[ASK] cara meresize partisi

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

[ASK] cara meresize partisi

Postby rizaaal » 03 Aug 2011, 14:42

para master, cara meresize ukuran root gimana sih? root saya sudah terlalu penuh, jadinya enggak bisa install2 aplikasi lagi.
saya coba pake aplikasi gparted, tapi terkendala di masalah mounting.

mohon pencerahannya..
User avatar
jack1989
Posts: 328
Joined: 02 Jun 2011, 19:42
Contact:

Re: [ASK] cara meresize partisi

Postby jack1989 » 03 Aug 2011, 15:20

pakek gparted live cd/usb lebih mudah digunakan.... hahahahah :grin:
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] cara meresize partisi

Postby rizaaal » 03 Aug 2011, 15:38

oh kalo pake yang gparted live cd bisa bro? belom pernah nyobain sih. soalnya kalo pake yang gparted biasa, partisinya gabisa di resize kalo folder rootnya belum di unmount. sedangkan kalo di unmount ntar ada pesan errornya gitu..
User avatar
jack1989
Posts: 328
Joined: 02 Jun 2011, 19:42
Contact:

Re: [ASK] cara meresize partisi

Postby jack1989 » 03 Aug 2011, 16:20

live cd bisa mas brooow,,,, tapi lama.... hahahah... lawong kemaren are perbesar root juga gitu, padahal pakek live usb. ane belum bayangin tuch kayak apa lo pakek live cd.

pesan itu gagh ngaruh kok, yang penting root jangan diperkecil. trus lo bisa,,,, partisi sebelum/setelah root diperkecil dulu. biasanya pesan error terjadi lo data/kapasitas drive dah full. he :d....

cobak dulu aja,,,
nb: jangan perkecil swap/directori yang berhubungan dengan program.... :grin:
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: [ASK] cara meresize partisi

Postby rizaaal » 03 Aug 2011, 22:12

saya sudah berhasil bro pakek live cd.. tapi gatau kenapa efeknya grub nya jadi ngilang.. terus saya install ulang lagi grubnya, bisa jalan lagi kok. dan folder rootnya pun udah gede sekarang ukurannya..

tengs yaa bro jack1989 :D
User avatar
jack1989
Posts: 328
Joined: 02 Jun 2011, 19:42
Contact:

Re: [ASK] cara meresize partisi

Postby jack1989 » 04 Aug 2011, 02:00

rizaaal wrote:saya sudah berhasil bro pakek live cd.. tapi gatau kenapa efeknya grub nya jadi ngilang.. terus saya install ulang lagi grubnya, bisa jalan lagi kok. dan folder rootnya pun udah gede sekarang ukurannya..

tengs yaa bro jack1989 :D
sama23 mas brooow rizaaal,,,, :grin:

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 2 guests