[MOTIVASI] Keterbatasan Bukan Alasan: Sarath Lakshman

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

[MOTIVASI] Keterbatasan Bukan Alasan: Sarath Lakshman

Postby Malsasa » 23 Aug 2011, 04:19

Keterbatasan akan resources, baik dalam bentuk dana maupun teknis seperti akses Internet dan perangkat komputer, ternyata tidak mematahkan keinginan Sarath Lakshman, ABG asal Kerala/India, untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungannya. Autodidact Sarath yang kini berusia 15 tahun, sebagaimana diliput cxotoday Jumat lalu, tanpa pendidikan formal berarti telah berhasil mengembangkan sebuah sistem operasi SLYNUX GNU/Linux untuk pemula yang mudah dipakai.

Tujuan utama yang menjadi target Sarath adalah agar setiap orang yang telah terbiasa dengan sistem operasi Microsoft� Windowst82; dapat menggunakan SLYNUX dengan mudah. Desktop yang dikembangkannya dibuat sedemikian bersahabat dengan pengguna (friendly to the user) dan menyertakan semua aplikasi yang dibutuhkan dalam satu CD yang langsung jalan dari CDRom, sementara file dapat disimpan di partisi Windows atau diinstalasi secara permanen ditanamkan di komputer.

Sarath mengenal Linux untuk pertama kalinya (2003) dengan komputer bertenaga Celeron 1 GHz, 810E Motherboard dan 128 MB memori menggunakan sistem operasi Red Hat 9. Sebelumnya ia sering mendengar Linux yang dikaitkan dengan sulit dan membutuhkan pengetahuan lebih banyak dalam hal pengoperasiannya. Dari situ timbul idea di benaknya yang menantang untuk membuat sistem operasi yang mudah untuk setiap pengguna: `Sarath Lakshman's Linux'.

Kepada CXOtoday Sarath memaparkan berbagai kesulitan yang dihadapinya. Kenyataan bahwa ia tidak menemukan satupun pengguna Linux disekitarnya, merupakan hal yang tidak mudah sebagai pemula. Sarath mengatakan: "Problema pertama yang saya hadapi adalah tidak tersedianya fasilitas Internet yang memadai. Saat ini saya mengunakan koneksi dial up dengan kecepatan 44 Kbps dan tidak mampu membayar koneksi pita lebar. Kerena itu saya hanya dapat memanfaatkan Web sekedar untuk browsing saja. Aktivitas yang terkait dengan GNU/Linux yang menyediakan source code (sekitar 20MB, 50MB, 600MB etc) untuk di download tidak dapat saya dilakukan."

Baru setelah bertemu dengan konsultan TI, Sarath memperoleh akses untuk mendapatkan sejumlah CD GNU/Linux dan salah satunya adalah Knoppix 3.6 yang menjadi basis untuk mengembang dan kemudian membidani SLYNUX.

Kesulitan lain yan dihadapinya adalah keterbatasan hardware yang dimilikanya yang tidak memadai untuk pengembangan. Keterbatasan kinerja komputernya menelan waktu dua jam setiap kali bila melakukan proses kompresi yang seharusnya dapat dilakukan antara 8 sampai 10 menit saja menggunakan sistem yang lebih baru.

Untuk mengembang distronya termasuk modifikasi di kernel Linux, Sarath Lakshman harus belajar sendiri pemrograman Shellscipts.

SLYNUX 1.1 adalah versi terakhir yang telah dirilis dan diklaim anak muda asal Kerala itu, sangat pas bagi yang ingin bermigrasi. Mulai versi 2.0 menurut Sarath, SYNUX akan menarik untuk digunakan perusahan dan dalam waktu dekan ia merencanakan merilis SLYNUX 3.0 mengemas Kernel 2.6.8, Apache Server-Tools dengan MySQL terintegrasi.

SLYNUX mengingatkan pendekatan yang serupa yang pernah dilakukan Linux Sehat & Manjur dari kelompok aktivis ICT-Watch di Indonesia dua tahun yang lampau, menggunakan Knoppix (saat itu versi 3.3) sebagai basis.

(sumber dari http://www.warnet.linux.or.id/forum/vie ... hread_id=4 dari gudanglinux.net)
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [MOTIVASI] Keterbatasan Bukan Alasan: Sarath Lakshman

Postby thrvers » 23 Aug 2011, 19:08

'
mantebb kak malsasa :D

btw gak ada link buat dunlut iso-nya yah :(

Return to “Pembicaraan Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: adriennegt11, MichxealSnuby and 55 guests