Nagios pada Ubuntu

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
User avatar
tonysajalah
Posts: 2
Joined: 06 Mar 2011, 01:39
Location: surabaya indonesia

Nagios pada Ubuntu

Postby tonysajalah » 07 Mar 2011, 02:51

salam kenal dan salam mohon bimbingan buat master" ubuntu....
mohon bimbingan nieh Nagios adalah tool network monitoring system open source yang terbaik, ku dah banyak nemu nieh cara install nagios di ubuntu skr pengen nambahin host pengen monitoring linux server, windows server 2003 (windows machine), router.
tolong langkah2nya yah master" ubuntu :)
User avatar
ilham2930
Posts: 1123
Joined: 02 Jan 2010, 19:30
Location: /indonesia/tangerang/bonank_city
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby ilham2930 » 07 Mar 2011, 09:41

bro ada referensinya ni. bisa di cek...
klo dah berhasil bagi2 ya pengalamannya..
http://www.thedailyadmin.com/2009/03/ho ... linux.html
and
http://www.unixmen.com/linux-tutorials/ ... 9x-and-10x
User avatar
tonysajalah
Posts: 2
Joined: 06 Mar 2011, 01:39
Location: surabaya indonesia

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby tonysajalah » 08 Mar 2011, 03:01

oke bro segera meluncur referensinya boleh juga...segera di coba....
siap berbagi.....doakan berhasil ;)
User avatar
cheffzbros
Posts: 91
Joined: 07 Jan 2012, 11:29
Location: Manokwari
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby cheffzbros » 17 Jan 2012, 12:13

amin..... :D
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby Malsasa » 17 Jan 2012, 20:38

ilham2930 wrote:bro ada referensinya ni. bisa di cek...
klo dah berhasil bagi2 ya pengalamannya..
http://www.thedailyadmin.com/2009/03/ho ... linux.html
and
http://www.unixmen.com/linux-tutorials/ ... 9x-and-10x

Ups, ada yang bisa nerjemahin, Kang? Kayaknya bakal bermanfaat, tuh :)
User avatar
cheffzbros
Posts: 91
Joined: 07 Jan 2012, 11:29
Location: Manokwari
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby cheffzbros » 20 Jan 2012, 09:47

nah pengalaman saya waktu menggunakan nagios3 gan :

1. install apache2 : sudo apt-get install apache2
2. Install nagios3 : sudo apt-get install nagios3

habis itu saya lagi pelajari settingannya gimana hehehe... nti kalau saya duluan berhasil saya infokan buat agan.
User avatar
cheffzbros
Posts: 91
Joined: 07 Jan 2012, 11:29
Location: Manokwari
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby cheffzbros » 20 Jan 2012, 12:12

cheffzbros wrote:nah pengalaman saya waktu menggunakan nagios3 gan :

1. install apache2 : sudo apt-get install apache2
2. Install nagios3 : sudo apt-get install nagios3

habis itu saya lagi pelajari settingannya gimana hehehe... nti kalau saya duluan berhasil saya infokan buat agan.

melanjutkan gan..
ternyata kalau kita install melalui repo tidak terlalu repot seperti yang dijelaskan pada website http://www.thedailyadmin.com/2009/03/ho ... linux.html
pada laptop saya hanya menjalankannya diterminal dengan langkah seperti ini gan :
1. ketik : sudo useradd -m nagios
perintah ini untuk menambahkan user baru dengan nama nagios
2. ketik : sudo passwd nagios
perintah ini untuk menambahkan password, kalau saya passwordnya sama dengan password yang waktu penginstalan nagios.
3. ketik : sudo groupadd nagcmd
4. ketik : sudo usermod -a -G nagcmd nagios
5. ketik : sudo usermod -a -G nagcmd www-data
6. ketik : sudo htpasswd -c /usr/local/nagios/etc/htpasswd.users nagiosadmin
untuk memasukan username nagiosadmin sebagai username induk.
7. ketik : sudo gedit /etc/apache2/apache.conf
setelah gedit terbuka masukan script dibawah ini :

Code: Select all

ScriptAlias /nagios/cgi-bin /usr/local/nagios/sbin

<Directory "/usr/local/nagios/sbin">
Options ExecCGI
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
AuthType Basic
AuthUserFile /usr/local/nagios/etc/htpasswd.users
Require valid-user
</Directory>

Alias /nagios /usr/local/nagios/share

<Directory "/usr/local/nagios/share">
Options None
AllowOverride None
Order allow,deny
Allow from all
AuthType Basic
AuthUserFile /usr/local/nagios/etc/htpasswd.users
Require valid-user
</Directory>

ServerName localhost

8. Restart apache ketik : sudo /etc/init.d/apache2 restart
9. Start nagios ketik : sudo /etc/init.d/nagios start

Setting udah selesai. untuk testing buka web browser dan ketikan http://localhost/nagios3
======================================================
kalau ada kesalahan harap dimaafkan karena saya juga lagi belajar :)
mohon koreksi dari para mastah sekalian. terima kasih. :)
User avatar
ikh_one
Posts: 25
Joined: 04 Jan 2010, 06:35
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby ikh_one » 25 Jan 2012, 15:09

klo install mungkin ini bisa dishare dah saya coba di ubuntu 10.04 postingannya dulu paka versi 9
User avatar
santenkelapa
Posts: 182
Joined: 29 Jan 2012, 03:47
Location: pondok labu
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby santenkelapa » 01 Feb 2012, 16:47

izin mau coba jawab :)

nagios untuk add host client , itu di client harus ditambahin agen si nagios, udah support linux, solaris dan windows namun katanya nagios juga bisa memanfaatkan snmp,

kalau menggunakan protokol snmp , snmp di windows otomatis sudah ada tinggal di aktifin di servicesnya.


nah menurut yang saya, monitoring tools yang simple dan gampang dilihat dan dimengerti , bisa menggunakan cacti monitoring.
tampilannya sangat simple dan alertnya juga oke banget :)
User avatar
l4ng1t
Posts: 62
Joined: 03 May 2011, 03:52
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby l4ng1t » 04 Feb 2012, 13:59

nagios ama cacti mah beda.
nagios biasa gw pakai buat monitoring device (alert system), cactinya baru buat MRTG
User avatar
santenkelapa
Posts: 182
Joined: 29 Jan 2012, 03:47
Location: pondok labu
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby santenkelapa » 08 Feb 2012, 14:13

ehmm .. saya pakai cacti untuk monitoring device juga kk. .. juga bisa buat alert bisa di masukin ke email ada thold nya juga bisa setting untuk ke sms juga sih ..tapi ke sms agak ribet :)
User avatar
qibulqibul
Posts: 4
Joined: 13 Jan 2012, 13:13
Location: Depok
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby qibulqibul » 12 Apr 2012, 14:58

snmp kan dipake untuk memonitor device yang terhubung ke jaringan ya. terus cara menkonfigurasikan nagios dengan snmp bgmn master?
User avatar
lihazna
Posts: 40
Joined: 13 Dec 2012, 22:33
Location: Semarang, Indonesia
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby lihazna » 24 Apr 2013, 07:28

Cacti sama Mrtg bagusan mana?
User avatar
zainst
Posts: 3
Joined: 10 May 2014, 12:43

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby zainst » 28 May 2014, 15:21

nagios tidak jalan di web ,tapi muncul di browser
ada yang tau cara nagatasinya ?
User avatar
bang_andi
Posts: 398
Joined: 03 Sep 2010, 09:07
Location: Di sekitar sungai musi...
Contact:

Re: Nagios pada Ubuntu

Postby bang_andi » 28 May 2014, 20:02

coba lakukan pencarian trit ttg nagios di FUI om :) , soalnya sdh pernah dibahas dimari > Ttg instalasi nagios + konfigurasi

Return to “Ubuntu Server”

Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 1 guest