lebih baik pake ext3 ato ext4

Semua mengenai teknik instalasi Ubuntu termasuk teknik instalasi aplikasinya dan migrasi dari Windows.
User avatar
adiputra
Posts: 5
Joined: 31 Oct 2010, 14:30
Location: Bandung
Contact:

lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby adiputra » 31 Oct 2010, 15:38

salam warga ubuntu..

sy baru nyoba2 install ubuntu dikomputer sy,,
kira2 lebih baik menggunakan ext3 ato ext4 ??

sy biasanya juga hny ngebagi 2 partisi,,untuk / dan swap..

kira2 hal itu baik ndak ya ??

mohon penjelasanx...

terimakasih...
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby blackshirt » 31 Oct 2010, 15:56

ext4 merupakan generasi penerus file system ext3 di linux..karena merupakan penerusnya, tentu saja memiliki beberapa kelebihan jika dibanding pendahulunya..di antaranya support file yang lebih besar, dan beberapa fitur lain..

Sekarang ini umumnya distro linux masih menggunakan ext3 file sistem, karena ext4 masih tergolong baru..yang saya baca, versi stable ext4 ini siap di dalam kernel linux sekitar Oktober 2008..

Jadi, ext3/ext4 saya rasa tidak terlalu masalah..tapi hemat saya, untuk ke depannya, lebih baik pakai ext4 :grin:
User avatar
adiputra
Posts: 5
Joined: 31 Oct 2010, 14:30
Location: Bandung
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby adiputra » 31 Oct 2010, 19:05

blackshirt wrote:ext4 merupakan generasi penerus file system ext3 di linux..karena merupakan penerusnya, tentu saja memiliki beberapa kelebihan jika dibanding pendahulunya..di antaranya support file yang lebih besar, dan beberapa fitur lain..

Sekarang ini umumnya distro linux masih menggunakan ext3 file sistem, karena ext4 masih tergolong baru..yang saya baca, versi stable ext4 ini siap di dalam kernel linux sekitar Oktober 2008..

Jadi, ext3/ext4 saya rasa tidak terlalu masalah..tapi hemat saya, untuk ke depannya, lebih baik pakai ext4 :grin:


kalau masalah partisi swap mas,,apa mesti besar kapasitasnya ?
sy instal dg kpasitas sekitar 5gb lebih untuk swap dan 15gb lebih untuk root..

kira2 bagus ndak mas ??
User avatar
k4341
Posts: 297
Joined: 23 May 2010, 02:35
Location: Cirebon
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby k4341 » 31 Oct 2010, 20:40

adiputra wrote:kalau masalah partisi swap mas,,apa mesti besar kapasitasnya ?
sy instal dg kpasitas sekitar 5gb lebih untuk swap dan 15gb lebih untuk root..

kira2 bagus ndak mas ??
kalo rekomendasi dari banyak tutor install ubuntu besaran partisi swap adalah 2X besar RAM (1GB Ram = 2GB swap). kalo aku sendiri mencukupkan partisi swap sebesar 1GB dengan alasan jarang sekali pengunaan swap mencapai 500.Mib / 50%.
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby blackshirt » 31 Oct 2010, 21:05

kalau masalah partisi swap mas,,apa mesti besar kapasitasnya ?
sy instal dg kpasitas sekitar 5gb lebih untuk swap dan 15gb lebih untuk root..

Seperti yang dibilang di atas ini, swap ada yang merekomendasikan 2x ukuran RAM, ada yang 1x ukuran RAM...bahkan ada yang 3x RAM...
1 Gb menurut saya sudah lebih dari cukup, karena memorynya sendiri sudah 2 GB...
Kalau sistem yang situ gunakan memang memerlukan pengolahan dan konsumsi memory yang tinggi, sebaiknya memang diperbesar..
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby greenmintt » 31 Oct 2010, 21:10

adiputra wrote:kalau masalah partisi swap mas,,apa mesti besar kapasitasnya ?
sy instal dg kpasitas sekitar 5gb lebih untuk swap dan 15gb lebih untuk root..
ukuran partisi swap tergantung besar RAM nya mas, kalau RAM nya 1GB lebih ga perlu pakek swap karena ram 1GB sudah cukup besar untuk ubuntu, justru menggunakan swap malah memperlambat sistem karena harus terus menerus mengakses harddisk.

k4341 wrote:kalo rekomendasi dari banyak tutor install Ubuntu besaran partisi swap adalah 2X besar RAM (1GB Ram = 2GB swap). kalo aku sendiri mencukupkan partisi swap sebesar 1GB dengan alasan jarang sekali pengunaan swap mencapai 500.Mib / 50%.
tutorial itu kemungkinan bwt PC lama, saat rata2 ram masih di bwh 256mb.

sy sendiri ram 2gb, tapi ga pernah kepake lebih dari 800mb d ubuntu

CMIIW :D
User avatar
zitux
Posts: 843
Joined: 15 Jan 2010, 23:17
Location: Malang Jatim Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby zitux » 31 Oct 2010, 22:06

coba diskusi swap berdasarkan pengalaman tanpa nyontek wiki/google :grin:
fungsi swap ini buat apa sih ? :grin:
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby greenmintt » 31 Oct 2010, 22:19

fungsi swap berdasarkan hasil ngoprek ane:
:D swap gunanya bwt nyimpen data sementara di harddisk, d pake klo RAM dah penuh atw aplikasi yg butuh :D
User avatar
zitux
Posts: 843
Joined: 15 Jan 2010, 23:17
Location: Malang Jatim Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby zitux » 31 Oct 2010, 22:30

:grin:
User avatar
rhecizen
Posts: 427
Joined: 09 Jan 2010, 20:41
Location: Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby rhecizen » 31 Oct 2010, 22:40

swapku sampe sekarang belum kepake2,xixixixixi
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby aptfast » 31 Oct 2010, 22:49

sebaiknya coba yg terbaru saja... :D
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby greenmintt » 31 Oct 2010, 22:50

ga bikin swap biar partisinya lebih simpel.. :D
User avatar
heripu
Posts: 289
Joined: 27 Jun 2010, 00:57
Location: palembang
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby heripu » 31 Oct 2010, 23:07

jadi intinya swap boleh dihilangkan jika ramnya udah cukup besar,,,???
apa benar swap bikin lambat???

punya ane ram 4gb ddr3, maksimal pernah ke pake setengahnya aja,,

terima kasih,,
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby greenmintt » 31 Oct 2010, 23:41

heripu wrote:jadi intinya swap boleh dihilangkan jika ramnya udah cukup besar,,,???
apa benar swap bikin lambat???
menurut ane sih beeeneer :D
User avatar
aptfast
Posts: 3847
Joined: 03 Jan 2010, 23:38
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby aptfast » 01 Nov 2010, 00:08

greenmint64 wrote:
heripu wrote:jadi intinya swap boleh dihilangkan jika ramnya udah cukup besar,,,???
apa benar swap bikin lambat???
menurut ane sih beeeneer :D


justru swap itu penting banget...
kalo pas lagi deadlock di RAM, akan sangat membantu... :D
User avatar
zitux
Posts: 843
Joined: 15 Jan 2010, 23:17
Location: Malang Jatim Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby zitux » 01 Nov 2010, 01:44

greenmint wrote:fungsi swap berdasarkan hasil ngoprek ane:
laugh swap gunanya bwt nyimpen data sementara di harddisk, d pake klo RAM dah penuh atw aplikasi yg butuh laugh

setuju
aptfast wrote:justru swap itu penting banget...
kalo pas lagi deadlock di RAM, akan sangat membantu... laugh

setuju

ada yg mau nambahin ?
User avatar
zitux
Posts: 843
Joined: 15 Jan 2010, 23:17
Location: Malang Jatim Indonesia
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby zitux » 01 Nov 2010, 01:45

greenmint64 wrote:
heripu wrote:jadi intinya swap boleh dihilangkan jika ramnya udah cukup besar,,,???
apa benar swap bikin lambat???
menurut ane sih beeeneer :D

emang bisa ya linux jalan tanpa swap ??
buka kamus nya ntar aja ya klo sudah mulai rancu :grin:
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby blackshirt » 01 Nov 2010, 06:22

emang bisa ya Linux jalan tanpa swap ??

dimungkinkan :grin:
User avatar
greenmintt
Posts: 255
Joined: 24 Oct 2010, 05:37
Location: Di bawah telapak kaki Ibu
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby greenmintt » 01 Nov 2010, 10:56

blackshirt wrote:
emang bisa ya Linux jalan tanpa swap ??

dimungkinkan :grin:

lapie ane ga pernah pake swap maen game2 berat pk wine lancar2 aj :D
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: lebih baik pake ext3 ato ext4

Postby lisnux » 01 Nov 2010, 20:13

Back to topic, bahas swap bikin thread baru aja :D

Return to “Instalasi Ubuntu”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 5 guests