[Ask] Hukum Pembajakan Software

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
vikar
Posts: 124
Joined: 22 Jan 2010, 14:31
Location: Jakarta
Contact:

[Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby vikar » 15 Nov 2010, 20:31

Slam smua... driku mo nnya ni sma senior" yg mngkin lbih pham... klo membjak software itu dosa ga y?
User avatar
ninja
Posts: 2260
Joined: 27 Jan 2010, 16:23
Location: Tangerang, Banten, indonesia
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby ninja » 16 Nov 2010, 02:14

kalo dosa kan yang ngitungnya malaikat jadi yah tergantung masing2 orang memahaminya, kalo yang engga merasa berdosa padahal melakukan dosa kan yang tau cuma pribadinya sama tuhannya.
nah kita kan semua warga negara indonesia, mau engga mau kita harus tunduk dan patuh sama Tata Tertib (Undang-Undang) yang ada di indonesia.
di indonesia sendiri masalah pembajakan software tercantum dalam berbagai undang-undang, salah satunya pernah saya bahas di link ini http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... #Post38339

Berikut UU yang berkaitan sama Software:
UU No. 12 Tahun 2002 (hak Cipta)
UU No. 14 Tahun 2001 (Paten)
UU No. 15 Tahun 2001 (Merk)
UU No. 30 Tahun 2000 (Rahasia Dagang)
UU No. 31 Tahun 2000 (Desain Industri)

kalo engga salah baca untuk sebuah software yang dibajak itu dendanya Min. 500 Juta :crazy:
jeleknya aparat di negeri ini kurang menindaklanjuti masalah kayak ginian, kalo aparat tegas ane yakin tuh Warga Indonesia pada pake produk OpenSources.
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby Sudoers » 16 Nov 2010, 10:50

Klo yang dibajak software yg berbayar jelas dosa dilihat dari sudut pandang manapun.
Klo yang dibajak software sejenis linux, jelas bukan dosa (emang diijinin buat didistribusikan).

Pencerahan:
Dari segi hukum, UU ITE (nomor 11 tahun 2008 kalo ngak salah) sudah bisa menjerat para pembajak sebenarnya, pakenya pasal 27 ma 34. Tapi kenyataan dilapangan masih jauh dari harapan olehnya itu secara pribadi saya sangat menantikan org2 yg ngerti IT di legislatif merevisi UU ITE tsb ato melalui penjabaran di PP lah biar lebih jelas jenis pelanggarannya.

Misalnya neh:
'orang/lembaga dilarang menggunakan software bajakan!' Terserah kata-katanya gimana. Khan jelas klo kek gini..
Whahaaaa.. pada teriak rakyat Indonesia!!
User avatar
vikar
Posts: 124
Joined: 22 Jan 2010, 14:31
Location: Jakarta
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby vikar » 16 Nov 2010, 14:11

klo gtu mlai skr driku mo mnybarkan pncrahan tentang Hukum Pembajakan software ini ke sebanyak mungkin org..

Blh ga driku mnybarkanya ats nma ubuntu-indonesia?
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby greenmintt » 16 Nov 2010, 16:26

menurut ane ga bisa dibilang dosa, krn si pemilik software ga dirugikan,, dan menggunakan software bajakan jg g bisa dibilang dosa,, krn klo gitu dosa pengguna komputer di indonesia dah seberapa banyaknya tuh?

cuman pastinya klo pk sofware bajakan jelas ga ada berkahnya, dan jelas dg memakai produk free/opensource akan lebih baik dan lebih hemat dan lebih produktif dan lebih berkah dan lebih.. apalagi yah banyak seh :D

CMIIW :grin:
User avatar
freeazy
Posts: 1329
Joined: 04 Jan 2010, 00:13
Location: Makassar
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby freeazy » 16 Nov 2010, 16:40

pembajakan sungguh melukai Developer
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby sta » 16 Nov 2010, 16:41

greenmintt wrote:menurut ane ga bisa dibilang dosa, krn si pemilik software ga dirugikan,, dan menggunakan software bajakan jg g bisa dibilang dosa,, krn klo gitu dosa pengguna komputer di indonesia dah seberapa banyaknya tuh?

cuman pastinya klo pk sofware bajakan jelas ga ada berkahnya, dan jelas dg memakai produk free/opensource akan lebih baik dan lebih hemat dan lebih produktif dan lebih berkah dan lebih.. apalagi yah banyak seh :D

CMIIW :grin:
WOW, analisa yang terlalu dini coba diitung-itung lagi
User avatar
deny26
Posts: 2450
Joined: 03 Jan 2010, 09:24
Location: ubuntu-indonesia.com

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby deny26 » 16 Nov 2010, 16:45

greenmintt wrote:menurut ane ga bisa dibilang dosa, krn si pemilik software ga dirugikan,, dan menggunakan software bajakan jg g bisa dibilang dosa,, krn klo gitu dosa pengguna komputer di indonesia dah seberapa banyaknya tuh?

CMIIW :grin:

sangat jelas kalau pembajakan software merugikan suatu perusahaan.
seandainya bro green punya usaha software, misal software accounting dengan harga 500rb. Nah sekarang saya cuma minta versi trial trus saya krek dan sebarkan dengan gratis ataupun menjual dengan harga 10rb/CD. sejak kejadian ini tidak ada lagi yang membeli software di perusahaan bro green. Apakah dengan kasus seperti itu perusahaan bro green bisa berjalan dengan nyaman?

UU sudah diterapkan, dan yang melanggar adalah salah.
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby greenmintt » 16 Nov 2010, 19:07

thx koreksinya :grin:

tp yg ane maksud dari sisi dosa ato tdk dosa, kyknya g mungkin klo menggunakan software bajakan itu dosa. Menggunakan software adalah pilihan, mau asli tdk asli y terserah.

klo dari sisi UU, ya harus ditegakkan supaya perusahaan software tidak rugi, misalnya. Kan ga adil klo yg udah terlanjur pk bajakan tiba2 divonis 'dosa'.

Pemerintah nyuruh pakek software legal, tp instansi2 pemerintahan, sekolah2 negri, masih pk software bajakan untuk pembelajaran.


CMIIW :D
User avatar
sta
Posts: 2003
Joined: 27 Apr 2010, 09:49
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby sta » 16 Nov 2010, 19:37

greenmintt wrote:thx koreksinya :grin:

tp yg ane maksud dari sisi dosa ato tdk dosa, kyknya g mungkin klo menggunakan software bajakan itu dosa. Menggunakan software adalah pilihan, mau asli tdk asli y terserah.
kalo dari segi menggunakan bisa2 aja. kalo dari sisi dosa, tetep

klo dari sisi UU, ya harus ditegakkan supaya perusahaan software tidak rugi, misalnya. Kan ga adil klo yg udah terlanjur pk bajakan tiba2 divonis 'dosa'.
di sini timbangannya GAK TAU atau PURA2 GAK TAU

Pemerintah nyuruh pakek software legal, tp instansi2 pemerintahan, sekolah2 negri, masih pk software bajakan untuk pembelajaran.
karena dari dulu kebiasaan pake yg bajakan dan menganggapnya gak dosa

:peace:
User avatar
vikar
Posts: 124
Joined: 22 Jan 2010, 14:31
Location: Jakarta
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby vikar » 16 Nov 2010, 20:35

bro dpt info nie :

Penegakan hukum atas pembajakan software memang telah dilakukan. Pada bulan September 2001, Microsoft dinyatakan menang dalam kasus pembajakan software dan majelis hakim menghukum PT. Kusumo Megah untuk membayar ganti rugi sebesar 4,4 juta dolar AS. Keputusan ini bagi pihak produsen software dianggap sebagai kemenangan besar melawan pembajakan software di Indonesia sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang menghargai inovasi dan diharpkan dapat membangkitkan industri software lokal. Pada bulan Oktober tahun yang sama, Microsoft kembali memenangkan perkara yang sama, di mana tergugat yaitu empat penjual computer yaitu PT. Panca Putra Komputindo, HJ Komputer, HM Komputer dan Altex Komputer dihukum untuk membayar ganti rugi sebesar 4,7 juta dollar AS karena terbukti bersalah karena telah meng-install software Microsoft Windows dan Office pada komputer yang mereka jual.
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby lisnux » 16 Nov 2010, 21:26

Intinya adalah perbuatan yang merugikan orang lain adalah hal2 yang perlu kita hindari, terlepas dari dosa atau tidak, itu adalah urusan Tuhan, kita hanya diberi rambu2.
User avatar
deny26
Posts: 2450
Joined: 03 Jan 2010, 09:24
Location: ubuntu-indonesia.com

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby deny26 » 19 Nov 2010, 05:12

vikar wrote:bro dpt info nie :

Penegakan hukum atas pembajakan software memang telah dilakukan. Pada bulan September 2001, Microsoft dinyatakan menang dalam kasus pembajakan software dan majelis hakim menghukum PT. Kusumo Megah untuk membayar ganti rugi sebesar 4,4 juta dolar AS. Keputusan ini bagi pihak produsen software dianggap sebagai kemenangan besar melawan pembajakan software di Indonesia sehingga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang menghargai inovasi dan diharpkan dapat membangkitkan industri software lokal. Pada bulan Oktober tahun yang sama, Microsoft kembali memenangkan perkara yang sama, di mana tergugat yaitu empat penjual computer yaitu PT. Panca Putra Komputindo, HJ Komputer, HM Komputer dan Altex Komputer dihukum untuk membayar ganti rugi sebesar 4,7 juta dollar AS karena terbukti bersalah karena telah meng-install software Microsoft Windows dan Office pada komputer yang mereka jual.


buzettt... banyak banget, itu kalau untuk donasi ke openoffice plus donasi ke GNU bisa terkenenal.. 1 software opensource yang gw kagumi adalah VLC dari segi pengembangannya dengan modal besar.
User avatar
siblek31
Posts: 262
Joined: 05 Jan 2010, 04:47

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby siblek31 » 19 Nov 2010, 06:28

Mungkin ini bisa dijadikan renungan :)

http://antokcupu.blogspot.com/2010/04/f ... jakan.html
User avatar
Epul
Posts: 1095
Joined: 20 Feb 2010, 07:51
Location: sumenep madura
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby Epul » 19 Nov 2010, 18:20

ane gak mo bicara dosa ato tdak dosa.. secara udah pada tahu (paham?) mengenai pembajakan dari hal yang paling kecil mpe yang besar. pada dasarnya legalitas berkenaan dengan penggunaan (bukan masalah mengambil manfaat). misalkan begini, kita make software bajakan, gak taunya software tersebut bermasalah, bervirus dan tidak efektif seperti yang dijanjikan ato bla, bla, bla... kita tidak mendapatkan jaminan bahwa software tersebut dapat membantu pekerjaan kita (malah buang-bang waktu?)

tapi kalo post berikut... mmm...

greenmintt wrote:thx koreksinya :grin:

tp yg ane maksud dari sisi dosa ato tdk dosa, kyknya g mungkin klo menggunakan software bajakan itu dosa. Menggunakan software adalah pilihan, mau asli tdk asli y terserah.

klo dari sisi UU, ya harus ditegakkan supaya perusahaan software tidak rugi, misalnya. Kan ga adil klo yg udah terlanjur pk bajakan tiba2 divonis 'dosa'.

Pemerintah nyuruh pakek software legal, tp instansi2 pemerintahan, sekolah2 negri, masih pk software bajakan untuk pembelajaran.


CMIIW :D


proses pembajakan / menggunakan software bajakan bukan terkait dengan asli tidak software tersebut. diluruskan dulu apa yang disebut dengan asli. apa itu kopian ato legal. kalo yang saya tangkep asli yang dimaksud di atas adalah kopi-an. ya jelas belum legal. maksudnya asli dari sononya ato tidak. jadi kalo udah diburning sudah tidak asli. (cmiiw kalo ane salah prsepsi)

jadi menurut hemat ane penggunaan software bajakan bukan masalah pilihan, tapi etos (ejeb) untuk berbuat benar terhadap diri sendiri dengan berbuat yang baik-baik.

gak usah jauh-jauh ngambil contoh punya sebuah perusahaan software, sandal jepit kita dilegalkan penggunaannya oleh salah satu pihak aja udah muring-muring ato hasil kerjaan PR sekolah kita di contek tanpa ijin oleh teman kita... terima ato tidak terima terserah gimana yang punya barang ato karya tersebut. akan tetapi setau saya pihak microsoft (misalkan) tidak terima karya (produk)nya digunakan tanpa ijin dari microsoft itu sendiri dengan melayangkan tuntutan pada pihak-pihak pembajak....

alhamdulillah netbook ane udah beralih ke open source 100% tanpa dualboot, wine juga virutal box :grin: berkat dorongan bro ninja dan temen2 sekalian. tenk's

saya acungin jempol buat yang ngepost di atas. ane yakin pandangannya tetap mimiliki pertimbangan-pertimbangan yang lain... :grin:
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby greenmintt » 19 Nov 2010, 21:52

repot emang ngurusin software2 berbayar.. free/open source is the best :grin: g repot urusin lisensi lah, bajakn lah... :grin:
User avatar
MasDjo
Posts: 1260
Joined: 03 Jan 2010, 17:38
Location: Bayuangga City
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby MasDjo » 20 Nov 2010, 11:29

Fatwa MUI di atas saya rasa sudah jelas ... tinggal kita sendiri mau termasuk orang yg dzolim atau enggak ... :)
User avatar
Epul
Posts: 1095
Joined: 20 Feb 2010, 07:51
Location: sumenep madura
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby Epul » 20 Nov 2010, 12:25

MasDjo wrote:Fatwa MUI di atas saya rasa sudah jelas ... tinggal kita sendiri mau termasuk orang yg dzolim atau enggak ... :)
wah wah wah ...
User avatar
dhika76
Posts: 217
Joined: 09 Aug 2010, 12:02
Location: Cianjur, Indonesia
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby dhika76 » 20 Nov 2010, 12:54

ninja wrote:kalo dosa kan yang ngitungnya malaikat jadi yah tergantung masing2 orang memahaminya, kalo yang engga merasa berdosa padahal melakukan dosa kan yang tau cuma pribadinya sama tuhannya.
nah kita kan semua warga negara indonesia, mau engga mau kita harus tunduk dan patuh sama Tata Tertib (Undang-Undang) yang ada di indonesia.
di indonesia sendiri masalah pembajakan software tercantum dalam berbagai undang-undang, salah satunya pernah saya bahas di link ini http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... #Post38339

Berikut UU yang berkaitan sama Software:
UU No. 12 Tahun 2002 (hak Cipta)
UU No. 14 Tahun 2001 (Paten)
UU No. 15 Tahun 2001 (Merk)
UU No. 30 Tahun 2000 (Rahasia Dagang)
UU No. 31 Tahun 2000 (Desain Industri)

kalo engga salah baca untuk sebuah software yang dibajak itu dendanya Min. 500 Juta :crazy:
jeleknya aparat di negeri ini kurang menindaklanjuti masalah kayak ginian, kalo aparat tegas ane yakin tuh Warga Indonesia pada pake produk OpenSources.


yang ane tau para aparat juga kebanyakan pake OS bajakan~ hihihi
gkan ada akhirnya kalo gt terus
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: [Ask] Hukum Pembajakan Software

Postby greenmintt » 20 Nov 2010, 13:15

dhika76 wrote:yang ane tau para aparat juga kebanyakan pake OS bajakan~ hihihi
gkan ada akhirnya kalo gt terus

bener bgt! s7! :grin:

Return to “Pembicaraan Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 37 guests