Gak bisa masuk Windows

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
kipotlea
Posts: 30
Joined: 02 Nov 2010, 20:25
Location: Bandung
Contact:

Gak bisa masuk Windows

Postby kipotlea » 09 Nov 2010, 15:07

agan2 mau nanya nih. laptop saya baru saya install ubuntu. jadi OS saya ada dua. yang saya tanyain knp saya gak bisa masuk WINDOWS lewat GRUB. padahal list pilihan OS nya ada. pas saya pilih ubuntu bisa masuk. pas saya masuk windows kok malah muncul layar hitam dan tuilsannya "GRUB".
ada solusinya gak biar saya bisa masuk Windows?
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Gak bisa masuk Windows

Postby zarkasichan » 09 Nov 2010, 16:48

kipotlea wrote:agan2 mau nanya nih. laptop saya baru saya install ubuntu. jadi OS saya ada dua. yang saya tanyain knp saya gak bisa masuk WINDOWS lewat GRUB. padahal list pilihan OS nya ada. pas saya pilih ubuntu bisa masuk. pas saya masuk windows kok malah muncul layar hitam dan tuilsannya "GRUB".
ada solusinya gak biar saya bisa masuk Windows?

pertama,,bro masuk aja dulu ke ubuntunya,,login seperti biasanya lah,,setelah masuk area kerja ubuntu,,buka Terminal dan coba update grubnya :
sudo update-grub
nah kalau partisi windus nya kedetek dengan baik
Found Microsoft Windows...bla...bla..bla on /dev/sda1
silahkan coba reboot kembali dan langsung masuk ke windusnya,,, :)
User avatar
kipotlea
Posts: 30
Joined: 02 Nov 2010, 20:25
Location: Bandung
Contact:

Re: Gak bisa masuk Windows

Postby kipotlea » 09 Nov 2010, 22:35

@zarkaischan : makasih bro... tapi saya udah install lagi xp nya,,, jadi udah bisa masuk winduws... masalah yg muncul lagi udah gak ada pilihan grub. jadi langsung masuk windows.. n ubuntu saya gak ke detect.. itu gimana mas?
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Gak bisa masuk Windows

Postby zarkasichan » 10 Nov 2010, 09:03

kipotlea wrote:@zarkaischan : makasih bro... tapi saya udah install lagi xp nya,,, jadi udah bisa masuk winduws... masalah yg muncul lagi udah gak ada pilihan grub. jadi langsung masuk windows.. n ubuntu saya gak ke detect.. itu gimana mas?

nah itulah masalahnya bro,,kalau ubuntu itu bersahabat dengan windows,,sebaliknya si wendus itu tidak bersahabat dengan ubuntu :grin:
hehe

caranya adalah grubnya di install ulang (bukan ubuntunya loh yang di install ulang),grubnya dikembalikan ke MBR (master boot record) sehingga saat awal booting akan muncul kembali pilihan booting.

cara detailnya udah banyak banget dibahas di forum ini,,coba search aja : mengembalikan boot loader grub / mengembalikan grub
User avatar
kipotlea
Posts: 30
Joined: 02 Nov 2010, 20:25
Location: Bandung
Contact:

Re: Gak bisa masuk Windows

Postby kipotlea » 10 Nov 2010, 19:22

zarkasichan wrote:
kipotlea wrote:@zarkaischan : makasih bro... tapi saya udah install lagi xp nya,,, jadi udah bisa masuk winduws... masalah yg muncul lagi udah gak ada pilihan grub. jadi langsung masuk windows.. n ubuntu saya gak ke detect.. itu gimana mas?

nah itulah masalahnya bro,,kalau ubuntu itu bersahabat dengan windows,,sebaliknya si wendus itu tidak bersahabat dengan ubuntu :grin:
hehe

caranya adalah grubnya di install ulang (bukan ubuntunya loh yang di install ulang),grubnya dikembalikan ke MBR (master boot record) sehingga saat awal booting akan muncul kembali pilihan booting.

cara detailnya udah banyak banget dibahas di forum ini,,coba search aja : mengembalikan boot loader grub / mengembalikan grub

makasih ya...

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 7 guests