STMIK AMIKOM menuju Research University

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
M3L3R
Posts: 1335
Joined: 18 Jan 2010, 22:40
Location: Jogja
Contact:

STMIK AMIKOM menuju Research University

Postby M3L3R » 29 Oct 2010, 15:02

Info terbaru datangnya dari Stmik Amikom Yogyakarta. Kabarnya STMIK AMIKOM menuju Research University !!. Namun apa itu Research University ? Research University merupakan istilah untuk perguruan tinggi yang penuh aktivitas penelitian didalamnya. Dengan kata lain, menuju research university sebagai perguruan tinggi masa depan. Penasaran!?
Saya selaku mahasiswa stmik amikom yogyakarta bakal sangat bangga jika stmik amikom menuju research university. Gimana ngga bangga! Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia, sudah selayaknya stmik amikom yogyakarta menuju research university sebagai perguruan tinggi masa depan.

Namun apakah upaya tersebut semudah membalik telapak tangan ??
Perlu temen-temen ketahui, untuk menuju research university butuh kerja keras !! Banyak kendalanya !! Berikut kendala-kendala yang mesti di hadapi oleh perguruan-perguruan tinggi yang mau menuju research university :

- Peneliti yang terbatas, baik itu secara kualitas maupun secara kuantitas.

- Banyak tenaga edukatif perguruan tinggi yang melakukan penelitian semata-mata berorientasi untuk memperlancar kenaikan pangkat/jabatannya.

- Alokasi dana penelitian yang relatif rendah.

- Kurang gencarnya publikasi penelitian di satu pihak dan belum tumbuhnya kelompok pembaca yang “research minded” pada pihak yang lainnya.

- Belum tumbuhnya organisasi-organisasi profesi serta lembaga-lembaga penelitian non-perguruan tinggi yang profesional sebagai mitra sekaligus “saingan” perguruan tinggi. dll
Menurut Drs. Supriyoko, M.Pd, dengan ebooknya yang berjudul MENUJU “RESEARCH UNIVERSITY” SEBAGAI PERGURUAN TINGGI DI MASA DEPAN, menyebutkan bahwa :

Kunci utama untuk menghantarkan perguruan tinggi sampai pada kualifikasi “research university” terletak pada iklim penelitian pada perguruan tinggi itu sendiri; oleh karena itu, menumbuhkan iklim meneliti di kalangan dosen dan mahasiswa harus mendapat sentuhan yang paling awal.
Nah, untuk menumbuhkan iklim meneliti tersebut ada beberapa alternatif yang dapat di klarifikasi menjadi 3 kelompok, yaitu :
1. Memberikan ‘enrichment programme’ kepada civitas akademika, terutama para dosen perguruan tinggi.

Bentuknya bisa berupa memberikan kesempatan melanjutkan studi ke jenjang formal S2 maupun S3 atau menyajikan program onformal yang berupa “in service training” di dalam atau di luar kampus.

2. Memperbaiki “budgeting system” yang menyangkut besar dana dan pengadaannya. Pada dasarnya perlu dilakukan upaya untuk memperbesar dana penelitian; secara intern dapat ditempuh dengan “memperluas” alokasi dana penelitian dari lembaganya masing-masing, sedangkan secara ekstern maka sikap perguruan tinggi yang selama ini sekedar “welcome” atas subsidi dari pihak luar lembaga perlu dipikirkan untuk “hunting” kepada pihak luar, sepanjang tidak mengurangi nilai-nilai ilmiah yang diperjuangkan dalam proses penelitian.
3. Mengefektivkan sistem “reward”.


Bagi para dosen sesungguhnya telah disediakan “reward” yang lebih dari cukup atas prestasi penelitiannya, yaitu dihargainya karya penelitian sebagai “kum” untuk kenaikan pangkat. Meskipun demikian sistem “reward” ini kiranya masih bisa ditingkatkan efektivitasnya; misalnya menyangkut publikasi, komunikasi, kaitannya dengan proses pengambilan kebijakan (decision making process), dan sebagainya. Sedangkan untuk mahasiswa diperlukan pemikiran ulang yang komprehensif.
Apabila ketiga alternatif tersebut diatas dapat dilaksanakan secara sistematis dan terpadu kiranya iklim meneliti di kalangan dosen dan mahasiswa benar-benar akan dapat ditumbuh-mekarkan. Dengan demikian hasil upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi sampai pada kualifikasi “research university” kiranya akan lebih cepat terrealisasikannya.
Melihat banyaknya kendala dan alternatif yang ada. Saya kira upaya STMIK AMIKOM menuju Research University bakal cepat terlaksana, mengingat dosen dan mahasiswa sudah pada top dah ! hihihi,

Semoga langkah STMIK AMIKOM menuju Research University bisa lancar tanpa kendala. Amien … Go go go amikom ! Aku padamu … xixixixi ^_^
info lebih lanjut bisa kunjungi situs resmi amikom dan kabar IT.
User avatar
heripu
Posts: 289
Joined: 27 Jun 2010, 00:57
Location: palembang
Contact:

Re: STMIK AMIKOM menuju Research University

Postby heripu » 29 Oct 2010, 19:52

andaikan ane bisa kul min di tempat seperti ini,,, senengnya,,,

makasih infone dab,,,
User avatar
Epul
Posts: 1095
Joined: 20 Feb 2010, 07:51
Location: sumenep madura
Contact:

Re: STMIK AMIKOM menuju Research University

Postby Epul » 05 Nov 2010, 03:56

cita-citaku tuh...

Return to “Pembicaraan Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 11 guests