Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
OmahLinux
Posts: 28
Joined: 05 Mar 2015, 19:21
Location: Indonesia
Contact:

Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby OmahLinux » 01 Sep 2015, 09:08

Bagaimana saya membantu Linux?


Ini adalah pertanyaaan yang sering ditanyakan oleh pecinta Linux yang ingin memberikan rasa terima kasihnya kepada GNU/Linux. Linux dan Open Source, Keduanya sangat berorientasi dengan Komunitas atau Masyarakat dan jika anda berpikir untuk membantu Linux, itu bisa sangat nyata dilakukan. namun pertanyaan ini juga sering disertai dengan :

Saya ingin membantu, tapi saya bukan seorang Programmer.
Saya tidak memiliki waktu yang luang untuk berkontribusi.
Saya tidak tahu Proyek apa yang saya gunakan untuk berkontribusi.

Pada Artikel Kali ini, Omah Linux akan memberikan daftar beberapa cara untuk berkontribusi untuk Linux. sebelum anda melihat daftar ini, pertama anda harus tahu mengapa kita harus ikut berkontribusi untuk Linux.

[size:20pt][font:Arial Black]
Mengapa Anda Harus Membantu Linux?[/font]
[/size]

Linux sudah 24 tahun sekarang. Sementara Linux masih menguasai Superkomputer dan server, sedangkan pada Dunia Desktop Linux masih harus berjuang. Sesuai dengan Net Market Share, Linux hanya berjalan sekitar 1,86 % dari dunia Desktop. Yang ini Lebih rendah dari Market Share Sistem Operasi Windows Vista.


Ini adalah Kondisi ketika ada Lebih dari 300 Distribusi Linux dan sejumlah besar dari mereka terfokus pada Desktop. Dan Linux masih dianggap sebagai "Geek Only" dengan satu kesalahpahaman besar yaitu harus tahu Command Line Untuk menggunakan Linux.


Linux sekarang bukanlah seperti Linux yang ada ketika akhir tahun 90-an dan awal 2000, Linux sekarang sudah mengalami banyak perubahan besar sehingga Linux menjadi User Friendly. Linux mungkin akan meneguasai Pasar Sekarang dan anda dapat membantu Linux agar menjadi lebih User Friendly.


[size:20pt]Bagaimana Anda Dapat Membantu Linux?[/size]

Ada Beberapa cara agar anda dapat membantu Linux tumbuh. perhatikan bahwa ketika saya mengatakan Linux, disini berarti saya mengacu tentang Desktop Linux. Tidak masalah jika anda adalah seorang ahli di bidang komputer dan Programmer. Berkontribusi melalui ketrampilan komputasi anda adalah cara terbaik untuk membantu perkembangan Linux, namun masih ada banyak cara selain itu. Omah Linux akan memberikan daftar beberapa cara, baik itu untuk yang Geek atau Non-Geek, anda dapat mengambil untuk membantu perkembangan Linux.

[size:17pt]1. Bagikan apa yang anda Baca[/size]


Ini adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan tanpa perlu keterampilan apapun. Jika anda telah menggunakan Linux selama beberapa waktu, Anda mungkin telah membaca tentang Linux dan Mengikuti berita dan tutorial tentang distribusi favorit anda dan Linux pada umumnya. Sebagai contoh, saya menggunakan Ubuntu dan saya secara teratur mengikuti blog terbaik tentang Ubuntu. dan sekarang apabila anda memiliki beberapa blog favorit yang anda ikuti secara teratur, Mulailah dengan berbagi Artikel tersebut.


Hal ini tidak akan membantu Blog, tetapi juga bisa mendapatkan pengunjung baru yang bisa berubah menjadi manfaat. Seseorang dalam jaringan/Sekeliling anda mungkin tertarik dengan konten yang anda bagikan dan membaca Artikel sehingga akhirnya memutuskan untuk menggunakan Linux secara sendirinya.


Selain itu, Berbagi konten blog membantu blog tersebut tumbuh dan bagi sebagian blogger, itu adalah faktor pendorong untuk menulis lagi. Dan Ketika saya mengatakan ini, saya yakin Anda akan membagikan Artikel ini ke yang Lain.
[size:17pt]2. Melaporkan Bug (Report Bug)[/size]

Dalam terminologi kesalahan perangkat lunak, bug adalah suatu kesalahan atau cacat dalam perangkat lunak yang dapat menyebabkan kecelakaan atau menghasilkan hasil yang tidak diinginkan.


Baik Aplikasi atau sistem operasi itu sendiri, bug adalah adalah bagian dari perangkat lunak dan tidak ada software didunia ini yang tahan-bug. Tidak peduli kualitas keamanan yang diterapkan, pasti akan selalu ada bug. Namun, bagaimana pengembang akan tahu mengenai bug kecuali dari anda, dari apa yang anda laporkan kepada mereka.


Ketika anda menginstall sebuah aplikasi, Anda akan diberi beberapa petunjuk untuk melaporkan bug. Seringkali, anda akan mendapatkan link dari bagian "About" dari aplikasi. Dan anda dapat mengunjungi link tersebut untuk melaporkan bug.


Anda dapat membaca lebih lanjut tentang laporan bug di Ubuntu dan Fedora.


[size:17pt]3. Menjadi Penguji Versi Beta (Be a Beta Tester)[/size]

Sementara kita berbicara tentang bug, bagaimana tentang beta testing aplikasi atau sistem operasi? Dalam terminologi perangkat lunak, alpha dan beta adalah keadaan software dalam pengembangan. Alpha sangat tidak stabil sementara beta relatif lebih stabil. Hal ini diikuti oleh RC (release candidate), sebelum rilis stabil akhir.


Sebagian sistem operasi dan aplikasi menghargai pengujian yang dilakukan oleh pengguna. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengetahui tentang bug tak dikenal dan memperbaikinya sebelum dilepaskan untuk semua orang.


Jadi, jika Anda mampu untuk memiliki sistem operasi atau yang tidak stabil , jangan ragu untuk menjadi beta tester dan melaporkan beberapa bug.


[size:17pt]4. Bergabunglah Dengan Forum dan Membantu Orang Lain[/size]

Saya mengulangi lagi. Linux dibangun dengan kolaborasi komunitas. Jadi jika Anda ingin kembali ke komunitas Linux, bergabung berbagai forum dan mencoba untuk membantu orang lain.


Semua distro Linux utama memiliki forum mereka sendiri. Ini adalah di mana orang mencari bantuan dan mendiskusikannya. Bergabung dengan forum resmi dan tidak resmi dari distribusi Linux Anda dan mencoba membantu orang lain, khususnya pemula karena jika pemula tidak mendapatkan cukup bantuan, mereka mungkin berhenti menggunakan Linux. Anda tidak ingin itu terjadi, kan?


Sekarang, Anda mungkin mengatakan bahwa Anda tidak seorang Linuxer profesional jadi bagaimana Anda bisa membantu orang lain? Anda memiliki perhatian yang tulus di sini tapi Anda tidak perlu menjadi seorang ahli. Cukup telusuri melalui berbagai forum terbuka dan lihat apakah masalah yang dilaporkan oleh pengguna lain juga terjadi diforum lain. Jika Anda memiliki masalah serupa di masa lalu, coba untuk menggambarkan apa yang Anda lakukan. Jika Anda mengikuti beberapa artikel blog, memberikan link. Bahkan ini membantu orang beberapa kali.


Jika Anda adalah seorang pengguna Ubuntu, Anda harus bergabung dengan Forum resmi Ubuntu-Indonesia. Anda juga dapat bergabung dengan beberapa komunitas Google Plus di mana Anda dapat mempelajari hal-hal baru dan akan memiliki kesempatan untuk membantu orang lain.

[size:17pt]
5. Menulis Blog
[/size]

Jika anda mempunyai waktu luang dalam keseharian anda, mengapa tidak mulai menuliskan pengalaman anda tentang desktop Linux. Berbagi hal yang Anda pelajari, masalah yang Anda hadapi dan langkah-langkah yang Anda ambil untuk memperbaiki masalah ini.



Jika Anda khawatir tentang biaya hosting dan mengelola blog, saya sarankan Anda untuk memulai blog gratis di WordPress.com atau Google blogger. Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk platform atau hosting.


Jika Anda adalah seorang blogger yang berpengalaman, coba hubungi tim distribusi Linux favorit Anda dan lihat apakah mereka ingin Anda mengelola blog mereka.

[size:17pt]
6. Bantuan Finansial atau Donasi[/size]


Pernahkah Anda memperhatikan bahwa sebagian besar distribusi Linux meminta sumbangan sebelum download OS? Tentu saja, Anda dapat mengabaikan permohonan untuk sumbangan dan download OS secara gratis. Tetapi jika Anda adalah pengguna lama dari distribusi Linux tertentu atau perangkat lunak open source, saya akan menyarankan Anda untuk menyumbang.


Dibutuhkan waktu dan usaha dari para pengembang untuk menjaga distribusi dan perangkat lunak agar terus memberikan fitur baru. Beberapa distribusi Linux mempekerjakan karyawan secara full time sementara beberapa juga didukung oleh para relawan. Dalam kedua kasus, uang sangat diperlukan atau distribusi Linux akan keluar dari bisnis seperti Mandriva Linux.


Serupa halnya dengan pengembang aplikasi Linux. software open source yang tersedia secara grati, tapi kerja keras para pengembang 'bisa (harus) dihargai secara finansial. Seringkali, aplikasi Linux yang dikembangkan sebagai hobi atau proyek sampingan dan dari waktu ke waktu, pengembang (s) kehilangan minat di dalamnya.


Donasi adalah salah satu faktor motivasi yang bisa mendorong pengembang untuk terus bekerja pada perangkat lunak. Kisah pengembang perangkat lunak enkripsi email GnuPG, Werner Koch, adalah contoh terbesar mengapa sumbangan rutin untuk membuka proyek sumber adalah suatu keharusan. Tidak heran bahwa sebagian besar aplikasi telah tombol "Donate" di situs Web mereka.


[size:17pt]7. Nonaktifkan pemblokir iklan (Disable Ad Blocker)
[/size]

Sekarang mungkin terdengar konyol tapi di sini adalah hal sangat penting. Jika Anda tidak dapat menyumbangkan uang untuk distribusi Linux favorit Anda, perangkat lunak open source atau blog, setidaknya Anda dapat menonaktifkan blok iklan di situs Web mereka.


Kebiasaan Kita semua adalah menempatkan iklan blocker secara default di browser web dan itu tidak sepenuhnya hal yang buruk. World wide web penuh dengan iklan pop-up yang mengerikan, dewasa, iklan penipuan dan menyesatkan dan untuk alasan ini menambahkan blok iklan secara default di browser adalah hal yang tepat.

Tetapi pada saat yang sama, blog dan website bergantung pada pendapatan yang dihasilkan oleh iklan. Jadi apa masalahnya di sini? Apakah Anda akan terus memblokir iklan atau tidak?


Bagi saya, keputusan ini cukup straight forward. Apabila anda terus memblokir iklan pada web/blog yang menurut anda sangat membantu, maka blogger tersebut tidak akan mendapatkan apa-apa. karena pendapatan utama blogger berasal dari unit iklan. kecuali adanya iklan pop up, iklan dewasa atau adanya iklan dimana-mana, maka anda perlu memblokir tersebut.


[size:17pt]8. Gabung dengan grup Linux dan Open Source Lokal[/size]


Lihatlah di sekitar Anda. Mungkin ada sekelompok penggemar GNU Linux. Bergabunglah dengan mereka dan jadilah relawan dengan mereka untuk mengembangkan Komunitas Linux dan Open Source. Biasanya, universitas dan perguruan tinggi memiliki kelompok-kelompok ini untuk mempromosikan Open Source. Berhubunganlah dengan mereka dan lihat apakah Anda bisa membantu mereka dengan cara apapun.

[size:17pt]
9. Terjemahan (Translate)[/size]


Memiliki perintah/Commanf di banyak bahasa? Anda dapat membantu dalam menerjemahkan. Biasanya, distribusi Linux dan aplikasi open source dalam bahasa Inggris (dengan beberapa pengecualian). Anda dapat membantu mereka dengan menerjemahkan mereka dalam bahasa lain. Cara ini tidak hanya membantu Anda dan / atau distribusi perangkat lunak, Anda juga membantu dalam menyebarkan distribusi / software untuk non-penutur asli bahasa Inggris.

[size:17pt]
10. Memperbaiki Bug (Pengembang)[/size]


Bahkan jika Anda hanya belajar program sebagai mahasiswa, memperbaiki bug bisa menjadi praktik yang baik untuk belajar dan memahami. Saya mengulang lagi bahwa Linux adalah berbasis komunitas. Jika Anda bisa menempatkan keterampilan pemrograman Anda dengan baik, mencoba memperbaiki bug yang dibuka oleh distribusi Linux favorit Anda dan perangkat lunak open source adalah keputusan yang baik.


Bahkan, Anda bisa mendapatkan uang dengan memperbaiki bug pada website seperti Bounty Source. OS elementary sering memasang hadiah untuk bug mereka sehingga lebih banyak orang akan tertarik dalam memperbaiki bug.

[size:17pt]
11. Mengembangkan aplikasi untuk desktop Linux (pengembang)[/size]


Satu lagi untuk pengembang. Memiliki ide tentang sesuatu tetapi tidak dapat menemukan aplikasinya? Kembangkan sendiri.


Ini mungkin terdengar keterlaluan, tapi Anda harus tahu bahwa sejumlah besar aplikasi membantu dalam keberhasilan IOS dan Android. Pengguna Linux pemula sering mengeluh tentang kurangnya aplikasi dan itu adalah keluhan yang wajar. Jadi, apa yang kita lakukan tentang hal itu?


Mulai mengembangkan aplikasi adalah jawabannya. Ubuntu mendorong pengembangan aplikasi dengan Ubuntu Software Development Kit nya. Anda dapat mulai mencari di dokumentasi dan bekerja pada ide Anda. Anda juga dapat mencari proyek open source di Github yang mencari kontributor.


[size:17pt]12. Desain website (pengembang[/size])


Saya telah melihat distribusi Linux yang baik dengan situs yang terlihat jelek. Seringkali pengembang dan tim pengelola tidak memperhatikan tampilan dan nuansa dari website. Ini adalah tahun 2015 dan merek banyak hal. Kesampingkan branding, beberapa distribusi Linux memiliki website yang terlihat seperti mereka dibuat pada awal tahun 2000.


[size:17pt]13. Menangani Sosial Media (Handle the Social Media)[/size]

Jika Anda seorang profesional pada strategi jejaring sosial atau memiliki pengalaman dalam menangani akun media sosial seperti Facebook Pages, Twitter, Google Plus dll, Jadilah relawan untuk menangani media sosial distro Linux favorit Anda atau aplikasi Open Source.


Ada miliaran orang di jejaring sosial, dan media sosial merupakan bagian penting dari branding. Sementara distro Linux populer sepertiUbuntu memanfaatkan jejaring sosial secara efektif, beberapa distribusi Linux bahkan tidak memiliki akun jejaring sosial. Beberapa dari mereka memiliki akun media sosial tetapi mereka belum memberikan setiap pembaruan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.


Jika distribusi Linux favorit Anda tidak memiliki halaman Facebook, buat halaman Facebook komunitas untuk itu. Jelaskan bahwa itu dijalankan oleh penggemar dan itu tidak resmi. Terus posting update tentang distribusi, tutorial Anda temukan di web dan hal-hal lain yang menarik di atasnya.


Atau, jika tidak sering update pada akun jejaring sosial dari distro Linux, hubungi tim, buktikan mereka bahwa Anda mampu menangani akun jejaring sosial dan meminta izin mereka untuk mengelola account sosial media mereka. Salah satu proyek berikutnya akan berputar di sekitar itu.


Kesimpulan

Sebarkan Artikel ini jika memang bermanfaat, sebarkan apa yang kamu baca.

Sumber : http://www.omahlinux.com/2015/08/13-car ... linux.html

___________________________________________________________---
[size:26pt]Dapatkan Informasi mengenai Linux dan Open Source di [/size]
[color:#CC0000][size:26pt] Omah Linux ][/size][/color]
User avatar
Ahmad88
Posts: 20
Joined: 21 Sep 2014, 05:36
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby Ahmad88 » 01 Sep 2015, 13:55

Linux hanya berjalan sekitar 1,86 % dari dunia Desktop


dapet data nya dari mana om ?

kalau di Indonesia sendiri pengguna linux dibanding pengguna mac os lebih banyak yg mana ya ?
User avatar
OmahLinux
Posts: 28
Joined: 05 Mar 2015, 19:21
Location: Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby OmahLinux » 01 Sep 2015, 17:50

itu dari Net Market Share mas :-) kalo di Indonesia sendiri belum tahu, saya coba cari tahu mas. .

ini sumbernya https://www.netmarketshare.com/operatin ... pcustomd=0

_______________________
http://www.omahlinux.com
User avatar
OmahLinux
Posts: 28
Joined: 05 Mar 2015, 19:21
Location: Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby OmahLinux » 01 Sep 2015, 18:10

Ahmad88 wrote:
Linux hanya berjalan sekitar 1,86 % dari dunia Desktop


dapet data nya dari mana om ?

kalau di Indonesia sendiri pengguna linux dibanding pengguna mac os lebih banyak yg mana ya ?


ini mas sumbernya

itu dari Net Market Share mas :-) kalo di Indonesia sendiri belum tahu, saya coba cari tahu mas. .

ini sumbernya https://www.netmarketshare.com/operatin ... pcustomd=0

_______________________
http://www.omahlinux.com
User avatar
freeazy
Posts: 1329
Joined: 04 Jan 2010, 00:13
Location: Makassar
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby freeazy » 02 Sep 2015, 21:12

Ahmad88 wrote:
Linux hanya berjalan sekitar 1,86 % dari dunia Desktop


dapet data nya dari mana om ?

kalau di Indonesia sendiri pengguna linux dibanding pengguna mac os lebih banyak yg mana ya ?


http://gs.statcounter.com/#desktop-os-I ... 201508-bar
User avatar
Ahmad88
Posts: 20
Joined: 21 Sep 2014, 05:36
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby Ahmad88 » 03 Sep 2015, 21:11

terima kasih ya untuk kedua om diatas :) ! malah jadi ngerepotin.

Terus terang aja masih agak percaya ga percaya. klo untuk os wd ya memang mayoritas tapi klo mac os masih kurang percaya klo linux angka nya dibawah mac os, soalnya yg direkomendasikan klo nyari alternatif pengganti os wd biasanya linux belum lagi kaya warnet* terus dunia pendidikan dan usaha juga rekomendasinya biasanya linux.

sebenarnya saya cuman pengen tau aja ada ga macemnya survei beneran khususnya di Indonesia.

Berhubung judulnya "Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?"
jadi silahkan mungkin ada yang mau share pengalaman atau mungkin mau memberikan masukan untuk Om omahlinux.

di atas ada 13 poin, saya nyumbang satu poin

* Menggunakan Linux
dengan menggunakan linux secara tidak langsung juga mempromosikannya.
User avatar
OmahLinux
Posts: 28
Joined: 05 Mar 2015, 19:21
Location: Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?

Postby OmahLinux » 04 Sep 2015, 07:32

Ahmad88 wrote:terima kasih ya untuk kedua om diatas :) ! malah jadi ngerepotin.

Terus terang aja masih agak percaya ga percaya. klo untuk os wd ya memang mayoritas tapi klo mac os masih kurang percaya klo linux angka nya dibawah mac os, soalnya yg direkomendasikan klo nyari alternatif pengganti os wd biasanya linux belum lagi kaya warnet* terus dunia pendidikan dan usaha juga rekomendasinya biasanya linux.

sebenarnya saya cuman pengen tau aja ada ga macemnya survei beneran khususnya di Indonesia.

Berhubung judulnya "Bagaimana Caranya Berkontribusi Untuk Linux?"
jadi silahkan mungkin ada yang mau share pengalaman atau mungkin mau memberikan masukan untuk Om omahlinux.

di atas ada 13 poin, saya nyumbang satu poin

* Menggunakan Linux
dengan menggunakan linux secara tidak langsung juga mempromosikannya.


Oke Mas Terima kasih banyak untuk tambahannya, postingan diatas saya asumsikan sudah berada di lingkungan Linux :-)

sangat senang bisa diberi masukan

___________________________________
http://www.omahlinux.com

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests