Bagaimana Install MySql Server

Semua mengenai lingkungan desktop Ubuntu.
User avatar
G7X
Posts: 150
Joined: 19 May 2010, 12:41
Location: Semarang

Bagaimana Install MySql Server

Postby G7X » 06 Jul 2010, 17:00

Saya mau tanya bagaimana cara install Mysql Server di ubuntu 10.04?
Saya sudah browsing2,tapi belum beruntung.

Tolong pencerahannya.
User avatar
mindcracker
Posts: 239
Joined: 17 Jun 2010, 16:25
Location: Jogjakarta, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby mindcracker » 06 Jul 2010, 17:21

kalo mau install mysql

ketik aja di teminal

sudo apt-get install mysql-server


tapi harus konek ke internet yah bro, kalo mau lebih cepet ganti alamat repostiory di /etc/apt/sources.list sama alamat repo lokal


deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-backports main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-proposed main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-security main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid-updates main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu/ lucid main restricted universe multiverse
User avatar
G7X
Posts: 150
Joined: 19 May 2010, 12:41
Location: Semarang

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby G7X » 06 Jul 2010, 18:04

Waduh bearat nich kalo musti konek terus ama internet.Ane cuma ngandalin internet kampus Gan.

Ane uda download file MySqlnya dari situs resminya.Karena filenya bukan *.Deb ane gak ngerti cara instalnya.

Jadi yang ane tanyakan Install Mysql Server kalo filenya kita download dari situs resminya?

Terima kasih Atas Pencerahannya.......
User avatar
blackshirt
Posts: 2336
Joined: 02 Jan 2010, 17:00
Location: Solo dan Kebumen
Contact:

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby blackshirt » 07 Jul 2010, 10:25

biasanya tu file tar.gz / tar.bz2..yang merupakan arsip source terkompres. gunakan tool tar, Ark atau tool archiver lainnya untuk mengekstrak file tersebut.
Karena ni masih dalam bentuk source code, perlu mengcompile sendiri agar bisa menjadi executable..dan ini biasanya perlu berbagai paket yang menjadi ketergantungan.
gcc, binutils, kernel-headers dll tergantung dependensinya.
User avatar
G7X
Posts: 150
Joined: 19 May 2010, 12:41
Location: Semarang

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby G7X » 07 Jul 2010, 17:50

Nah gimana cara kompilenya Gan,Ane masih belum paham?
User avatar
etc
Posts: 487
Joined: 05 Apr 2010, 13:26
Location: Indonesia

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby etc » 07 Jul 2010, 17:57

biasanya di packages tar.gz itu ada file readme tentang cara compilenya..

coba cari packages nya di website ini http://sourceforge.net
User avatar
G7X
Posts: 150
Joined: 19 May 2010, 12:41
Location: Semarang

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby G7X » 07 Jul 2010, 18:22

ok2 saya cek ke TKP dulu Gan
User avatar
thrvers
Posts: 4458
Joined: 01 Jan 2010, 13:28
Location: Jombang, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby thrvers » 07 Jul 2010, 18:26

G7X
Waduh bearat nich kalo musti konek terus ama internet.Ane cuma ngandalin internet kampus Gan.

Ane uda download file MySqlnya dari situs resminya.Karena filenya bukan *.Deb ane gak ngerti cara instalnya.

Jadi yang ane tanyakan Install Mysql Server kalo filenya kita download dari situs resminya?

Terima kasih Atas Pencerahannya.......

wew lebih berat klo compile bro :D
butuh paket2 compiler misal c++ (ditambah dependencies), dll (ditambah dependencies)
jadi mendingan bli DVD-repo aj :D ato konek inet

cmiiw
User avatar
buruhcisco
Posts: 7
Joined: 13 Jul 2010, 18:11

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby buruhcisco » 13 Jul 2010, 18:32

sekalian apa phpmyadminnya aja gini :D

Code: Select all

apt-get install apache2 mysql-server mysql-client php5


tar buat start ato end server apachenya :

Code: Select all

/etc/init.d/apache2 start
/etc/init.d/apache2 restart
User avatar
c0jack
Posts: 743
Joined: 12 Jan 2010, 10:33
Location: Jogjakarta, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Install MySql Server

Postby c0jack » 14 Jul 2010, 13:03

paket mysql server sudah ada di cd ubuntu server edition.


regards,
c0jack

Return to “Ubuntu Desktop”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 4 guests