[ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
freakscream
Posts: 15
Joined: 06 Nov 2011, 00:48
Location: Tumaritis, Buana Panca Tengah
Contact:

[ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Postby freakscream » 10 Nov 2011, 14:31

nah pas saya ngedit file di terminal kok malah ada pesan error ya ?
sudo gedit /etc/resolv.conf

kusumah@kusumahdilaga:~$ sudo gedit /etc/resolv.conf
[sudo] password for kusumah:

(gedit:2279): IBUS-WARNING **: The owner of /root/.config/ibus/bus is not root!
kusumah@kusumahdilaga:~$
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: [ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Postby blackshirt » 10 Nov 2011, 14:58

kusumah@kusumahdilaga:~$ sudo gedit /etc/resolv.conf


hal tersebut merupakan "Kesalahan" dari yang dianjurkan, dan sayangnya sering terjadi...

yang dianjurkan adalah dengan

Code: Select all

$gksudo gedit /etc/resolv.conf

atau, bisa juga dengan gksu.
RFTM, :grin:
gksu is a frontend to su and gksudo is a frontend to sudo. Their primary purpose is to run graphical commands that need root without the need to run an X terminal emulator and using su directly.

jadi, kalau mau membuka aplikasi gui dengan akses root, gunakan gksudo/gksu,
kalau aplikasi cli/text, gunakan su/sudo

Gitu anjurannya :grin:
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: [ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Postby offline » 10 Nov 2011, 15:49

wah, penjelasannya om blackshirt sangat bermanfaat buat saya. makasih om infonya & good job brother :grin:
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: [ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Postby sta » 10 Nov 2011, 16:01

wah, saya biasanya bisa dengan mengunakan
sudo gedit nama-file-atau-aplikasi

kalo gui
alt+f2 > ketik gksu nama-file-atau-aplikasi
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Help! ada yg aneh pada terminal :(

Postby rizaaal » 11 Nov 2011, 21:11

blackshirt wrote:
kusumah@kusumahdilaga:~$ sudo gedit /etc/resolv.conf


hal tersebut merupakan "Kesalahan" dari yang dianjurkan, dan sayangnya sering terjadi...

yang dianjurkan adalah dengan

Code: Select all

$gksudo gedit /etc/resolv.conf

atau, bisa juga dengan gksu.
RFTM, :grin:
gksu is a frontend to su and gksudo is a frontend to sudo. Their primary purpose is to run graphical commands that need root without the need to run an X terminal emulator and using su directly.

jadi, kalau mau membuka aplikasi gui dengan akses root, gunakan gksudo/gksu,
kalau aplikasi cli/text, gunakan su/sudo

Gitu anjurannya :grin:



wah baaru tau nih saya :grin: dari dulu sering bertanya-tanya bedanya sudo ama gksudo ternyata ini toh.

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 9 guests