Login di ubuntu dengan verifikasi wajah (Baru - lewat reposi

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
Post Reply
User avatar
ArzonLinus
Contact:

Login di ubuntu dengan verifikasi wajah (Baru - lewat reposi

Post 03 Feb 2011, 17:44

Kita mungkin sudah familier dengan login menggunakan password atau sidik jari.
tapi bagimana dengan login menggunakan wajah?

Anda mungkin pernah melihat di film-film tentang kecanggihan teknologi dalam mengakses komputer, laptop atau masuk ke sebuah pintu dengan otentifikasi wajah? wajah di scan melalui kamera video dan jika didalam database ternyata wajah dikenali maka anda akan bisa mengakses komputer ataupun masuk ke ruangan tsb.

nah, sekarang di linux ubuntu sudah bisa terwujud. syarat yg harus di penuhi adalah di komputer anda harus mempunyai kamera video / webcam.

Image

ikuti cara instalasinya sebagai berikut :
saat ini saya menggunakan ubuntu 10.04 untuk dijadikan sasaran praktek :
  1. Tambahkan repositori sbb : sudo apt-add-repository ppa:antonio.chiurazzi/ppa
  2. Seperti biasa update dulu : sudo apt-get update
  3. lalu install aplikasinya : sudo apt-get install pam-face-authentication
  4. Edit file ini : sudo gedit /etc/pam.d/gdm --> tambahkan pada baris paling atas : auth sufficient pam_face_authentication.so enableX
  5. Edit file ini : sudo gedit /etc/pam.d/su ---> --> tambahkan pada baris paling atas : auth sufficient pam_face_authentication.so enableX
  6. Lalu masuk menu Other > Qt Face Trainer untuk memasukkan wajah anda ke database agar aplikasi pengenalan wajah dapat mengenali wajah anda pada saat login.
  7. Masuk menu System > Administration > Users and Groups -->jadikan passsword menjadi Asked to login
  8. Disable automatic login : System > Administration > Login Screen --> pilih "Show the Screen for choosing who will log in"
  9. Lalu logoff untuk melihat hasilnya. nah skr setiap anda masuk ke ubuntu. otomatis akan muncul layar otentifikasi wajah. jika wajah dikenali maka akan otomatis masuk ke desktop ubuntu.


User avatar
aptfast
Contact:

Post 03 Feb 2011, 18:14

mantap share nya gan...
cahaya berpengaruh ga gan?

btw, dah pake KDE 4.6 ya? :D


User avatar
ArzonLinus
Contact:

Post 03 Feb 2011, 18:30

tergantung webcam, cahaya sedikit berpengaruh, caranya capture wajah kita di cahaya redup & terang.

oh bukan, screenshot diatas cuman contoh. coz ane coba capture saat login di lapie ane belom bisa, gan. jadi pake gambar lain.


User avatar
MasDjo
Contact:

Post 03 Feb 2011, 19:13

Keren...! :D
Tapi login macam gini mungkin bisa diakali dengan foto wajah :grin:


User avatar
ArzonLinus
Contact:

Post 03 Feb 2011, 19:16

MasDjo wrote:Keren...! :D
Tapi login macam gini mungkin bisa diakali dengan foto wajah :grin:
monggo dicoba bagi yg bisa mengakali pake foto...share sini ya
klo emang bisa ya berarti aplikasi buatan google corp. masih kurang sempurna


User avatar
Oeboentoe

Post 03 Feb 2011, 22:25

wah asyik ne............


User avatar
abrarumi

Post 04 Feb 2011, 13:06

bisa di uninstall/remove ga nih..ya sapa tau dah bosan/error..?


User avatar
lisnux

Post 05 Feb 2011, 11:42

wew ... keren :D
udah sukses install dan coba :grin:


User avatar
1j4l

Post 06 Feb 2011, 18:53

koq waktu update@ error....????


User avatar
thrvers
Contact:

Post 06 Feb 2011, 21:19

'
langsung saja dunlud tinggal sesuaikan 64bit atau yg 32bit (i386).


User avatar
anak_ingusan
Contact:

Post 06 Feb 2011, 21:53

harus pas posisi kita seperti saat pertama mendeteksi donk??


User avatar
heripu

Post 06 Feb 2011, 23:14

ada backdoor kalo gagal verified gak gan,,,

keren nih,, bisa pake veriface kayak laptop sebelah,,, :D


User avatar
sipelaut
Contact:

Post 07 Feb 2011, 12:39

wow... potona kerenn... oiii... kayak bintang pelm india


User avatar
marlonlucid
Contact:

Post 07 Feb 2011, 17:09

masih kurang sempurna...kalau gagal verified, login-nya seperti biasa, n cahaya sangat berpengaruh..tapi...nice share


User avatar
r4m454putr4

Post 24 Mar 2011, 08:48

mantapz.....emank cuman di windows ja yang ada,,,,Linux pun ada donk,,,heheheh,,,ijin sedot gan,,,,,:)


User avatar
inabobo
Contact:

Post 25 Mar 2011, 10:38

marlonlucid wrote:masih kurang sempurna...kalau gagal verified, login-nya seperti biasa, n cahaya sangat berpengaruh..tapi...nice share
ijin sedot gan.. tapi kl cahaya pengaruh susah y? toshibaq webcamny jelek banget. pk external cam. tp gtau gmn cara konekin ke lucid 10.04
tolong gan, kasih pencerahan buat newbie. terimakasih agan� sekaliann... :grin:


User avatar
rhecizen
Contact:

Post 25 Mar 2011, 11:05

dolo pernah nyoba,, tapi gagal terus =))


User avatar
gusti

Post 25 Mar 2011, 16:29

wow keren... pengen coba nih... makasih atas sharenya master :)


User avatar
nugrohoBB

Post 26 Mar 2011, 15:04

bisa dicobaa... kamsiak kamsiak.. hehehe..


--------------
maverick on PC jadul angkatan 2005


User avatar
inabobo
Contact:

Post 26 Mar 2011, 19:21

ud setengah jalan ne... tp bingung pas mpe bagian (6). tu mksdny gmn y gan? tolong bantuannya.. maklum newbie. hehehe.


User avatar
linukxx

Post 28 Mar 2011, 12:49

klo pake ubuntu 10.10
bisa gak gan????????


User avatar
odynx

Post 29 Mar 2011, 15:48

kalo login pake QR code bisa ga ya?


User avatar
adhy06
Contact:

Post 31 Mar 2011, 05:44

aku coba pakai ubuntu 10.10 remix bisa gan..


User avatar
Ameen

Post 04 Apr 2011, 13:27

ana udah coba install dan sudah jalan, ana juga udah scan wajah ana banyak... tapi setelah log out, trus ana login, kok ga mau fungsi scan wajahnya, dia gak muncul gitu, disitu muncul tulisan bahwa ga bisa untuk user. dan minta paswaord seperti biasa. ana pake ubuntu 10.10 netbook edition


User avatar
hadistux

Post 08 Apr 2011, 19:50

Instale Bisa Offline gak Gan......??????


User avatar
nuibui

Post 11 Apr 2011, 13:05

di lepi ane dih dah jalan gan.....
cuma pas lockscreen koq g muncul yah..apacuma buat login aja..???

klo mau buat lockscreen yang diubah apa aja gan.,.,.,.


User avatar
blinkandairwaves
Contact:

Post 15 Apr 2011, 10:12

gpg: requesting key FCE0C058 from hkp server keyserver.ubuntu.com

kalo yang itu kita yang isi apa gmana... ane masih awam banget nih,,,,mohon bantuannya


User avatar
nuibui

Post 15 Apr 2011, 17:56

blinkandairwaves wrote:gpg: requesting key FCE0C058 from hkp server keyserver.ubuntu.com

kalo yang itu kita yang isi apa gmana... ane masih awam banget nih,,,,mohon bantuannya
isi aja keyring yang kurang tadi...
simple koq..

$sudo apt-key adv --keyserver keyserver.ubuntu.com --recv-keys key_yg_diminta_kurang

[key_yg_diminta_kurang]isi sama key yang kurang...


User avatar
apri

Post 15 Apr 2011, 23:36

gan sya mau tanya dung
poin yg no 7 mksd y gmn y gan?
maklum newbie gan,
d bantu y,,,
thx gan


User avatar
chimaru
Contact:

Post 17 Apr 2011, 23:23

ehh..ada juga ya ..
keren brow..
let's try


User avatar
Tristiyono
Contact:

Post 24 Apr 2011, 14:45

infonya seger om, yoyoyo,. ane mau coba klo pake 10.10 sama gak ya?


User avatar
Nerlit39
Contact:

Post 25 Apr 2011, 09:34

Waw , Keren tuh... Thanks Udah Sharing gan ;)
Mau di coba ah :D


User avatar
riyu

Post 25 Apr 2011, 17:40

kok mau edit filenya gak bisa yah?????


User avatar
Ihfazhillah

Post 09 Jun 2011, 20:27

keren, ditampung, lappi ga punya webcame


User avatar
sake

Post 10 Jun 2011, 08:06

thanks gan sharingnya, ane dah coba, ternyata pake foto hitam putih jg bisa, asal dah kesimpen capture-nya. cahaya sangat pengaruh.


User avatar
geraldine

Post 10 Jun 2011, 09:04

pake linuxmint katya kok gambar waktu login ndak keluar ya? tapi vritification nya completed, bisa login, cuma wajah kita pas scanning kok ndak keliatan?


User avatar
23Pstars
Contact:

Post 11 Jun 2011, 09:38

makin canggih aja nih,,,, :)

nice info gan,,,


User avatar
walid

Post 21 Jun 2011, 10:43

yg ane mau tnya.....
gmana klu face kita tidak dikenal...lagi ama sistemnya...

apa ada..cara lain untuk login....???? login username-password

atau hanya proses scanning saja...

klu menurut ane beresiko gan......ada presentasi kegagalan scanning....sehingga menghambat kita untuk mengakses sistem


User avatar
aptfast
Contact:

Post 21 Jun 2011, 10:54

walid wrote:yg ane mau tnya.....
gmana klu face kita tidak dikenal...lagi ama sistemnya...

apa ada..cara lain untuk login....???? login username-password

atau hanya proses scanning saja...

klu menurut ane beresiko gan......ada presentasi kegagalan scanning....sehingga menghambat kita untuk mengakses sistem
kalo cahaya ndak cukup dan baru selesai operasi plastik memang bermasalah tuh... :D


User avatar
sake

Post 21 Jun 2011, 13:35

walid wrote:yg ane mau tnya.....
gmana klu face kita tidak dikenal...lagi ama sistemnya...

apa ada..cara lain untuk login....???? login username-password

atau hanya proses scanning saja...

klu menurut ane beresiko gan......ada presentasi kegagalan scanning....sehingga menghambat kita untuk mengakses sistem
klo wjhnya ga di kenali lagi, ya masuknya pake manual lagi. trus gnt foto lagi..... :), spy d kenali lagi :)


User avatar
sake

Post 21 Jun 2011, 13:37

kalo cahaya ndak cukup dan baru selesai operasi plastik memang bermasalah tuh... :D [/quote]

mas aptfast bs 2 aja....... :)


Post Reply

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 129 guests