[SOLVED] Gak bisa masuk root

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
Sragen
Posts: 11
Joined: 15 Feb 2012, 20:18
Location: /var/www

[SOLVED] Gak bisa masuk root

Postby Sragen » 19 Feb 2012, 04:50

Asalamualaikum....

mas mau tanya...
ane lagi coba2,eh jadi bermasalah...

ilustrasi kejadian diterminal saat itu seperti ini....
===================================================================
sragen@Sragen:~/Folder Latihan$ chsh
Password:
Changing the login shell for sragen
Enter the new value, or press ENTER for the default
Login Shell [/bin/bash]: bassh
===================================================================





gara2 itu, ane gak bisa masuk root
===================================================================
sragen@Sragen:~/Folder Latihan$ su
Password:
Cannot execute bassh: No such file or directory
sragen@Sragen:~/Folder Latihan$
===================================================================

gimana cara mengembalikan seperti semula? biar bisa masuk root...
tolong berikan pencerahan dong mas, aku masih newbie banget di Ubuntu 10.10
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby thrvers » 19 Feb 2012, 06:43

'
btw ketiknya 'bassh' s-ganda?? bener seperti itu?
User avatar
Sragen
Posts: 11
Joined: 15 Feb 2012, 20:18
Location: /var/www

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby Sragen » 19 Feb 2012, 07:49

iya mas...

ane salah ketik. sebetulnya ane pengen ngetik bash....
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby buzzing_bee » 19 Feb 2012, 08:47

ketik passwd trus ganti sama yg baru :D

bisa ndak?? :grin:
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby thrvers » 19 Feb 2012, 09:03

'
coba diulang:
$ chsh
Login Shell [/bin/bash]:
User avatar
Sragen
Posts: 11
Joined: 15 Feb 2012, 20:18
Location: /var/www

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby Sragen » 19 Feb 2012, 12:23

thrvers wrote:'
coba diulang:
$ chsh
Login Shell [/bin/bash]:


ini juga bisa mas.... tapi juga tidak ada perubahan....
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby thrvers » 19 Feb 2012, 14:15

'
sudah dicoba restart?
User avatar
Reconia
Posts: 4
Joined: 28 Oct 2011, 17:55
Location: Banda Aceh

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby Reconia » 19 Feb 2012, 15:23

coba pkek sudo -s
User avatar
Sragen
Posts: 11
Joined: 15 Feb 2012, 20:18
Location: /var/www

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby Sragen » 19 Feb 2012, 20:37

Reconia wrote:coba pkek sudo -s


Iya mas sudo -s bisa masuk root...
trus menghapus bassh nya gimana ya mas....?
User avatar
Sragen
Posts: 11
Joined: 15 Feb 2012, 20:18
Location: /var/www

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby Sragen » 21 Feb 2012, 17:37

Ane udah bisa mas....

caranya kita ubah dulu kata bassh dulu
$sudo -s
#nano /etc/passwd
nah pada baris root kita ganti bassh nya dengan /bin/bash
save

nah berhasil...
terimakasih atas saran warga-warga semua...
User avatar
CDX
Posts: 1616
Joined: 03 Jan 2010, 13:00
Location: Prapatan belok kiri

Re: [ASK] Gak bisa masuk root

Postby CDX » 21 Feb 2012, 20:18

oke dah solved ya.. ane lock broo... kalo mo di buka lagi pm ane ya broo

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests