Pengguna Ubuntu Baru

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
jackfruit123
Posts: 1
Joined: 17 Dec 2010, 08:21

Pengguna Ubuntu Baru

Postby jackfruit123 » 17 Dec 2010, 09:35

Dear rekan-rekan dan master ubuntu indonesia..
perkenalkan ane pengguna baru ubuntu. dulu awalnya nginstal dari live cd trus coba-coba ternyata asyik juga menggunakan ubuntu. akhirnya diinstal deh ke laptop toshiba portege ane.
hal dasar yang ingin saya tanyakan adalah:
1. kenapa instalasi program di linux harus ada dependensi, berbeda dengan di windows yg binary sehingga cukup dobel klik. bagi saya yg masih baru hal ini cukup menyulitkan. Penggunaan repository menurut saya juga cukup menyita waktu karena untuk bisa offline harus dicopy ke harddisk lalu di mount. hal ini cukup menyita space harddisk, apalagi harddisknya sudah cekak. untuk instalasi lewat internet terkendala dengan koneksi internet yang masih lambat, padahal ukuran file instalasi besar bermega-mega.adakah solusi lain untuk masalah ini?

2. saya sangat ingin sekali belajar mendalami linux khususnya ubuntu. menurut kawan2 media apa yg bisa membantu saya. untuk forum lebih baik ikut di ubuntu kaskus atau forum ini. untuk situs luar negeri saya kira saya bisa googling sendiri..

terima kasih atas bantuan dari kawan-kawan.. maju terus FOSS
User avatar
rekano
Posts: 190
Joined: 02 Jun 2010, 22:17
Location: Baturaja, Sumatera Selatan
Contact:

Re: Pengguna Ubuntu Baru

Postby rekano » 17 Dec 2010, 11:09

Ane mau jawab semoga gak salah'
1. adanya dipendensi karena pada umunya linux diinstall secara online supaya file-file yang didownload kecil. dan untuk menghindari file yang dobel. misal seperti di windows pada file .dll yang setiap paket software membawa file tersebut padahal file itu sudah ada dikomputer dan bisa jadi file lama ditimpah dengan instaler software yang baru. untuk menginstall aplikasi dilinux tidak harus online bisa juga dengan membeli CD/DVD repository

2. Untuk belajar ubuntu bisa di forum ini, atau bisa juga beli buku2 dan kalo ada kendala dalam belajar ubuntu maka bisa di share disini.

maaf kalo jawabannya kurang memuaskan
User avatar
wigfranz
Posts: 240
Joined: 01 Feb 2010, 22:20
Location: Malang, Indonesia

Re: Pengguna Ubuntu Baru

Postby wigfranz » 17 Dec 2010, 17:06

Saya juga mau jawab dech..
1). Paket2 di Ubuntu yg belakangnya .deb itu jg binary, sdh bisa diinstal dg dobel klik (kalau yg tar.gz biasanya masih kode sumber, harus dikompile dulu).
Di Linux memang semua modul paket dipecah sesuai fungsinya sendiri2, dan dikumpulkan jd satu di repository, dg tujuan: menjamin keamanan dan update paket, kemudahan utk mengakses (krn 1 tempat), dan mencegah terinstalnya paket2 berulangkali, padahal fungsinya sama. Di Windows, setiap aplikasi menyertakan file2 dll dlm 1 paket utk kemudahan instalasi, ttp efeknya banyak file2 dll dg fungsi sama terinstal berulangkali. Metode manajemen paket Linux lbh efisien dan menghemat ruang hardisk.
Repository dlm bentuk CD nggak hrs dikopi ke hardisk, atau klo sdh terlanjur dikopi dan aplikasi yg diinstal sdh cukup, repo bisa dihapus lagi.

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 31 guests