Bagaimana manajemen software di ubuntu?

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
BlueScreen
Posts: 8
Joined: 20 Mar 2010, 08:53
Location: Yogyakarta
Contact:

Bagaimana manajemen software di ubuntu?

Postby BlueScreen » 11 Sep 2010, 10:45

aku mau tanya tentang bagaimana linux melakukan manajemen terhadap program2 yang terinstall di dalamnya.
Pernah ada peristiwa seperti ini :
aku memiliki ubuntu dengan telah terinstalasi apache, php dan mysql

suatu waktu yang cukup lama aku sudah tidak pernah menggunakan ubuntu lagi. Kemudian saat mulai menggunakannya lagi, aku ingin melakukan instalasi apache, php dan mysql.

Proses nya aku install mysql berhasil, aq berhasil masuk ke dalam mysql lewat console. Kemudian aq lakukan instalasi apache2, dan berhasil tapi dia menyarankan untuk melakukan autoremove pada mysql yang baru kuinstall karena tidak lagi berguna, aku juga bingung tapi akhirnya tetap aku lakukan apt-get autoremove. Yang akhirnya meremove mysql yang baru kuinstall tersebut. Waktu aku coba localhost, dan It's work, berhasil. Tapi dari situ aku menyadari lewat cache pada browser bahwa aku sudah pernah melakukan instalasi apache, php dan mysql dulu. Karena tanpa kusadari file wordpress, dan phpmyadmin masih tersisa di var/www, dan mereka masih dapat diakses. Tapi sayangnya mereka menyatakan bahwa tidak ada mysql yang terinstall. Lah loh..

Aku coba buka sypnatic package manager. Aku lihat memang paket2 yang dibutuhkan untuk instalasi apache php telah terinstall, termasuk plugin php-mysql nya. Cuma sayang minus mysql-server5.1 yang mungkin sebelumnya telah terhapus oleh apt-get autoremove. Akhirnya dicoba instal lagi mysql, jreng..jreng.. tanpa koneksi internet linux melakukan instalasi mysqlserver5.1, dan yang paling membuat aku heran, semua user,password untuk mysql masih tetap sama dengan yang dulu. termasuk database-database yang dulu pernah aku buat. Nah?? apa ga bingung tuh, udah aku uninstall tapi setelah diinstall semua konfigurasi masih tetap sama hingga database2 yang pernah kubuat masih ada. Aku jadi bingung, bagaimana sebenarnya linux melakukan manajemen software di dalam sistem operasinya? Bagaimana hal ini bisa terjadi?
User avatar
ichi
Posts: 7
Joined: 11 Sep 2010, 20:13
Location: medan
Contact:

Re: Bagaimana manajemen software di ubuntu?

Postby ichi » 11 Sep 2010, 20:29

nubie coba menjawab :o
BlueScreen wrote: Akhirnya dicoba instal lagi mysql, jreng..jreng.. tanpa koneksi internet linux melakukan instalasi mysqlserver5.1

setiap program yang telah diinstall lewat apt-get terdapat di /var/cache/apt/archives/ , jadi mungkin karena TS belum pernah melakukan apt-get clean maka pake mysqlserver masih ada di /var/cache/apt/archives sehingga ketika TS ingin menginstall ulang paket itu y ga ambil dari repo lagi tapi dari /var/cache/apt/archives/ itu.. CMIIW :malu:
, dan yang paling membuat aku heran, semua user,password untuk mysql masih tetap sama dengan yang dulu. termasuk database-database yang dulu pernah aku buat. Nah?? apa ga bingung tuh, udah aku uninstall tapi setelah diinstall semua konfigurasi masih tetap sama hingga database2 yang pernah kubuat masih ada.

apt-get remove hanya meremove paket aja , tidak beserta file2 konfigurasinya. untuk meremove file konfigurasi coba apt-get remove --purge nama_paket
CMIIW lagi :D
User avatar
Epul
Posts: 1095
Joined: 20 Feb 2010, 07:51
Location: sumenep madura
Contact:

Re: Bagaimana manajemen software di ubuntu?

Postby Epul » 11 Sep 2010, 21:51

berarti tidak semua program yang di unistall terhapus dan masih menyisakan jejak...trs gimana tentang mysql yang tiba2 ngilang
[quote=BlueScreen]...Karena tanpa kusadari file wordpress, dan phpmyadmin masih tersisa di var/www, dan mereka masih dapat diakses. Tapi sayangnya mereka menyatakan bahwa tidak ada mysql yang terinstall. Lah loh..
quote]

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests