Lubuntu Mengambil Alih

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
AlwanRosyidi
Posts: 1
Joined: 14 Sep 2011, 16:54
Location: Semarang, Indonesia
Contact:

Lubuntu Mengambil Alih

Postby AlwanRosyidi » 14 Sep 2011, 17:11

Semua berharap Gnome 3 membawa inovasi yang memuaskan, high performance dan kelengkapan fitur, namun ternyata, Gnome 3 mengikuti jejak KDE 4 sebagai "produk yang sebatas mengedepankan perubahan, tanpa memperdulikan fungsionalitas utama, yaitu performance". Begitu banyak yang kecewa dengan Gnome 3 dan terjadilah migrasi besar-besaran ke desktop alternatif seperti XFCE dan lalu yang paling hot : LXDE. Saya termasuk dalam barisan yang kecewa dengan inovasi Gnome 3 dengan gnome-shellnya, dan saat ini telah beralih ke LXDE dengan memakai derivasi muda Ubuntu yang berbasis LXDE yaitu Lubuntu.

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot, hadir dengan Gnome 3 sebagai back-end dari Unity, yang setali-tiga-uang dengan gnome-shell (hanya mengedepankan perubahan tapi mengesampingkan fungsionalitas). Dengan makin banyaknya user yang tidak nyaman dengan desktop 3D seperti gnome-shell dan unity, maka kemungkinan besar distribusi yang menawarkan desktop alternatif 2D yang mengedepankan performance akan diminati dan bisa jadi mengambil alih versi mainstream Ubuntu yang berbasis Gnome.

Secara pribadi, saya menjagokan Lubuntu, "Pangeran Muda" kerajaan Canonical, untuk mengambil alih tahta Distrowatch dikarenakan Gnome telah "lupa pada kulit", yaitu telah menjadi "desktop yang sombong dan terlalu banyak bersolek".

Hidup LXDE, hidup Lubuntu ! :)
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby thrvers » 14 Sep 2011, 18:19

'
AlwanRosyidi wrote:....
"produk yang sebatas mengedepankan perubahan, tanpa memperdulikan fungsionalitas utama, yaitu performance"
....

setuju ini :grin:

dr dolo q coba2 hanya mencari stabil dan performance. [dah mulai bosen compiz] :)
User avatar
sipelaut
Posts: 1963
Joined: 03 Jan 2010, 17:25
Location: madura-sampang
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby sipelaut » 14 Sep 2011, 19:38

wahhh back to basic nichh
back to simple stupid hekekekkkk...
hidupp CLI.....
hidupppppppppp?????
User avatar
masdana
Posts: 718
Joined: 08 Jun 2010, 13:09
Location: East Borneo
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby masdana » 14 Sep 2011, 19:43

Emang tetap nenek moyang CLI yg terbaik simple :D
User avatar
husnia
Posts: 846
Joined: 26 Jan 2011, 15:31
Location: Malang-Tuban, East Java
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby husnia » 14 Sep 2011, 20:48

emangnya masalah gnome3 kenapa? apa kerja komputernya jd lebih berat?
User avatar
BudaSuyasa
Posts: 246
Joined: 22 Nov 2010, 22:04
Location: Denpasar, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby BudaSuyasa » 14 Sep 2011, 22:37

Mending pake gnome 2 deh...
hehhehe
User avatar
Krisna7
Posts: 147
Joined: 29 Sep 2010, 16:53
Location: Sidoarjo

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby Krisna7 » 14 Sep 2011, 22:48

Mungkinkah gnome akan meniru tampilan desktop window 8 yang memungkinkan menampilkan 2 mode desktop yaitu yang pertama adalah mirip tampilan gnome 3 dan mode kedua mirip tampilan gnome 2. Dimana nantinya tampilan gnome 3 cocok untuk tablet dan smartphone, sedangkan tampilan gnome 2 cocok untuk pengguna pc dan laptop.

Ah... rasanya terlalu gengsi bagi gnome untuk meniru rancangan desktop window 8 yg flexibel itu, atau saya cuma mimpi suatu saat gnome sadar dari mabuknya dan menciptakan desktop yg multi mode untuk semua jenis perangkat cerdas.
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby rizaaal » 06 Jan 2012, 15:27

Mana nih pengguna Lubuntu yang lain ? pengen tau review-reviewnya.


aku pengen nyobain :D
User avatar
abu_unaisah
Posts: 1621
Joined: 24 Nov 2011, 14:07

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby abu_unaisah » 06 Jan 2012, 15:37

hadir....
lubuntu : simple, ringan

jadi inget waktu baca2 ini

http://www.facebook.com/notes/ssx-solus ... 3336535831

Bahasan Distro Linux Ala Cewek SSX
oleh SSX - Solus System X pada 4 Januari 2012 pukul 18:52
Hanya canda, jangan dimasukin hati yach !

Cewek Debian

Cewek super supel ! Anda akan bangga jalan-jalan dengan dia. Dari ujung ke ujung jalan Anda akan di sapa Hai ! Mulai dari sapi sampai tetangga bawel Anda kenal dengan Debian girl.

Lebih gila lagi Bapak RT,RW, sampai camat tahu nama dan prestasinya. Pribadi yang mantap, stabil, dan terbuka. (meski rada konservatif). Pintar memikat hati dan memendam rasa.

Tidak ada yang berantakan, semua serba bersih dan mudah bagi Debian girl. (Bandingkan dengan kamar kos ANda yang berantakan dan kacau).

Banyak orang memperebutkan Debian girl ! Sampai-sampai diadakan rapat desa buat tentukan syarat-syarat untuk kencan dengan Debian girl. Meski dia tidak suka intrik politik, dia punya prinsip yang kuat ! No source No way !

Jadi Anda mesti siap-siap menghadapi konsekuensinya. Misal Anda main mata sama Cewek NVIDIA yang tertutup malu-malu, Anda akan didamprat.

Cewek Fedora

Cewek tipe bleeding edge ! Anda akan menemukan cewek ini di mall-mall terutama di butik untuk cari baju model mutakhir, limited edition, dijahit pake ulat sutra langsung. (Asal jangan tembus pandang). Atau di pasar tradisional seperti pasar klewer atau pasar turi. Cari tembakan produk paling gress buatan si Inem.

Rambut warna-warni di cat pakai kunir, atau sumba yang lulus uji ISO 9001 dan ramah lingkungan. Nongkrong di mobil terbaru ala Juke dengan musik jenifer beliebers di sound HIFI yang nyala pake panel surya di atas kap mobil.

Jika berkulit putih mulus, itu hasil tabir surya gerhana matahari 10 tahun sekali. Jika sexy, itu hasil diet sinar ultra sonic teknologi luar angkasa. (planet alien maksudnya).

Anda mesti bangga berkencan dengan Fedora girl, karena akan jadi pusat perhatian. (Sedang Anda berambut gimbal dan sandal jepitan).Dialah pelopor sesuatu yang baru dan asyik.

Tapi hati-hati ! Teknologi terbaru kadang jadi bencana (atau berkah), tiba-tiba jahitan baju ulat sutra lepas semua... Anda kelunturan sumba merah rambutnya karena hujan hari ke-33. Nikmati saja konsekuensinya sambil berkata Oh...Oh..karena terpesona.

Anda perlu sabar, terutama efek stabilitas emosi. Tugas Anda untuk memperbaiki... jangan ambil enaknya saja bro !

Cewek Gentoo

Jangan janji mepet-mepet dengan dia. Jika Anda janji jam 7 malam jemput untuk ajak kencan, tepati janji Anda (atau Anda akan dilempar sepatu) sekedar tahu saja, persiapan dandan 7 jam lamanya. Pilih sepatu 1 jam, pilih baju 1 jam, pilih asesories 2 jam, make up 3 jam.

Hasilnya, jadi perfect ! Kalau Anda tidak kesengsem berarti Anda ketiduran hahaha.

Sayangnya cewek Gentoo ini sering dinomor duakan saat kencan. Entah ditinggal asyik nonton bola, main catur, Facebook-kan, atau yang lebih parah ditinggal tidur.

Anda mesti sabar...... yach mesti sabar... Kalau dia lagi belanja asesories...
Intinya, fisik Anda mesti kuat kalau diajak jalan sama dia... bisa 5 hari 5 malam Anda diajak shooping satu kota.

Meski sering dikritik cewek ini tidak stabil emosinya, kalau Anda cocok, jalan saja.

Cewek Slackware

Cocok untuk diajak kerja kotor dan serabutan.Penampilan cenderung jelek (malas make up) jarang beli baju baru, dan jarang ganti sepatu hahaha. Sekali pakai....pakai terus. Bisa dibanyangin baunya bro !

Cewek ini cuma punya sepasang celana Jeans yang dicuci seminggu sekali. Hemat air dan deterjen katanya :) Meski cewek Slackware tidak lupa mandi 2x sehari, kalau kepepet cuma cuci muka saja.

Hobbynya pakai baju hitam dengan tulisan : Root me... root you...

Meski begitu, untuk dapetin cewek Slackware susah setengah mati ! Sudah Jual mahal, kalau mau apel mesti berhadapan dengan Buldog ganas kelaparan. Kalau pas apes, yach gak pergi kencan tambah kena caplok.
Jadi mesti sabar...sabar... sambil sesekali mengelus dada.

Anehnya, banyak pasangan cewek Slackware ini setia setengah mati... katanya : tidak rewel, murah diongkos ! (kasihan, jika cewek lain diajak ke Starbucks, ini cewek diajak ngopi di warung pinggir jalan pun oke juga)

Tapi hati-hati, jika Anda tidak serius, alias mempermainkannya, Anda akan ditendang ke neraka ! :)

Cewek Ubuntu

Cewek super populer ! Dari kampus hingga kampung tau semua. Banyak fans setia tapi juga musuh abadi ! Begitulah... mungkin banyak yang iri atas keberhasilan cewek satu ini. Jangan iri bro !

Punya Bokap dan Nyokap kaya raya, apa saja yang diinginkan cewek Ubuntu biasanya terkabul. Minta sepeda Ontel, beres ! Minta Mercedes oke ! Pingin makan ronde, satu rombong diborong.

Semua mesti sadar, berkencan dengan Ubuntu berarti berkencan dengan duta kampus. Semua jadi kenal warung Anda gara-gara cewek Ubuntu juga.

Sayang, cewek Ubuntu ini sering berubah keinginan. Ajak ANda nonton Star Wars, eehhh ditengah-tengah film maksa pindah bioskop lihat Star Trek. Ini juga yang sebabkan ada yang pindah hati ke cewek Mints :)

Humanisme cewek Ubuntu ini besar sekali, mulai dari rakyat jelata sampai menteri dilayani dengan baik. Cewek Ubuntu juga tidak beda-bedakan apakah tukang Ojek atau taxi yang mau antar pergi, atau naik vespa bobrok Anda semua oke.
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby aptfast » 06 Jan 2012, 15:56

netbuk ku aman2 aja pake gnome3/unity....
meski install webserver+database
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby offline » 06 Jan 2012, 16:22

mungkin besok lubuntu, mungkin besoknya lagi xubuntu, mungkin besoknya lagi kubuntu, besok laginya ubuntu lagi :grin:
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby aptfast » 06 Jan 2012, 16:36

muter2 ntar balik ke fedora...
sama aja
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby rizaaal » 06 Jan 2012, 17:36

aptfast wrote:muter2 ntar balik ke fedora...
sama aja


saya belum pernah nyobain distro lain selain debian dan turunannya. jadi ntar ujung-ujungnya pasti balik ke ubuntu lagi :grin:
User avatar
enka
Posts: 251
Joined: 27 Jul 2011, 12:23
Location: Manado
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby enka » 06 Jan 2012, 18:16

sudah pernah kencan ama cewe mn aja bro?
User avatar
prongsx
Posts: 316
Joined: 24 Jul 2010, 16:16

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby prongsx » 09 Jan 2012, 01:17

ma cewek ubuntu dan cewek mints..... penganut poligami
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby rizaaal » 09 Jan 2012, 15:05

prongsx wrote:ma cewek ubuntu dan cewek mints..... penganut poligami


lubuntu belum pernah nyoba mbah?
User avatar
myitanium
Posts: 409
Joined: 14 Jul 2011, 14:56
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby myitanium » 10 Jan 2012, 13:51

Krisna7 wrote:Mungkinkah gnome akan meniru tampilan desktop window 8 yang memungkinkan menampilkan 2 mode desktop yaitu yang pertama adalah mirip tampilan gnome 3 dan mode kedua mirip tampilan gnome 2. Dimana nantinya tampilan gnome 3 cocok untuk tablet dan smartphone, sedangkan tampilan gnome 2 cocok untuk pengguna pc dan laptop.

Ah... rasanya terlalu gengsi bagi gnome untuk meniru rancangan desktop window 8 yg flexibel itu, atau saya cuma mimpi suatu saat gnome sadar dari mabuknya dan menciptakan desktop yg multi mode untuk semua jenis perangkat cerdas.


Saya koreksi ya. Unity keluar sebelum konsep windows 8 jadi. Microsoft yang meniru Linux dan Mac.
Unity merupakan konsep baru yang diusung oleh Cannonical yang bermimpi Ubuntu bisa berjalan bukan hanya pada komputer, tapi juga tablet dan hape. Ini lebih dulu dibandingkan dengan Windows 8. :)

Unity merupakan sesuatu yang visioner. Kalau anda melihat dari sudut pandang ini (seperti saya), anda akan setuju bahwa sistem bukan hanya dari yang "biasa" kita pakai, tapi seperti apa konsep User Interface masa depan. Saya rasa unity merupakan pemikiran yang luar biasa, bahkan melampui Mac.

Dengan semangat yang sama (visioner), KDE 4 dan Gnome 3 dikembangkan. Tentu saja mereka menuai kontroversi dari orang2 yang tidak mau berubah (yang lalu mencari alternatif atau membuat fork). Tapi untuk user baru, konsep KDE 4 dan Gnome 3 sangatlah luarbiasa, melampaui yang mereka pikirkan untuk sebuah konsep Desktop (yang biasanya terpatok ke Windows dan Mac).

Saya bisa bilang begini karena saya sudah mencicipi 3 OS ini, Linux, Windows dan Mac. dan menurut saya Linux is the best dalam hal inovasi.

Mungkin anda belum mencoba memaksimalkan unity? Saya sudah menggunakan unity dan sangat menikmati kemudahan yang ditawarkan (walau ada beberapa hal yang kurang cocok juga :D ).

Kalau bicara performance, mungkin karena konsepnya adalah bagaimana dengan prosesor dan RAM saat ini kita bisa membuat sistem yang lebih pintar (lalu muncul KDE 4 dan Gnome 3), jadi saya rasa mereka tidak mencoba untuk membuat supaya hardware lama juga bisa menikmati.
User avatar
agus_sintang
Posts: 150
Joined: 28 Jun 2011, 16:47
Location: Surabaya, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby agus_sintang » 10 Jan 2012, 16:20

AlwanRosyidi wrote:Semua berharap Gnome 3 membawa inovasi yang memuaskan, high performance dan kelengkapan fitur


saya masih berharap eui.... hehe, semoga di precise lebih baik lagi....
User avatar
etcsession
Posts: 222
Joined: 26 Apr 2011, 13:26
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby etcsession » 11 Jan 2012, 13:30

Unity dioprek sama MyUnity
Cinnamon-(session) > klasik skaligus futuristik
Gnome3 seger dgn tema2 shellnya..
sy nyicip itu semua pake ubuntu 11.10 dan skrg betah lg di Gnome3.
selera kita beda, bhineka tunggal ika = GNU/Linuxnya sama :D
User avatar
jiban
Posts: 38
Joined: 28 Sep 2010, 09:16

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby jiban » 11 Jan 2012, 21:27

AlwanRosyidi wrote:....
"produk yang sebatas mengedepankan perubahan, tanpa memperdulikan fungsionalitas utama, yaitu performance"
....


haha emnag situ makenya bakal apaan mas, kok sampe bisa bisanya bicara performance sgala?

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: Yahoo [Bot] and 10 guests