb = Ada

Semua file tersedia

# Menyusun file alldeb #
Memproses ... Selesai
Menyimpan dengan nama : /home/user/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
OK


----- Laporan -----

Aplikasi yang diproses : jupiter
(versi -0.1.9-2~webupd8~0-)
Ditujukan untuk profil :
ubuntu-12.04.1-dvd-i386

Semua proses telah berhasil dilaksanakan.
File alldeb berhasil dibuat :
/home/user/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
size : 54kB
md5sum : a2cf071db947c704d2cbc5f47723241f

user@user:~$[/spoiler]
nif wrote:@RawOne :
terima kasih laporannya :laugh:
minta informasinya dulu ya om, buat troubleshooting;

1). ketika alldeb_user R2 menghentikan proses install, seharusnya dia melaporkan daftar file dependensi yang tidak tersedia, seperti ini :
alldeb_user R2 wrote:Daftar file yang tidak tersedia :
--
file1
file2
--
nah, di kasus om RawOne apa ada laporan itu? seperti apa isinya?
alldeb_user
Lampiran 2:
[spoiler]user@user:~$ alldeb_user

~~ alldeb_user ~~
installer file alldeb
versi R-2 beta

Silahkan pilih file alldeb yang akan diproses.
File yang dipilih : /home/user/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
Membaca file yang dipilih.

md5sum : a2cf071db947c704d2cbc5f47723241f

-- Perhatian --
Jangan menginstall file alldeb dari sumber yang tidak Anda percaya.


Keterangan di dalam file /home/user/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
------------------------------
# File alldeb #
Satu file yang memuat file .deb beserta dependensinya.

Dibuat untuk aplikasi & profil :

"jupiter"
(versi -0.1.9-2~webupd8~0-)

ubuntu-12.04.1-dvd-i386

Dibuat pada Jum 14 Jun 2013 08:48:54 WIT
------------------------------

Install file alldeb ini?
1=Install
2=Batalkan
3=Copy ke /var/cache/apt/archives

Pilih : 1
Menjalankan pengecekan & install ...
Abaikan file: ./ InRelease
Abaikan file: ./ Release.gpg
Abaikan file: ./ Release
Abaikan file: ./ Translation-id_ID
Abaikan file: ./ Translation-id
Abaikan file: ./ Translation-en
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Membangun pohon ketergantungan
Membaca informasi yang tersedia... Selesai

File ini tidak mencukupi dependensi.
Mencoba mencari di APT archives (/var/cache/apt/archives) ...
Harap tunggu ...
Abaikan file: ./ InRelease
Abaikan file: ./ InRelease
Abaikan file: ./ Release.gpg
Abaikan file: ./ Release.gpg
Abaikan file: ./ Release
Abaikan file: ./ Release
Abaikan file: ./ Translation-id_ID
Abaikan file: ./ Translation-id
Abaikan file: ./ Translation-en
Abaikan file: ./ Translation-id_ID
Abaikan file: ./ Translation-id
Abaikan file: ./ Translation-en
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Membangun pohon ketergantungan
Membaca informasi yang tersedia... Selesai

Maaf, File ini tidak memenuhi dependensi komputer Anda.
Instalasi dibatalkan.

Sedang membaca daftar paket... Selesai
Daftar file yang tidak tersedia :
--
--


user@user:~$[/spoiler]
nif wrote: 2). profil yang dipake alldeb_maker untuk membuat file alldeb tsb apa masih ada? di mana letaknya? dan aplikasi apa yang diproses di kasus ini?
misalkan file profil tsb ada di /home/RawOne/profil_dir/status dan aplikasi yang diolah adalah gedit, maka saya minta tolong disertakan output dari dua perintah ini;
sudo apt-get -y --print-uris install gedit
dan
sudo apt-get -y -o dir::state::status="/home/RawOne/profil_dir/status" --print-uris install gedit

terima kasih :smile:
sudo apt-get -y --print-uris install jupiter
Lampiran 3:
[spoiler]user@user:~$ sudo apt-get -y --print-uris install jupiter
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Membangun pohon ketergantungan
Membaca informasi yang tersedia... Selesai
Paket yang diusulkan:
jupiter-support-eee
Paket BARU berikut akan diinstal:
jupiter
0 dimutakhirkan, 1 baru terinstal, 0 akan dihapus dan 504 tidak akan dimutakhirkan.
Perlu mendapatkan 0 B/50,9 kB dari arsip.
Setelah operasi ini, 422 kB ruang kosong harddisk akan digunakan.
user@user:~$[/spoiler]

sudo apt-get -y -o dir::state::status="/home/user/alldeb/ubuntu-12.04.1-dvd-i386" --print-uris install jupiter
Lampiran 4:
[spoiler]user@user:~$ sudo apt-get -y -o dir::state::status="/home/user/alldeb/ubuntu-12.04.1-dvd-i386" --print-uris install jupiter
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Membangun pohon ketergantungan
Membaca informasi yang tersedia... Selesai
Paket yang diusulkan:
jupiter-support-eee
Paket BARU berikut akan diinstal:
jupiter
0 dimutakhirkan, 1 baru terinstal, 0 akan dihapus dan 512 tidak akan dimutakhirkan.
Perlu mendapatkan 0 B/50,9 kB dari arsip.
Setelah operasi ini, 422 kB ruang kosong harddisk akan digunakan.
user@user:~$[/spoiler]

terima kasih :D


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 14 Jun 2013, 10:32

wah masalah yang dihadapi om RawOne sama kayak saya nih, haha
kalo saya alldeb_user_R2 nya cuma saya pake bwt memindah file .deb ke folder apt sementara. hhe


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 14 Jun 2013, 21:29

@RawOne :
terima kasih laporannya lengkap, jadi mudah dipelajari :laugh:

saya rasa saya sudah dapat jawabannya. cukup sederhana; ternyata utilitas dpkg-scanpackages yang digunakan di alldeb_user R2 tidak terinstall default di Ubuntu dan variannya.

lebih jelasnya, di alldeb_user R2 ini dibutuhkan utilitas untuk melakukan scanning file deb. Ada 2 yang sering digunakan; dpkg-scanpackages dan apt-ftparchive. Nah, di alldeb_user R2 ini saya gunakan yang dpkg-scanpackages. Tapi ternyata itu kurang tepat. dpkg-scanpackages tidak terinstall default di Ubuntu dan variannya. yang terinstall default adalah apt-ftparchive. saya rasa di komputer om RawOne alldeb_user R2 tidak menemukan dpkg-scanpackages, itulah mengapa bisa error :smile:

Atas dasar di atas, saya sudah edit lagi alldeb_user R2. Kali ini saya setting untuk menggunakan apt-ftparchive, dan otomatis beralih ke dpkg-scanpackages jika apt-ftparchive tidak ada.

Silahkan download di lampiran di bawah.
Saya tunggu hasilnya, semoga kali ini sukses :smile:


@AzrulHaifan :
silahkan coba juga om.
saya tunggu hasilnya :laugh:
Attachments
alldeb_user_R2-beta2.zip
(0 Bytes) Downloaded 75 times


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 15 Jun 2013, 07:49

wokeh nih om nif, refisi baru telah hadir. hahaha
saya akan coba dulu.. thanks :)


User avatar
RawOne

Post 15 Jun 2013, 08:48

Lampiran:
alldeb_user_R2-beta2.zip

inovasi brilian... :D
kemudahan yang simpel yang paling ane suka... :)

alldeb_user
[spoiler]user@user:~$ alldeb_user

~~ alldeb_user ~~
installer file alldeb
versi R-2 beta 2

Silahkan pilih file alldeb yang akan diproses.
File yang dipilih : /home/user/alldeb_apt-id-2013/ubuntu-12.04.1-dvd-i386/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
Membaca file yang dipilih.

md5sum : a2cf071db947c704d2cbc5f47723241f

-- Perhatian --
Jangan menginstall file alldeb dari sumber yang tidak Anda percaya.


Keterangan di dalam file /home/user/alldeb_apt-id-2013/ubuntu-12.04.1-dvd-i386/jupiter_dan_dependensinya.alldeb
------------------------------
# File alldeb #
Satu file yang memuat file .deb beserta dependensinya.

Dibuat untuk aplikasi & profil :

"jupiter"
(versi -0.1.9-2~webupd8~0-)

ubuntu-12.04.1-dvd-i386

Dibuat pada Jum 14 Jun 2013 08:48:54 WIT
------------------------------

Install file alldeb ini?
1=Install
2=Batalkan
3=Copy ke /var/cache/apt/archives

Pilih : 1
Menjalankan pengecekan & install ...
Abaikan file: ./ InRelease
Abaikan file: ./ Release.gpg
Abaikan file: ./ Release
Abaikan file: ./ Translation-id_ID
Abaikan file: ./ Translation-id
Abaikan file: ./ Translation-en
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Sedang membaca daftar paket... Selesai
Membangun pohon ketergantungan
Membaca informasi yang tersedia... Selesai
Paket yang diusulkan:
jupiter-support-eee
Paket BARU berikut akan diinstal:
jupiter
0 dimutakhirkan, 1 baru terinstal, 0 akan dihapus dan 0 tidak akan dimutakhirkan.
Perlu mendapatkan 0 B/50,9 kB dari arsip.
Setelah operasi ini, 422 kB ruang kosong harddisk akan digunakan.
PERHATIAN: Paket berikut tidak dapat diotentikasi!
jupiter
Peringatan penghapusan otentikasi.
Selecting previously unselected package jupiter.
(Sedang membaca basis data ... 185439 berkas atau direktori telah terpasang.)
Sedang membuka paket jupiter (dari .../jupiter_0.1.9-2~webupd8~0_all.deb) ...
Sedang memproses pemicu untuk ureadahead ...
ureadahead will be reprofiled on next reboot
Sedang memproses pemicu untuk desktop-file-utils ...
Sedang memproses pemicu untuk bamfdaemon ...
Rebuilding /usr/share/applications/bamf.index...
Sedang memproses pemicu untuk gnome-menus ...
Sedang menata jupiter (0.1.9-2~webupd8~0) ...
Adding Jupiter group
Adding users to Jupiter group: user
Adding jupiter to sudoers
Setting permissions..
cat: /var/jupiter/displays: Tidak ada berkas atau direktori seperti itu
Removing startup links to ondemand CPU mode
Restarting ACPI
gtk-update-icon-cache: Cache file created successfully.
gtk-update-icon-cache: Cache file created successfully.
Sedang membaca daftar paket... Selesai

Selesai.

user@user:~$[/spoiler]
sukses... barakallahu fik @nif


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 15 Jun 2013, 16:34

ternyata benar di situ masalahnya. Alhamdulillah sudah ketemu :smile:
terima kasih :laugh:

oiya, saya nantikan kalo ada koreksi atau masukan lain.


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 15 Jun 2013, 18:25

Saya belum sempat berbuat apa-apa, tetapi saya ucapkan selamat untuk akang nif. Ini adalah inovasi terbesar yang sangat penting untuk Linux ke depan. Ini inovasi yang saya tunggu-tunggu.

Saya harap akang memproposalkan ini ke developer inti Ubuntu biar dijadikan default sistem instalasinya. Atau paling minimal, dimasukkan ke repo resmi. Ini sangat krusial, Kang. Terima kasih banyak. Terima kasih, Kang.


User avatar
ardiatama

Post 15 Jun 2013, 19:26

alhamdulillahi robbil'alamin


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 16 Jun 2013, 12:56

terima kasih atas dukungannya :laugh:
Malsasa wrote:...
Saya harap akang memproposalkan ini ke developer inti Ubuntu ...
sebenarnya saya belum kepikiran ke situ kang Malsasa. di sini saya cuma pake perintah2 sederhana kok, cuma memanfaatkan opsi2 apt-get yang sebenarnya sudah ada sejak dulu :smile:

bukan berarti enggak mau kirim email ke developer Ubuntu, tapi kalo harus nulis pake english... waduh :grin:
yang cabang indonesia ada gak ya?


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 21 Jun 2013, 04:34

maaf mas nif, sedikit masalah lagi..
saat kita selesai menginstall sebuah aplikasi alldeb, file deb tidak langsung di copy ke direktori repo local, sehingga harus memberi perintah sendiri. tentu hal ini akan memakan cukup waktu..
namun hal ini tidak terjadi pada semua aplikasi. saat saya menginstall terminator.alldeb semua file deb setelah penginstalan langsung masuk kedalam direktori repo local, namun berbeda dengan saat saya install gnome.lldeb
.
kira" kenapa yh om ??


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 21 Jun 2013, 07:58

sebenarnya dicopy ke APT archives om, tapi tidak semua, hanya yang diperlukan saja :smile:
paket2 yang sudah ada atau sudah terinstall, tidak dicopy lagi.


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 21 Jun 2013, 12:34

tidak om.
hal ini saya buktikan ketika saya install ulang ubuntu lagi, saat masih dalam keadaan fresh, saya mencoba menginstall gnome dengan alldeb_user_R2 namun setelah proses selesai file deb tidak langsung di copy, saya sudah cek ke direktori /var/cache/apt/archives. namun kosong, tidak ada satupun file deb disana..
sehingga saya ulangi perintah alldeb_user_R2 untuk mengcopy nya.. {perintah No.3}
.
mungkin ini hanya terjadi pada saya saya tidak tw. namun ini yang terjadi pada saat saya menggunakanya..:)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 21 Jun 2013, 20:13

oh iya ding. maap. saya salah asumsi :grin:

karena file alldeb saya posisikan sebagai repository, maka saya kira apt-get akan otomatis bawa dulu paket2nya ke APT archives baru kemudian diinstall. Ternyata tidak. Mungkin karena letaknya dianggap sudah lokal :smile:

makasih sudah mengingatkan om. mungkin ada baiknya nanti saya beri tambahan opsi untuk install & copy sekaligus.


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 22 Jun 2013, 09:57

oke siip om..
nanti update yang R3 yh. ditunggu nih.. kalo gg gitu versi final aja sekalian. haha
.
semangat om :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 22 Jun 2013, 13:59

oh, enggak perlu R3 om. kan cuma perubahan dikit :laugh:
iya, semoga tak lama lagi saya rilis. saat ini sedang coba tulis ebooknya :smile:


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 22 Jun 2013, 14:34

ooh, siip om..
btw script yang om pakai dalam proyek alldeb itu pakai bahasa apa ? :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 22 Jun 2013, 20:44

cuma shell script, sama seperti kalo kita ketik perintah di terminal.
ditambah bahasa indonesia dikit :cool:


User avatar
AzrulHaifan
Contact:

Post 23 Jun 2013, 05:30

ooh, mw belajar bahasa pemrograman nih. tapi bingung mw mulai dari bahasa apa.. ywdh om. Rilisan alldeb berikutnya aku tunggu.. :)


User avatar
ian_sloan

Post 09 Jul 2013, 20:55

om, ijin nyimak, om...mana tau jadi hobby baru....


User avatar
RawOne

Post 15 Jul 2013, 12:57

mohon nih izin ane paket-paketin scriptnya om nif
http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... Post138760


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 18 Jul 2013, 20:49

@RawOne :
tentu boleh om, malah bagus :laugh:

silahkan aja dikembangkan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan. bebas kok, asal untuk tujuan yang baik :smile:

btw, maaf karena ebook untuk alldeb ini belum jadi saya selesaikan. sebenarnya dari kemaren sudah hampir jadi, tapi ternyata untuk saat ini saya ada hal lain yang harus dikerjakan :confused:


User avatar
RawOne

Post 23 Jul 2013, 01:31

kami tunggu om ebook alldeb nya dan terima kasih.


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 20 Sep 2013, 06:15

# Update : Ebook alldeb

Setelah beberapa waktu tertunda, Alhamdulillah akhirnya ebook alldeb ini selesai juga :laugh:


Silahkan download di sini : ebook_alldeb_R2.zip (650 kB)

atau link download alternatif :
ebook_alldeb_R2.zip (klik di 'Download' sebelah kiri)


Program alldeb_maker dan alldeb_user sudah saya sertakan sekalian di dalamnya, jadi tak perlu download lagi.

Silahkan disebarluaskan kalo perlu. Dan saya tunggu kalo ada koreksi :smile:



note :
jika Anda juga menggunakan apt-id, silahkan diganti ke versi baru (apt-id revisi iv) atau di atasnya (kalo ada).
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 21:51, edited 1 time in total.
Reason: ubah url


User avatar
RawOne

Post 20 Sep 2013, 10:33

makasi om... ijin download ya...


User avatar
Mr12uD1
Contact:

Post 20 Sep 2013, 11:49

ijin sruput om... :grin:
semoga jadi amal jariyah om nif... :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 21 Sep 2013, 21:22

sama2, terima kasih :smile:

kalo udah coba, tolong beritahu saya kalo ada bagian2 yang masih perlu diperjelas atau diperbaiki :laugh:


User avatar
DenIrmanha
Contact:

Post 21 Sep 2013, 21:35

izin download kang nif


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 21 Sep 2013, 21:43

silahkan, saya tunggu kalo ada pertanyaan, saran, dan sebagainya :smile:
btw tak perlu minta izin lagi om, langsung download aja :grin:


User avatar
DenIrmanha
Contact:

Post 21 Sep 2013, 21:52

Terima kasih kang :)


User avatar
Arunaru
Contact:

Post 04 Oct 2013, 09:15

wah seru nih gan, coba dibuat GUI bakal seru nih :D
pake gambas atau QT mungkin?

btw, izin unduh masbro nif :D


:yay: :yay: :yay:
User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 04 Oct 2013, 19:59

silahkan.
ya, semoga suatu saat bisa buat yang versi full-GUI om :D
tapi untuk saat ini rasanya masih sulit, saya ndak mahir GUI-programming :grin:


User avatar
faqih_dan_kucing

Post 04 Oct 2013, 21:52

Bisa saja ini dibuatkan GUI :D malah sebenernya fungsinya bisa ditambahkan seperti jika versi Ubuntu tidak sesuai dengan file alldeb contoh : Precise ke Quantal maka nanti file alldeb tersebut tidak mau keinstall :D


User avatar
Malsasa
Contact:

Post 04 Oct 2013, 22:58

nif wrote:silahkan.
ya, semoga suatu saat bisa buat yang versi full-GUI om :D
tapi untuk saat ini rasanya masih sulit, saya ndak mahir GUI-programming :grin:

Melalui kuliah online ini, saya harap bisa dimengerti oleh masyarakat bahwa proyek akang itu begini dan begitu, sehingga para ahli GUI yang sedang senggang jadi ada kerjaan yang bagus banget. Emang kudu disosialisasikan dulu.


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 05 Oct 2013, 14:46

terima kasih :D
anak_ubuntu_11 wrote:... sebenernya fungsinya bisa ditambahkan seperti jika versi Ubuntu tidak sesuai dengan file alldeb contoh : Precise ke Quantal maka nanti file alldeb tersebut tidak mau keinstall :D
sebenarnya memang bisa om. tapi ada 'efek sampingnya'. misalnya ambil contoh pengguna xubuntu 12.04 dengan linux mint 13. kan seharusnya mereka bisa saling sharing banyak aplikasi, karena sama2 berasal dari ubuntu 12.04. tapi, kalo kita pake filter versi, jadinya mereka tak bisa sharing aplikasi lagi, karena versinya akan dianggap berbeda :)
tak hanya Linux mint, tapi juga bodhiLinux, zorin, dan distro2 lainnya, masing-masing menggunakan penomoran versi yang berbeda2, meskipun sebenarnya semuanya berbasis dari ubuntu yang sama.
oleh sebab itu, filter versi semacam ini tidak saya gunakan di alldeb. tanggung jawab untuk memastikan kecocokan versi saya serahkan pada masing2 pengguna :)


User avatar
nif
Been thanked: 1 time
Top poster of the Month

Post 06 Oct 2013, 10:14

#sekedar informasi

tempo hari saya ikut sharing di IRC kanal #ubuntu-indonesia
alldeb dibahas di sesi 2

log lengkap bisa dibaca di sini


User avatar
Alakulihal
Contact:

Post 07 Oct 2013, 20:06

Beh, jan muantep tenan mas Nif.


User avatar
Rendi_7936
Contact:

Post 09 Oct 2013, 02:31

Mas nif, nanya sebentar
ane nemu http://www.linuk.info/2012/04/download- ... 4.html?m=1

.isi itu proses pengumpulan paketnya sama ya dengan .alldeb dari alldebmaker, ya?

Saya berpikir proyek alldeb ini bisa dikembangkan, serta bisa menghasilkan .alldeb langsung eksekusi. Sehingga bisa digunakan tanpa tergantung alldebuser

jadi, bisa lebih memudahkan pengguna awam termasuk saya :D


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 45 guests