Belajar Linux Bagi Pemula

Pertanyaan umum seputar distribusi Ubuntu yang menjadi distro wajib members ubuntu-indonesia.com
User avatar
Yogaaza
Posts: 4
Joined: 05 Jan 2013, 06:49
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Belajar Linux Bagi Pemula

Postby Yogaaza » 28 Apr 2014, 12:49

Selamat siang agan master linux yang budiman,

Perkenalkan saya Yoga Firmansyah dari Bekasi saya baru belajar linux 2 hari ini, saya menggunakan tanpa dual boot dengan windwos, karena saya benar2 ingin bisa linux.

Saya menggunakan ubuntu 12.04,

Menurut agan master sekalian :
1. apa aja sih yang harus dilengkapi (system) agar ubuntu dapat bekerja dengan maksimal?
2. Aplikasi wajib apa saja yang harus saya instal untuk perlengkapan standar ubuntu?
3. Mohon saran bagi seorang pemula kaya saya, agar saya bisa belajar ubuntu dengan benar.

Mohon komentarnnya gan, semoga dapat dan mau membantu saya.
Terima kasih

Yoga Firmansyah
082310440213
User avatar
nif
Posts: 2818
Joined: 31 Mar 2011, 07:48

Re: Belajar Linux Bagi Pemula

Postby nif » 28 Apr 2014, 20:11

selamat datang om :)

Yogaaza wrote:...
1. apa aja sih yang harus dilengkapi (system) agar ubuntu dapat bekerja dengan maksimal? ...

sebenarnya ubuntu sudah siap pakai.
coba cek hardware, apakah semua sudah bekerja dengan baik (wifi, VGA, dll) ? kalo sudah, berarti sudah siap digunakan. kalo belum, ada baiknya cari drivernya dulu.
kadang ada juga yang akan menyarankan untuk menginstall paket 'ubuntu-restricted-extras', agar ubuntu bisa membaca format2 tertentu seperti .mp3, .rar, dll.
*note :
perlu diketahui bahwa format2 tersebut merupakan format yang berlisensi. contohnya .mp3, bisa dibaca di sini : http://www.mp3licensing.com/help/
karena itulah Ubuntu tidak menyertakannya secara default.

Yogaaza wrote:...
2. Aplikasi wajib apa saja yang harus saya instal untuk perlengkapan standar ubuntu? ...

tergantung kebutuhan om :)
kalo mau membuat desain grafis bisa install gimp dan inkscape.
kalo mau membuat animasi bisa install blender.
kalo mau membuat webserver bisa install apache, dsb.
Last edited by nif on 27 Feb 2016, 22:44, edited 1 time in total.
Reason: salah ketik
User avatar
Yogaaza
Posts: 4
Joined: 05 Jan 2013, 06:49
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Belajar Linux Bagi Pemula

Postby Yogaaza » 29 Apr 2014, 09:03

nif wrote:selamat datang om :)

Yogaaza wrote:...
1. apa aja sih yang harus dilengkapi (system) agar ubuntu dapat bekerja dengan maksimal? ...


[quote: Terima kasih]
sebenarnya ubuntu sudah siap pakai.
coba cek hardware, apakah semua sudah bekerja dengan baik (wifi, VGA, dll) ? kalo sudah, berarti sudah siap digunakan. kalo belum, ada baiknya cari drivernya dulu.
kadang ada juga yang akan menyarankan untuk menginstall paket 'ubuntu-restricted-extras', agar ubuntu bisa membaca format2 tertentu seperti .mp3, .rar, dll.
*note :
perlu diketahui bahwa format2 tersebut merupakan format yang berlisensi. contohnya .mp3, bisa dibaca di sini : http://www.mp3licensing.com/help/
karena itulah Ubuntu tidak menyertakannya secara default.


Yogaaza wrote:...
2. Aplikasi wajib apa saja yang harus saya instal untuk perlengkapan standar ubuntu?


[quote: Terima kasih]
tergantung kebutuhan om :)
kalo mau membuat desain grafis bisa install gimp dan inkscape.
kalo mau membuat animasi bisa install blender.
kalo mau membuat webserver bisa install apache, dsb.[/quote]

Terima kasih om sudah memberikan sarannya, sangat berarti bagi seorang newbie seperti saya :)
User avatar
mhoosey
Posts: 203
Joined: 04 Oct 2013, 00:51
Location: Jakarta, Indonesia
Contact:

Re: Belajar Linux Bagi Pemula

Postby mhoosey » 29 Apr 2014, 21:36

install TLP atau Laptop Mode Tools
Supaya machine heatnya terkontrol.

terminal:
sudo apt-add-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw

install Ubuntu Restricted Extras atau Build-Essential

terminal:
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

install driver-driver yang terdeteksi oleh Ubuntu

System Setting - Additional Driver
User avatar
Yogaaza
Posts: 4
Joined: 05 Jan 2013, 06:49
Location: Bekasi, Indonesia
Contact:

Re: Belajar Linux Bagi Pemula

Postby Yogaaza » 30 Apr 2014, 20:39

mhoosey wrote:install TLP atau Laptop Mode Tools
Supaya machine heatnya terkontrol.

terminal:
sudo apt-add-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw

install Ubuntu Restricted Extras atau Build-Essential

terminal:
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

install driver-driver yang terdeteksi oleh Ubuntu

System Setting - Additional Driver


Terima kasih gan sarannya, akan saya coba :)

tapi itu fungsinya buat apa aja yah (install TLP atau Laptop Mode Tools dan install Ubuntu Restricted Extras atau Build-Essential?

Return to “Pertanyaan Umum”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 8 guests