Kolom Free Software

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
Malsasa
Posts: 2974
Joined: 07 Jun 2010, 22:37
Location: Mojokerto, Indonesia
Contact:

Kolom Free Software

Postby Malsasa » 08 Apr 2016, 14:23

Bismillahirrahmanirrahim.

Kolom ini sengaja saya buat untuk menyampaikan pengertian free software (bukan open source) dalam Bahasa Indonesia. Saya berusaha menjelaskan free software secara adil, akurat, mengena, dalam tulisan-tulisan yang ringkas. Kolom ini berisi sejumlah dokumen ODF yang menjelaskan pengertian free software, GNU, GNU/Linux, paten software, dan beberapa tambahan penting lainnya. Kolom ini ditujukan untuk setiap orang yang baru belajar, atau yang haus jawaban akan masalah-masalah GNU/Linux di kehidupan masyarakat. Semua tulisan berlisensi CC BY-SA 3.0. Semoga apa yang saya tulis di sini bermanfaat.

Cara Membaca
Tampilkan
Urutan judul tulisan di dalam kolom ini menunjukkan urutan tingkat kepentingan. Yang lebih atas adalah yang lebih penting dibaca. Adapun jika Anda tidak sempat membaca semuanya, paling direkomendasikan Anda membaca ODT Apa Itu Free Software sebagai ringkasan yang paling ringkas di antara semuanya.


Dasar-Dasar Free Software
Memperkenalkan Free Software (ODT) (SUMBER)
Apa Itu Free Software (ODT) (SUMBER)
Apa Itu Proprietary Software (ODT) (SUMBER)
Apa Itu GNU (ODT) (SUMBER)
Apa Itu GNU/Linux (ODT) (SUMBER)
Antara Penamaan "GNU/Linux" dengan "Linux"(ODT) (SUMBER)
Bahaya Paten Software (ODT) (SUMBER)

Presentasi Mengenai Free Software
Apa Itu Free Software (ODP)
Apa Itu GNU (ODP)
Free Software untuk Orang Awam (ODP)
Masyarakat Membutuhkan Free Software (ODP)

Presentasi Mengenai Migrasi GNU/Linux
Migrasi GNU/Linux: Kesadaran untuk Menggunakan Software Alternatif (ODP)
Migrasi GNU/Linux: Daftar Software Alternatif (ODP)
Migrasi GNU/Linux: Menciptakan Transisi dari Windows ke GNU Linux (ODP)

Catatan Penting
Tampilkan
Kolom ini dibuat setelah dibuatnya tulisan-tulisan yang disebutkan di atas. Semua tulisan dimulai pada akhir 2015 ketika saya mulai menyadari perbedaan antara free software dan open source, serta menyadari bahwa selama ini melupakan GNU adalah sebuah kesalahan. Seluruh tulisan ini adalah bentuk ketidakpuasan terhadap tulisan-tulisan seputar free software di Indonesia yang sering tercampur dengan open source, juga sering tidak imbang dalam menjelaskan hakikat GNU dan GNU/Linux. Saya ingin dengan kolom ini hakikat free software menjadi jelas, hakikat GNU menjadi jelas, dan orang bisa memahami free software dengan jernih tanpa kerancuan-kerancuan. Semoga usaha saya ini bermanfaat bagi Anda semuanya.


Pranala Lain
Semua presentasi saya terletak di Archive saya https://archive.org/download/GNUIndonesia. Salinan presentasi migrasi GNU/Linux terletak di Speakerdeck saya https://speakerdeck.com/malsasa.

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 10 guests