Seruling Open Movie Karya Anak Bangsa

Aplikasi-aplikasi diubuntu: • Aplikasi Grafis •
Aplikasi Internet •
Aplikasi Office •
Aplikasi Sound & Video •
Aplikasi Programming
User avatar
neotuxer
Posts: 321
Joined: 10 Dec 2009, 13:44
Location: Surabaya, Indonesia
Contact:

Seruling Open Movie Karya Anak Bangsa

Postby neotuxer » 11 Feb 2010, 09:11

Komunitas Blender Indonesia beberapa waktu lalu juga memenangkan komunitas FOSS terbaik di ajang GCOS 2009 dengan HizaRo yang merupakan Founder dari Komunitas Blender Indonesia.

Projek selanjutnya Komunitas Blender Indonesia akan membuat Open Movie yang terinspirasi dari perkembangan Blender sebagai aplikasi animasi 3D.

Proyek Open Movie ini diberi nama Seruling Project. Proyek ini dikerjakan secara on-line dari beberapa daerah di Indonesia. Bahkan ada yang dari Singapura. Target dari Seruling Project adalah film animasi 3D dengan durasi +/- 5 menit. Rencananya awal Agustus 2010 peluncuran film dari Seruling Project. Dalam pengerjaan Open Movie ini menggunakan tools yang berbasis Open Source seperti, GIMP, Inkscape, Audacity, OpenOffice, Blender, dll. Proyek ini dipimpin oleh HizaRo yang merupakan Founder dari Komunitas Blender Indonesia.

Sedikit review tentang projek Seruling (pipeline)

Seruling Project
Pencapaian setahun belakangan adalah sebuah motivasi bagi kami, forum Blender Indonesia, untuk membuat sebuah project yang menantang secara produksi. Perkembangan Blender yang mengalami revolusi sangat cepat dan hasil yang semakin sempurna membuat kami sangat terinspirasi. Lewat interaksi yang cukup intens dengan banyak animator di kota-kota yang tersebar, dan perkembangan forum Blender Indonesia yang semakin kuat, maka inilah sebuah persembahan dari kami. Sebuah Open Movie yang kami namakan Seruling Peoject.

Seruling
Ya, seruling atau suling bambu adalah sebuah alat musik khas Indonesia. Dalam perkembangannya alat musik ini tersohor berkat promosi mutlak panggung ke panggung melalui iringan musik dangdut. Walaupun sederhana dan terbuat dari bambu, seruling Dapat di-orkestrasi dengan sekian puluh, ratus atau ribu pemain dan sangat unik karena sebuah Orkestra yang tidak dimainkan dengan Instrumen Barat, tapi dimainkan dengan instrumen yang didominasi oleh suling bambu.

Nama Seruling diharapkan bisa mewakili komunitas animasi Open Source di Indonesia. Khas, unik, dan memiliki ekosistem lain dari yang lain. Dan project ini diharapkan dapat menjadi pionir dalam perkembangan animasi open source di Indonesia, sekaligus membuka mata kita dengan eksistensi dan integritas, keselarasan dalam perbedaan, kebersamaan dalam satu komitmen, dan berbagai maksud positif lain.

Target Produksi
Sebuah film pendek animasi 3d berdurasi 5 menit-an. Akan di kemas dengan standar produksi kualitas DVD. Sebuah buku The Making of juga akan di tulis untuk mendokumentasikan proses produksi lengkap dengan segala masalah dan solusinya. Kami juga menargetkan publikasi dalam bentuk komik 3d dan merchandise yang akan diatur lebih lanjut. Menarik, karena semua source akan kami bagikan dan dapat diunduh dengan cuma-cuma. Kami mengutamakan proses dalam Project ini, tentu saja hasil yang maksimal dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Pipeline Produksi [Tools]
Posted in Label: Update | di 00:27
Sejauh ini team Seruling masih mencari-cari bentuk pipeline yang sekiranya cocok dan simple untuk produksi. Masing-masing dari kami berusaha menyederhanakan proses yang cukup rumit dan menyenangkan ini, tentunya dengan beberapa tools open source yang semakin canggih.

Disini kami menggunakan beberapa format umum seperti agar bisa diakses dengan baik oleh semua team. Memang beberapa Blender 2.5 yang kami gunakan masih dalam tahap Alpha alias belum cukup stabil untuk proses produksi. Namun beberapa pertimbangan lain untuk sekaligus mencoba versi test ini juga sudah dipikirkan. Apalagi secara global timeline Seruling hampir sama dengan Durian, Developer akan terus mengupdate ke Alpha 1, Beta 2, Beta 3, & Beta 4. Sekali lagi proses ini suatu pembelajaran yang akan dimenangkan dengan PRAKTEK langsung dengan dukungan support dari beberapa programer hingga modifikasi dari project2 lain yang menggunakan versi 2.5.

Dan inilah Pipeline Tools yang kami pergunakan.

TEKS
Format [RTF, TXT, ODF & PDF]
Software [OpenOffice, Google Docs]

Image

Keterangan:
Format stabil dan standar sampai sat ini kami percayakan pada Open Office. Selain itu kami menggunakan Google Docs untuk kolaborasi dokumen secara online.

Image

Fasilitas dari Google Apps ini cukup lengkap antara lain: Email, Kalender, Documents (text, spreadsheet, presentation,dll), Site, dan Kenalan (kontak). Site berformat mirip dengan wiki sehingga masing-masing dari team berkolaborasi dan mempunyai kewenangan untuk menambah dan mengurangi isinya. Dengan demikian segala perkembangan bisa terorganisir dengan baik.

Image

sumber : http://serulingproject.blogspot.com/
User avatar
deny26
Posts: 2450
Joined: 03 Jan 2010, 09:24
Location: ubuntu-indonesia.com

Re: Seruling Open Movie Karya Anak Bangsa

Postby deny26 » 12 Feb 2010, 19:03

hal ini dah yang aku tunggu dari dulu, semoga aja ini langkah awal memajukan movie Indonesia.

Return to “Aplikasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests