Proklamasi Ubuntu Indonesia, Tanggal 17-08!

Tempat nongkrong. Diskusi bebas di luar topik.
User avatar
KuKuKaChu
Posts: 261
Joined: 06 Dec 2009, 14:10
Location: Jakarta
Contact:

Proklamasi Ubuntu Indonesia, Tanggal 17-08!

Postby KuKuKaChu » 13 Aug 2015, 16:40

[color:#FF6600][size:14pt]Peluncuran Ubuntu Indonesia, proklamasi kedaulatan sistem operasi komputer[/size][/color]



Ubuntu merupakan sebuah sistem operasi yang handal, gratis, aman, dan mudah digunakan. Sehingga bagi kalangan penggiat IT, sistem operasi Ubuntu bukanlah hal yang baru. Akan tetapi perkembangan sistem internasional ini sedikit terhambat di Indonesia oleh karena terkendala setting default yang kurang sesuai dengan standar negara kita.

Yayasan Teknologi Terbuka Indonesia (YaTTI) merupakan salah satu pihak yang menyadari tantangan tersebut. YaTTI merasa perlu adanya sebuah pengembangan dan dukungan sistem operasi Ubuntu yang dikhususkan untuk format dan standar yang digunakan di Indonesia. Dan sebagai jawabannya, pada hari kemerdekaan mendatang YaTTI akan meluncurkan versi sistem operasi Ubuntu yang dikhususkan untuk Indonesia, dengan nama Ubuntu Indonesia.

Ubuntu Indonesia merupakan salah satu distribusi Linux/Ubuntu yang memiliki konfigurasi khusus dengan menggunakan default sistem serta beberapa standar program aplikasi untuk pemerintahan dan kalangan bisnis di Indonesia. Ubuntu Indonesia juga memberikan kemudahan dengan konfigurasi yang menyertakan standar aplikasi, software berpemilik (propietary) serta codec sehingga menjadikannya sebagi Sistem Operasi yang benar-benar siap pakai, tanpa perlu setting tambahan dari pengguna.

Pembuatan dan pengembangan Ubuntu Indonesia merupakan salah satu bentuk keseriusan YaTTI dalam mengembangkan dunia IT di Indonesia. Sejak didirikan tahun 2014 oleh Gary Dean (yang juga merupakan pendiri Forum Ubuntu Indonesia), HM. Basyir (mantan Walikota Pekalongan), dan Teddy Sukardi (Ketua IKTII), YaTTI memang mengkhususkan diri kepada pengembangan-pengembangan IT terutama dalam teknologi kode sumber terbuka.

Kontribusi penting lain yang dilakukan YaTTI di antaranya adalah mensponsori Forum Ubuntu Indonesia yang saat ini telah mencapai lebih dari 32 ribu anggota terdaftar. YaTTI juga mendirikan suatu pusat kegiatan IT di Kota Pekalongan yang disebut Puskomas (Pusat Komputer Masyarakat), bekerjasama dengan Pemkot Pekalongan. Di mana pusat kegiatan ini merangkul beberapa mentor untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat di Kota Pekalongan dan sekitarnya, demi meningkatkan pemahaman mereka terhadap IT khususnya di bidang sistem operasi sumber terbuka (Open Source).

Akhirnya, momen peluncuran distro Ubuntu Indonesia yang sengaja diselenggarakan bertepatan hari kemerdekaan Indonesia ke-70, diharapkan juga menjadi langkah awal menuju kemandirian teknologi bangsa Indonesia.

Peluncuran akan berlangsung di Kafe Pisa Menteng pada jam 13.30, tanggal 17 Agustus 2015, dengan perwakilan dari banyak instansi pemerintah, organisasi masyarakat dan perusahaan IT.

Situs web penting:
http://ubuntu.id/
http://ubuntu-indonesia.com/
http://yatti.id/
http://puskomas.web.id/

Return to “Pembicaraan Bebas”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 6 guests