Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
ArzonLinus
Posts: 352
Joined: 22 Jan 2010, 09:49
Location: Anonymous
Contact:

Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Postby ArzonLinus » 15 Feb 2010, 14:09

Banyak mungkin para pengusaha warnet yg phobia dengan linux, phobia dengan sepinya pengunjung jika sudah beralih / migrasi ke sistem operasi full linux.
tapi setelah saya buktikan sendiri ternyata kenyataan-nya tidak demikian.

asalkan kita tahu triknya maka dijamin tidak ada pengaruh dengan sepinya pengunjung. dan ini telah saya buktikan.

1. Cari dan Install distro linux yang semirip mungkin dengan wind*** (xp,vista,wind***7), kenapa seperti itu? bagi pengguna linux yang sangat idealis hal itu mungkin sangat memuakkan alasannya adalah kenapa harus melihat wind*** lagi kalo kita sudah meninggalkan wind***? tapi dari segi bisnis, anda akan tetap mendapatkan kelancaran dalam bisnis ini. karena pangsa pasar kita adalah para pengguna dari yang awam sampai yang expert. mungkin untuk pengguna yang expert tidak akan mengalami kesulitan untuk mengicipi hidangan sistem operasi linux, tapi bagaimana dengan pengguna awam? para pengguna awam akan cenderung kesulitan menggunakan linux karena mengoperasikan wind*** saja masih perlu banyak bantuan operator hehehe....
Contoh : seperti yang saya gunakan adalah ubuntu versi 9.04, desktop theme dirubah mirip wind*** xp dengan xp-gnome

2. Install aplikasi pendukung untuk warnet yang sekiranya kebanyakan user telah mengenal / familier waktu mereka menggunakan wind***. untuk aplikasi mungkin relatif bagi setiap warnet karena mungkin ada pertimbangan lain sehingga mempunyai kebutuhan yang berbeda jadi tidak saya sebutkan disini. mungkin sedikit bantuan info dari saya misal aplikasi sejenis yahoo messenger bisa diinstall 'Gyache Improved' sedangkan untuk aplikasi word processor linux sendiri khususnya sudah menanamkan Open Office atau jika user masih kesulitan dalam menggunakannnya bisa kita install aplikasi lain tapi yang berbayar Softmaker office atau produk mikocok. (tapi itu hanya sekedar saran karena itu memang tidak gratis)

3. Setting semua arah penyimpanan ke arah folder 'My Documents', karena berdasarkan pengalaman saya, semua kalangan user baik tua/muda/pegawai/kuliah/anak sekolah dll, tahu akan folder ini karena pada saat mereka belajar pertama kali akan dikenalkan dengan folder 'My Documents'. Jika ada folder di 'home folder' selain folder 'My Documents' hapus saja kecuali 'Desktop'. petunjuk diatas adalah mempermudah dalam hal menyimpan data yang siap untuk di print jika sistem di warnet tidak menyediakan langsung sharing printer

4. Lakukan Folder sharing di 'My documents' atau di 'home folder' untuk mempermudah dalam pengambilan data dari komputer user

5. Tampilkan icon semua aplikasi yang telah anda install dan yang dibutuhkan oleh sebuah warnet di desktop linux anda, sehingga semua pengguna yang mengalami kesulitan saat mengakses menu-menu dalam linux akan terbantu dengan hanya menelusuri icon-icon di desktop.

6. Install semua codec multimedia agar bisa memutar file format audio dan video, jangan lupa install juga flash player dan java runtime untuk browser anda. jika anda kesulitan menginstall codec diatas mungkin anda bisa menginstall distro linux yang telah menyertakan codec-codec multimedia secara lengkap seperti linuxmint, dewalinux atau superubuntu.

7. install juga wine, crossover atau cedega untuk menjalankan aplikasi under wind*** supaya anda tetap dapat menjalankan aplikasi kesayangan anda yang tidak terdapat dalam linux.

8. Jika anda menginginkan semua settingan di pc linux tidak terjadi perubahan oleh tangan-tangan jahil user ikuti trik manual yang telah saya buat di : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3233377 tapi jika anda ingin mencari yang lebih mirip deepfreeze anda bisa download script di : http://rapid*share.com/files/47935147/beku.tar.gz dan ikuti petunjuknya di : http://warnetubuntu.wordpress.com/20...di-ubuntu-704/
'deepfreeze' untuk linux diatas bisa digunakan di ubuntu terbaru, seperti ubuntu yang saya gunakan.

9. Untuk billing anda bisa mencoba beberapa billing yang telah dirilis untuk linux seperti dibawah ini :
Gbilling : http://gbilling.sourceforge.net/
Billing CCL : ccl.sourceforge.net
Billing Rab 5 : rab.co.id/warnet
Bios : http://code.google.com/p/bios/
OutKafe : http://outkastsolutions.co.za/outkas...iki&id=outkafe

10. Bagi yang maniak game, sebenarnya banyak juga developer game yang membuat game khusus utk linux baik game offline ataupun online, tapi ada juga sebagian game under wind*** yang dapat berjalan di linux dengan bantuan emulator seperti wine & cedega & crossover game. intinya anda jangan terlalu berharap banyak dengan game yang oleh pihak pembuat / developernya sendiri sengaja dibuat dan diperuntukkan di lingkungan wind***. mengapa? karena tidak semua emulator sanggup menjalankan game under wind*** tersebut. , mungkin dikarenakan pertimbangan dari pihak developer game adalah pangsa pasar game under wind*** lebih besar sehingga lebih menguntungkan jika game ini diperjualbelikan di lingkungan sistem operasi wind***. saran saya jika anda bergerak dibidang game pc murni, mungkin beralih ke linux belom saatnya, kecuali jika anda bisa menyesuaikan dengan menginstall game yang hanya compatible dengan linux.
*Daftar Game yang bisa dimainkan crossover game emulator :
www.codeweavers.com/products/cxgames/

*Daftar Game yang bisa dimainkan cedega game emulator :
http://www.cedega.com/gamesdb/

* Online game for linux :
http://www.pclinux3d.com/warnet-linu...ine-linux.html

Terakhir saya hanya bisa berkata selamat menjelajahi dunia avatar baru anda 'DUNIA LINUX'.

SALAM LINUX

Screenshot : ubuntu with xp-gnome

Screen1
Screen2
User avatar
sinux3r
Posts: 383
Joined: 17 Dec 2009, 13:00
Location: # apt-get install mydreams
Contact:

Re: Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Postby sinux3r » 15 Feb 2010, 17:10

pertamax gan..hehe

makasih mas atas infonya... sangat membantu neh..
User avatar
second_line08
Posts: 175
Joined: 23 Dec 2009, 08:35
Location: Indonesia, Tangerang, banten
Contact:

Re: Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Postby second_line08 » 15 Feb 2010, 19:19

mantaps... thanks sob..........
User avatar
sephiroth
Posts: 517
Joined: 01 Jan 2010, 07:15
Location: Juwana (pantura)
Contact:

Re: Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Postby sephiroth » 17 Feb 2010, 08:07

heheehee...
tips yang bagus nih....
sayangnya warnet kakakku terancam gulung tikar....
coba tak usahain hidupin lagi warnetnya...
User avatar
bleTux
Posts: 857
Joined: 07 Jan 2010, 13:59
Location: home/bleckock
Contact:

Re: Mengatasi 'phobia' LINUX para pengusaha warnet

Postby bleTux » 17 Feb 2010, 19:38

good topics kakak..
tapi pikiran manusia maunya yg tinggal klik nongol, klik nongol.
itu yang jadi permasalahan warnet linux.
tapi setelah penjelasan dari kakak arzon membuat pikiran kita jadi terbuka.
go linuxers!!!

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 27 guests