Lubuntu Mengambil Alih

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
AlwanRosyidi
Posts: 1
Joined: 14 Sep 2011, 16:54
Location: Semarang, Indonesia
Contact:

Lubuntu Mengambil Alih

Postby AlwanRosyidi » 14 Sep 2011, 17:11

Semua berharap Gnome 3 membawa inovasi yang memuaskan, high performance dan kelengkapan fitur, namun ternyata, Gnome 3 mengikuti jejak KDE 4 sebagai "produk yang sebatas mengedepankan perubahan, tanpa memperdulikan fungsionalitas utama, yaitu performance". Begitu banyak yang kecewa dengan Gnome 3 dan terjadilah migrasi besar-besaran ke desktop alternatif seperti XFCE dan lalu yang paling hot : LXDE. Saya termasuk dalam barisan yang kecewa dengan inovasi Gnome 3 dengan gnome-shellnya, dan saat ini telah beralih ke LXDE dengan memakai derivasi muda Ubuntu yang berbasis LXDE yaitu Lubuntu.

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot, hadir dengan Gnome 3 sebagai back-end dari Unity, yang setali-tiga-uang dengan gnome-shell (hanya mengedepankan perubahan tapi mengesampingkan fungsionalitas). Dengan makin banyaknya user yang tidak nyaman dengan desktop 3D seperti gnome-shell dan unity, maka kemungkinan besar distribusi yang menawarkan desktop alternatif 2D yang mengedepankan performance akan diminati dan bisa jadi mengambil alih versi mainstream Ubuntu yang berbasis Gnome.

Secara pribadi, saya menjagokan Lubuntu, "Pangeran Muda" kerajaan Canonical, untuk mengambil alih tahta Distrowatch dikarenakan Gnome telah "lupa pada kulit", yaitu telah menjadi "desktop yang sombong dan terlalu banyak bersolek".

Hidup LXDE, hidup Lubuntu ! :)
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Lubuntu Mengambil Alih

Postby thrvers » 14 Sep 2011, 18:19

'
[quote=AlwanRosyidi]....
"produk yang sebatas mengedepankan perubahan, tanpa memperdulikan fungsionalitas utama, yaitu performance"
....

setuju ini :grin:

dr dolo q coba2 hanya mencari stabil dan performance. [dah mulai bosen compiz] :)