Apa maksud dari LTS itu ?

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
siihud
Posts: 8
Joined: 07 Apr 2011, 00:40

Apa maksud dari LTS itu ?

Postby siihud » 15 Jul 2011, 20:05

ada yg tau gk LTS itu ap?
kok aq mau download ubuntu ada yg LTS ama yg gk ...
mksdx LTS itu apa?

pengguna baru ubuntu alias newbie ... :)
User avatar
dhiemaz_mitnick
Posts: 281
Joined: 06 Jun 2011, 00:57
Location: Jakarta
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby dhiemaz_mitnick » 15 Jul 2011, 20:39

Coba cari di archieve forum ini bro.. kemaren udah sempat dibahas detail... ;)
User avatar
onliners
Posts: 12
Joined: 21 Apr 2011, 09:47
Location: Denpasar, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby onliners » 15 Jul 2011, 20:41

long term support itu km dapet support yang lebih lama dari canonical buat ubuntu mu, desktop selama 3 taun , kalo server 5 taun. otomatis ubuntumu bakal stabil. kalo selain yang dapper drake, ubuntu lucid yang LTS.

penjelasan lebih lengkap disini
https://wiki.ubuntu.com/LTS
User avatar
walid
Posts: 188
Joined: 14 Jun 2010, 14:48

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby walid » 16 Jul 2011, 13:33

LTS (LONG TERM SUPPORT) dukungan lebih yang diberikan kepada sebuah distro selama 3 tahun....

artinya distro linux (ubuntu) tersebut dapat dukungan dari server ubuntu...sehingga lebih disarankan untuk gunain yg LTS...10.04 (lucid lynx)
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 16 Jul 2011, 15:33

dalam ubuntu itu ada dua, versi LTS dan satu lagi versi NR (normal release.


>> LTS.. versi LTS itu lebih diperuntukkan buat user2 yg males ganti versi cepet2 atau bisa dikatakan user2 yg sukanya nyari aman n gak ke-buru2 ganti versi, makanya smp 3 taon. versi lts lebih cocok buat orang kantoran yg kerjaannya sibuk n males upgrade. spt LUCID.


>> NR (normal release).. kalo NR (normal release) itu versi normal dari ubuntu, yaitu setiap 6 bulan sekali ganti versi n disupport smp 1 1/2 taon. versi ini lebih diperuntukkan buat user2 yg suka akan hal2 baru n suka ama hal2 yg bisa dikatakan up to date banget. atau bisa dikatakan lebih cocok buat user2 yg cepet boring, makanya tiap 6 bulan skali ganti versi biar gak boring. spt MAVERICK, NATTY n yg akan datang ONEIRIC/11.10
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby rizaaal » 16 Jul 2011, 20:09

bang honeycomb, kalo yang versi NR kita pake dalam jangka waktu yang lama kira2 kedepannya ada masalah ga ya?
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 16 Jul 2011, 21:39

gak masalah, soalnya masih disupport smp satu setengah taon.. itu supportnya aja maksutnya, ente pakai smp ber-tahun2 juga gak masalah, cuma udah nggak dpt update-an2 aja.. gitu aja kok maksutnya.
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby rizaaal » 16 Jul 2011, 21:54

oh iya2 paham ane. kadang masih #windusminded ane. tadi mikirnya kalo udah ga di suppport lagi dan ga ada updatean lagi, os nya bakalan lemah karena banyaknya virus yang baru.
eh setelah dipikir2, lah wong linux ga ada virusnya. haha :grin:
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 16 Jul 2011, 22:46

windowsuck kan punya yg namanya security-update juga, jadi menurut ente rasioanl nggak gan kalo windowsuck itu bisa kena virus??.. berarti developer-security nya windowsuck itu orang2 yg goblok ya gan, masa smp bisa kena virus??.. gak ada kelasnya sama sekali ma developer-security nya linux.. haahhahaahahha


kalo gitu tuh, gobloknya orang2 developer-security window apa emang sengaja dibikin "goblok" sama microsoft biar dpt untung??.. lha disitu ente bisa menilai "ada apa dengan itu semua".


cuma sharing aja lho, buat pengalaman sapa tau bermanfaat
User avatar
sake
Posts: 264
Joined: 13 May 2011, 08:46
Location: malang, indonesia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby sake » 16 Jul 2011, 23:14

klo pake wins walau original tp selama antifirus-nya free ttp aja bs kebobol. tp klo pk ubuntu/linux walau os-nya free, jgn bakal virus masuk.

tp entar, ni trit-nya soal LTS kok jebul security ya??? :D :D :D
User avatar
dhiemaz_mitnick
Posts: 281
Joined: 06 Jun 2011, 00:57
Location: Jakarta
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby dhiemaz_mitnick » 17 Jul 2011, 01:12

@Bro Sake :
Masalahnya bukan antivirusnya free atau ga..? Virus dan AntiVirus itu saling berlomba-lomba.. kalo antivirusnya free tapi sering di update dan si pembuat antivirus itu dapat update-an mengenai virus-virus terbaru teknik dsb.. ya kemungkinan antivirus tersebut jebol akan rendah. Kebalikannya, kalo antivirus yang digunakan terbilah mempunyai brand yang bagus, tetapi karena tidak pernah diupdate paling-paling dalam 3 bulan bisa jebol juga..

@Bro HoneyComb : Masalahnya bukan hanya security updatesnya microsoft. gw seh bukan membela micros*ft.. gw selama ini juga menggunakan produkny meraka dan selama itu pula fine-fine aja.. Kalo masalah virus / securty. Kenapa hanya micros*ft yang patut dicurigai, kenapa tidak perusahaan antivirus..? perusahaan antivirus berkembang jika banyak virus, analoginya ibarat dokter dengan banyak penyakit / pasien dengan dokter dengan tanpa penyakit/ pasien..

kalo ga ada penyakit, apakah akan ada dokter..? Kalo tanpa virus apakah ada antivirus..? kalo pembuat antivirus itu membutuhkan uang, buat apa dia buat antivirus didalam sebuah platform yang gratis..? Dokter, mengobati pasien juga perlu duit buat mencukupi kebutuhan hidupnya, ada juga dokter yang mengerjakan pekerjaannya tanpa balas jasa, tapi kalo terus terusan dibayar dengan ucapan "terima kasih" bagaimana dia bisa mencukupi kebutuhan hidupnya..?

Intinya : Bisa jadi virus maker ini berasal dari vendor pembuat antivirus (siapa tahu). karena dengan begitu, produk antivirusnya bakalan laku..
User avatar
jack1989
Posts: 328
Joined: 02 Jun 2011, 19:42
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby jack1989 » 17 Jul 2011, 02:19

jempol 1000 buat mas brooow semua...

menurut ane sih,,, di dunia ini gagh ada yang gratis,,, semua butuh uang/perjuangan. yang namanya ibadah aja butuh uang... apalagi aplikasi macam komp. mungkin bisa aja kita katakan lo vendor anti virus/os/yang lainnya gini gitu... yang pentin jiwa opensources ubuntu tetep dijaga.... ndak perlu olok23 dengan tetangga sebelah. yang penting amalan dari proklamator ubuntu "jiwa opensource". kita amanah kan untuk dakwah tentang teknologi kepada teman23 kita diluar sana yang masih tersesat.... hihihihi :grin:

dalam masalah ekonomi bukan gratis/berbayar melainkan pelayanan n bukti nyata... alhamdullilah ubuntu mengubah openmain ane.... lo tak berbayar tapi ndak reliable ditinggalkan... berbayar tapi memuaskan... ndak masalah

jujur wlo ubuntu berbayar,,, tapi sistemnya save n secure... why not....

untungnya para seO ubuntu ndak begitu tertarik dengan namanya uang.... ckkkkk,,,, :d bukan terlalu tertarik :grin: . karena aktivitas yang dilakukan oleh ubuntu juga butuh dana. masak karyawannya ndak dibayar..... ntar pada kabur..... ckkkkkk :d
User avatar
siihud
Posts: 8
Joined: 07 Apr 2011, 00:40

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby siihud » 17 Jul 2011, 12:01

ok gan, mksi tutornya ...
s'moga menambah wawasan bagi saya ... :)
User avatar
rizaaal
Posts: 1212
Joined: 01 May 2011, 16:02
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby rizaaal » 17 Jul 2011, 13:31

haha udah oot nih. pokoknya intinya LTS itu di supportnya lama dan terus2an dapet updatean dan NR itu di supportnya ga terlalu lama dan ga dapet updatean nantinya. tapi kedua2nya ga masalah, tergantung kebutuhan aja. :D
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby indraginanjar » 17 Jul 2011, 14:33

Hahahaha... kata siapa ubuntu (ato lebih tepatnya Canonical) ga tertarik duit... Berbeda dengan Ubuntu Foundation, Canonical adalah lembaga komersil.

Meskipun berbasis open source, bukan berarti tidak menghasilkan duit. Hanya mungkin skema bisnisnya aja yang berbeda dengan dengan kebanyakan bisnis berbasis closed source yang sudah biasa kita lihat.

Selain membuat membuat distro ubuntu, Canonical juga menyediakan jasa-jasa yang berhubungan dengan ubuntu. Sebagian gratis, dan sebagian lagi berbayar.
Yang gratisnya kita udah liat tiap hari. Sedangkan yang berbayar mulai dari pelatihan, konsultasi, sertifikasi, kustomisasi sistem, manajemen dan pengawasan sistem seperti Ubuntu Advantage (atau yang sering di temui admin server, "lanscape") dan lain sebagainya.
Ato contoh yang sering kita temui di lingkungan desktop adalah Ubuntu One, versi dengan kapasitas yang lebih besar dari 2GB itu berbayar, coba lihat https://one.ubuntu.com/plans/.

Klo ga ada duitnya akan sulit sekali untuk bergerak dengan cepat dan konsisten.



Kembali ke soal LTS (Long Term Support),

Release LTS berfokus pada pengguna enterprise atau perusahaaan, yang berarti berfokus pada server dan penggunaan yang seragam pada banyak dekstop yang berarti masalah keamanan dan kestabilan menjadi hal penting. Biasanya pengguna enterprise juga akan menghindari perubahan yang banyak pada rentang waktu yang terlalu pendek karena akan meningkatkan usaha, waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk perawatan sistem.
Sepertinya karena alasan inilah maka,
pada pembangunan release LTS, batas waktu pengembangan fitur diperpendek, dan memperpanjang masa pengujian beta. Jadi pada LTS, banyaknya fitur baru bukanlah tujuan utama melainkan berfokus di kestabilan dan pengurangan cacat pada fungsionalitas yang sudah ada.

Setiap release LTS akan mendapat terus mendapatkan update keamanan selama 3 tahun kedepan untuk release desktop dan selama 5 tahun kedepan untuk release server untuk menjamin keamanan sistem tetap terpelihara.

Pada release normal, release baru di jadwalkan tiap 6 bulan sekali, pada bulan ke 4 dan 10. Hal ini berbeda dengan release LTS yang biasanya hadir 2 tahun sekali.

Oh, iya satu lagi release LTS ditandai dengan penambahan embel-embel �LTS� dibelakang nama/ nomor release-nya.... hehehehe... just in case you missed it :p
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 17 Jul 2011, 15:27

rizaaal wrote:oh iya2 paham ane. kadang masih #windusminded ane. tadi mikirnya kalo udah ga di suppport lagi dan ga ada updatean lagi, os nya bakalan lemah karena banyaknya virus yang baru.
eh setelah dipikir2, lah wong linux ga ada virusnya. haha :grin:


gue tambahin lagii.. support NR (normal release) smp 1 1/2 tahun, abis itu canonical gak nyuport lagi.. tapi, kalo masih ada "orang2 pinter / perkumpulan org2 pinter" yg makai ni versi, walopun canonical udah gak nyuport lg, ttp aja mereka (org2 pinter) tsb akan mengupdate os tsb dengan kmampuan mereka sendiri scara gotong royong, walopun updatenya gak secepat ketika masih disupport canonical. jadi smacam perkumpulan / grup2an. bisa dibilang maybe fanatic demennya ma versi tsb jd masih aja dipertahankan update-an2nya n dikerjakan ma mereka sendiri.. walopun update-an2nya gak secepet ketika masih disupport canonical, gitu aja kok..

lagian canonical itu komersil cuma dalam hal service's aja.. slain itu free
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby indraginanjar » 17 Jul 2011, 15:38

komersil disini konotasinya ga buruk koq... :)
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 17 Jul 2011, 15:38

dhiemaz_mitnick wrote:@Bro Sake :
Masalahnya bukan antivirusnya free atau ga..? Virus dan AntiVirus itu saling berlomba-lomba.. kalo antivirusnya free tapi sering di update dan si pembuat antivirus itu dapat update-an mengenai virus-virus terbaru teknik dsb.. ya kemungkinan antivirus tersebut jebol akan rendah. Kebalikannya, kalo antivirus yang digunakan terbilah mempunyai brand yang bagus, tetapi karena tidak pernah diupdate paling-paling dalam 3 bulan bisa jebol juga..

@Bro HoneyComb : Masalahnya bukan hanya security updatesnya microsoft. gw seh bukan membela micros*ft.. gw selama ini juga menggunakan produkny meraka dan selama itu pula fine-fine aja.. Kalo masalah virus / securty. Kenapa hanya micros*ft yang patut dicurigai, kenapa tidak perusahaan antivirus..? perusahaan antivirus berkembang jika banyak virus, analoginya ibarat dokter dengan banyak penyakit / pasien dengan dokter dengan tanpa penyakit/ pasien..

kalo ga ada penyakit, apakah akan ada dokter..? Kalo tanpa virus apakah ada antivirus..? kalo pembuat antivirus itu membutuhkan uang, buat apa dia buat antivirus didalam sebuah platform yang gratis..? Dokter, mengobati pasien juga perlu duit buat mencukupi kebutuhan hidupnya, ada juga dokter yang mengerjakan pekerjaannya tanpa balas jasa, tapi kalo terus terusan dibayar dengan ucapan "terima kasih" bagaimana dia bisa mencukupi kebutuhan hidupnya..?

Intinya : Bisa jadi virus maker ini berasal dari vendor pembuat antivirus (siapa tahu). karena dengan begitu, produk antivirusnya bakalan laku..






lhaaa distulah gan kotornya kinerja microsoft ma pembuat antivirus itu sendiri.. anti virus aja yg nggak mendapat lisensi mereka aja gak diakuin.. tp gak usah khawatir, udah disediain gratis oleh dev2 linux sebuah anti virus yg palin powerfull yg pernah ada.. maybe diindonesia hanya bbrp yg tau.. jadi ente paki windwosuck gak perlu buth anti virus yg berlisensi microsoft.. anti virus ini dibuat oleh dev2 linux nggak untuk os berbasis linux, tp sengaja dibuat untuk "membersihkan kenakalan n kelicikan" microsoft.. pengen satu aja yg gue bilang ttg anti virus buatan dev2 linux ini "apapun virus itu n secanggih apapun virus itu, bisa dihajar ama anti virus ini smp babak belur".. coba cari2 infonya sono biar pada pinter n nambah pengalaman.. namanya anti virus ini mencerminkan banget kondisi linux untuk saat ini/ intinya ttg "minoritas yg bertahan dibalik kelicikan mayoritas".. sapa yg pinter n ulet pasti gampang menemukannya
User avatar
Nexus
Posts: 2957
Joined: 26 Feb 2011, 12:39
Location: Ujung dunia

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby Nexus » 17 Jul 2011, 15:41

indraginanjar wrote:komersil disini konotasinya ga buruk koq... :)


sangat setuju..
User avatar
dhiemaz_mitnick
Posts: 281
Joined: 06 Jun 2011, 00:57
Location: Jakarta
Contact:

Re: Apa maksud dari LTS itu ?

Postby dhiemaz_mitnick » 17 Jul 2011, 16:14

@Bro Honeycomb : gw pengen ketawa dengan statement ini apapun virus itu n secanggih apapun virus itu, bisa dihajar ama anti virus ini smp babak belur" anti virus ini apa? ya kalo bisa kasih referensi yang jelas dan terarah.. misalkan McAfee, Norman, Norton, ClamAv.. Kalo menggunakan kata-kata anti-virus ini, ya sama aja dengan orang marketing / sales yang mengumbar2 bahwa produk mereka yang terbaik.. Tapi secara real fact dan teknis itu bisa dilakukan harus ada penjelasa secara teknis bukan hanya bisa "dihajar"...

Kalo secara konsep security, tidak ada sistem yang 100% secure. correct me if i'm wrong.. but matter fact yang gw pelajari adalah seperti itu, baik itu server / pc / laptop pasti akan rentan terkena virus ketika sudah terkoneksi dengan dunia luar (internet). walaupun tidak terkoneksi dengan dunia luar, apakah sistem ini akan 100% bebas virus? tentu tidak, tetap saja ada kans untuk terkena serangan. baik itu via usb flashdisk atau media-media penyimpanan / pertukaran data lainnya.

Satu hal lagi yang ingin gw garis bawahi, bahwa bukan hanya dev linux yang membersihkan atau membenahi kesalahan-kesalahan dari micros*ft.. tapi sebaliknya micros*ft juga berperan dalam meningkatkan performa dari linux, silahkan baca trit yang gw kirim deh... dan perlu di ingat, bahwa monodevelop yang berjalan di linux menggunakan engine .Net-nya microsoft.. Bagaimana mungkin dev-dev linux yang membuat itu kalo tidak tanpa campur tangan dari microsoft..? engine yang di sediakan oleh microsoft untuk dikembangkan pada platform linux..?

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 4 guests