Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Semua mengenai lingkungan desktop Ubuntu.
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 10 Feb 2011, 13:02

Setiap mencoba menggunakan webcam saya dengan menggunakan Cheese kalau tidak hang
aplikasinya pasti menyatakan "device not found".
Sedangkan bila menggunakan camorama hasil yang didapat adalah:

"Could not connect to video device (/dev/video0). Please check connection."

Setelah saya mengetikkan

Code: Select all

lsusb

yang saya peroleh adalah

Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 002: ID 15d9:0a4c Dexon
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 002: ID 0421:0071 Nokia Mobile Phones
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 002: ID 147e:2016 Upek Biometric Touchchip/Touchstrip Fingerprint Sensor
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 1871:01b0 Aveo Technology Corp.
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Dari sini bisa disimpulkan kalau webcam saya keluaran Aveo.
Setelah googling dan baca sana-sini saya pun berniat untuk menggunakan modul driver UVC.
Setelah membuka http://www.ideasonboard.org/uvc/ ternyata benar, ia memang mendukung
Aveo Technology USB 2.0 Camera (bernomor 1871:01f0 dan 1871:0306). Meskipun memiliki
nomor produk yang berbeda tetapi sepertinya masih ada harapan.
Saat akan di-download ternyata pada linux 2.6.26 atau yang lebih baru (ubuntu saya
menggunakan linux 2.6.32) tidak perlu lagi men-donwload manual karena sudah menjadi
bawaan di kernel linux.
Setelah itu saya memasang guvcview lewat synaptic. Ternyata saat dijalankan yang muncul
adalah:

"Unable to open device. Please make sure the camera is connected and that the correct driver is installed.".

Belum putus asa saya pun mengikuti saran dari http://farizy4n.blogspot.com/2010/12/in ... u-v10.html dengan mengetikkan

Code: Select all

sudo modprobe usbserial vendor=0x1871 product=0x01b0

lalu muncul peringatan:

WARNING: All config files need .conf: /etc/modprobe.d/psmouse.modprobe, it will be ignored in a future release.
WARNING: All config files need .conf: /etc/modprobe.d/ndiswrapper, it will be ignored in a future release.

oke, kelihatannya itu hanya peringatan kompabilitas di masa yang akan datang. Jadi tidak berpengaruh dengan versi modprobe yang sekarang.

Saya coba jalankan kembali Cheese, camorama, dan guvcview kembali dan tetap, tidak satu pun yang bisa bekerja

Hufff.... pusing :crazy:
Mohon bantuannya.
User avatar
streethardy
Posts: 112
Joined: 25 Feb 2010, 21:45
Location: Padang, Indonesia

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby streethardy » 10 Feb 2011, 15:51

wahh.. sama nih masalahnya bro sama laptop temen ane.. master2 yg lain tlg kasih tau dongg...
User avatar
tahu_bulat
Posts: 9
Joined: 12 Feb 2011, 09:21
Location: Bandung, Indonesia

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby tahu_bulat » 12 Feb 2011, 09:38

bantu up!
gak bisa-bisa nih webcam aveo bawaannya laptop axioo.
mohon pencerahannya master2.. :(
User avatar
ususbuntu
Posts: 199
Joined: 09 Apr 2010, 15:11

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby ususbuntu » 12 Feb 2011, 11:41

coba

ls /dev/video*

trus posting hasilnya.

perhatikan apa harus tekan tombol fungsi baru aktifkan web cam
contoh : [fn]+[f1]
User avatar
tahu_bulat
Posts: 9
Joined: 12 Feb 2011, 09:21
Location: Bandung, Indonesia

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby tahu_bulat » 12 Feb 2011, 13:41

ususbuntu wrote:coba

ls /dev/video*

trus posting hasilnya.

perhatikan apa harus tekan tombol fungsi baru aktifkan web cam
contoh : [fn]+[f1]


cannot access /dev/video*: No such file or directory

kok gak ada file itu om? :(
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 16 Feb 2011, 09:55

tahu_bulat wrote:
ususbuntu wrote:coba

ls /dev/video*

trus posting hasilnya.

perhatikan apa harus tekan tombol fungsi baru aktifkan web cam
contoh : [fn]+[f1]


cannot access /dev/video*: No such file or directory

kok gak ada file itu om? :(

Sama persis dengan yang saya alami. Untuk webcam setau saya sih ga ada tombol fungsinya, waktu pake xp juga tinggal jalanin aplikasinya.
Plis help me
User avatar
Soekarmana
Posts: 466
Joined: 23 May 2010, 22:34
Location: Denpasar
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby Soekarmana » 16 Feb 2011, 21:38

indraginanjar wrote:Setiap mencoba menggunakan webcam saya dengan menggunakan Cheese kalau tidak hang
aplikasinya pasti menyatakan "device not found".
Sedangkan bila menggunakan camorama hasil yang didapat adalah:

"Could not connect to video device (/dev/video0). Please check connection."

Setelah saya mengetikkan

Code: Select all

lsusb

yang saya peroleh adalah

Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 002: ID 15d9:0a4c Dexon
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 002: ID 0421:0071 Nokia Mobile Phones
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 002: ID 147e:2016 Upek Biometric Touchchip/Touchstrip Fingerprint Sensor
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 1871:01b0 Aveo Technology Corp.
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Dari sini bisa disimpulkan kalau webcam saya keluaran Aveo.
Setelah googling dan baca sana-sini saya pun berniat untuk menggunakan modul driver UVC.
Setelah membuka http://www.ideasonboard.org/uvc/ ternyata benar, ia memang mendukung
Aveo Technology USB 2.0 Camera (bernomor 1871:01f0 dan 1871:0306). Meskipun memiliki
nomor produk yang berbeda tetapi sepertinya masih ada harapan.
Saat akan di-download ternyata pada linux 2.6.26 atau yang lebih baru (ubuntu saya
menggunakan linux 2.6.32) tidak perlu lagi men-donwload manual karena sudah menjadi
bawaan di kernel linux.
Setelah itu saya memasang guvcview lewat synaptic. Ternyata saat dijalankan yang muncul
adalah:

"Unable to open device. Please make sure the camera is connected and that the correct driver is installed.".

Belum putus asa saya pun mengikuti saran dari http://farizy4n.blogspot.com/2010/12/in ... u-v10.html dengan mengetikkan

Code: Select all

sudo modprobe usbserial vendor=0x1871 product=0x01b0

lalu muncul peringatan:

WARNING: All config files need .conf: /etc/modprobe.d/psmouse.modprobe, it will be ignored in a future release.
WARNING: All config files need .conf: /etc/modprobe.d/ndiswrapper, it will be ignored in a future release.

oke, kelihatannya itu hanya peringatan kompabilitas di masa yang akan datang. Jadi tidak berpengaruh dengan versi modprobe yang sekarang.

Saya coba jalankan kembali Cheese, camorama, dan guvcview kembali dan tetap, tidak satu pun yang bisa bekerja

Hufff.... pusing :crazy:
Mohon bantuannya.


menarik...
hmm gini deh gan , ane mau bantuin tapi harus langsung make leppienya agan...
pake teamviwer mau gan?
biar ane bisa mendiagnose penyakit nya ni :P
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 17 Feb 2011, 12:04

Waduh... itu melanggar kebijakan keamanan ni laptop tu gan.
Kayanya ga bisa deh gan :)
User avatar
buayak
Posts: 59
Joined: 27 Jun 2010, 12:30
Location: pontianak
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby buayak » 17 Feb 2011, 22:35

wah sama nih kasus nya, ane dari dulu pake ubuntu di laptop ane (axiio vga Sis 671) gak bisa merasakan yang namanya webcam ama compiz, klo pake cheese sering ngehang, pake yang lain ga detect busyettt
User avatar
Soekarmana
Posts: 466
Joined: 23 May 2010, 22:34
Location: Denpasar
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby Soekarmana » 19 Feb 2011, 08:16

indraginanjar wrote:Waduh... itu melanggar kebijakan keamanan ni laptop tu gan.
Kayanya ga bisa deh gan :)


sipp gpp gan...
ane gak bakal ngapa2in laptop ane kok...
di forum ne banyak laptopnya yang udah ane fix masalahnya pake teamviwer

bisa ditanya ama bro metallinux :D
anyway, that's your freedom
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 21 Feb 2011, 11:47

Semenjak ngurusin server kantor yang kemasukan hacker memang jadi agak paranoid nih hehehehe... agak loh gan, agak...

@buayak
Masa sih ga bisa make compiz, bukannya sis udah ada drivernya. Agan pake ubuntu yang versi berapa? Coba diperiksa, mungkin paket xserver-xorg-video-sis nya ga terpasang.
User avatar
Soekarmana
Posts: 466
Joined: 23 May 2010, 22:34
Location: Denpasar
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby Soekarmana » 21 Feb 2011, 19:59

indraginanjar wrote:Semenjak ngurusin server kantor yang kemasukan hacker memang jadi agak paranoid nih hehehehe... agak loh gan, agak...


wait2 hacker?
trus hubunganya dengan teamviwer?
tanpa seijin yg punya laptop/kom, gak bisa ngakses gan, plus itu pake ssl encryption


oh ya kena hack bijimana tuh gan?
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 22 Feb 2011, 12:22

Namanya juga paranoid hahaha.... :grin:
User avatar
srgtnub
Posts: 4
Joined: 28 Jan 2011, 17:37

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby srgtnub » 27 Aug 2011, 22:02

sama masalahku juga gitu

aku coba
ls /dev/video*
hasilnya
ls: cannot access /dev/video: No such file or directory

jadi, aku iseng tannya ke toko, saranya beli webcam yang external, coba dipasang langsung bisa dipakai di cheese, skype, guvcview

tapi webcam di laptop masih tetep ngadat
User avatar
tahu_bulat
Posts: 9
Joined: 12 Feb 2011, 09:21
Location: Bandung, Indonesia

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby tahu_bulat » 09 Oct 2011, 17:05

udah berhasil om?
bagi-bagi ilmunya dong :(
kayaknya harus bikin komunitas axioo linux nih..
maklum, hardware.nya kagak "ramah".. hehehe..
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 18 Oct 2011, 00:22

belum bisa, ga tau nih di ubuntu 11.10 jalan ga...

Saya udah nelusuri permasalahan ini, sepertinya cuma karena nama seri webcam-nya belum terdaftar aja. Karena klo baca di aveo-nya sih interface-nya sama dengan seri-seri sebelumnya yang udah bisa kebaca ama linux lewat module UVC.
Jadi sepertinya tinggal nambahin alias 1871:01b0-nya aja ke kernel module-nya. Masalahnya mesti dari dari source code module-nya (UVC), perkiraan saya sih cuma nambahin sebaris kode doang, tapi ga tau juga ya... sekarang masih males buka-buka yang gitu....

Ada yang berniat ngebuktiin teori saya?

#ahteori :D
User avatar
tahu_bulat
Posts: 9
Joined: 12 Feb 2011, 09:21
Location: Bandung, Indonesia

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby tahu_bulat » 26 Oct 2011, 16:07

waduh, masih belum ngarti kalo ngoprek sampe ke kernel.. :D

barusan saya coba yg ini om di terminal:

sudo modprobe usbserial vendor=0x1871 product=0x01b0

terus gak keluar apa2. modelnya kayak berhasil gitu..
tapi dicobain pake guvcview atau cheese tetep gbs.
User avatar
Jackbondol
Posts: 5
Joined: 27 Oct 2011, 19:57
Location: bekasi
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby Jackbondol » 28 Oct 2011, 21:14

Nambahin walau ga nyambung sama topik :D, di ubuntu 11.10 cheese walaupun pake webcame external ga jalan, tp klo guvcview jalan
User avatar
indraginanjar
Posts: 183
Joined: 17 Mar 2010, 13:49
Location: Padang, Indonesia
Contact:

Re: Webcam (aveo) Axioo Zetta ga kebaca nih

Postby indraginanjar » 01 Nov 2011, 23:34

di ubuntu 11.10 tetep ga kebaca...

Kayanya solusinya memang mesti ubah source code modulnya.. kemaren nyoba download git repo-nya tapi di tengah jalan saya putusin,,,.. bosen nungguinnya... :D klo ga salah > 200MB-an gitu

Return to “Ubuntu Desktop”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests