Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Membahas Perangkat-perangkat keras yang belum dideteksi dengan baik oleh Ubuntu serta solusinya.
User avatar
Morenza
Posts: 8
Joined: 21 Aug 2011, 12:50

Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby Morenza » 28 Dec 2011, 15:26

Mas ini sya coba untuk install Modem Smartfren EC1260-2 di ubuntu 10.10 server kok slalu gagal knpa ya, pdhl Wvdial jga udah keinstall,,tapi sya coba ifconfig kok PPP0'nya gak kedetek ya....
Jadi mhon bantuannya master-master....
Last edited by Morenza on 27 Feb 2016, 19:20, edited 1 time in total.
Reason: edit judul trit biar gak melebar
User avatar
iyang
Posts: 333
Joined: 05 Jan 2010, 09:51
Contact:

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby iyang » 28 Dec 2011, 15:33

Coba cek dimari mohon dicermati kemudian di ganti vendor dan product dengan punya EC1260-2
User avatar
Morenza
Posts: 8
Joined: 21 Aug 2011, 12:50

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby Morenza » 28 Dec 2011, 15:43

Sebelumnya terimaksh mas,, tapi sya mash bingung dengan vendor dan produknya tu mksdnya gmna ya mas,,,ini hsil lsusb :

Bus 008 Device 003: ID 12d1:140c Huawei Technologies Co., Ltd.
Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 002: ID 15d9:0a4c Dexon
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 002: ID 03f0:231d Hewlett-Packard
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 003: ID 04f2:b1ac Chicony Electronics Co., Ltd
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby thrvers » 28 Dec 2011, 15:54

'
mungkin ini yah modemnya:
Bus 008 Device 003: ID 12d1:140c Huawei Technologies Co., Ltd.

12d1:140c = ini yg dimakdud VID dan PID

VID - vendor ID
PID - product ID

CMIIW

btw ni salah kamar yah?? >> 'ubuntu Server'
User avatar
yudiarbi
Posts: 627
Joined: 22 Mar 2011, 09:31
Location: Probolinggo, Jawa Timur
Contact:

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby yudiarbi » 29 Dec 2011, 02:09

yap.....salah kamar ini bro, proses pindah ya....
User avatar
jack1989
Posts: 328
Joined: 02 Jun 2011, 19:42
Contact:

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby jack1989 » 29 Dec 2011, 02:55

Morenza wrote:Mas ini sya coba untuk install Modem Smartfren EC1260-2 di ubuntu 10.10 server kok slalu gagal knpa ya, pdhl Wvdial jga udah keinstall,,tapi sya coba ifconfig kok PPP0'nya gak kedetek ya....
Jadi mhon bantuannya master-master....


pertama pastikan dulu usb-modeswith-data ama usb-modeswitch udah terinstall....

masuk terminal

# gedit /etc/usb modeswitch.d/12d1:140c

########################################################
# Huawei, newer modems
DefaultVendor= 0x12d1
DefaultProduct=0x140c
TargetVendor= 0x12d1
TargetProductList="1001,1406,140b,140c,1412,141b,14ac"
CheckSuccess=20
MessageContent="55534243123456780000000000000011062000000100000000000000000000"

# gedit /lib/udev/rules.d/40-usb_modeswitch.rules

ATTRS{idVendor}=="12d1", ATTRS{idProduct}=="140c", RUN+="usb_modeswitch '%b/%k'"

TARUH DIATAS TULISAN "LABEL="modeswitch_rules_begin"

lalu

# usb_modeswitch -c /etc/usb_modeswitch.d/12d1:140c


Untuk konfigurasi wvdialNYA ane pakek ne:

# gedit /etc/wvdial.conf

[Dialer smartku]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800

dan untuk eksekusi tinggal # wvdial smartku

wakakakkaka :grin:
test on Linux Mint 12
acer aspire 4741
User avatar
chabie
Posts: 22
Joined: 12 Dec 2011, 18:29
Location: indonesia
Contact:

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby chabie » 30 Dec 2011, 09:26

begini mastah yang tehormat, saya punya masalah dengan modem saya..
saya pakek modem PHS 100 (gsm). pakek provider telkomsel flash.
masalah pertama modem saya tidak terdeteksi.
masalah kedua saya tidak tau bagaimana cara mengkoneksikan menggunakan wvdial.
dan masalah yang ketiga bagaimana caranya agar modem saya dapat tersetting ke jaringan HSDPA/3g bukan edge(jaringan di daerah saya 3g/HSDPA).
User avatar
kentung90
Posts: 4
Joined: 24 May 2010, 22:11
Location: tangerang

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby kentung90 » 07 Jan 2012, 10:31

mas gi mna cara install smartfren ce682
saya bru bngt pake ubuntu 10.04
tolongin saya bang.....
User avatar
chiki
Posts: 1235
Joined: 23 Jun 2011, 17:35
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby chiki » 07 Jan 2012, 10:37

kentung90 wrote:mas gi mna cara install smartfren ce682
saya bru bngt pake ubuntu 10.04
tolongin saya bang.....

caranya sama kaya ac628...cuma tinggal ganti vendorid sama productid doang :grin:
User avatar
kentung90
Posts: 4
Joined: 24 May 2010, 22:11
Location: tangerang

Re: Install Modem USB Smartfren EC1260-2 di Ubuntu 10.10

Postby kentung90 » 09 Jan 2012, 10:37

gi mna tlong d tulis dengan lengkap dong ..........

Return to “Solusi Hardware Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests