Bagaimana caranya swap automount ?

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Bagaimana caranya swap automount ?

Postby thrvers » 11 Mar 2010, 15:56

Soalnya beberapa hari lalu q, suruh fsck sama sistem (partisi2 linux)
terus habis itu swap tidak jalan normal lagi (unmount) sampai sekarang, padahal fstab sudah bener (cuma UUID yg tidak ada)
fstab setting punya q setelah edit

Code: Select all

......
/dev/sda13      none            swap    sw              0       0
......

[spoiler=$ sudo blkid]....
/dev/sda11: UUID="8ebb2b37-92cf-43a6-9d97-13996db7ed17" TYPE="ext3"
/dev/sda12: UUID="2a03cc56-f378-44fc-9d84-3b7bd830792c" TYPE="ext3"
/dev/sda13: TYPE="swap"[/spoiler]
Bagaimana itu swap agar automount kembali???

THX
User avatar
ohdediku
Posts: 386
Joined: 07 Mar 2010, 09:17
Location: Sragen - Jogja
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby ohdediku » 11 Mar 2010, 16:33

ane juga mengalami hal yang sama, gara-gara artikel ini ane iseng2 liat tabel swap.. badala ternyata swap ane kagak aktif gan,

$ sudo free -m
total used free shared buffers cached
Mem: 874 854 20 0 44 229
-/+ buffers/cache: 580 294
Swap: 0 0 0


terus ane coba mengaktifkan swap dengan perintah berikut...
$ sudo swapon -a
swapon: cannot find the device for UUID=e9b8487c-d17c-4ee9-a2d0-ffc9d2ab2e62

Busseett.....
partisi swap tidak terdeteksi [ ini menurut anggapan ane gan]

dan ini isi dari /etc/fstab milik ane, yang berhubungan ama swap..

# swap was on /dev/sda8 during installation
UUID=e9b8487c-d17c-4ee9-a2d0-ffc9d2ab2e62 none swap sw 0 0

Kira-kira ada yang bisa ngebantu???
User avatar
ohdediku
Posts: 386
Joined: 07 Mar 2010, 09:17
Location: Sragen - Jogja
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby ohdediku » 11 Mar 2010, 16:52

Ehh kembali lagi...
ternyata dah FIX masalah swap nya...
aneh bener bener aneh....
masalahnya di /etc/fstab nya bagian swap ada di /dev/sda8,

# swap was on /dev/sda8 during installation
UUID=e9b8487c-d17c-4ee9-a2d0-ffc9d2ab2e62 none swap sw 0 0

tapi setelah mencarinya dengan cara ini, eh malah muncul di /dev/sda9

$ sudo fdisk -l | grep swap
/dev/sda9 19203 19457 2048256 82 Linux swap / Solaris

Langsung di eksekusi deh,
$ sudo swapon /dev/sda9

dan alhamdulilah pulih kembali,
$ free
total used free shared buffers cached
Mem: 895996 744132 151864 0 16680 125008
-/+ buffers/cache: 602444 293552
Swap: 2048248 0 2048248

thanks.. :D
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby thrvers » 11 Mar 2010, 17:00

'
THX bro, ternyata punya q juga sudah FIX (walaupun tanpa UUID)
fstab-nya, setelah q coba reboot sudah bisa, q lihat d SystemMonitor sudah masuk.

Jadi buat automount-nya script-nya taruh di-fstab

CMIIW
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby lisnux » 11 Mar 2010, 19:41

Good ... good ... bookmark dulu buat jaga-jaga :D
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby zarkasichan » 11 Mar 2010, 20:15

wah...swap ane juga ga aktif ni bro., tadi barusan cek "/etc/fstab"
kalau gitu ane Save Page As dulu...ntar dicoba...
Nice Info Bro semua.....
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby aptfast » 11 Mar 2010, 21:36

mantab neh info nya... :)
User avatar
c0jack
Posts: 743
Joined: 12 Jan 2010, 10:33
Location: Jogjakarta, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby c0jack » 12 Mar 2010, 08:37

emang sebelumnya ada kejadian apa bro, kok swap nya bisa sampai ga aktif gitu?


regards,
c0jack
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby zarkasichan » 12 Mar 2010, 15:55

c0jack wrote:emang sebelumnya ada kejadian apa bro, kok swap nya bisa sampai ga aktif gitu?


regards,
c0jack

ga ada kejadian apa-apa bro..,tapi memang dari sononya swap ane ternyata ga aktif tuh (apa memang defaulntnya ya??? :confused:)
User avatar
Ihfazhillah
Posts: 70
Joined: 26 May 2011, 06:44
Location: Boyolali, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana caranya swap automount ?

Postby Ihfazhillah » 08 Jun 2011, 02:44

waah, ternyata masalah aku selama ini ada pencerahannya disini... makasihh....

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests