dual os linux

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
danangse
Posts: 1
Joined: 05 Jun 2011, 02:23
Location: Bekasi, Indonesia

dual os linux

Postby danangse » 05 Jun 2011, 02:40

mohon pencerahannya...
saya sudah insatall kubuntu 11.04 dan sudah berhasil.
kemudian mau tambah satu lagi pake igos, taapi kenapa tidak bisa runing ya. ada pesan pengaturan system. sudah di reboot juga tidak mau runing.
trims atas bantuannya...
User avatar
Garenk
Posts: 46
Joined: 02 Jun 2011, 06:33
Location: Semarang, Indonesia

Re: dual os linux

Postby Garenk » 05 Jun 2011, 03:11

Newbie...
dual Os Ubuntu ya..??
gak Pernah Nyoba ci..
hmmmm klo gitu Nyimak aja deh...
Kalo Instal OS Ubuntu Lewat Wubi tapi tanpa Bongkar Wubi yang lama kira2 bisa gak..??
hehehehe malah ikut nanya....
aku dah Pake Ubuntu 10.10 di Netbook (2Os)n 11.04 di Pc (3os)..
tapi belum Doble Linux...
User avatar
_Newbie_
Posts: 188
Joined: 19 Dec 2010, 17:29

Re: dual os linux

Postby _Newbie_ » 05 Jun 2011, 11:18

ikut nyimak
User avatar
shinthux
Posts: 205
Joined: 25 Feb 2010, 20:09
Location: denpasar
Contact:

Re: dual os linux

Postby shinthux » 06 Jun 2011, 10:15

ga bs running maksudnya tu gmana?
Kemungkinan karena GRUB yg dipakai antara IGOS n ubuntu beda versi (GRUB vs GRUB2).
Klo bener kyk gt masalhnya, perbaiki aja "grub.cfg" nya ato tambahin di custom grubnya (klo GRUB yg dipakai milik ubuntu).

CMIIW
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: dual os linux

Postby buzzing_bee » 06 Jun 2011, 10:20

shinthux wrote:ga bs running maksudnya tu gmana?
Kemungkinan karena GRUB yg dipakai antara IGOS n ubuntu beda versi (GRUB vs GRUB2).
Klo bener kyk gt masalhnya, perbaiki aja "grub.cfg" nya ato tambahin di custom grubnya (klo GRUB yg dipakai milik ubuntu).

CMIIW


aku dah pernah liat sih yang dual OS linux...tapi belom pernah nyoba..

memang kalo beda versi GRUB gbisa to??
User avatar
shinthux
Posts: 205
Joined: 25 Feb 2010, 20:09
Location: denpasar
Contact:

Re: dual os linux

Postby shinthux » 06 Jun 2011, 11:01

buzzing_bee wrote:
aku dah pernah liat sih yang dual OS linux...tapi belom pernah nyoba..

memang kalo beda versi GRUB gbisa to??


Bisa walopun beda versi GRUB (GRUB vs GRUB2). Ak dual boot mandriva yg masih pke GRUB n Lucid yg uda make GRUB2.
Masalahnya adalah ada perbedaan cara pembacaan partisi pada kedua GRUB tsb, jdnya harus sedikit disesuaikan...
User avatar
buzzing_bee
Posts: 1971
Joined: 29 Dec 2010, 21:53
Location: /home/buzzing_bee
Contact:

Re: dual os linux

Postby buzzing_bee » 06 Jun 2011, 11:34

yang disesuaikan grrub.cfg nya ato apanya mas??
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: dual os linux

Postby sta » 06 Jun 2011, 11:48

coba resintall grub ubuntu
User avatar
shinthux
Posts: 205
Joined: 25 Feb 2010, 20:09
Location: denpasar
Contact:

Re: dual os linux

Postby shinthux » 06 Jun 2011, 12:07

Cara ini dipake klo kt mw dual boot dua distro yg pake versi GRUB yg beda. Prinsipnya pada GRUB mulai pembacaan partisi dr angka 0 sedangkan pada GRUB2 dimulai dr angka 1
Contoh, disini ak dual boot dgn Mandriva yg ada di /dev/sda1 (disini ak menggunakan GRUB milik ubuntu)

grub.cfg yg lum diedit wrote:### BEGIN /etc/grub.d/30_os-prober ###
menuentry "linux (on /dev/sda1)" {
insmod ext2
set root='(hd0,1)'
search --no-floppy --fs-uuid --set a1e6d952-5911-44cf-bf89-ae688f2dbc5c
linux /boot/vmlinuz BOOT_IMAGE=linux root=UUID=a1e6d952-5911-44cf-bf89-ae688f2dbc5c resume=UUID=46e57fcc-ba22-46fa-8ab2-f915be029d92 splash=silent vga=788
initrd (hd0,0)/boot/initrd.img
}


grub.cfg yg uda diedit wrote:### BEGIN /etc/grub.d/30_os-prober ###
menuentry "linux (on /dev/sda1)" {
insmod ext2
set root='(hd0,1)'
search --no-floppy --fs-uuid --set a1e6d952-5911-44cf-bf89-ae688f2dbc5c
linux /boot/vmlinuz BOOT_IMAGE=linux root=UUID=a1e6d952-5911-44cf-bf89-ae688f2dbc5c resume=UUID=46e57fcc-ba22-46fa-8ab2-f915be029d92 splash=silent vga=788
initrd (hd0,1)/boot/initrd.img
}


namun klo pake cr ini setiap kali kt mengupdate grub maka setingannya akan hilang. Ada cr mengatasinya dengan menambahkan menuentry di /etc/grub.d/40_custom

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 5 guests