INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 16 Dec 2011, 21:59

begini, PCku awalnya Windows.
Lalu aku install Ubuntu (Full) aq salah pilih opsi, mw dual boot jadinya windowsnya hilang. Tapi skrg aq mw install lgi ubuntuny dual boot baru instaall lgi windowsnya begitu.Aq pakai notebook, jdi gag bsa pakai CD. aq pakai usb installer. jdi aq mw install windows dluan bru ubuntunya. Maslahnya saat install windows, saat memuali windows setup, windows menolak krna hardisk ada ubuntu, (pesannya error krna hardisk mgkin ada virus ataupun corupt). Aq bingung. adakah solusi?
User avatar
IntegerManual
Posts: 418
Joined: 13 May 2011, 15:36
Location: Kerajaan Loa Bakung
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby IntegerManual » 17 Dec 2011, 04:56

Hapus aja partisi ubuntu yang ada dengan ubuntu installer, setelah itu kemungkinan besar bakal bisa install tu MS Windows. SAlah satu cara hapusnya bisa menggunakan gparted (aplikasi bawaan ubuntu yang ada saat dijalankan tanpa instalasi).

:)
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby rizaaal » 17 Dec 2011, 08:50

kayaknya partisi primary nya udah abis. Kan windos gamau diinstall kalo partisinya bukan yang primary. CMIIW :D

betul kata masbro yang diatas, format aja semua pake Gparted yang ada di live usb. Terus install windowsnya lagi. baru terakhir install ubuntu.

biar ga salah pas install lagi, baca ebook FUI dulu ya masbroo :)
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 17 Dec 2011, 10:40

@ALL SENIOR: aq udh coba cri Gparted, gg ktmu.....hiks.
terus aq bingung dulu kn install ubuntu jga pakai usb(iso"dowloaded"). skrg mw bwt installwer usb aja aplikasi usb creatorny gg bsa dieksekusi, klw pkai wine bisa, tpi FD gg kbca. stress.
User avatar
BmC
Posts: 179
Joined: 28 Dec 2009, 23:22
Location: kono sekai de

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby BmC » 17 Dec 2011, 10:56

usb installer pake linux apa?klo pake ubuntu udah ada itu gparted.
bikin usb ubuntu installer bisa pake unetbootin gaperlu pake wine!
klo primarinya udah abis, convert dulu primary jd logical, baru bikin primary lg buat install os.
buat convert primary>logical cari sendiri aja:grin:
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 17 Dec 2011, 10:59

GG NGERTI, APA ITU LOGICAL,PRIMARY ETC...AQ MSH NEWBIE. INTINY AQ GG BSA NEMUIN GPARTED D DLM USC,JDI HRS CRI K MNA? LLU LGKH2NY BGMN?
User avatar
BmC
Posts: 179
Joined: 28 Dec 2009, 23:22
Location: kono sekai de

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby BmC » 17 Dec 2011, 11:02

langkah pertama, edit posting di atas dengan huruf 'biasa' saja.
di sini klo tanya ga pake marah2 bung.
USC masih byk bugs, ane lbh suka pake synaptic, klo blm terinstal, install dulu lwt terminal, sudo apt-get install synaptic
klo ga diedit, semoga saja ga ada yg bantu.
ga tau itu primary/logical, cari di google, atau tanya di chat aja.

klo masih ngrasa newbie, masuk sini http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... cs/85799/1

sebelum tanya, baca2 dulu aja
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 17 Dec 2011, 11:14

MKSDNYA marah2? o.huruf besar yh? maaf2, ini krna tdi lgi ngetik pakai chinese prc, lupa diedit jdi muncul bgtu. sorry yh. gg ad mrah koq. jdi msti gmna? aq gg bsa install gparted.
hbis install synaptic?
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby offline » 17 Dec 2011, 11:28

Xiaosen wrote:MKSDNYA marah2? o.huruf besar yh? maaf2, ini krna tdi lgi ngetik pakai chinese prc, lupa diedit jdi muncul bgtu. sorry yh. gg ad mrah koq. jdi msti gmna? aq gg bsa install gparted.
hbis install synaptic?

oke,lanjut....
gparted letaknya bukan di USC & gparted partition editor sendiri ada di setiap ubuntu yg booting via cd atau usb.
pada saat kakak menjalankan ubuntu via live usb maka tinggal launch gpartednya dengan cara buka terminal lalu ketik command
gksu gparted
lalu enter & isi passwordnya. btw kalau boleh tahu kakak pakai ubuntu versi apa yah?
untuk mengetahui masalah partisi primary dll ataupun untuk pemula yang akan mencoba ubuntu ada baiknya bila membaca panduannya dulu & bisa mengunduh ebook dari forum ini.
ebooknya bisa diunduh di sini kakak http://ubuntu-indonesia.com/public/Eboo ... V01.tar.gz
User avatar
BmC
Posts: 179
Joined: 28 Dec 2009, 23:22
Location: kono sekai de

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby BmC » 17 Dec 2011, 11:46

betul, mestinya gparted sudah ada di livecd/liveusb, nyari di usc klo mau install/uninstall aja.

sekedar info,biarpun di livecd/liveusb ada gparted, namun hasil os yg terinstall nantinya tidak menyertakan gparted secara default, jd kudu install dulu.
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 17 Dec 2011, 14:53

O begitu yah...akn aq coba dulu, aq pkai v 10.10
o iy, aq mw nnya, kq ubuntu upgrade terbru cpat bnget yh? aq jdi rgu mw upgrade trus, kn butuh dwnld iso lgi(rtusan mb) llu backup data, install lgi.............hum.klw gg upgrade kesanny ktingglan zaman.
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby buzzing_bee » 17 Dec 2011, 15:06

bikin LiveUSB pake StartUp Disk Creator ny ubuntu aja to :D

dan yg lainnya sama kayak caranya warga FUI disatas..hapus ubuntu dengan gparted, trus install wind sampe beres dan pastikan bisa dipake, baru deh install ubuntu nya lagi :D
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 17 Dec 2011, 21:15

@all senior: aq sdh coba gparted, tpi sda1(partisi ubuntu) itu sndiri gg bsa didelete. bgamn yh? bingung...apakh ada cra untuk uninstall ubuntu sbgai stu2ny os yg terinstall? mw reinstall soalny.,
User avatar
Xiaosen
Posts: 7
Joined: 16 Dec 2011, 21:26
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby Xiaosen » 18 Dec 2011, 09:35

@all senior: aq sudah hapus partisi ubuntunya dgn Gparted bawaan Live-nya. skrg klwhidupin notebooknya muncul there is no partition. tpi kq windowsnya msh gag bsa diinstall yh? help.........
User avatar
prongsx
Posts: 316
Joined: 24 Jul 2010, 16:16

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby prongsx » 18 Dec 2011, 10:04

kamu install ubuntumu. nanti baru install windowsnya... klo gak brarti harddiskmu bermasalah. coba pesan pesannya pas install windows di post smua ksini. sapa tau saya bisa bantu....

post juga tampilan gparted mu. sama booting dari live CD trus buka partisi windowsnya.
User avatar
h3ndr4
Posts: 7
Joined: 11 Jun 2011, 19:37
Location: indonesia

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby h3ndr4 » 20 Dec 2011, 19:13

gan, mau tanya..

terkait masalah pada topik diatas saya juga mengalami permasalahan,

dulu saya pakai dual OS yaitu ubuntu 11 dn XP

sekarang saya sudah hapus semua partisi,
dengan Gparted Partition editor

setelah itu saya coba install dulu XP, pas booting muncul gini:

error: no such partition
grub rescue>


ada yg bisa kasih solusi gan?

terima kasih atas segala perhatian dan bantuannya.. ^^
User avatar
ichan49
Posts: 218
Joined: 02 Nov 2011, 20:25
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby ichan49 » 20 Dec 2011, 19:27

h3ndr4 wrote:gan, mau tanya..

terkait masalah pada topik diatas saya juga mengalami permasalahan,

dulu saya pakai dual OS yaitu ubuntu 11 dn XP

sekarang saya sudah hapus semua partisi,
dengan Gparted Partition editor

setelah itu saya coba install dulu XP, pas booting muncul gini:

error: no such partition
grub rescue>


ada yg bisa kasih solusi gan?

terima kasih atas segala perhatian dan bantuannya.. ^^

itu mungkin karena grubnya terinstal di partisi yang agan hapus.
partisinya di format gx?


_________________________
stop bajakan!!!
User avatar
ichan49
Posts: 218
Joined: 02 Nov 2011, 20:25
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby ichan49 » 20 Dec 2011, 19:29

Xiaosen wrote:@all senior: aq sudah hapus partisi ubuntunya dgn Gparted bawaan Live-nya. skrg klwhidupin notebooknya muncul there is no partition. tpi kq windowsnya msh gag bsa diinstall yh? help.........

fix kan pake hiren's :)
User avatar
h3ndr4
Posts: 7
Joined: 11 Jun 2011, 19:37
Location: indonesia

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby h3ndr4 » 20 Dec 2011, 19:34

sudah dihapus semua gan...

sekarang mau install xp dan ubuntu lagi nda bisa gan.. gimana nih?
User avatar
ichan49
Posts: 218
Joined: 02 Nov 2011, 20:25
Location: Pontianak, Indonesia
Contact:

Re: INSTAL ULANG WINDOWS BERSAMA UBUNTU

Postby ichan49 » 20 Dec 2011, 19:37

h3ndr4 wrote:sudah dihapus semua gan...

sekarang mau install xp dan ubuntu lagi nda bisa gan.. gimana nih?

udah di format gx tu hardisknya gan?
kalo emang masih gx bsa, coba liat setting di biosnya juga.

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest