[ask] Masalah baterai laptop Toshiba

Membahas Perangkat-perangkat keras yang belum dideteksi dengan baik oleh Ubuntu serta solusinya.
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

[ask] Masalah baterai laptop Toshiba

Postby luxm4n » 27 Aug 2011, 09:35

hallo agan-agan semua,

ane newbie banget di ubuntu, dan skarang ada masalah sama batre laptop toshiba ku gak dikenali,,,

ane dapet tutorial yg mantaf tapi bahasa inggris + pake kode2 rumit, apalah daya bagi newbie seperti ane buat ngkutin tutorial itu,,,

ini masalah serius bagi ane gan,,, kalo gak tau sisa battre laptop bisa rusak,, mati gitu aja kalo batre abis,,,

ini gan tutorialnya:

http://techinterplay.com/fix-toshiba-ba ... linux.html

siapa tahu agan disini bisa arahin ane dengan bahasa indonesia dan penjelasan yg ringan,,,

ane yakin banget sepertinya tutor itu yg bisa nyelesain masalah ini

trimakasih sebelumnya
Last edited by luxm4n on 27 Feb 2016, 18:30, edited 1 time in total.
Reason: judul topik harus jelas
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

Re: Ada yg bisa bantu ane?

Postby luxm4n » 28 Aug 2011, 13:06

kok gak ada yg bales ya
User avatar
freeazy
Posts: 1329
Joined: 04 Jan 2010, 00:13
Location: Makassar
Contact:

Re: Ada yg bisa bantu ane?

Postby freeazy » 28 Aug 2011, 13:59

Kalau boleh tau, Anda pake Ubuntu/kernel versi berapa?

kalau 10.10/11.04 coba pake PPA ini:

Code: Select all

sudo add-apt-repository ppa:brian-rogers/power
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade


itu gunanya buat mengupgrade gnome-power-manager.
User avatar
ususbuntu
Posts: 199
Joined: 09 Apr 2010, 15:11

Re: Ada yg bisa bantu ane?

Postby ususbuntu » 28 Aug 2011, 14:14

1. buka terminal

Code: Select all

sudo apt-get update

2. buka Synaptic Package Manager (System> Administration> Synaptics Package Manager), cari n install packets Toshset,Toshutil,fnfxd n acpitool
3. buka terminal:

Code: Select all

sudo gedit /etc/default/grub

4. cari GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT
ubah jadi :

Code: Select all

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT = �quiet splash acpi_osi = Linux�

5. cari juga GRUB_CMDLINE_LINUX
ubah jadi :

Code: Select all

GRUB_CMDLINE_LINUX = �acpi = copy_dsdt�

6. simpan n tutup.
7. di terminal :

Code: Select all

sudo update-grub

8. lalu restart.

coba

Code: Select all

ls /proc/acpi/battery/

kalo ada

Code: Select all

BAT0

lalu

Code: Select all

cat /proc/acpi/battery/BAT0/*

hasilnya post kesini
User avatar
luxm4n
Posts: 465
Joined: 22 Apr 2011, 07:59
Location: Kalimantan Selatan
Contact:

Re: Ada yg bisa bantu ane?

Postby luxm4n » 28 Aug 2011, 14:57

[quote=freeazy]Kalau boleh tau, Anda pake Ubuntu/kernel versi berapa?

kalau 10.10/11.04 coba pake PPA ini:

Code: Select all

sudo add-apt-repository ppa:brian-rogers/power
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade


itu gunanya buat mengupgrade gnome-power-manager.


yg terbaru gan,,, kernel versi 2.6.38-11-generic

[quote=ususbuntu]1. buka terminal

Code: Select all

sudo apt-get update

2. buka Synaptic Package Manager (System> Administration> Synaptics Package Manager), cari n install packets Toshset,Toshutil,fnfxd n acpitool
3. buka terminal:

Code: Select all

sudo gedit /etc/default/grub

4. cari GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT
ubah jadi :

Code: Select all

GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT = �quiet splash acpi_osi = Linux�

5. cari juga GRUB_CMDLINE_LINUX
ubah jadi :

Code: Select all

GRUB_CMDLINE_LINUX = �acpi = copy_dsdt�

6. simpan n tutup.
7. di terminal :

Code: Select all

sudo update-grub

8. lalu restart.

coba

Code: Select all

ls /proc/acpi/battery/

kalo ada

Code: Select all

BAT0

lalu

Code: Select all

cat /proc/acpi/battery/BAT0/*

hasilnya post kesini


cara itu sudah aku lakuin

tapi gagal

aku skarang lagi coba ngikutin tutor di: http://techinterplay.com/fix-toshiba-ba ... linux.html

tapi mentok pas pembuatan file DSDT.hex

iasl -tc DSDT.dsl