[ASK] Develop Website

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
swhp
Posts: 52
Joined: 19 Jun 2013, 08:58
Location: Indonesia
Contact:

[ASK] Develop Website

Postby swhp » 08 Sep 2014, 18:28

Permisi semua saya ingin bertanya, karena saya sering membuat website sehingga mengharuskan saya berkutat dengan volder /www sehingga sering saya harus mengatur hak aksesnya.
Pertanyaan saya adakah cara agar saya tidak perlu repot-repot mengatur hak akses ketika memakai folder /wwww
terima kasih :D
User avatar
ususbuntu
Posts: 199
Joined: 09 Apr 2010, 15:11

Re: [ASK] Develop Website

Postby ususbuntu » 08 Sep 2014, 19:46

ganti hak akses folder wwww, supaya bisa di akses.

sudo chown user:group /var/www
sudo chmod 775 /var/www
User avatar
swhp
Posts: 52
Joined: 19 Jun 2013, 08:58
Location: Indonesia
Contact:

Re: [ASK] Develop Website

Postby swhp » 08 Sep 2014, 21:38

Tapi gan apa sih efeknya memberi efek penuh terhadap suatu folder terhadap keamanan?
jujur saya masih awam mengenai privilage di linux gan :D
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: [ASK] Develop Website

Postby nif » 13 Sep 2014, 09:17

swhp wrote:apa sih efeknya memberi efek penuh terhadap suatu folder terhadap keamanan?

itu efeknya adalah pada siapa saja user yang berhak untuk melihat dan/atau mengedit isi di dalam folder tersebut :)
User avatar
chiki
Posts: 1235
Joined: 23 Jun 2011, 17:35
Location: Jakarta, Indonesia

Re: [ASK] Develop Website

Postby chiki » 13 Sep 2014, 10:10

agan bikin virtual host saja, di home/user/public_html misalnya. jadi tidak perlu mengakses var/www.
dokumentasi ada di https://help.ubuntu.com/community/ApacheMySQLPHP
User avatar
fahlide
Posts: 44
Joined: 18 Oct 2012, 05:33

Re: [ASK] Develop Website

Postby fahlide » 14 Sep 2014, 17:37

maaf gan, nubiew numpng nanya juga.
folder wwww it berisi apakah dan fungsinya utk ap?
kalo maen web bukanya cm bth install web server aj (lampp) sm editor gt, kayak d windows..
mohon pencerahanya. terima kasih
User avatar
chiki
Posts: 1235
Joined: 23 Jun 2011, 17:35
Location: Jakarta, Indonesia

Re: [ASK] Develop Website

Postby chiki » 15 Sep 2014, 01:00

fahlide wrote:maaf gan, nubiew numpng nanya juga...

berisi...tidak ada isinya selain file index (default)
fungsi...sama kaya /xampp/htdocs/
bedanya...aktifitas folder www di linux perlu akses root

maaf newbie mencoba menjawab
User avatar
fahlide
Posts: 44
Joined: 18 Oct 2012, 05:33

Re: [ASK] Develop Website

Postby fahlide » 17 Sep 2014, 04:54

owh gt,,
iya gan, mkasih atas pencerahannya ya,,
terima kasih

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 9 guests