Microsoft: Kami Menyukai Open Source

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
Damien
Posts: 74
Joined: 04 May 2010, 09:38
Location: Negara Air,Api,Tanah

Microsoft: Kami Menyukai Open Source

Postby Damien » 25 Aug 2010, 12:04

Jakarta - Salah satu eksekutif senior Microsoft mengakui bahwa kritik terhadap open source yang pernah mereka lontarkan merupakan sebuah kesalahan.

"Microsoft menyukai open source. Dan kini kami telah bekerja dengan open source untuk waktu yang lama," kata General Manager tim strategi interoperability Microsoft, Jean Paoli.

Komunitas pengguna software Microsoft dan open source telah lama menjadi musuh bebuyutan dan kerap saling mengkritik. Pada 2001, CEO Microsoft Steve Ballmer pernah menggambarkan Linux, salah satu sistem operasi open source, seperti 'kanker' yang mengancam kekayaan intelektual perusahaannya.

Selanjutnya di 2007, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (25/8/2010), Microsoft kembali menuding Linux dan provider open source lainnya telah melanggar lebih dari 200 paten milik Microsoft.

Kini, tampaknya Microsoft berupaya membangun jembatan di antara komunitas pengguna software Microsoft dan open source. Diwakili Paoli, Microsoft mengakui bahwa sikap mereka di masa lalu tidak selalu membantu.

"Ketidakpercayaan Microsoft terhadap open source secara umum dan terhadap Linux khususnya, merupakan sebuah tahapan proses yang sangat awal, dan itu sudah sangat lama sekali. Microsoft telah memahami kesalahannya," ujar Paoli.

Dia juga menyebutkan, Microsoft berkomitmen terhadap standar terbuka dan telah 'menganut' sejumlah skema yang membantu memporomosikan inisiatif open source. Paoli memberi contoh, Microsoft terlibat penuh dalam penggarapan OData, yakni open data protocol yang bertujuan 'membebaskan' data dari aplikasi.

Selain itu, sebuah tim di Microsoft bernama Azure yang bertugas mengeksplorasi keuntungan layanan dan software berbasis cloud, menurutnya juga sudah merilis perangkat pengembang software untuk coding pada PHP dan Java, ketimbang .NET yang merupakan platform milik Microsoft.

sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/08/2 ... i991101105
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Microsoft: Kami Menyukai Open Source

Postby thrvers » 25 Aug 2010, 12:14

'
apapun alasannya, tetap aj ...
[quote=Damien].......
mengeksplorasi keuntungan
.....


=o=