detikcom: Ubuntu Pengganti Windows Dirilis

Acara Peluncuran Ubuntu 14.04 LTS dan Lokakarya
Tahun ini diselenggarakan di Kota Pekalongan
Sabtu, 3 Mei 2014
disponsori oleh
Pemkot Pekalongan,
Yayasan Teknologi Terbuka Indonesia,
Okusi InfoTech dan
PusKoMas - Pekalongan.
User avatar
KuKuKaChu
Posts: 261
Joined: 06 Dec 2009, 14:10
Location: Jakarta
Contact:

detikcom: Ubuntu Pengganti Windows Dirilis

Postby KuKuKaChu » 03 May 2014, 18:07

http://inet.detik.com/read/2014/05/03/1 ... i991101105


Image

Pekalongan - Open Source Ubuntu melaunching versi terbarunya yaitu 14.04 LTS, yang diklaim merupakan versi Ubuntu yang paling bisa menggantikan sistem operasi Windows. Sejumlah perbaikan dari versi sebelumnya sudah dilakukan dalam versi 14.04 LTS "Trusty Thar" itu.

Perbedaan sudah terlihat dari Desktop Manager-nya. Pada versi sebelumnya, jika ingin mengutak-atik launcher, maka diperlukan beberapa aplikasi untuk mengubahnya. Pada versi ini, pengguna sudah disuguhi kemudahan untuk mengubah tampilan launcher tanpa menginstal aplikasi lainnya.

"Kemajuan pada umumnya lebih cepat dan lebih mulus, lebih stabil. ini sudah support untuk 5 tahun," kata Gary Dean selaku CEO Okusi Associates dan Pendiri FUI di acara Peluncuran Ubuntu Versi 14.04 LTS di SMKN Pekalongan, Sabtu (3/5/2014).

Selain itu kemajuan lainnya dibandingkan sebelumnya yaitu pada versi 13, jika melakukan search aplikasi, maka otomatis melakukan pencarian di situs Amazon jika diperangkat komputer belum terinstall aplikasi yang dicari. Di Ubuntu versi 14.04, disediakan pilihan untuk menonaktifkan online search result tersebut.

"Kemajuannya cukup penting, ada banyak perbaikan. Ini bisa disebut versi Ubuntu yang paling mungkin bisa menggantikan Windows, meskipun sebenarnya versi sebelumnya sudah cukup bersaing," tambah Gary.

Gary menambahkan, open source Ubuntu meski gratis, namun bukan murahan karena perusahaan IT tingkat dunia sudah banyak yang mendukung diantaranya Google, Lenovo, AMD, dan Asus. "Meski gratis, ini bukan berarti ini sistem operasinya orang miskin," tandasnya.

Dalam peluncuran Ubuntu versi 14.04 lTS itu, dihadiri Walikota Pekalongan, MH. Basyir Ahmad, Pengelola Infi Linux, Rusmanto Maryanto. Pekalongan dipilih sebagai tempat peluincuran versi terbaru Ubuntu karena Pemerintahan Kota Pekalongan sudah menerapkan Linux Ubuntu sebagai standar sistem operasi.

Selain seminar, acara yang dihadiri ratusan orang tersebut juga dilengkapi pelatihan pembuatan animasi menggunakan aplikasi Blender, Pengungkapan Ubuntu Sebagai Kendali Robot Linux, dan Web Hacking and Network Penetration Test.

(alg/tyo)

Return to “Acara Peluncuran Ubuntu 14.04 LTS”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest