[INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

[INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby thrvers » 08 Aug 2010, 09:32

'

Agar kita tidak salah melihat bulan sabit (Rukyatul Hilal) untuk menentukan kapan 1 Ramadhan 1431H, mari kita jalankan Stellarium (lihat gambar di bawah) dengan Linux BlankOn Sajadah atau Sabily 10.04.

Pertama, ubah waktu ke hari Selasa 10 Agustus 2010 yang bertepatan 29 Sya'ban 1431H sore sebelum matahari terbenam, misal pukul 17.45 WIB di Jakarta dan sekitarnya. Klik matahari (Sun) dan perhatikan berapa derajat ketinggian (altitude) matahari saat itu.

[img:center]http://4.bp.blogspot.com/_VdoqEQyWmjg/TF0kQMGoK-I/AAAAAAAABGc/XTl-OwJH2K8/s1600/Screenshot.png[/img]

Pada saat matahari terbenam itu (altitude sekitar 0 derajat), klik gambar bulan atau Moon. Di pojok kiri atas layar tertulis altitude atau ketinggian bulan saat matahari terbenam itu sekitar 3 derajat. Dengan teropong yang canggih, bulan sabit dengan ketinggian 3 derajat akan terlihat. Insya Allah, besoknya Rabu 11 Agustus 2010 adalah 1 Ramadhan 1431H (bulan Sya'ban hanya 29 hari). Tapi jika Anda berpendapat lain, misal mata harus melihat bulan sabit sedang cuaca mendung, maka genapkanlah bulan Sya'ban 30 hari, sehingga Anda mulai puasa hari Kamis, 12 Agustus 2010.

NB: Terlepas kapan kita mulai berpuasa, mari mencari kebahagian dunia dan akhirat dengan menjalankan perintah Tuhan Sang Pencipta bulan dan matahari yang beredar secara teratur pada garis edarnya, dan mari kita menjauhi larangan-Nya a.l. dengan tidak mengambil milik orang lain seperti software bajakan, karena ada Linux, BlankOn, dan FOSS lainnya. :)

Distro Sabily 10.04 dan BlankOn 6.0 Ombilin ada di DVD InfoLINUX 09/2010 yang beredar akhir Agustus 2010.

[MAAF COPAS]

sumber: Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal oleh Rusmanto Maryanto

NB: untuk paket 'stellarium' bisa install dari repo:
$ sudo add-apt-repository ppa:stellarium/stellarium-releases
$ sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com 1932F485C68D72A5
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install stellarium


-o-
User avatar
offline
Posts: 2672
Joined: 17 Feb 2010, 21:03
Location: Kebumen

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby offline » 08 Aug 2010, 13:20

apakah MUI mau memakai aplikasi Stellarium ini gak yah?
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby thrvers » 08 Aug 2010, 13:36

'
kek na nda bro, cz ini hanya visualisasi angkasa :D

stellarium user guide v0.10.2-1 wrote:....
Stellarium is a software project that allows people to use their home computer as a virtual planetarium.
.....

NB: user manual: link 1.4MB

cmiiw
Last edited by thrvers on 27 Feb 2016, 15:35, edited 1 time in total.
Reason: user manual
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby lisnux » 08 Aug 2010, 18:52

pengen nyoba ah stellarium ...
User avatar
ninja
Posts: 2260
Joined: 27 Jan 2010, 16:23
Location: Tangerang, Banten, indonesia
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby ninja » 08 Aug 2010, 23:21

wehehe... keren keren...
cuma sayangnya Ulama lebih memilih menggunakan Mata Telanjang untuk menentukan rukyah ketimbang menggunakan sebuah teknologi yang udah pasti itung-itungannya....
User avatar
taufiqbanua
Posts: 17
Joined: 24 Apr 2010, 22:59

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby taufiqbanua » 08 Aug 2010, 23:31

SO cool...
tapi bisa dipakai di semua daerah n negara ga ya???u tahun berikutnya bisa juga ga ya???
(maklum...agak gapek nih..he...?

however,it's so helpful.
salute u all
User avatar
siblek31
Posts: 262
Joined: 05 Jan 2010, 04:47

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby siblek31 » 09 Aug 2010, 05:13

taufiqbanua wrote:SO cool...
tapi bisa dipakai di semua daerah n negara ga ya???u tahun berikutnya bisa juga ga ya???
(maklum...agak gapek nih..he...?

however,it's so helpful.
salute u all



Sepertinya bisa gan :D
User avatar
iyang
Posts: 333
Joined: 05 Jan 2010, 09:51
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby iyang » 09 Aug 2010, 10:00

ninja wrote:wehehe... keren keren...
cuma sayangnya Ulama lebih memilih menggunakan Mata Telanjang untuk menentukan rukyah ketimbang menggunakan sebuah teknologi yang udah pasti itung-itungannya....

Betul seharusnya dengan adanya teknologi sekarang ini tidak ada penetapan puasa dan Idul Fitri yang berbeda karena dengan teknologi seharusnya hidup menjadi mudah.....:D

nice info gan....
User avatar
mbahnya
Posts: 66
Joined: 17 May 2010, 19:58
Location: Nganjuk, Jatim
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby mbahnya » 24 Aug 2010, 10:35

Di pojok kiri atas layar tertulis altitude atau ketinggian bulan saat matahari terbenam itu sekitar 3 derajat

maaf, tulisan altitude-nya (yang nunjukin derajat) mana gan (digambar)? kok nggak ada tulisan kayak gitu? sebab saya juga lgi otak-atik tapi ndak pham dengan istilah2nya.

makasih sebelumnya.
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby thrvers » 24 Aug 2010, 10:41

'
mkn yg itu bro Az/Alt :D [Azimut/Altitude]
di user manual ada :grin:

-*-
User avatar
BioLogic_student
Posts: 153
Joined: 25 Jun 2010, 10:08
Location: Yogyakarta, Indonesia
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby BioLogic_student » 24 Aug 2010, 14:11

justru agama ini menghendaki kemudahan agan2 semua..

haza dinu yusrun..

melihat dengan mata mudah, seperti pd zaman Rasulullah Muhammad saw., pun jika berkembangnya teknologi, tidak menghapuskan kemudahan melihat dengan mata telanjang. dan bagi ahli falaq (astronomi) sekalipun hanya bisa menyarankan kepada pemerintah, adapun yg menetapkan adalah orang yg berkuasa pada saat itu, dalam hal ini di negara kita adalah Departemen agama.
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby lisnux » 24 Aug 2010, 20:35

Image

Image

Gambar diatas adalah hasil perhitungan stellarium pada tanggal 9 september 2010. posisi hilal sudah setinggi 9 derajat. jadi kemungkinan Idul Fitri jatuh pada tanggal 10 september 2010 :D

Wallahu a'lam
User avatar
BioLogic_student
Posts: 153
Joined: 25 Jun 2010, 10:08
Location: Yogyakarta, Indonesia
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby BioLogic_student » 24 Aug 2010, 21:03

waw.. itu sudah sangat tinggi,, :grin:
hehehe..

kalo hasil tanggal 8nya gmn mas? :confused:
User avatar
MasDjo
Posts: 1260
Joined: 03 Jan 2010, 17:38
Location: Bayuangga City
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby MasDjo » 24 Aug 2010, 23:00

Wah...mantepbh ....

Kalo tgl 8, masih Minus 4 ( di Probolinggo :grin: )

Seperti judul dr TS, bahwa aplikasi ini untuk "MEMBANTU" rukyatul hilal bukan untuk "MENGGANTIKAN"
User avatar
lisnux
Posts: 1763
Joined: 02 Jan 2010, 16:26
Location: Samarinda
Contact:

Re: [INFO] Linux untuk Membantu Rukyatul Hilal

Postby lisnux » 25 Aug 2010, 00:42

betul kata masdjo, tgl 8 masih minus alias masih dibawah ufuk :D

ini hanya perhitungan lho, untuk "MEMBANTU" saja :grin:

Return to “Pembicaraan Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 32 guests