wireless driver

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
cimots
Posts: 20
Joined: 31 Oct 2010, 12:06
Location: Surakarta, Indonesia

wireless driver

Postby cimots » 11 Dec 2010, 07:30

diantara teman-teman ada gak yang tahu cara merubah driver wifi adapter, dari yang menggunakan driver bawaan perangkatnya (melalui ndiswrapper) menjadi driver bawaan ubuntu. Dan bagaimana performa diantara dua driver tersebut
User avatar
Soekarmana
Posts: 466
Joined: 23 May 2010, 22:34
Location: Denpasar
Contact:

Re: wireless driver

Postby Soekarmana » 13 Dec 2010, 10:14

wifinya tipe apa ne gan? bisa lbh lengkap ga?
User avatar
cimots
Posts: 20
Joined: 31 Oct 2010, 12:06
Location: Surakarta, Indonesia

Re: wireless driver

Postby cimots » 13 Dec 2010, 10:41

TP-link TL-WN321G (chipset ralink rt73), sebelum aku pakai driver bawaan perangkatnya (driver ms windows) aku pakai driver bawaan Ubuntu RT73USB, ternyata sensifitas penerimaan singnal wifi lebih peka dengan menggunakan drivernya ubuntu (pakai ndiswrapper terbaca 21% - 32%, kalau pakai rt73usb terbaca lebih dari 40%). Aku berniat untuk kembali pakai drivernya ubuntu, tapi belum tahu caranya.
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: wireless driver

Postby sta » 13 Dec 2010, 11:31

cimots wrote:TP-link TL-WN321G (chipset ralink rt73), sebelum aku pakai driver bawaan perangkatnya (driver ms windows) aku pakai driver bawaan Ubuntu RT73USB, ternyata sensifitas penerimaan singnal wifi lebih peka dengan menggunakan drivernya ubuntu (pakai ndiswrapper terbaca 21% - 32%, kalau pakai rt73usb terbaca lebih dari 40%). Aku berniat untuk kembali pakai drivernya ubuntu, tapi belum tahu caranya.
kalo di delete dari endiswrapper bisa tah?
User avatar
cimots
Posts: 20
Joined: 31 Oct 2010, 12:06
Location: Surakarta, Indonesia

Re: wireless driver

Postby cimots » 13 Dec 2010, 11:38

pernah aku coba delete drivernya dari ndiswrapper, tapi setelah itu untuk mengembalikan ke driver sebelumnya tidak bisa, kalau pakai opensuse bisa pakai yast2 nya, tapi kalau pakai ubuntu, lewat gnome-control-center tidak bisa
User avatar
Soekarmana
Posts: 466
Joined: 23 May 2010, 22:34
Location: Denpasar
Contact:

Re: wireless driver

Postby Soekarmana » 13 Dec 2010, 17:21

coba delete dulu ndiswrappernya gan...
trus udah nginstall rt73-source nya kan?
kalo pake maverick udah "out of the box"

coba :

Code: Select all

sudo modprobe rt73
User avatar
cimots
Posts: 20
Joined: 31 Oct 2010, 12:06
Location: Surakarta, Indonesia

Re: wireless driver

Postby cimots » 13 Dec 2010, 21:12

wah iya betul, aku sampai lupa ada command modprobe

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 7 guests