Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Semua mengenai lingkungan desktop Ubuntu.
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby Sudoers » 15 Dec 2009, 10:00

Salah satu yang baru diubuntu 9.10 adalah grub yang digunakan sebagai boot loader menggunakan versi 2. Yang terbiasa bermain2 dengan grub di versi ubuntu 9.04 kebawah munkin akan bingung.

So sharing pengalaman anda bermain2 dengan grub versi 2 diubuntu 9.10 disini..

>> jangan cari file menu.lst, karena gantinya adalah grub.cfg
User avatar
neotuxer
Posts: 321
Joined: 10 Dec 2009, 13:44
Location: Surabaya, Indonesia
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby neotuxer » 15 Dec 2009, 13:11

grub.cfg ada di folder apa bro??
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby Sudoers » 15 Dec 2009, 13:28

di folder /boot/grub bro
User avatar
neotuxer
Posts: 321
Joined: 10 Dec 2009, 13:44
Location: Surabaya, Indonesia
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby neotuxer » 16 Dec 2009, 07:58

kira2 utk grub ver 2 ini apa ya bro kelebihannya drpd ver sebelumnya
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby Sudoers » 16 Dec 2009, 10:01

Ada informasi baru neh
grub.cfg ternyata hasil generate system secara otomatis setelah menjalankan perintah update-grub2
File konfigurasinya mengarah ke file /etc/default/grub dan direktori /etc/grub.d

Mayan ribet.. heheeee..
Kemarin make cara ekstrem berarti
Edit file grub.cfg then install grub di boot loader dengan perintah grub-install /dev/sdx(x=sesuaikan lokasi hd)

Untuk kelebihan grub2 masalah modularitas dan portabilitas, ini yang belum detail maksudnya apa..

Sharing2.. hayooo....
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby Sudoers » 16 Dec 2009, 10:05

User avatar
duly
Posts: 63
Joined: 09 Dec 2009, 07:50

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby duly » 16 Dec 2009, 10:48

Terjemahin dunk
Entar bahas bareng2.
User avatar
sinux3r
Posts: 383
Joined: 17 Dec 2009, 13:00
Location: # apt-get install mydreams
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby sinux3r » 17 Dec 2009, 17:46

User avatar
duly
Posts: 63
Joined: 09 Dec 2009, 07:50

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby duly » 17 Dec 2009, 19:01

weh cren jg ye.
thank's trik translatenya bro
User avatar
mameth
Posts: 368
Joined: 30 Dec 2009, 13:03
Location: Gorontalo, Indonesia
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby mameth » 30 Dec 2009, 16:53

grub itu apa bro?!
User avatar
second_line08
Posts: 175
Joined: 23 Dec 2009, 08:35
Location: Indonesia, Tangerang, banten
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby second_line08 » 30 Dec 2009, 17:35

Grub itu apa ya...?? kalo gak salah GRUB adalah salah satu bootloader yang digunakan oleh Ubuntu untuk menampilkan menu pemilihan booting Sitem Operasi. Apabila kita menggunakan dua buah atau lebih Sistem Operasi seperti Linux Ubuntu dan MS Windows, dapat dipastikan komputer kita akan menggunakan aplikasi GRUB untuk menampilkan menu pilihan OS (operating system).

:D sekian
User avatar
noisiamonoi
Posts: 212
Joined: 25 Dec 2009, 13:13
Location: Bandung
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby noisiamonoi » 30 Dec 2009, 17:38

ic ic, pencerahan mantap, tapi kyaknya gw sih belum perlu
sangat menikmati single OS.
UBUNTU RULEZ ONLY
hahahaha
(lagi euforia)
User avatar
mameth
Posts: 368
Joined: 30 Dec 2009, 13:03
Location: Gorontalo, Indonesia
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby mameth » 30 Dec 2009, 17:42

oh,,

booting ya?!!
User avatar
second_line08
Posts: 175
Joined: 23 Dec 2009, 08:35
Location: Indonesia, Tangerang, banten
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby second_line08 » 31 Dec 2009, 12:23

hahaha...

setuju, single aja gak abis...
User avatar
sinux3r
Posts: 383
Joined: 17 Dec 2009, 13:00
Location: # apt-get install mydreams
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby sinux3r » 01 Jan 2010, 15:02

buat doblenya di bikin virtual machine...hehe
User avatar
Sudoers
Site Admin
Posts: 1
Joined: 03 Nov 2009, 17:43

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby Sudoers » 02 Jan 2010, 11:53

Pencerahan for all..

GRUB itu sebangsa sama LILO yang sama2 aplikasi bootloader (aplikasi pemanggil sistem operasi) klo di OS GNU/Linux, klo ubuntu defaultnya menggunakan GRUB.

Nah.. setiap abis ngistall distro Linux pasti ada salah satunya.
Mo single OS ato multi OS (dual boot dan istilah sejenis) pasti aplikasi ini ada.

Munkin klo single Linux~Ubuntu timeoutnya aja 0 makanya seolah2 ngak kliatan. Tapi aplikasi ini tetap ada dan bisa kita konfigurasi sesuai keinginan.

Misalnya mo ganti Ubuntu menjadi Bukan OS Bajakan.
Bisa kok!! Jadi bisa senyum dolo baru menggunakannya.
User avatar
gopal
Posts: 71
Joined: 02 Jan 2010, 18:36
Location: pemalang jateng
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby gopal » 04 Jan 2010, 10:35

Dengan grub pula kita bisa setting time saat boot. default is 10 detik bs di set ke 0 atau 1 jadi lbh cepat.
User avatar
zarkasichan
Posts: 1527
Joined: 01 Jan 2010, 01:57
Location: Samarinda, Indonesia
Contact:

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby zarkasichan » 09 Jan 2010, 11:34

nah ane mau nanya nih bro???
keuntungan dari Grub versi ke-2 nih apa'an ya??? apa perbedaannya dengan yang versi dibawah??
Grub bisa di Update juga ya??
Gimana bro caranya?? share dong.....
ada cendol enak tuh didalam Kulkas....
Image
User avatar
deny26
Posts: 2450
Joined: 03 Jan 2010, 09:24
Location: ubuntu-indonesia.com

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby deny26 » 09 Jan 2010, 21:09

zarkasichan wrote:nah ane mau nanya nih bro???
keuntungan dari Grub versi ke-2 nih apa'an ya??? apa perbedaannya dengan yang versi dibawah??
Grub bisa di Update juga ya??
Gimana bro caranya?? share dong.....
ada cendol enak tuh didalam Kulkas....
Image


Biasanya upgrade versi grub lebih nyaman lewat Update Manager bawaan ubuntu,,
User avatar
oki
Posts: 10
Joined: 26 Jan 2010, 20:09

Re: Sharing Grub Versi 2 (Ubuntu 9.10)

Postby oki » 28 Jan 2010, 19:53

bedanya klw yg versi 2 lbih advance (ribet) kak! hehehe,,,,,

Return to “Ubuntu Desktop”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 3 guests