[Ask] Hukum Pembajakan Software

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
vikar
Posts: 124
Joined: 22 Jan 2010, 14:31
Location: Jakarta
Contact:

[Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby vikar » 15 Nov 2010, 20:31

Slam smua... driku mo nnya ni sma senior" yg mngkin lbih pham... klo membjak software itu dosa ga y?
User avatar
ninja
Posts: 2260
Joined: 27 Jan 2010, 16:23
Location: Tangerang, Banten, indonesia
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby ninja » 16 Nov 2010, 02:14

kalo dosa kan yang ngitungnya malaikat jadi yah tergantung masing2 orang memahaminya, kalo yang engga merasa berdosa padahal melakukan dosa kan yang tau cuma pribadinya sama tuhannya.
nah kita kan semua warga negara indonesia, mau engga mau kita harus tunduk dan patuh sama Tata Tertib (Undang-Undang) yang ada di indonesia.
di indonesia sendiri masalah pembajakan software tercantum dalam berbagai undang-undang, salah satunya pernah saya bahas di link ini http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... #Post38339

Berikut UU yang berkaitan sama Software:
UU No. 12 Tahun 2002 (hak Cipta)
UU No. 14 Tahun 2001 (Paten)
UU No. 15 Tahun 2001 (Merk)
UU No. 30 Tahun 2000 (Rahasia Dagang)
UU No. 31 Tahun 2000 (Desain Industri)

kalo engga salah baca untuk sebuah software yang dibajak itu dendanya Min. 500 Juta :crazy:
jeleknya aparat di negeri ini kurang menindaklanjuti masalah kayak ginian, kalo aparat tegas ane yakin tuh Warga Indonesia pada pake produk OpenSources.
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby Sudoers » 16 Nov 2010, 10:50

Klo yang dibajak software yg berbayar jelas dosa dilihat dari sudut pandang manapun.
Klo yang dibajak software sejenis linux, jelas bukan dosa (emang diijinin buat didistribusikan).

Pencerahan:
Dari segi hukum, UU ITE (nomor 11 tahun 2008 kalo ngak salah) sudah bisa menjerat para pembajak sebenarnya, pakenya pasal 27 ma 34. Tapi kenyataan dilapangan masih jauh dari harapan olehnya itu secara pribadi saya sangat menantikan org2 yg ngerti IT di legislatif merevisi UU ITE tsb ato melalui penjabaran di PP lah biar lebih jelas jenis pelanggarannya.

Misalnya neh:
'orang/lembaga dilarang menggunakan software bajakan!' Terserah kata-katanya gimana. Khan jelas klo kek gini..
Whahaaaa.. pada teriak rakyat Indonesia!!
User avatar
vikar
Posts: 124
Joined: 22 Jan 2010, 14:31
Location: Jakarta
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby vikar » 16 Nov 2010, 14:11

klo gtu mlai skr driku mo mnybarkan pncrahan tentang Hukum Pembajakan software ini ke sebanyak mungkin org..

Blh ga driku mnybarkanya ats nma ubuntu-indonesia?
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby greenmintt » 16 Nov 2010, 16:26

menurut ane ga bisa dibilang dosa, krn si pemilik software ga dirugikan,, dan menggunakan software bajakan jg g bisa dibilang dosa,, krn klo gitu dosa pengguna komputer di indonesia dah seberapa banyaknya tuh?

cuman pastinya klo pk sofware bajakan jelas ga ada berkahnya, dan jelas dg memakai produk free/opensource akan lebih baik dan lebih hemat dan lebih produktif dan lebih berkah dan lebih.. apalagi yah banyak seh :D

CMIIW :grin:
User avatar
freeazy
Posts: 1329
Joined: 04 Jan 2010, 00:13
Location: Makassar
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby freeazy » 16 Nov 2010, 16:40

pembajakan sungguh melukai Developer
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby sta » 16 Nov 2010, 16:41

[quote=greenmintt]menurut ane ga bisa dibilang dosa, krn si pemilik software ga dirugikan,, dan menggunakan software bajakan jg g bisa dibilang dosa,, krn klo gitu dosa pengguna komputer di indonesia dah seberapa banyaknya tuh?

cuman pastinya klo pk sofware bajakan jelas ga ada berkahnya, dan jelas dg memakai produk free/opensource akan lebih baik dan lebih hemat dan lebih produktif dan lebih berkah dan lebih.. apalagi yah banyak seh :D

CMIIW :grin:
WOW, analisa yang terlalu dini coba diitung-itung lagi