Cara Install Aplikasi Di Linux

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
maxtor_yho
Posts: 4
Joined: 14 Jul 2011, 10:26
Location: surabaya
Contact:

Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby maxtor_yho » 05 Nov 2011, 18:00

Sesuai judul diatas , saya mau tanya kepada suhu-suhu atau master-master linux, bagaimana cara install aplikasi di linux tapi masuknya di folder lain (yang kita buat sendiri) bukan di /bin , seperti di windows kita bisa install aplikasi di folder lain.
Bisa gak ya.

mohon bantunya. pls.
maaf masih newbie . terima kasih
User avatar
pingsut
Posts: 754
Joined: 16 May 2010, 18:05
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby pingsut » 05 Nov 2011, 18:14

wind**s ya wind**s, linux ya linux om :grin:
coba deh donlot e-book FUI. Disitu ada penjelasan tentang cara install aplikasi di Ubuntu.
Emangnya mau install aplikasi apa bro?
User avatar
WegigEinherjars
Posts: 1049
Joined: 26 Mar 2011, 04:59
Location: surabaya,indonesia
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby WegigEinherjars » 05 Nov 2011, 18:20

maxtor_yho wrote:Sesuai judul diatas , saya mau tanya kepada suhu-suhu atau master-master linux, bagaimana cara install aplikasi di linux tapi masuknya di folder lain (yang kita buat sendiri) bukan di /bin , seperti di windows kita bisa install aplikasi di folder lain.
Bisa gak ya.

mohon bantunya. pls.
maaf masih newbie . terima kasih


jangan disamakan dong?
windows ya windows, linux bebas ya bebas, tapi bebas juga ada aturannya. Toh bwt apa nginstal slain didefaultnya? kok ya kurang kerjaan?
User avatar
maxtor_yho
Posts: 4
Joined: 14 Jul 2011, 10:26
Location: surabaya
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby maxtor_yho » 05 Nov 2011, 18:50

itu ada tugas dari dosen, :( .aku disuruh install aplikasi apa saja tapi aplikasi intallnya di taruh di folder baru. jadi bingung.

makasih suhu infonya .:(
User avatar
Alhwail
Posts: 81
Joined: 23 Aug 2011, 13:52

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby Alhwail » 05 Nov 2011, 19:36

File installannya dalam bentuk apa gan? .deb atau .tar.gz?

Kalo filenya bukan .deb, InsyaAllah ane bisa beri bantuan, ane juga nginstall selain di folder default, ngisntall Program Blender dan dll di /home/user/.progie .
User avatar
CDX
Posts: 1616
Joined: 03 Jan 2010, 13:00
Location: Prapatan belok kiri

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby CDX » 05 Nov 2011, 19:39

caranya broo Alhwail.... bongkar aja di mari...:laugh:
User avatar
pingsut
Posts: 754
Joined: 16 May 2010, 18:05
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby pingsut » 05 Nov 2011, 21:52

sharing pengalaman aja ya ;)

aplikasi .deb biasanya membutuhkan beberapa dependensi yg lain,
contoh: gimp
dependensi: gimp-data, libbabl-0.0-0, libgegl-0.0-0, libgimp2.0, libilmbase6, libmng1, libopenexr6
1. donlot semua dependensi tersebut melalui synaptic
2. donlot file gimp nya juga di disini
3. nah, sekarang buka file gimp dengan "Archive Manager"
4. ekstrak isi semua file gimp tadi ke direktori home anda (bebas)
5. nanti akan mendapatkan 2 folder, DEBIAN dan usr
6. masuk ke >> usr/bin/
7. coba dobel klik pada file gimp tersebut
8. bisa jalan kan?

Jika tidak mau repot mungkin anda harus mencoba yg satu ini:
Aplikasi Portable di Linux (tentunya cuma jalan di mesin Linux)
selamat mencoba :D
User avatar
Alhwail
Posts: 81
Joined: 23 Aug 2011, 13:52

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby Alhwail » 05 Nov 2011, 22:52

Khusus untuk program yang "plain" langsung bisa jalan di Ubuntu/ GNOME DE.

Ane sharing aja cara ane nginstall Blender.

Tampilkan
1) Download Blender. Lalu buka nautilus.

2.) Tempat buat foldernya terserah, Tapi kalo ane lebih prefer di tempat /home/user/.progie, biar '/'(root) kagak berantakan sama file yang ga jelas.

> user pada /home/user adalah nama home user agan
> Kalo tetep maunya buat folder di root, pencet Alt+F2 lalu ketik

Code: Select all

 gksu nautilus



3.) Exctract file blender ke folder .progie tersebut dengan memakai nautilus.

Note : Kalo di dalam folder extract ada file bertuliskan 'make', buka terminal (Ctrl+Alt+T), ketikan command berikut :

Code: Select all

cd /home/user/.progie/blender-2.59-linux-glibc27-i686; make && make install


4.) Buat launcher di desktop. dengan membuka text-editor, lalu ketikkan code berikut.

Code: Select all

 #!/usr/bin/env xdg-open

[Desktop Entry]
Version=1.0
Type=Application
Terminal=false
Exec='/home/user/.progie/blender-2.59-linux-glibc27-i686/blender'
Name[en_US]=Blender
Comment[en_US]=Make your own 3D!
Name=Blender
Comment=Make your own 3D!


> Name = Nama shortcut
> Comment = deskription
> Exec = File path binary-nya.
> Terminal = true(Untuk jalankan program + terminal ATAU terminal saja),false (Untuk jalankan program tanpa terminal/ biasanya untuk program yang ada GUI-nya)
> Version = Kayaknya gak usah di otak-atik.
> Icon = File path buat gambar icon launchernya.



Kalo di Ubuntu 11.04, cara buat launchernya tinggal klik di daerah kosong desktop> klik kanan> create launcher> Isi form> browse file exec-nya> ok. Lebih gampang kan? LOL :D


5.) Jalankan deh. kalo mau di-unisntall tinggal di hapus saja foldernya. The end.


aplikasi .deb biasanya membutuhkan beberapa dependensi yg lain


Setuju deeeh sama agan yang diatas. :D
Tapi pada akhirnya install pada /usr/bin juga.

Oh ya, sepertinya caranya sama deh kalo mau pake cara diatas. Kalo mau bisa diexecute di terminal. tinggal :

Tampilkan
1.) Buka nautilus

2.) Buka file .bashrc

2.a.1) Buka /home/user agan.
2.a.2) Pencet Ctrl+H untuk unhide/hide.
2.a.3) Buka .bashrc

ATAU dengan cara 2.b

2.b.1) Buka terminal ATAU pencet Ctrl+Alt+T.
2.b.2) ketikkan "cd ~;gedit .bashrc"


3.) Lalu tambahkan ini pada baris terakhir dan save.

Code: Select all

 export PATH=$PATH:/home/user/.progie/


4.) Lalu test dengan mengetikkan nama file executablenya.
Contoh :

Code: Select all

 ./blender


Jika berhasil selamat!


Panjang-panjang ya caranya? Ane seneng aja dengan sesuatu yang banyak ngetik codenya. :Peace:
haha
User avatar
WegigEinherjars
Posts: 1049
Joined: 26 Mar 2011, 04:59
Location: surabaya,indonesia
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby WegigEinherjars » 06 Nov 2011, 02:28

Alhwail wrote:File installannya dalam bentuk apa gan? .deb atau .tar.gz?

Kalo filenya bukan .deb, InsyaAllah ane bisa beri bantuan, ane juga nginstall selain di folder default, ngisntall Program Blender dan dll di /home/user/.progie .


boleh dibongkar rahasianya nih... ayo2...
User avatar
maxtor_yho
Posts: 4
Joined: 14 Jul 2011, 10:26
Location: surabaya
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby maxtor_yho » 06 Nov 2011, 11:03

pingsut wrote:sharing pengalaman aja ya ;)

aplikasi .deb biasanya membutuhkan beberapa dependensi yg lain,
contoh: gimp
dependensi: gimp-data, libbabl-0.0-0, libgegl-0.0-0, libgimp2.0, libilmbase6, libmng1, libopenexr6
1. donlot semua dependensi tersebut melalui synaptic
2. donlot file gimp nya juga di disini
3. nah, sekarang buka file gimp dengan "Archive Manager"
4. ekstrak isi semua file gimp tadi ke direktori home anda (bebas)
5. nanti akan mendapatkan 2 folder, DEBIAN dan usr
6. masuk ke >> usr/bin/
7. coba dobel klik pada file gimp tersebut
8. bisa jalan kan?

Jika tidak mau repot mungkin anda harus mencoba yg satu ini:
Aplikasi Portable di Linux (tentunya cuma jalan di mesin Linux)
selamat mencoba :D



kok gak bisa di klik double y , kenapa itu ? :(
kalau perintahnya pakai terminal bisa gak y ..
User avatar
maxtor_yho
Posts: 4
Joined: 14 Jul 2011, 10:26
Location: surabaya
Contact:

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby maxtor_yho » 06 Nov 2011, 12:24

Alhwail wrote:Khusus untuk program yang "plain" langsung bisa jalan di Ubuntu/ GNOME DE.

Ane sharing aja cara ane nginstall Blender.

Tampilkan
1) Download Blender. Lalu buka nautilus.

2.) Tempat buat foldernya terserah, Tapi kalo ane lebih prefer di tempat /home/user/.progie, biar '/'(root) kagak berantakan sama file yang ga jelas.

> user pada /home/user adalah nama home user agan
> Kalo tetep maunya buat folder di root, pencet Alt+F2 lalu ketik

Code: Select all

 gksu nautilus



3.) Exctract file blender ke folder .progie tersebut dengan memakai nautilus.

Note : Kalo di dalam folder extract ada file bertuliskan 'make', buka terminal (Ctrl+Alt+T), ketikan command berikut :

Code: Select all

cd /home/user/.progie/blender-2.59-linux-glibc27-i686; make && make install


4.) Buat launcher di desktop. dengan membuka text-editor, lalu ketikkan code berikut.

Code: Select all

 #!/usr/bin/env xdg-open

[Desktop Entry]
Version=1.0
Type=Application
Terminal=false
Exec='/home/user/.progie/blender-2.59-linux-glibc27-i686/blender'
Name[en_US]=Blender
Comment[en_US]=Make your own 3D!
Name=Blender
Comment=Make your own 3D!


> Name = Nama shortcut
> Comment = deskription
> Exec = File path binary-nya.
> Terminal = true(Untuk jalankan program + terminal ATAU terminal saja),false (Untuk jalankan program tanpa terminal/ biasanya untuk program yang ada GUI-nya)
> Version = Kayaknya gak usah di otak-atik.
> Icon = File path buat gambar icon launchernya.



Kalo di Ubuntu 11.04, cara buat launchernya tinggal klik di daerah kosong desktop> klik kanan> create launcher> Isi form> browse file exec-nya> ok. Lebih gampang kan? LOL :D


5.) Jalankan deh. kalo mau di-unisntall tinggal di hapus saja foldernya. The end.


aplikasi .deb biasanya membutuhkan beberapa dependensi yg lain


Setuju deeeh sama agan yang diatas. :D
Tapi pada akhirnya install pada /usr/bin juga.

Oh ya, sepertinya caranya sama deh kalo mau pake cara diatas. Kalo mau bisa diexecute di terminal. tinggal :

Tampilkan
1.) Buka nautilus

2.) Buka file .bashrc

2.a.1) Buka /home/user agan.
2.a.2) Pencet Ctrl+H untuk unhide/hide.
2.a.3) Buka .bashrc

ATAU dengan cara 2.b

2.b.1) Buka terminal ATAU pencet Ctrl+Alt+T.
2.b.2) ketikkan "cd ~;gedit .bashrc"


3.) Lalu tambahkan ini pada baris terakhir dan save.

Code: Select all

 export PATH=$PATH:/home/user/.progie/


4.) Lalu test dengan mengetikkan nama file executablenya.
Contoh :

Code: Select all

 ./blender


Jika berhasil selamat!


Panjang-panjang ya caranya? Ane seneng aja dengan sesuatu yang banyak ngetik codenya. :Peace:
haha



itu sama gak ya gan dengan cara ini . cd /home/user/data
data = tempat kita menaruh file
kemudian extrct & jalankan, lha file tersebut otomatis install di default atau enggak y ?
kan yang di inginkan si dosen di tempat folder lain hasil installanya.

maaf newbie .
User avatar
farhan07
Posts: 1
Joined: 22 Jan 2014, 10:50

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby farhan07 » 22 Jan 2014, 10:53

gan cara install aplikasi blender via offline gimana? file blender-2.69-linux-glibc211-i686.tar.bz2 udah ada.
User avatar
abu_unaisah
Posts: 1621
Joined: 24 Nov 2011, 14:07

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby abu_unaisah » 22 Jan 2014, 11:49

@farhan07
extract file .tar.bz2
biasanya ada file documentasinya semisal README
User avatar
nif
Posts: 2816
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: Cara Install Aplikasi Di Linux

Postby nif » 22 Jan 2014, 16:30

@farhan07 :
untuk install aplikasi yang dalam bentuk source-code seperti ini, biasanya langkah2nya;
-extract
-masuk terminal, ./configure
-ketik perintah : make
-ketik perintah : sudo make install

tapi enggak pasti seperti itu, bisa juga berbeda, terserah programmernya. maka yang paling tepat memang seperti kata om abu_unaisah : baca README atau petunjuk installasi yang biasa disertakan.

sedikit catatan tambahan;
aplikasi yang dalam bentuk source-code itu juga belum termasuk dependensinya. jadi bukan solusi untuk mengatasi kondisi offline.
jika memang perlu install aplikasi tanpa koneksi internet, coba gunakan apt-web, apt-id, keryx, atau semacamnya :)

cmiiw

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: Alisaderhor, Google [Bot] and 4 guests