Open Source Indonesia

User avatar
KuKuKaChu
Posts: 261
Joined: 06 Dec 2009, 14:10
Location: Jakarta
Contact:

Open Source Indonesia

Postby KuKuKaChu » 09 Apr 2011, 10:28

[size:14pt]Daftar Link2 Penting Open Source (Sumber Terbuka) Indonesia[/size]
(Ada usulan untuk menambah daftar ini? Tolong kirim ke webmaster4ubuntu-indonesia.com)

Tentang Open Source
Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Indonesia Open Source Award
IOSA dilaksanakan untuk memberikan penghargaan dan memotivasi para pengguna, penggiat, pendidik, dan pengembang produk-produk berbasis Open Source.

Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I.
Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika

Jl. Medan Merdeka Barat No.9, Jakarta Pusat, 10110

FOSS Indonesia
FOSS-ID adalah sebuah wadah yang di bentuk oleh Depkominfo guna mensosialisasikan dan mendorong perkembangan perangkat lunak open source di Indonesia.

Indonesia, Go Open Source
Indonesia, Go Open Source! disingkat IGOS adalah sebuah semangat gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Indonesia. IGOS dideklarasikan pada 30 Juni 2004 oleh 5 kementerian yaitu Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Departemen Pendidikan Nasional.

Aplikasi e-gov Open Source
Kumpulan aplikasi untuk e-government.

Return to “Open Source Indonesia”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests