Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Diskusi tentang Ubuntu Server baik webserver, database server, samba server dan service lainnya serta jaringan menggunakan Sistem Operasi Ubuntu.
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 27 May 2010, 12:33

Tolong teman2 semua cara buat local domain di ubuntu 9.10 server.
Saya kepengen buat local domain, user tinggal ketik misal : mylan.com
seperti hosting tapi khusus di LAN (intranet)
Saya sudah install lampp dan semua jalan dan saya coba BIND9
Tapi yg bisa nya cuma [ipserveru buntu).[mylan.com]
kayak mana biar langsung aja mylan.com untuk semua user LAN

topologi :

===============-=========WIFI
===============-===========|
===============-===========|
=======(speddy Bridge) (PPPOE-mikrotik) <=== LAN <=== ubuntu LAMPP
===============-===========|
===============-===========|
=====================ubuntu 9.10 (squid)

Untuk sementara saya masih poke topologi seperti itu, takut menggabung LAMPP di squid, takut error nanti.
Di mikrotik sudah saya tambahkan
0 X chain=dstnat dst-address=ip-speedy protocol=tcp dst-port=80
action=dst-nat to-addresses=192.168.1.24 to-ports=80
1 X chain=srcnat dst-address=192.168.1.24 protocol=tcp dst-port=80
action=src-nat to-addresses=gateway to-ports=0-65535

192.168.1.24 <== ip ubuntu webserver

sehingga skr yang jalan 192.168.1.24/mylan.com

gimana biar di semua user di LAN bisa cuma ketik mylan.com
Regards :crazy: :D
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 27 May 2010, 12:56

192.168.1.24/mylan.com
pengen banget di LAN bisa mylan.com , sampe menggangu tidur ku.
tolong semua frieds

Gimana cara dapat kan kaos ubuntu itu yah, trus yg gratis apa yah
User avatar
MasDjo
Posts: 1260
Joined: 03 Jan 2010, 17:38
Location: Bayuangga City
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby MasDjo » 27 May 2010, 19:34

Cek : /etc/hosts dan /etc/hostname, mestinya ada nama mylan.com

Coba donlot dan diikuti tutorial di : http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbt ... #Post12126 , terutama untuk install dan seting bind9
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 27 May 2010, 21:21

Thanks for quick replay bro.
Aku baca link itu dolo :D
Aku dah coba dan cari semua di google ttg cara buat local domain
tapi yang bisanya cuma 192.168.1.24/mylan.com
gak bisa langsung bro dari LAN di ketik mylan.com
kebanyakan forum dan info dari google aku lihat cuma bisa untuk
192.168.1.24/mylan.com atau ipserverubuntu/mylan.com

Apa ada tambahan lain yah.
Regards
User avatar
c0jack
Posts: 743
Joined: 12 Jan 2010, 10:33
Location: Jogjakarta, Indonesia
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby c0jack » 28 May 2010, 12:50

kalo cuma mau bikin domain lokal paling gampang pake dnsmasq :D :D


regards,
c0jack
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 29 May 2010, 02:18

Oke deh bro thanks banget buat info nya, nanti aku coba pake dnsmasq,
Regards
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 04 Jun 2010, 12:38

Ternyata gak engerti dg dnsmasq :D
Coba Lagi dengen Bind9 dan Virtual Host
nano /etc/bind/named.conf.local
# Our domain zone
zone "lapo88.com" {
type master;
file "/etc/bind/zones/lapo88.com.db";
};

# For reverse DNS
zone "1.168.192.in-addr.arpa" {
type master;
file "/etc/bind/zones/rev.1.168.192.in-addr.arpa";
};


nano /etc/bind/zones/lapo88.com.db
$TTL 3D
@ IN SOA ns.lapo88.com. admin.lapo88.com. (
2007062001
28800
3600
604800
38400
);
mydomain.com. IN NS ns.lapo88.com.
ubuntudesktop IN A 192.168.1.24
www IN CNAME ubuntudesktop
pc IN A pc
gw IN A 192.168.1.24
TXT "Network Gateway"


mkdir /etc/bind/zones/rev.0.168.192.in-addr.arpa
$TTL 3D
@ IN SOA ns.lapo88.com. admin.lapo88.com. (
2007062001
28800
604800
604800
86400
)
IN NS ns.lapo88.com.
1 IN PTR gw.lapo88.com.
10 IN PTR ubuntudesktop.lapo88.com.
11 IN PTR pc.lapo88.com.




sudo mkdir http://www.lapo88.com
sudo mkdir http://www.lapo88.com/htdocs
sudo mkdir http://www.lapo88.com/logs
sudo mkdir http://www.lapo88.com/cgi-bin


sudo pico /etc/apache2/sites-available/www.lapo88.com


ServerAdmin mylaponet@ymail.com
ServerName http://www.lapo88.com
ServerAlias lapo88.com

# Indexes + Directory Root.
DirectoryIndex index.html index.php
DocumentRoot /var/www/lapo88.com/htdocs/

# CGI Directory (optional)
ScriptAlias /cgi-bin/ /var/www/www.lapo88.com/htdocs/cgi-bin/

Options +ExecCGI


# Logfiles
ErrorLog /var/www/www.lapo88.com/logs/error.log
CustomLog /var/www/www.lapo88.com/logs/access.log combined


sudo a2ensite http://www.lapo88.com
/etc/init.d/apache2 reload
sudo a2enmod rewrite
sudo /etc/init.d/apache2 restart

Bisa nya masih kayak gini dan cuma bisa kayak gini
http://192.168.1.24/www.lapo88.com/
Tolong bantu lah bro kayak mana biar user di LAN cuma ketik
http://www.lapo88.com
Ubuntu 9.10 server LAMPP
User avatar
MasDjo
Posts: 1260
Joined: 03 Jan 2010, 17:38
Location: Bayuangga City
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby MasDjo » 04 Jun 2010, 14:22

Ini contoh punya saya (dari mas opik tutorial)
Ubuntu server 9.04 , squid 2.7, bind9, lamp
IP server = 192.168.0.250
nama server = serverku
DNS name = dns.masdjo.net

/etc/bind/named.conf.local
Tampilkan
include "/etc/bind/zones.rfc1918";
zone "dns.masdjo.net" {
type master;
file "/etc/bind/db.dns.masdjo.net";
};
zone "0.168.192.in-addr.arpa" {
type master;
file "/etc/bind/db.192";
};
include "/etc/bind/rndc.key";


/etc/bind/db.dns.masdjo.net
Tampilkan
;
; BIND data file for local loopback interface
;
$TTL 604800
@ IN SOA ns.dns.masdjo.net. mail.dns.masdjo.net. (
2009122505 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
;
localhost IN A 127.0.0.1
@ IN NS ns.dns.masdjo.net.
ns IN A 192.168.0.250
smtp IN CNAME ns
www IN CNAME ns
cups IN CNAME ns
proxy IN CNAME ns
serverku IN A 192.168.0.250


/etc/bind/db.192 :
Tampilkan
;
; BIND data file for local loopback interface
;
$TTL 604800
@ IN SOA ns.dns.masdjo.net. mail.dns.masdjo.net. (
2009122503 ; Serial
604800 ; Refresh
86400 ; Retry
2419200 ; Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns.
1 IN PTR ns.dns.masdjo.net.
www IN CNAME ns
smtp IN CNAME ns
cups IN CNAME ns
proxy IN CNAME ns


/etc/hosts :
Tampilkan
127.0.0.1 localhost
192.168.0.250 serverku dns.masdjo.net smtp.dns.masdjo.net proxy.dns.masdjo.net


/etc/resolv.conf :
Tampilkan
search dns.masdjo.net
nameserver 192.168.0.250
nameserver 127.0.0.1


dengan seting tsb di atas, jika diketik serverku atau dns.masdjo.net bisa masuk ke web server ( its work )
User avatar
Mario
Posts: 18
Joined: 27 May 2010, 12:14
Location: Medan Sumut
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby Mario » 04 Jun 2010, 16:37

Aku sudah buat seperti itu,tapi hasil nya

Firefox can't find the server at dns.masdjo.net.

apa ada yg kurang atau buat virtual host lagi atau gimana :D
Atau karena saya mengunakan mikrotik dan ubuntu squid mungkin ada pengaturan di squid atau mikrotik nya.

Waktu belajar squid cuma 3 hari aja selesai.
Ubuntu webserver dan lebih 2 minggu blom kelar agar user di LAN dengngan domain local cuma ketik lan.com
User avatar
MasDjo
Posts: 1260
Joined: 03 Jan 2010, 17:38
Location: Bayuangga City
Contact:

Re: Domain Local untuk LAN dengen XAMPP atau LAMP

Postby MasDjo » 04 Jun 2010, 17:26

coba gateway client diarahkan ke server.

ini cuplikan dari /etc/network/interfaces client :

gateway 192.168.0.250
dns-nameservers 192.168.0.250
dns-search dns.masdjo.net

Return to “Ubuntu Server”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 10 guests